Pantai Parangtritis di Jogja terkenal dengan keindahan panoramanya. Pantai ini juga cocok untuk menikmati sunset dan kegiatan liburan menarik lainnya. Ombaknya yang terbilang besar, tidak menyurutkan pesona yang dimiliki pantai Parangtritis.

Lokasi: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.
Map: Cek Lokasi

Membicarakan kota Yogjakarta seakan memang tidak ada habisnya. Kota satu ini menjadi kota yang selalu dirindukan oleh siapapun yang pernah singgah. Berbagai destinasi wisata dihadirkan dan bisa Anda kunjungi salah satunya yang kondang adalah Pantai Parangtritis. Pesona pantai ini memang tidak pernah meredup dan bisa Anda simak dalam ulasan berikut.

Pantai Parangtritis, Pantai Legendaris yang Tak Pernah Meredup

Pantai Parangtritis, Pantai Legendaris
Image Credit: Twitter.com @haedaradhkiya

Jika membahas wisata bahari di Jogja, Pantai ini memang tidak boleh dilewatkan. Indah dan penuh magis merupakan dua kata yang sangat pas untuk mengambarkan ikon wisata bahari di Jogja ini. Keindahan alamnya yang kondang, menjadikan pengunjung pantai ini tidak pernah surut dari tahun ke tahun.

Pantai yang memiliki keindahan menawan ini awalnya ditemukan oleh Dipokusumo yang merupakan pelarian dari kerajanaan Majapahit. Dimana Dipokusumo melakukan nyepi serta semedi di sekitaran pantai. Dari lokasi semedi, ia menyaksikan air yang menetes atau yang disebut dengan tumaritis dari celang batu karang yang juga disebut parang.

Dari sanalah kemudian pantai satu ini dikenal dengan pantai Parangtritis. Jika diartikan maka Parangtritis adalah air yang menetes dari celah batuan karang. Terlepas dari artinya, pantai satu ini memang memiliki keunikan tersendiri. Dianugrahi dengan pantai hitam kecoklatan, tetap menjadikan pantai ini begitu eksotis dan memanjakan mata.

Mitos yang menyelimuti pantai satu ini juga terbilang kuat. Banyak yang percaya jika Parangtritis merupakan gerbang untuk menuju kerajaan Laut Selatan. Hal ini memang sangat berkaitan erat dengan legendar ratu Nyai Roro Kidul. Apalagi jika ditarik secara garis imajiner, pantai ini satu garis dengan Keraton Jigja dan Gunung Merapi.

Rupanya mitos ini juga masih belum lengkap, terdapat mitos yang beredar jika pengunjung yang mengunjungi pantai ini tidak boleh menggunakan baju hijau. Sebab Ratu Kidul sangat menyukai warna itu, sehingga pengunjung yang memakai baju hijau bisa terkena sial bahkan kehilangan nyawa. Terlepas dari mitosnya ada baiknya untuk tetap berhati hati mengunjungi pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Parangtritis Jogja

Daya Tarik Pantai Parangtritis Jogja
Image Credit: Instagram.com @umilailatulmunawaroh_20

Pantai satu ini juga dikenal dengan nuansa spiritualnya yang begitu kuat. Kendati demikian keindahan dari pantai satu ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengunjungi pantai satu ini bisa dengan teman teman, pasangan hingga keluarga. Menikmati deburan ombak yang menjilat pasir hitam di pinggir pantai memberikan ketenangan sendiri bagi pengunjung.

Hembusan angin khas pantai juga turut hadir untuk membuat suasananya makin syahdu. Ombak di Parangtritis memang terkenal besar, sehingga pengunjung hanya bisa bermain di tepiannya saja. Berkejaran dengan ombak, tanpa berniat untuk berenang. Walau demikian, keindahan dari pantai satu ini tidak akan berkurang sedikitpun.

Parangtritis juga memiliki Gumuk Pasir yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai lainnya. Gumuk Pasir sendiri merupakan fenomena alam yang unik, dimana gurun pasir ini justru terbentuk curah hujan yang tinggi layaknya Jogja. Karena keunikan tersebut, membuat Gumuk pasir ini dijadikan sebagai laboratorium penelitian para peneliti.

Dan disebutkan jika gumuk pasir ini merupakan material vulkanik dari Gunung Merapi yyang terbawa oleh aliran sungai hingga ke laut. Material ini kemudian juga dibawa ombak untuk menuju daratan. Proses alam yang panjang ini akhirnya menjadikan gumuk pasir ini ada di Jogja. Hadirnya gumuk ini justru semakin menambah daya tarik dari Parangtritis.

Daya tarik pantai ini memang lebih menonjol pada panorama yang disuguhkan. Pengunjung bisa puas menikmati keindahan pantai lengkap dengan suasana asrinya. Pantai Parangtritis juga menawarkan berbagai kegiatan menarik yang akan membuat liburan Anda makin berkesan. Mengunjungi kota Pelajar memang tidak lengkap jika tidak mengunjungi pantai satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Wisata Pantai Parangtritis

Alamat Pantai Parangtritis
Image Credit: Instagram.com @ahmadshobyrin_

Tentunya tidak lengkap jika Anda mengetahui daya tarik tetapi tidak mengetahui lokasinya. Pantai cantik ini berada di Jl. Parangtritis Km 28 yang jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jogja. Mengunjungi pantai ini bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum.

Terdapat dua jalur yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi ikon wisata Jogja ini. Rite yang pertama bisa melalui Jl. Parangtritis menuju Kretek sampai akhirnya Anda sampai di Pantai Parangtritis. Untuk rute yang kedua bisa ditempuh dengan melalui Yogjakarta menuju Imogiri dan sampailah Anda di Parangtritis.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan bus sebagai alat transportasi. Dimana bis ini bisa Anda temukan di terminal Giwangan Yogjakarta. Umumnya bis ini akan menggunakan jalur Jogja menuju Parangtritis. Dan Anda nantinya bisa turun langsung di Kawasan pantainya.

Rute menuju pantai Parangtritis tidaklah sulit untuk ditempuh. Medan yang harus ditaklukkan juga terbilang mudah untuk dilalui, Jalanan menuju pantai ini sudah mulus. Jikapun Anda kesulitan menemukan pantai ini, Anda bisa mengandalkan GPS Anda. atau juga bisa bertanya pada warga sekitar yang tentunya sudah akrab dengan pantai satu ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Parangtritis

Harga Tiket Pantai Parangtritis
Image Credit: Facebook.com @septy.r.wahyuni.73

Untuk menikmati keindahan yang dimiliki Parangtritis tidaklah mahal. Anda hanya perlu untuk membayar tiket masuk sekitar Rp. 10 ribuan saja. Tentunya harga tersebut sangat terjangkau jika melihat keindahan yang dimiliki oleh Parangtritis. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda yang ditentukan berdasarkan jenisnya.

Dimana Anda akan dikenakan biaya parkir mulai Rp. 2 ribu untuk sepeda motor. Sementara untuk kendaraan roda empat dibandrol sekitar Rp. 5 ribu. Harga tersebut tentunya bisa berubah kapan saja, terutama ketika musim liburan. Dan biaya tersebut juga diluar dari wahana wahana yang akan Anda coba ketika mengunjungi pantai ini.

Jam operasional pantai ini mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB. Namun tak jarang pengunjung akan datang lebih pagi atau pulang lebih malam. Terutama bagi para pengunjung yang berburu sunset atau sunrise yang begitu cantik di pantai ini. Sehingga Anda bisa kapan saja mengunjungi pantai yang begitu menawan ini.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Parangtritis

Kegiatan di Pantai Parangtritis
Image Credit: Instagram.com @senjaphotograph

1. Menikmati Pemandangan dan Bermain Air

Berada di tempat seindah Parangtritis, hal pertama yang tidak bisa tidak dilakukan adalah menikmati pemandangan alamnya. Pantai satu ini tidak hanya memiliki garis pantai yang panjang, tetapi juga memiliki keunikan tersendiri. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya yang mana pantai ini memiliki gumuk pasir.

Menikmati pantai ini bisa dilakukan dengan bersantai di bawah payung payung yang berjajar. Selain itu Anda juga bisa menyewa tikar sebagai alas untuk bersantai. Hembusan angin dan juga suara deburan ombaknya akan membuat Anda betah berlama lama di pantai ini. Dan tentunya bisa menghempas semua penat Anda.

Tidak ketinggalan, Anda juga tidak bisa tidak bermain air ketika mengunjungi Parangtritis. Memang ombaknya terbilang besar, tetapi berkejaran atau bermain di bibir pantai bukanlah hal yang dilarang. Asalkan Anda tetap harus hati hati, karena pantai Parangtritis juga memiliki palung palung yang dijaga ketat oleh Tim SAR.

2. Bermain ATV

Mengingat garis pantainya yang panjang, Anda juga bisa mengelilinginya dengan menggunakan ATV. Wahana ini bisa dikendarai oleh dua orang, tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda. Anda bisa menyusuri gumuk pasir sembari menikmati pantainya yang tentunya tetap cantik.

3. Berkuda

Selain menggunakan ATV, Anda juga bisa menggunakan wahana berkuda yang juga hadir di Pantai satu ini. Anda mungkin merasa lelah jika berjalan di pinggir pantai dengan jalan kaki. Untuk itu Anda bisa mencoba wahana berkuda yang tak kalah seru. Tak perlu takut, karena sang penyewa kuda ini akan turut mengiringi setiap langkah Anda nantinya.

4. Paralayang

Di Pantai Parangtritis Anda juga bisa menantang adrenalin Anda dengan mencoba Paralayang. Pemandangan dari atas tentunya akan lebih cantik dari atas paralayang. Kegiatan ini seakan akan membawa Anda terbang di antara lautan luas yang membentang. Pasti akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi Anda.

5. Menikmati Sunset

Ketika matahari sudah berpulang, maka Anda tidak bisa melewatkan pemandangan sunset yang begitu cantik. Semburat langit senja yang berwarna jingga ini akan memberikan Anda panorama yang tidak terlupakan. Bahkan banyak pengunjung yang sengaja datang sore hari untuk menikmati sunset. Jangan lupakan untuk mengabadikan semua momen Anda selama liburan di Parangtritis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Parangtritis

Fasilitas di Pantai Parangtritis
Image Credit: Google Maps (Ela Elo)

Menjadi wisata andalan, Parangtritis sendiri dikelola oleh Pemkab Bantul sehingga fasilitasnya sudah memadai. Anda yang membawa kendaraan sendiri tidak perlu khawatir perihal area parkir. Karena lahan untuk parkir kendaraan terbilang luas. Anda yang bermain air juga bisa membilas diri di kamar mandi yang telah disewakan.

Bagi yang ingin berbelanja souvenir ataupun oleh oleh juga bisa mengunjungi beberapa tempat yang ada. Anda bisa menemukan toko souvenir, oleh oleh hingga kerajinan khas. Anda yang tidak membawa bekal juga bisa mengisi perut dengan mengunjungi warung yang ada di sekitarnya. Yang jelas, fasilitas di pantai ini terbilang lengkap dan memanjakan.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menemukan tempat ibadah yang berada di sekitaran pantai ini. Parangtritis tidak hanya menyediakan fasilitas yang memudahkan Anda, tetapi juga menjamin keamanan pengunjung. Ketika musim liburan akan ada Tim SAR yang berjaga. Tim SAR ini juga dibantu oleh Pos Angkatan Laut Samas dalam menjaga keselamatan pengunjung.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Parangtritis

Penginapan di Pantai Parangtritis
Image Credit: Traveloka.com

Mengunjungi pantai satu ini memang tidak puas jika hanya sebentar. Anda bisa bermalam di beberapa penginapan yang ada agar bisa lebih puas menikmati wisata pantai ini. Jarak penginapan dari Parangtritis terbilang dekat, bahkan banyak hotel dan penginapan yang menawarkan panorama Parangtritis.

Harga yang ditawarkan untuk penginapan ini juga tidak mahal. Anda bisa menyediakan dana mulai dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 800 ribu, tergantung dari fasilitas yang Anda inginkan. Mulai dari resort, hotel hingga losmen atau penginapan bisa Anda temukan. Agar lebih aman, ada baiknya Anda memesan beberapa hari sebelum liburan.

Berlibur ke Jogja tanpa mengunjungi Pantai Parangtritis memang tidak lengkap. Pantai satu ini memiliki keindahan tersendiri dan juga pesona yang tidak dapat ditawar. Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan ketika liburan ke pantai ini. Memang, banyak yang menganggap pantai ini susah mainstream tapi tetap memberikan kesan liburan yang menarik.