Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Sampai saat ini liburan ke pantai memang masih menjadi favorit bagi sebagian orang. Mungkin banyak yang beranggapan jika pantai semua sama saja, padahal selalu ada hal unik dari pantai satu ke pantai lainnya. Jika anda sedang liburan ke Jogja, anda bisa mengunjungi Pantai Pasir Kadilangu yang berada di Kulonprogo sebagai alternatif liburan.

Kulonprogo memang memiliki beberapa pantai kondang yang menarik untuk dijelajahi. Memang anda tidak akan menemukan hamparan pasir putih di pantai ini, mengingat daya tariknya memang berupa area mangrove. Tetapi tetap saja keeksotisannya berhasil menarik wisatawan untuk singgah. Liburan pasti akan semakin seru jika anda datang dengan orang tersayang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Kadilangu

Daya Tarik Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps ocha maosawati

1. Termasuk Wisata Baru

Pantai yang berada di Kulon Progo ini terbilang masih baru yakni dibuka pada Mei 2016 silam. Karena masih baru, namanya belum banyak dikenal oleh wisatawan secara luas. Kebanyakan pengunjungnya masih berupa pengunjung lokal. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, karena anda bisa mengunjungi destinasi yang masih tenang.

Kondisi pantai yang masih sepi justru sangat menguntungkan jika anda ingin menenangkan diri. Apalagi suasana yang ada di Pantai Pasir Kadilangu ini begitu asri. Ada banyak mangrove yang memberikan udara sejuk dan suasana pantai yang khas. Sehingga tidak ada salahnya anda menjadikan pantai di Kulon Progo ini sebagai tujuan liburan berikutnya.

2. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove selain berperan penting pada lingkungan juga bisa dimanfaatkan sebagai wisatawan. Tumbuhan utama ini secara pribadi dibudidayakan oleh masyarakat setempat. Dengan adanya mangrove maka abrasi bisa ditahan dan juga bisa menjadi tempat bagi satwa berkembang. Di pantai cantik ini, anda bisa menemukan hamparan mangrove luas yang menyejukkan.

3. Spot Foto Melimpah

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Pantai Pasir Kadilangu yakni memiliki banyak spot foto yang cantik. Belakangan ini destinasi instagramable memang selalu diburu oleh wisatawan. Walaupun spot foto yang ada begitu sederhana, tetapi kehadirannya begitu banyak. Anda bisa mengambil banyak foto cantik untuk nantinya diunggah di media sosial.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps Sri Endah

Tidak susah bagi anda untuk menjangkau Pantai Pasir Kadilangu. Alamat lengkapnya berada di Pasir Kadilangu, Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta. Akses menuju lokasi juga sudah memadai untuk anda lalui dengan menggunakan kendaraan. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota sekitar 45,6 km atau memerlukan waktu sekitar 1 jam 11 menit dengan kendaraan bermotor.

Rute menuju lokasi terbilang mudah, anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Jalan KH. Ahmad Dahlan jika dari pusat kota. Kemudian dilanjutkan menuju Jalan Wates dan ikuti jalan tersebut. Sampai anda menemukan perempatan, silahkan ambil arah selatan untuk menuju Jembatan Gamping dan anda harus tetap di Jalan Yogyakarta, Wates.

Perjalanan menuju kawasan pantai dapat melalui Jalan Nasional III hingga tiba di pertigaan dan ambil arah selatan. Tepatnya menuju Jalan Daendels Pantai Selatan, lanjut jalan lurus menuju Jalan Ketawang. Di pertigaan berikutnya anda silahkan ambil arah selatan ke Jalan Wantirta. Mengikuti jalan tersebut, tidak lama anda sampai di kawasan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Kadilangu

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps Ragil

Untuk menikmati keindahan pantai menawan ini, anda tidak perlu merogoh dalam kantong anda. Harga tiketnya hanya sekitar Rp 5.000 saja untuk setiap orang. Di kawasan Kulon Progo memang harga tiket masuk pantainya tidak terlalu mahal. Disamping membayar tiket masuk, pengunjung juga harus menyiapkan budget untuk biaya parkirnya.

Kendaraan roda dua perlu membayar parkir mulai Rp 2.000 sementara mobil sekitar Rp 5.000. Harga tiket masuk Pantai Pasir Kadilangu dan juga parkir kendaraan bisa mengalami perubahan, terutama ketika musim liburan tiba. Dan untuk jam operasionalnya mulai 06.00 hingga 18.00 WIB setiap hari mulai Senin hingga Minggu, jika ingin lebih tenang datang di hari biasa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pasir Kadilangu

Kegiatan Menarik Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps dirmawan hatta

1. Menikmati Pemandangan

Kegiatan yang bisa anda lakukan ketika singgah di pantai menawan di Kulon Progo ini yakni menikmati keindahannya. Pantai cantik ini memiliki pemandangan lautan lepas tenang dengan gugusan hutan mangrove yang sejuk. Perpaduannya membuat anda bisa memanjakan mata anda. Apalagi suasananya yang tenang dan asri akan membuat anda enggan pulang.

2. Berjalan-jalan di Hutan Mangrove

Untuk menjelajah hutan mangrove yang ada di Pantai Pasir Kadilangu ini, anda bisa melewati jembatan kayu yang sudah disediakan. Jika beruntung anda juga bisa bertemu dengan satwa satwa seperti burung di kawasan hutan ini. Berjalan jalan di kawasan hutan mangrovenya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus sebagai wisata edukasi.

3. Berburu Sunset dan Sunrise

Perlu anda ketahui jika pantai ini memiliki panorama yang siap membuat siapapun jatuh hati. Sunset dan juga sunrisenya akan membuat siapapun ingin menyaksikannya langsung. Panorama matahari tenggelam dan juga terbitnya begitu indah. Bahkan bisa dikatakan jika wisata bahari Kulon Progo ini menjadi tujuan kondang untuk berburu sunset dan sunrise.

Cahaya keemasan membentuk siluet yang sangat cocok untuk anda yang hobi fotografi. Pastikan anda datang ke Pantai Pasir Kadilangu ini di waktu yang tepat. Jika anda ingin menikmati sunrisenya, maka anda bisa datang lebih pagi. Sementara sore hari cocok untuk berburu sunsetnya yang eksotis. Dan pastikan juga cuaca sedang cerah agar anda bisa menikmati pesonanya.

Kegiatan Menarik di Pantai Pasir Kadilangu
Image Credit: Google Maps Yuanto 45

4. Wisata Kuliner

Aktivitas menarik berikutnya yakni berburu kuliner yang menggoyang lidah. Di warung warung di sekitar pantai, anda bisa mencicipi sajian seafood yang nikmat. Tenang saja seafood ini dalam kondisi segar sehingga rasanya tidak akan mengecewakan. Soal harga, anda juga tidak perlu khawatir bisa dikatakan jika masih ramah kantong.

5. Mengambil Foto Cantik

Agar liburan anda semakin lengkap, anda juga harus mengabadikan banyak momen disini. Apalagi ada banyak spot foto yang bisa anda manfaatkan untuk mengambil foto menawan. Dengan latar belakang laut tenang menjadi favorit wisatawan. Spot foto yang bisa anda temukan di Pantai Pasir Kadilangu mulai dari sangkar kepompong, kawasan cinta pertama, jembatan cinta dan lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Pasir Kadingalu
Image Credit: Google Maps Iroel Fata

Tidak hanya bisa menemukan pohon mangrove, anda juga bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung yang membuat liburan makin nyaman. Mulai dari tempat markir yang cukup besar untuk menampung semua kendaraan pengunjung. Selain itu juga ada beberapa toilet umum yang bisa dimanfaatkan pengunjung dengan kondisi yang bersih.

Anda juga bisa menemukan mushola yang bisa digunakan untuk beribadah. Pengunjung yang lelah juga bisa duduk sembari menikmati keindahannya. Karena memang ada beberapa tempat duduk di beberapa spot sebagai tempat istirahat. Anda yang tidak sempat membawa bekal dari rumah juga tidak perlu khawatir, karena ada beberapa warung yang bisa ditemukan.

Belum lagi fasilitas spot foto di Pantai Pasir Kadilangu yang jumlahnya tidaklah sedikit. Spot spot foto ini dibangun dengan menggunakan material kayu dan juga bambu. Ada banyak bentuk yang bisa anda temukan, seperti replika Queensboro Bridge yang berada di New York. Tentu singgah di pantai ini, anda bisa menemukan fasilitas pendukung lainnya.

Liburan di Kulon Progo tidak perlu bingung, karena ada banyak tujuan wisata yang bisa anda kunjungi. Jika anda ingin wisata bahari, maka anda bisa mengunjungi Pantai Pasir Kadilangu. Kendati namanya ada kata pasir, anda tidak bisa menemukan hamparan pasir pantai. Melainkan hutan mangrove dengan perairan tenang dan spot foto yang begitu melimpah.