Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Di Indonesia, anda akan menemukan banyak sekali daerah yang mungkin sebelumnya jarang terdengar. seperti halnya Kabupaten Trenggalek yang ada di Jawa Timur. Meskipun jarang terdengar, ternyata kota ini menyimpang banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah untuk bisa dikunjungi dan berkontribusi untuk pengembanagn pariwisata daerah.

Salah satu destinasi bahari terkenal di Trenggalek yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Pelang. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang bisa anda temukan di daerah Wonokoyo, Kecamatan Panggul. Pantai ini memberikan pemandangan panorama yang sangat indah dengan suasana yang sejuk dan bisa dinikmati di sepanjang jalan menuju pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pelang

Daya Tarik Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps Jureni Tyrex

1. Hutan Pinus

Daya tarik yang pertama dari pantai Trenggalek ini adalah dilengkapi dengan pemandangan hutan pinus. Ketika sudah mulai memasuki kawasan Pantai Pelang, di sepanjang jalan anda akan menikmati suasana hijau yang menenangkan dari adanya hutan pinus ini. Dengan begitu, anda akan menikmati kesegaran dan asrinya udara hutan di sepanjang jalan.

Anda juga bisa berhenti dikawasan hutan pinus ini untuk sekedar mengambil gambar dengan background hutan pinus. Foto anda akan terkesan sangat indah dengan panorama hutan pinus yang hijau dan menjulang tinggi. Bagi anda pecinta foto bisa mengunjungi kawasan ini untuk melakukan pemotretan keindahan alam yang ada di Indonesia.

2. Air Terjun

Hal yang menjadi pembeda dari Pantai Pelang adalah terdapat air terjun yang sangat indah. sangat jarang sekali bisa menemukan pantai yang berdekatan dengan lokasi air terjun. Lokasi air terjun biasa dapat ditemukan di daerah yang termasuk dalam dataran tinggi. Namun hal tersebut berbeda dengan pemandangan yang bisa dilihat di pantai ini

Ketika berada di wisata ini, anda akan dapat menemukan air terjun yang lokasinya berada sekitar 300 meter dari pesisir pantai. Lokasi ini biasanya dikunjungi oleh para wisatawan dengan tujuan untuk bermain air ketika ombak di pantai sedang pasang. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, anda perlu berjalan menelusuri pesisir pantai.

3. Terdapat Spot Berenang

Ketika berlibur ke pantai, biasanya anda pasti menemukan pantai yang tidak bisa dijadikan sebagai tempat berenang. Namun hal tersebut berbeda dengan pantai yang ada di Trenggalek ini. Pantai Pelang ini memiliki kondisi ombak yang cukup tenang sehingga dan dapat digunakan sebagai lokasi untuk berenang tanpa takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini, anda juga dapat mengikutsertakan anak-anak untuk berenang di tepi pantai. Namun ketika pantai mulai pasang dan ombang tinggi, maka hentikan aktivitas berenang. Untuk itu, anda perlu memahami kapan saat yang tepat untuk bisa bermain di pantai untuk menjaga keselamatan orang yang dicintai.

Daya Tarik di Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps Lapoer Photography

4. Terdapat Spot Foto

Di sebelah barat dari Pantai Pelang, Anda akan menemukan sebuah jembatan yang menghubungkan antara tempat parkir dengan pantai. Lokasi jembatan tersebut sangat cocok dan bagus jika digunakan untuk mengambil gambar sebagai kenang-kenang bahwa anda pernah datang mengunjungi salah satu pantai yang ada di Trenggalek ini.

Posisi adanya jembatan ini dibuat dengan tujuan sebagai fasilitas bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana dan keindahan pantai tanpa perlu membasahi bagian tubuh atau tidak ingin basah terkena air laut. Sehingga bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai dari dekat namun tidak ingin basah, maka bisa mendatangi posisi jembatan ini.

5. Terdapat Spot Sunset

Karena lokasinya yang berada di sebelah barat dari Kabupaten Trenggalek, menjadikan destinasi wisata Pantai Pelang sebagai yang tepat untuk menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam. Jadi, anda bisa mengunjungi destinasi wisata ini ketika mendekati waktu sore untuk bisa menikmati keindahan sunset dari tepi pantai yang ada di Kabupaten Trenggalek ini.

Ketika melihat keindahan dari sunset yang ada di tepi pantai ini, jangan lupa untuk diabadikan dengan menggunakan kamera smartphone anda dan mengunggahnya dalam media sosial instagram untuk memperkenalkan keindahan dari wisata yang ada pantai yang ada di Trenggalek agar lebih dikenal oleh masyarakat luas atau bahkan mancanegara.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Harga Tiket Masuk Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps Edy Winoto

Kondisi jalan menuju Pantai Pelang sangat bagus di jalan beraspal tetapi medannya curam. Perlu diketahui bahwa jalan yang Anda lalui berkelok-kelok dan terdapat lereng yang curam. Jalan menuju pantai tidak begitu lebar dari jalan yang ada, namun sudah tersedia dan bisa dilalui untuk kendaraan roda empat. Sehingga cukup aman dan nyaman untuk dilalui.

Untuk bisa mencapai lokasi pantai ini, anda akan melalui rute yang cukup jauh dari pusat kota mungkin sekitar 50 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menuju ke arah Jalan Raya Jarakan sampai Karangan yang mencapai 5 km lalu melanjutkan perjalanan dengan belok kearah kiri dan mengikuti jalan.

Setelah dari belokan tersebut, anda perlu melakukan perjalanan sekitar 12 kilometer. Ketika melewati Jalan Dongko sampai Karangan, anda akan menemukan jalan yang sangat berkelok. Ada banyak tanjakan dan turunan yang curam serta jalan yang berkelok-kelok. Lanjutkan 8 km dan belok kiri ke Jalan Panglima Sudirman yang masih masuk dalam area Dongko.

Setelah melakukan perjalanan 1 Km, anda akan menemukan kantor pos kemudian belok kiri. Anda sudah memasuki kawasan Jalan Panggul ke Dongko. Kemudian ikuti jalan sampai tiba ke Jalan Kampak. Melanjutkan perjalanan hingga 18 km untuk menuju Jalan Waluh Towo. Ikuti jalan selama 2 km lalu belok kiri dan menuju Jalan Diponegoro dengan bertemu pertigaan belok kanan.

Setelah melakukan perjalanan tersebut, anda akan berada di Jalan MT. Haryono yang berada 1 kilometer dari Jalan Pantai Pelang, Jawa Timur. Anda sudah akan melihat dan menyaksikan pemandangan keindahan dari pantai meskipun masih dalam jarak yang cukup jauh. Setelah itu, anda hanya perlu mengikuti jalan dan menikmati suasana keindahan pantai.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Alamat Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps D’ Indra

Ketika datang ke Pantai Pelang yang menawan ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar karena harga tiket masuknya terbilang relatif murah. Anda hanya perlu membayar Rp 8.000 per orang pada hari weekdays. Namun harga tersebut akan berbeda jika anda mengunjungi pantai ketika memasuki masa liburan ataupun weekend.

Ketika weekend, tiket masuk pantai akan naik menjadi Rp 10.000 per orang. selain biaya masuk, anda juga perlu membayar biaya parkir untuk motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000. Ketika memasuki tempat wisata ini, anda akan mendapatkan fasilitas yang cukup memadai. Beberapa fasilitas yang akan didapatkan diantaranya adalah kamar mandi dan toilet.

Selain itu, anda juga akan menemukan restoran yang menjual berbagai jenis makanan ringan yang bisa dikonsumsi setelah melakukan berbagai aktivitas. Ketika anda sedang menggunakan kamar mandi dan toilet, anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 2000. Harga tersebut relatif cukup murah dan umum ditemukan di berbagai destinasi wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pelang

Kegiatan Menarik Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps yuda scumbag

1. Bersantai

Pantai cantik di Trenggalek ni merupakan salah satu objek wisata yang paling populer dan menarik untuk dikunjungi ketika berada di Kota ini. Pantai ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya. Anda bisa melihat keindahan suasana pantai yang berada di sekitar lembah dan juga dikelilingi oleh perbukitan, tebing, goa dan air terjun.

Anda juga bisa merasakan sejuk dan segarnya udara di pantai berpasir coklat yang landai. Untuk bermain di Pantai Pelang, Anda harus menyeberangi jembatan di atas sungai air tawar. Pantai ini juga memiliki gazebo untuk bersantai sambil menikmati indahnya panorama Pantai Peran. Di pantai ini banyak terdapat restoran yang menjual barang dagangan.

Ombaknya cukup tenang sehingga anda tidak akan menemukan penjaga yang berjaga di pinggir pantai. Anda bisa melakukan kegiatan berenang di sekitar pantai namun perlu memperhatikan kondisi di lapangan. Meskipun tidak memiliki pasir putih seperti pantai lainnya, anda akan tetap bisa menyaksikan pemandangan yang sangat eksotis.

2. Pergi Mengunjungi Pulau Godo

Ketika datang mengunjungi pantai ini, anda juga dapat berkunjung ke destinasi lainnya yang lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Pelang. Nama lokasi destinasi wisata ini bernama pantai Konang yang memiliki sebuah pulau Godo dan bisa dilihat dari kejauhan. Sedangkan pada bagian sebelah baratnya, anda akan melihat tebing raksasa yang menjulang tinggi.

Pantai wisata yang ada di Trenggalek ini memiliki garis pantai sekitar 2 kilometer dengan luasnya yang sekitar 10 hektar. Salah satu destinasi wisata yang ada di Trenggalek ini memiliki pemandangan sangat indah dan terasa seperti berada di atas ketinggian bukit. Disana, anda akan melihat dan menikmati keindahan pemandangan melalui gardu pandang.

Kegiatan Menarik di Pantai Pelang
Image Credit: Google Maps Yusuf Ariyanto

3. Mengunjungi Air Terjun

Di pantai ini, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan dari sudut pandang pantainya saja tetapi juga keindahan air terjunnya. Air terjun ini berjarak 300 meter dari pantai dan dapat dilalui dengan berjalan kaki, namun perlu diketahui bahwa jalan di sekitar air terjun cukup licin. Alih-alih melihat pemandangan alam pantai, Anda bisa menghabiskan waktu bermain-main di air terjun ini.

Air terjun setinggi 10 meter ini konon memiliki khasiat menyembuhkan segala penyakit dan membuat wajah awet muda. Para wisatawan mengenal air terjun ini dengan nama air terjun Pantai Pelang yang unik dan menarik. Hal ini dikarenakan air mengalir menuruni tebing yang cukup panjang. Tebingnya menyerupai batuan karst yang agak kekuningan.

Tak hanya itu, di sekitar air terjun terdapat pepohonan yang membuat area di sekitar air terjun rindang dan sejuk. Akar dari pohon ini melintang menghalangi aliran air terjun. Ketika sinar matahari mulai menyinari pepohonan di sekitar air terjun akan menambah nilai keindahan dari air terjun. Anda juga dapat melihat adanya goa yang menarik perhatian.

4. Melakukan Perkemahan

Bagi anda yang ingin berkemah juga bisa menghabiskan waktu di Pantai Pelang untuk menikmati dinginnya malam dan keindahan bintang yang memenuhi seisi langit. Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah ketika memasuki musim kemarau. Jika datang ketika musim hujan, pastinya anda akan mengalami banyak kesulitan.

Pantai Pelang yang ada di Kabupaten Trenggalek memang memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Untuk bisa mengunjungi destinasi wisata ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal karena harga tiket masuknya terbilang cukup terjangkau. Anda juga dapat menemukan air terjun serta pulau Gudo yang sangat unik dan menjadi ciri khas dari destinasi wisata ini.