Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mampu menawarkan beragam wisata alam mempesona. Bagaimana tidak, sisi selatan Yogyakarta ini memang menyimpan banyak surga tersembunyi berupa deretan pantai, air terjun, pegunungan, taman bunga, sampai goa.

Adapun salah satu yang populer dan potretnya kerap lalu lalang di sosial media yaitu Pantai Peyuyon. Bahkan nama pantai ini selalu masuk ke dalam list wisata Gunung Kidul Wonosari paling populer. Meski termasuk cukup anyar, karena akses jalannya baru dibuka pada tahun 2017, pantai ini dengan cepat mendapat perhatian dari wisatawan setempat maupun luar daerah.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Peyuyon

Daya Tarik Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps R A

1. Masih Sangat Alami

Baru dibuka akses jalannya pada tahun 2017, sampai sekarang Pantai Peyuyon masih tampak sangat bersih dan alami. Mungkin karena jalan menuju lokasi belum cukup memadai, sehingga meskipun populer pantai tersebut tergolong cukup sepi. Lokasinya yang diapit oleh pegunungan khas Gunungkidul pun semakin menyembunyikan letak pantai dari keramaian.

Tidak heran jika pantai ini disebut sebagai surga tersembunyi oleh para wisatawan. Di setiap bibir pantainya dihiasi oleh tanaman pohon pandan. Keberadaan pepohonan yang rimbun tersebut membuat area pantai terasa semakin asri. Meskipun cuaca sedang terik, pemandangan ijo royo royo di sekitar pastinya akan memanjakan mata.

2. Pasir Putih yang Berpadu Ombak Lautan

Meskipun hamparan pasir di Pantai Peyuyon memang tidak begitu luas, namun pasir di sini sangat bersih, putih, dan lembut. Sehingga setibanya di sana anda akan langsung disambut oleh pesona pantai yang begitu memukau, dengan hamparan pasir putih yang berpadu ombak lautan berwarna biru.

Apalagi air laut di sekitar pantai pun tampak sangat bersih, mengundang siapapun untuk segera menikmati kesegarannya. Dan jangan lupakan rimbunnya daun pandan di sekitar pantai, sentuhan hijau membuat perpaduan biru dan putih antara laut dan pasir pantai semakin sempurna.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps Satria Raka Siwi

3. Tebing di Kedua Sisi

Keberadaan tebing di kedua sisi Pantai Peyuyon tidak kalah eksotis, semakin menambah kecantikan panorama yang ada di lokasi wisata. Biasanya pengunjung akan mengambil potret dengan latar belakang tebing tersebut untuk mendapatkan hasil foto yang ciamik. Selain dimanfaatkan sebagai latar belakang foto, tebing kokoh ini juga sering digunakan untuk berlindung dari panas matahari pada siang hari.

Semakin menarik, anda bisa menemukan cekungan goa di tebing sebelah barat. Selain menjelajah goa, anda bahkan bisa memanfaatkan area ini sebagai tempat untuk camping. Jadi pemandangan lautan akan tampak semakin nyata dan begitu dekat ketika anda bangun pada keesokan paginya.

4. Bukit Widodaren

Bukit Widodaren berada di sekitar area pantai, selain keberadaannya mampu mempercantik panorama di sekitar, bukit ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Karena melalui ketinggian bukit tersebut para pengunjung bisa mendapatkan view pantai yang eksotis.

Apabila tidak ingin bermalam di pantai, anda bisa sekadar menikmati pemandangan matahari tenggelam Pantai Peyuyon dari atas Bukit Widodaren. Karena landscape keindahan wisata bahari tersebut akan semakin terlihat jelas ketika dilihat dari atas ketinggian bukit.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps Firgita Febriyani

Pantai Peyuyon berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya pantai ini terletak di antara Pantai Mboyo dan Pantai Widodaren, yang berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat Kota Jogja. Estimasi waktu yang dibutuhkan selama perjalanan untuk mencapai destinasi sekitar 1,5 sampai 2 jam.

Sementara dari Kota Wonosari hanya berjarak 20 kilometer ke arah selatan. Karena letak pantai berada di lereng bukit, anda akan menjumpai rute jalan yang cukup terjal selama menuju lokasi. Ada medan yang berupa batuan kapur dengan deretan hutan jati di samping kanan dan kiri. Meski begitu pemandangan di sekitar cukup menyejukkan dan menyegarkan mata.

Sesampainya di lokasi parkir kendaraan, anda masih perlu berjalan sekitar 500 meter untuk mencapai bibir pantai. Jalur tracking yang akan dilalui selanjutnya memiliki suasana alam yang damai dan sangat hijau. Berikutnya anda perlu menuruni tebing dengan ketinggian sekitar 4 meter dengan menggunakan tangga kayu sederhana, barulah anda bisa menjumpai bibir pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Peyuyon

Harga Tiket Masuk Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps Firgita Febriyani

Pantai cantik ini buka setiap hari selama 24 jam, sehingga anda bisa datang kapan saja selagi sempat. Dan bagi yang ingin merasakan suasana pantai tersebut, perlu membayar tiket masuk dengan biaya Rp. 5.000 saja.

Sementara biaya parkirnya Rp. 2.000 atau sesuai tarif parkir pada umumnya. Dengan harga tersebut, Peyuyon termasuk destinasi yang sangat murah meriah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Peyuyon

Kegiatan Menarik Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps setyo pambudi

1. Bermain Pasir

Sama seperti pantai di kawasan selatan Yogyakarta lainnya, Pantai Peyuyon punya ombak yang cukup besar. Sehingga sebaiknya anda tidak berenang di sini. Sebagai alternatif, anda bisa bermain pasir pantai yang begitu lembut dan bersih. Bisa juga dengan membawa properti sendiri agar waktu bermain terasa lebih menyenangkan.

2. Mendirikan Tenda

Anda bisa mendirikan tenda pada beberapa lokasi di Pantai Peyuyon, seperti di hamparan pasir pantai, di goa yang ada pada bagian barat tebing, atau di atas bukit yang berada tidak jauh dari pantai. Apabila ombak sedang tidak begitu besar dan anda ingin melihat lautan lebih dekat, maka di dalam goa adalah pilihan tepat.

Apalagi anda bisa sekaligus mengeksplorasi goa tersebut sambil mendirikan tenda dan bermalam di sana. Namun jika ombak dirasa cukup besar, sebaiknya jangan mendirikan tenda di sekitar pantai. Sebab area pantai yang tidak begitu luas mungkin berisiko membuat tenda diterjang ombak. Pada kondisi seperti itu tentu yang paling direkomendasikan adalah di atas bukit.

3. Menikmati Sunset

Pantai Peyuyon adalah lokasi yang tepat untuk menikmati sunset. Khususnya ketika cuaca sedang cerah, anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang begitu mengagumkan. Cobalah untuk naik ke atas bukit yang berada tidak jauh dari pantai agar bisa melihat pemandangan matahari terbenam secara perlahan dengan lebih jelas.

Kegiatan Menarik di Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps shmily henonk

4. Berburu Foto Instagramable

Dengan panoramanya yang begitu indah, sekitar pantai ini menawarkan banyak spot foto Instagramable yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan berbagai potret ciamik. Anda bahkan bisa mengambil foto dari berbagai angle dan memperoleh hasil yang memukau untuk setiap angle tersebut.

Jadi tidak ada salahnya untuk membawa beberapa properti pribadi untuk mendukung kegiatan berburu foto supaya semakin seru. Sebab hasil yang akan anda peroleh benar benar tidak disangka dan sangat luar biasa. Karena pantai relatif sepi, anda bisa melakukan sesi pemotretan dengan leluasa layaknya berada di private beach.

5. Memancing di Pantai Peyuyon

Lokasi pantai ini juga akan menjadi spot favorit bagi mereka yang hobi memancing. Jadi bagi anda yang ingin menikmati liburan sambil menyalurkan hobi mancing, Peyuyon adalah pilihan paling tepat. Tapi jangan lupa membawa alat pancing dan umpan sendiri karena tidak ada yang menyewakannya di sini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Peyuyon
Image Credit: Google Maps mega saputra

Fasilitas yang disediakan pengelola terbilang masih minim. Hanya sekadar area parkir kendaraan, toilet, tempat istirahat, dan area memancing. Sementara persewaan alat pancing atau lainnya untuk melakukan aktivitas pantai tidak tersedia. Bahkan warung makan belum memadai, sehingga ada baiknya anda sudah mempersiapkan bekal sendiri yang cukup sebelum berangkat menuju pantai.

Masih begitu alami dan asri, tidak heran jika Pantai Peyuyon langsung terkenal setelah akses jalan menuju pantainya dibuka. Meski begitu, jalannya yang terjal membuat pantai ini masih disebut sebagai pantai perawan. Sehingga cocok sekali bagi anda yang ingin berlibur mencari ketenangan dan kedamaian, jauh dari hiruk pikuk serta ramainya suasana kota. Tertarik ?