Pantai Sadranan, Surga Bahari di Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan Gunung Kidul

Pantai Sadranan merupakan salah satu wisata bahari yang memukau di Gunung Kidul, Jogja. Pantai berpasir dengan pemandangan alam menakjubkan dan tempat kegiatan snorkling terbaik.

Lokasi: Pule Gundes II, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Potensi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memang begitu kaya. Tidak hanya menyajikan wisata budaya, wilayah satu ini juga menawarkan wisata bahari yang menawan. Tepatnya di daerah Gunung Kidul, Anda bisa menemukan Pantai Sadranan yang tawarkan pesona bahari jempolan yang bisa Anda jadikan alternatif tujuan wisata. Selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Pantai Sadranan, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Pantai Sadranan, Surga di Gunung Kidul

Image Credit: Twitter.com @sarsatlinmas

Garis pantai yang panjang, menjadikan Gunung Kidul memiliki banyak pantai cantik yang membuat siapapun terpukau. Tak heran jika ingin menikmati pantai cantik, Gunung Kidul kerap menjadi tujuan wisata. Dan di kawasan ini Anda juga bisa menjadikan Pantai Sadranan sebagai destinasi wisata bahari Anda.

Pantai satu ini terbilang tersembunyi tapi kemudian saat sudah memunculkan diri, panorama yang ditawarkan begitu megah. Layaknya pantai lainnya di kawasan Selatan Jogja, pantai ini juga dianugerahi dengan pasir putih dan air jernih. Karang koral juga berada di area yang dekat dengan bibir pantainya.

Bukan hanya tawarkan pemandangan yang luar biasa, nama yang disematkan pada pantai ini juga menarik ditelusuri. Nama Sadranan diambil dari kata Nyadran dalam bahasa Jawa yang berarti ritual tradisi di tanah Jawa. Ritual ini memang kerap dilakukan dan berupa sedekah laut. Nyadran akan dilakukan pasca panen di waktu Pahing tiap tahunnya.

Jika Anda beruntung, tentunya Anda bisa sekalian menikmati ritual satu ini. Pantai Sadranan termasuk pantai yang landai, menjadikan panorama yang dimilikinya semakin memanjakan mata. Perpaduan air laut yang bening, dengan warna airnya yang biru kehijauan memanggil siapapun untuk menjelajah pesona bahari yang dimilikinya.

Pantai satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan Anda. apalagi juga bukan pantai yang selalu ramai, masih banyak pelancong yang familiar dengan pantai ini. Sehingga Anda bisa merasakan suasana bahari yang bagi alami dengan alam yang masih terjaga keasriannya. Liburan Anda dijamin akan menyenangkan dan bisa melepas semua penat yang ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sadranan Jogja

Daya Tarik Pantai Sadranan Jogja

Image Credit: Facebook.com @njogjani

Wisata pantai ini memiliki pasir putih seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya. Ada beberapa karang di pinggir pantai yang juga menjadi daya tarik tambahannya. Pasir pantai yang lembut dengan garis pantai yang lumayan panjang menarik minat wisatawan untuk bermain di atasnya. Apalagi pantai ini masih terbilang sepi.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Kaliurang Sleman yang Paling Hits Dikunjungi

Jika Anda memang ingin menikmati liburan yang tenang namun panoramanya indah, maka Pantai Sadranan menjadi pilihan yang tepat. Ombak yang tenang, menjadikan para pengunjung bebas untuk bermain di pantainya. Hal ini dikarenakan terdapat penghalang ombak alami yang berada di depan pantai.

Penghalang tersebut berupa gugusan karang dan juga gili atau pulau kecil. Hal ini yang menjadikan pantai eksotis ini sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkeling. Pemandangan bawah laut yang disajikan juga tidak kalah menawan dari pantai pantai lainnya. Dengan air yang jernih dan ombak yang tenang, kegiatan snorkeling memang menjadi unggulan di pantai ini.

Sejauh mata memandang, pantai ini memang mampu hadirkan panorama yang menakjubkan. Pada hari hari biasa, Anda bisa merasakan seakan akan sedang ada di pantai pribadi. Dan hal ini justru menjadi salah satu kelebihan dari pantai di Jogja satu ini. Karena Anda bisa melakukan banyak aktivitas menarik dengan lebih nyaman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Sadranan

Alamat Pantai Sadranan

Image Credit: Google Maps (Lukkyeos)

Surga bahari ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo,Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dari pusat kota Jogja, jaraknya tidak begitu jauh dan Anda juga tidak perlu khawatir tersesat. Setidaknya membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan jika jalanan lancar.

Anda bisa menempuh perjalanan menuju pantai ini menggunakan kendaraan pribadi atau bisa menggunakan kendaraan umum. Bagi Anda pengguna sarana transportasi umum, Anda bisa mengandalkan bus untuk sampai di terminal Gunung Kidul. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun carter kendaraan menuju Pantai Sadranan.

Paling disarankan memang menggunakan kendaraan pribadi, entah roda dua atau roda empat. Karena Anda bisa lebih fleksibel dan memiliki banyak waktu untuk menikmati pantainya. Kondisi medan menuju pantai sudah terbilang memadai, rute untuk menuju pantai ini juga begitu mudah untuk diikuti.

Dari pusat kota Jogja, Anda bisa langsung melanjukan kendaraan menuju Gunung Kidul dan Anda bisa melalui jalan Wonosari. Apabila sudah tiba di kota Wonosari, langsung ambil arah kanan menuju Pantai Baron. Melewati Pantai Baron, Anda bisa langsung ke arah timur dan nanti Anda akan menemukan papan nama untuk menuju Pantai ini.

Selain melalui rute ini, Anda juga bisa memanfaatkan jalur alternatif yang melewati Imogiri Panggang. Apabila Anda ragu, Anda bisa langsung bertanya pada masyarakat sekitar. Selain itu juga bisa mengandalkan Maps yang terpasang pada smartphone Anda. petunjuk arah menuju pantai Sadranan juga sudah begitu jelas dan mudah ditemukan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Sadranan

Image Credit: Facebook.com @ismaiel.maiel

Untuk menikmati keindahan yang dimiliki Pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Tiket masuk dibanderol mulai Rp. 10 ribu jika merujuk pada informasi yang diperoleh. Jikapun nantinya mengalami kenaikan, besaran kenaikannya tidak akan sampai berkali kali lipat.

BACA JUGA:  21 Wisata Pantai Terhits di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Harga tiket tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Kendaraan roda dua harga parkirnya sekitar Rp. 2 ribu saja. sementara untuk roda empat berkisar di angka Rp. 5 ribu. Selain biaya tersebut, Anda yang ingin melakukan aktivitas seperti berenang ataupun menginap Anda bisa menyiapkan dana tambahan tapi tenang saja tidak akan membuat kantong jebol.

Jam operasional Pantai ini adalah 24 jam, sehingga Anda bisa datang kapan saja. Tergantung panorama apa yang ingin Anda buru. Pagi hari dengan tampilan sunrise ataupun sore hari dengan sunset yang tak kalah indah. Bagi Anda yang ingin snorkeling pun ada jadwalnya, yakni pada pagi hari dan juga saat sore hari sekitar pukul 04.00 hingga 18.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sadranan

Kegiatan di Pantai Sadranan

Image Credit: Instagram.com @daniratri85

Mengunjungi pantai tidak hanya bisa menikmati pemandangan dan berenang saja. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik di tempat wisata bahari satu ini. Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi pantai satu ini. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan.

1. Mencoba Perahu Kano

Salah satu aktivitas yang menarik dan bisa Anda coba adalah mencoba bermain perahu kano. Mendayung kano akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda. Hempasan ombak yang menerpa perahu memberikan sensasi tersendiri. Bukan hanya itu, Anda juga bisa melihat pemandangan menjadi lebih cantik mengingat bukit bukit karang yang ada bisa dijangkau.

Tenang saja, ketika bermain kano sudah dilengkapi dengan pengaman berupa pelampung pada badan Anda. untuk menjajal aktivitas ini, Anda bisa menyewa peralatannya dengan harga sekitar Rp. 50 ribu untuk satu jamnya. Kegiatan ini hingga kini masih menjadi favorit bagi para wisatawan tanpa harus mengunjungi pantai Lovina atau Pantai Pandawa di Bali.

2. Berenang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pantai satu ini memiliki ombak yang landai. Sehingga Anda bisa berenang dan menikmati ombaknya dengan tenang. Hal ini karena Pantai Sadranan diapit oleh pantai lainnya yaitu Pantai Ngandong dan Pantai Krakal. Kendati demikian pastikan untuk tetap berhati hati saat berenang. Bagi yang tidak berenang, bermain air juga seru.

3. Snorkeling

Mengintip keindahan bawah lautnya juga bukanlah ide yang buruk. Anda bisa snorkeling di pantai satu ini dan mengintip berbagai biota laut yang masih terjaga. Terumbu karang yang masih terawat dan aneka hewan laut akan membuat Anda terpana. Bisa dilakukan di pagi hari, kebanyakan wisatawan memilih sore hari karena bisa menikmati sunsetnya sekaligus.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Paling Hits

4. Berburu Foto Cantik

Pantai Sadranan menjadi salah satu pantai di Jogja dengan sunrise dan sunset yang menawan. Dan pesona ini tentunya bisa Anda abadikan melalui potret yang Anda ambil. Berbagai sudut pantai ini memang mampu menghadirkan spot foto yang instagramable. Pastikan Anda untuk membawa kamera terbaik Anda dan menyediakan ruang penyimpanan yang lega.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sadranan Jogja

Fasilitas di Pantai Sadranan

Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja21)

Tempat wisata tanpa fasilitas tentunya menjadi tidak lengkap. Padahal hadirnya fasilitas yang memadai bertujuan untuk memanjakan para pengunjung. Begitu juga dengan Pantai Sadranan yang sudah dibekali dengan berbagai fasilitas menarik. Pengunjung yang sedang liburan memang tidak hanya bisa menikmati pesona baharinya saja.

Di kawasan pantai ini menawarkan banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung yang sedang liburan. Anda bisa menemukan kamar mandi dan juga kamar bilas. Setelah Anda bermain air atau berenang, Anda bisa memanfaatkan fasilitas satu ini. Selain itu juga ada gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Anda yang ingin melakukan snorkeling pun tak perlu membawa peralatan sendiri. Karena memang sudah ada tempat persewaan alat snorkeling di pantai ini. Tentunya ada biaya tertentu yang harus Anda bayarkan. Bagi Anda yang tidak membawa bekal, Anda bisa mengunjungi warung makan yang berada di sekitaran pantai.

Bahkan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai lebih lama, maka Anda bisa menginap di penginapan yang tersedia. Sekalipun pantai Sadranan masih termasuk dalam jajaran pantai yang masih sepi, tetapi fasilitas yang ditawarkan sudah lengkap salah satunya penginapan. Penginapan di pantai ini rata rata di kelola oleh masyarakat.

Sebagian besar penginapan yang ada berupa homestay, walaupun dikelola masyarakat tetapi kenyamanannya tak perlu diragukan lagi. Harga yang ditawarkan juga tidaklah mahal, satu malamnya berkisar antara Rp. 200 ribu. Ada beberapa rekomendasi mulai dari Rock Garden Homestay, Penginapan Bambu Lengkung Indrayati, Rimba Stay Sadranan hingga Hotel Asmara.

Pengunjung yang tidak ingin menginap di hotel ataupun di penginapan, Anda juga bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Camping di pantai ini bukanlah hal yang buruk, apalagi rata rata area camping menunjukkan panorama dari atas tebing yang memukau. Dengan begitu Anda bisa menikmati panorama yang lebih menakjubkan.

Mengunjungi Jogja dan berniat untuk wisata bahari, Pantai Sadranan bisa dijadikan sebagai pilihan. Tidak hanya tawarkan pesona bahari yang unggulan, Anda juga bisa melakukan berbagai hal yang menarik. Apalagi fasilitas yang dihadirkan di Pantai ini juga terbilang lengkap. Tertarik untuk mengunjungi pantai satu ini saat berada di Jogja?