Harga Tiket: Rp 4.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Samas adalah salah satu pantai yang saat ini sedang populer di kalangan para wisatawan dan anak muda. Pantai ini terkenal dengan pasir yang berwarna hitam dan dipadukan dengan riuhnya gulungan ombak sehingga menambahkan kesan eksotis dan panorama yang menawan.

Wisata hits ini terletak di daerah Bantul, Yogyakarta dan tidak jauh dari pusat kota. Wisatawan yang sedang merasakan jenuh dan penat akan suasana kota, bisa langsung mengunjungi pantai cantik tersebut. Pengunjung akan dibuat jatuh hati dengan pemandangan langit dan luasnya lautan tanpa keramaian.

Ketenangan dari hiruk pikuknya kota bisa Anda rasakan dan nikmati di pantai nan indah ini. Pantai Samas cocok dijadikan sebagai destinasi wisata dan referensi para wisatawan jika ingin menenangkan diri dan menghilangkan bosan selama di rumah saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Samas

Daya Tarik Pantai Samas
Image Credit: Google Maps Annisa Nur Rahma M.

Setiap pantai mempunyai hal menarik untuk segera dikunjungi oleh para wisatawan, begitu juga dengan pantai hits di Bantul ini. Pantai cantik ini selalu memiliki daya tarik pengujung untuk terus-menerus dikunjungi. Mulai dari pasir hitam eksotis, panorama yang menawan hingga suasana sepi merupakan keadaan yang ingin selalu dirasakan oleh wisatawan di pantai indah ini.

1. Pemandangan Langit dan Pantai

Pantai Samas memiliki luas dan lebar yang membuat panorama dari pantai indah ini dapat terlihat dari arah mana saja. Pantai ini membentang luas sehingga ombak dapat tergulung dengan sempurna di antara pasir hitam nan eksotis itu.

Menjelang siang biasanya desiran angin semakin kencang terdengar, hal itu menyebabkan para wisatawan candu dan betah berada di pantai indah ini. Selain itu, pantai ini memiliki suasana yang tidak ramai sehingga hal itu bisa memanjakan para pengunjung.

Langit yang selalu biru dan cerah juga menambah kekhasan dari pantai menawan ini. Dipercaya, warna biru dapat menenangkan dan melegakan perasaan seseorang. Ketika menjelang sore, langit berubah warna oranye dan matahari pun ikut terbenam, sering disebut sunset.

Penikmat senja akan selalu menunggu sunset untuk menikmati betapa indahnya hari tersebut. Sambil ditemani secangkir kopi hangat dan angin sepoi-sepoi dari gulungan ombak laut yang kencang. Pemandangan sunset ini adalah puncak dari indahnya pantai tersebut sehingga banyak wisatawan akan memotret panorama indah ini yang nantinya tidak akan bisa dilihat kembali.

2. Terdapat Wisata Konservasi Penyu

Pada zaman sekarang, penyu adalah hewan langka dan jarang ditemui oleh banyak orang sehingga hewan tersebut biasanya akan selalu dilestarikan oleh pihak berwajib. Hewan ini terancam punah karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Tempat tinggal hewan itu sering dirusak dan diburu oleh pemangsa.

Melihat keadaan seperti itu, pihak Pantai Samas mencoba untuk memberikan habitat dan tempat tinggal yang baik untuk hewan yang dijuluki sebagai kura-kura terbesar di Asia Tenggara. Adanya kebaikan dari pihak pantai cantik ini, pemerintah membangun serta mendirikan tempat konservasi penyu.

Terdapat empat jenis penyu yang bisa para wisatawan lihat yaitu, penyu lekang, penyu sisik, penyu hijau dan penyu belimbing. Adanya konservasi ini pengunjung banyak memboyong anak dan keluarganya untuk melihat hewan langka tersebut. Selain berwisata, pengujung juga bisa belajar dan menambah ilmu serta wawasan mengenai penyu dan jenisnya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Samas
Image Credit: Google Maps Leni Ambar

3. Taman Bunga Matahari nan Cantik

Pantai Samas juga menyuguhkan taman bunga matahari nan cantik yang bisa dinikmati oleh semua wisatawan. Taman bunga ini juga sebagai daya tarik pengunjung untuk melihat langsung bagaimana bentuk dari bunga matahari yang indah itu.

Dahulu, taman bunga matahari ini tidak dibuka untuk umum karena pemilik dari kawasan pantai tersebut sangat menyukai dan hobi mengoleksi bunga tersebut. Selain hobi juga, bunga matahari dialih fungsikan sebagai pelindung tanaman cabai dari desiran angin dari pantai cantik itu.

Melihat para pengunjung menyukai dan mempunyai daya tarik lebih terhadap taman bunga itu, akhirnya pemiliki membuka taman ini untuk umum dan spot fotonya banyak dikenal oleh wisatawan. Menurut pengunjung, taman bunga matahari ini unik dan memiliki nilai estetika yang bisa dijadikan spot foto kekinian.

4. Jembatan Bambu

Selain keindahan panorama yang disuguhkan, pantai menawan ini juga memiliki jembatan bambu di tengah birunya air laut. Jembatan bambu tersebut memiliki panjang sekitar 200 meter dan tepatnya berada di Pengklik atau Laguna Pantai Samas.

Namun, untuk jembatan bambu itu tidak berjalan dengan optimal karena adanya peristiwa abrasi. Padahal jika optimal, jembatan ini bisa dijadikan sebagai tempat foto para pengunjung karena dari jembatan ini bisa menampakkan pemandangan langit biru dan pasir hitam yang eksotis.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Samas
Image Credit: Google Maps A. Widi Astuti

Pantai cantik ini tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya 35 km saja. Anda juga menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam saja ke Pantai Samas. Para wisatawan bisa langsung ke Jalan Bantul dan dapat melewati Jembatan Janti. Kemudian, Anda bisa menuju ke simpang empat Palbapang. Setelah itu, para pengunjung dapat melanjutkan perjalanan melalui Jalan Samas.

Anda tidak perlu khawatir akan kondisi perjalanannya karena kondisi jalan yang di daerah tersebut sudah baik. Kemacetan dan keramaian pun dipastikan tidak ada sebab jalannya cukup lebar sehingga bisa mengurangi kapasitas mobilitas.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Samas
Image Credit: Google Maps Nurina Jihan

Meskipun Pantai Samas ini merupakan pantai yang menyuguhkan panorama yang cantik dan indah, harga tiket masuk untuk ke pantai tersebut sungguh terjangkau dan tidak merogoh kocek. Sehingga para pengunjung tidak khawatir jika ingin berwisata.

Untuk harga tiket masuk sebesar Rp. 4.000 per orang atau per kepala. Sedangkan, biaya untuk parkir sepeda motor akan dikenakan sebesar Rp. 2.000. Sementara itu, untuk parkir mobil akan dihargai sebesar Rp. 5.000. Cukup murah bukan? Dengan jumlah uang yang tidak banyak, Anda bisa menikmati keindahan alam yang tiada bandingannya.

Perlu diingat, jam buka pantai menawan ini dimulai dari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. Pantai ini terbuka setiap hari sehingga pengunjung bisa datang kapan saja sesuai dengan jam yang ditentukan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Samas

Kegiatan Pantai Samas
Image Credit: Google Maps Icunk obid

1. Wisata Kuliner

Bagi pengunjung yang menyukai dunia makanan dan masakan, Anda tidak salah untuk datang ke Pantai Samas. Selain menyuguhkan panorama yang menarik dan menawan, pantai cantik ini juga dipenuhi oleh tempat di area bibir pantai.

Para wisatawan bisa langsung menikmati makanan umum saat berada di pantai seperti ikan, cumi, udang, kepiting, lobster dan lainnya. Makanan tersebut bisa diproses dengan dibakar atau digoreng, sesuai permintaan para pengunjung. Namun, biasanya wisatawan akan meminta makanan itu untuk dibakar agar suasananya semakin mendukung.

Harga dari makanan yang ditawarkan juga tidak mahal dan terjangkau. Begitu juga dengan kualitas dan sajian rasanya, tidak perlu dikhawatirkan. Ajaklah teman dan keluarga jika ingin berlibur ke pantai indah ini dan jangan lupa membawa kamera agar liburan Anda semakin berkesan.

2. Pesona Laguna Pengklik Pantai Samas

Selain air laut yang bisa dirasakan pengunjung, ternyata pantai cantik ini memiliki keindahan laguna air tawar. Pantai ini menyediakan wisata air tawar yang diberi nama Laguna Pengklik.

Lokasi wisata air tawar ini berada sebelum kawasan pantai, yang sering disebut Delta. Walaupun mendekati dengan air laut, laguna ini mempunyai mantra dan pesona yang kuat sehingga diyakini bahwa wisata tersebut akan tahan dengan peristiwa abrasi dari air pantai.

Di Laguna Pengklik tersebut juga ditawarkan kegiatan-kegiatan menarik yang tidak membuat para pengunjung bosan. Terdapat rumah makan terapung, wahana bermain anak, gardu pandang hingga tempat untuk memancing. Para wisatawan yang membawa keluarga, biasanya akan mengunjungi Laguna Pengklik dulu sebelum masuk ke Pantai Samas.

3. Mengunjungi Mercusuar Patehan

Menikmati pesona pantai dengan mata telanjang sungguh mengasyikkan, namun jika Anda memandangi pantai menawan tersebut menggunakan mercusuar sangat memuaskan. Ketika berwisata ke Pantai Samas, Anda wajib mengunjungi dan mencoba Mercusuar Patehan.

Melihat panorama menggunakan mercusuar memiliki sensasi yang berbeda. Anda bisa melihat pemandangan yang membentang melalui mercusuar ini karena luasnya pantai cantik itu tidak hanya dapat dilihat dari dataran rendah saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Samas
Image Credit: Google Maps RBG ARIANTO

Seperti tempat wisata lainnya, Pantai Samas mempunyai sejumlah fasilitas secara lengkap yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola juga cukup baik dan bersih sehingga pengunjung tidak usah cemas karena fasilitas dari pantai cantik ini sudah lengkap.

1. Mushola

Pengelola pantai ini selalu memikirkan kewajiban dari umat di Indonesia. Pengelola mendirikan musala yang bisa digunakan oleh siapa saja dan diberi kenyamanan ketika berdoa.

2. Toilet Wanita dan Pria

Pengelola pantai cantik ini menyediakan toilet yang dibedakan antara wanita dan pria. Dibuat berbeda agar pengunjung nyaman ketika menggunakan toilet.

3. Area Parkir yang Luas

Walaupun wisata hits ini cukup sepi dari pengunjung, pihak Pantai Samas juga menyediakan area parkir untuk sepeda motor dan mobil.

Fasilitas di Pantai Samas
Image Credit: Google Maps Rochmat Purwanto

4. Gazebo

Jika wisatawan ingin bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi dari ombak pantai, Anda bisa langsung duduk saja pada gazebo tersebut. Gazebo ini adalah fasilitas gratis yang artinya tidak dipungut biaya.

5. Warung Makan

Terkadang para pengunjung juga sering lupa membawa minum atau makanan dari rumah. Tidak perlu khawatir, wisatawan bisa langsung mengunjungi warung makan. Disana menyediakan makanan dan minuman hangat dan dingin. Harga dari makanan dan minumannya juga terjangkau dan terjamin enak.

6. Wahana Bermain Anak

Kalau Anda datang dan berlibur bersama anak, silahkan mencoba wahana permainan yang telah disediakan. Wahana tersebut bisa menyenangkan hati anak dan orang tua pun ikut gembira melihat anaknya ceria.

Itulah beberapa hal menarik seputar Pantai Samas yang hits di Bantul. Berkunjung dan berliburlah ke pantai menawan ini. Jadikan wisata hits ini sebagai destinasi liburan Anda. Tenang saja, air laut di pantai ini sudah terjamin akan kebersihan dan kejernihannya sehingga wisatawan tidak akan merasakan kecewa dan sedih. Yuk, langsung berlibur ke pantai pasir hitam eksotis ini.