Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Kec. Anyer, Kab. Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Berlibur di pantai menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan karena Anda dapat melepas penat dan lelah Anda disana. Bagi Anda yang tinggal di daerah sekitaran Banten maka Pantai Sambolo menjadi rekomendasi wisata bahari dengan pemandangan pantai yang sangat memanjakan mata. Pantai ini menjadi cukup populer dan banyak dikunjungi oleh masyarakat. Bermain di Pantai dan merasakan suasana disana akan sangat merilekskan pikiran Anda agar tidak jenuh dengan kepenatan dalam aktivitas Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sambolo

Daya Tarik Pantai Sambolo
Image Credit: Google Maps (Nadia Nurul Afifah)

Wisata pantai dengan berbagai panorama pantai yang eksotis di kawasan Anyer. Pasir yang putih dan lembut, air laut jernih dan berkilauan, dan ombak yang tenang dan tidak terlalu besar menjadi daya tarik tersendiri disini. Lokasi pantai yang strategis membuatnya relatif ramai dikunjungi di akhir pekan dan menjadi padat saat musim liburan.

Anda dapat menemukan pemandangan yang unik dan khas dari Pantai Sambolo ini. Terdapat sebuah mercusuar yang menjulang tinggi dan besar dibangun di pantai ini untuk mengarahkan kapal laut yang tengah berlayar. Dari pantai ini Anda juga dapat melihat pemandangan pegunungan dan juga laut yang sangat indah.

Pantai ini terbagi menjadi dua pantai yang berbeda lokasi, Sambolo Satu dan Sambolo Dua. Perbedaan diantara kedua Sambolo ini adalah fasilitasnya. Sambolo Satu memiliki jembatan dermaga yang cukup panjang menjorok ke laut. Di Sambolo Dua Terkenal dengan keberadaan villa penginapan yang bentuknya menyerupai pura di Bali.

Pantai cantik ini juga berdekatan dengan beberapa objek wisata lain di Banten. Salah satu wisata terdekat adalah Rumah Hutan Cidampit. Wisata alam berupa hutan yang berlokasi di Kampung Bojong, Taktakan, berjarak hanya 35 km dari lokasi pantai. Anda dapat mengunjungi tempat ini seusai bermain di pantai ini.

Terdapat juga pantai populer Pasir putih Florida indah yang bisa menjadi tujuan selanjutnya. Kedua lokasi ini pantai lokasinya sangat berdekatan, hanya terpisah jarak sejauh 6 km atau sekitar 9 menit perjalanan dengan mobil. Tentu Anda bisa mampir ke pantai ini setelah mengunjungi Pantai Sambolo.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Sambolo

Alamat Pantai Sambolo
Image Credit: Google Maps (Muhammad Mahmud)

Objek wisata ini berlokasi di Serang Banten Indonesia tepatnya di Jalan Raya Anyer, Bandulu. Akses untuk Anda datang ke Pantai Sambolo di kawasan sekitar Pantai Anyer ini terkenal mudah dan lancar. Anda tidak akan tersesat saat mencari lokasi pantai apabila Anda mengikuti petunjuk di google maps.

Untuk rute tercepat menuju ke pantai cantik di Anyer ini Anda bisa berangkat dari Jakarta. Anda harus melewati tol jalur Tangerang Merak lalu keluar menuju ke Cilegon Barat. Lanjutkan perjalanan menuju Anyer atau arahkan kendaraan ke arah kiri sehingga Anda akan tiba di kawasan industri di Cilegon. Dari situlah Anda akan tiba di Kawasan pantai ini.

Harga tiket masuk yang dikenakan berkisar hanya Rp 10.000 saja per orang. Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 15.000 untuk mobil serta Rp 60.000 untuk Anda yang menggunakan bis. Lahan parkir yang disediakan pantai ini juga sangat luas.

Untuk Anda yang datang ke pantai ini membawa rombongan besar, pantai ini juga menawarkan tiket paket untuk pengunjung rombongan dengan kendaraan besar. Tarifnya sebesar Rp 250.000 untuk mobil ELF, Rp 500.000 untuk rombongan Bus Kecil, dan Rp 800.000 untuk rombongan Bus besar. Bermain di pantai beramai-ramai akan makin seru.

Pantai Sambolo ini terbuka selama 24 jam bagi Anda yang ingin memasukinya. Jadi tak perlu khawatir apabila Anda yang melakukan perjalanan namun baru bisa sampai di lokasi saat hari sudah gelap. Pantai ini cukup ramai karena tersedianya penginapan untuk Anda menginap disini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sambolo

Kegiatan di Pantai Sambolo
Image Credit: Facebook.com @donndj

1. Banana Boat

Anda yang berwisata kemari dapat menikmati permainan seru ini. Untuk dapat menikmati fasilitas banana boat ini, pengunjung akan dikenakan biaya sekitar 200.000 rupiah. Setiap Banana boat memiliki kapasitas 6 orang. Anda akan dikenakan tarif yang sama bila ingin naik perahu menjelajah keliling pantai.

Anda akan merasakan duduk di perahu karet berbentuk pisang yang diseret dengan menggunakan jet ski di laut. Sensasi yang berbeda akan muncul dan tentunya menantang adrenalin Anda. Tentu Anda harus didampingi dan dilengkapi pengaman saat menaiki wahana ini.

2. Jetski

Wahana lain yang akan memacu adrenalin Anda disini adalah Jetski. Anda akan merasakan serunya melaju di atas permukaan air. Fasilitas wisata ini banyak digemari pengunjung Pantai Sambolo ingin mencoba wahana yang menantang. Anda dapat menikmati wahana ini dengan tarif kurang lebih sekitar Rp 180.000 tiap 10 menitnya.

3. Snorkeling

Anda yang sangat menyukai aktivitas menyelam atau snorkeling, Pantai ini juga menyediakan fasilitas untuk menyalurkan hobi Anda itu. Pantai ini juga terkenal memiliki panorama bawah laut yang indah dan tentunya tak kalah jika dibandingkan dengan lokasi wisata bawah laut lain.

Disini pengelola pantai menyediakan layanan penyewaan paket alat snorkeling. Satu paket penyewaan tersebut sudah termasuk kacamata pelindung air, alat pernapasan dan juga baju apung untuk alat keamanan. Anda akan mendapatkan kesan yang berbeda karena pemandangan indah dibawah Pantai Sambolo.

4. Parasailing

DI Pantai ini tak hanya menawarkan wahana snorkeling dan banana boat yang membuat kegiatan berlibur Anda di pantai ini lebih menantang dan seru, Parasailing juga siap memberikan pengalaman indah untuk Anda. Tidak perlu terlalu mengkhawatirkan masalah keamanan, karena disini Anda akan dipandu dengan baik oleh para profesional yang ada.

5. Bermain Istana Pasir

Pantai dengan bentuk yang landai memungkinkan wisatawan terutama anak-anak untuk bermain di tepi laut. Meskipun hanya bermain pasir di bagian bibir pantai, namun keseruan aktivitas wisata pantai ini selalu terasa menarik. Tentu aktivitas bermain pasir ini hanya bisa Anda lakukan saat Anda berkunjung ke pantai.

Panorama keindahan pantai yang dilengkapi dengan hamparan pasir ini sangat pas untuk wisatawan terutama anak-anak. Anak-anak sangat menyukai permainan membangun istana pasir yang mengasah kreatifitas mereka di kawasan yang masih bersih ini. Pengelola pantai juga menyediakan persewaan ban dan pelampung dengan biaya sewa sekitar Rp 20.000.

Kegiatan Pantai Sambolo
Image Credit: Google Maps (iwan mulyadi)

6. Berkeliling Naik ATV

Karena wilayah pantai yang cukup luas, pengelola akhirnya menyediakan wahana motor ATV di Pantai Sambolo. Dengan menggunakan ATVini, para wisatawan dapat menyusuri area berpasir di bibir pantai. Mengendarai ATV ini juga tentunya akan menambah keseruan aktivitas wisatawan di pantai ini.

7. Bersantai di Saung

Adanya pasir putih yang terbentang luas di pantai ini sangat cocok untuk media menikmati waktu berlibur bersama keluarga. Dipantai ini tersedia banyak sekali saung-saung yang disewakan untuk wisatawan. Anda dapat memanfaatkannya untuk bersantai dan duduk menikmati sejuknya angin laut.

Momen bersantai di pinggir pantai ini dapat menghangatkan suasana keluarga maupun rekan dengan panorama pantai yang indah. Sembari merebahkan diri menikmati view laut, Anda dapat membeli beberapa penjual makanan maupun jasa yang datang ke saung mulai dari Otak-otak, Cilok, aksesoris, jasa pembuat henna, hingga jasa pijat badan.

8. Pemandangan Sunset yang Eksotis

Aktivitas melihat mata hari terbenam di pantai adalah aktivitas wajib yang harus Anda lakukan saat Anda sedang berkunjung ke Pantai Sambolo. Anda dapat melihat anak gunung Krakatau dari kejauhan, sambari melihat kapal yang pulang dari laut lepas. Adanya burung-burung terbang berkelompok kembali ke sarang akan menjadi pemandangan yang indah.

Posisi pantai ini yang berada di ujung barat pulau Jawa membuat pantai ini ideal untuk menikmati momen sunset. Anda bisa menyaksikan keindahan perubahan warna langit dari yang kuning, merah, bahkan keunguan. Anda harus menyempatkan diri untuk berfoto dalam suasana yang magis ini. Langit disini akan terlihat sangat indah.

9. Piknik Seru Bersama Keluarga

Anda dapat menikmati serunya piknik bersama keluarga dengan membawa bekal makanan dan menyewa salah satu Gazebo. Piknik di gazebo juga bermanfaat untuk menjalin keakraban sambil bercengkrama di pinggir pantai yang indah. Harga sewa Gazebo di pantai ini sangat bervariasi antara 50 ribu sampai 80 ribu menyesuaikan ukurannya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sambolo Anyer

Fasilitas Pantai Sambolo
Image Credit: Google Maps (E P)

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sambolo sudah cukup lengkap. Tersedia lahan parkir dan pantai yang luas. Terdapat kamar bilas yang dikhususkan bagi wisatawan yang hendak membersihkan diri selesai bermain di pantai. Tentu fasilitas ini akan sangat berguna agar tubuh Anda tidak kotor terkena pasir pantai.

Beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti restoran atau rumah makan pun sudah tersedia sehingga wisatawan bisa betah untuk berlama-lama menikmati waktu berlibur di kawasan wisata ini. Di area bibir pantainya pun terdapat banyak penjual, mulai dari makanan ringan hingga cinderamata untuk oleh-oleh.

Itulah beberapa alasan mengapa Pantai Sambolo ini termasuk pantai yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Jangan sampai Anda menyesal karena melewatkan momen kesempatan berkunjung ke pantai yang begitu eksotis ini. Nikmati hari libur Anda bersama keluarga di pantai yang indah ini.