Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sungaibuntu, Kec. Pedes, Kab. Karawang, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda merasa stress atau bosan, dan ingin refreshing tetapi tidak tahu ke mana? Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersedia, misalnya di Jawa Barat. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan banyaknya wisata alamiah seperti halnya air terjun, pantai, pegunungan, dan sebagainya. Misalnya saja tempat-tempat wisata yang berada di Karawang, Jawa Barat, sebagai salah satu kota pusat industri dan juga perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia-dunia.

Jika Anda tinggal di sekitar Karawang, Anda dapat mengunjungi Pantai Samudra Baru, satu di antara sekian pantai yang terbilang baru sehingga belum begitu terkenal di kalangan masyarakat luas. Seperti apakah pantai tersebut? Nah, jika Anda penasaran, berikut ini informasi selengkapnya mengenai wisata bahari ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Samudra Baru

Daya Tarik Pantai Samudra Baru
Image Credit: Google Maps Elliana Leo

Sebagai salah satu pantai yang berlokasi di Karawang, Samudra Baru menyediakan berbagai daya tarik tersendiri yang dijamin dapat menarik perhatian Anda untuk mengunjungi pantai yang dianggap berpotensial dijadikan sebagai salah satu ikonnya Karawang, mumpung masih sepi akan pengunjung dan masih tergolong baru. Adapun daya tarik dari pantai tersebut adalah sebagai berikut.

1. Hamparan Pasir Hitam

Biasanya, setiap pantai memiliki hamparan pasir berwarna putih atau mungkin bisa juga berwarna merah muda alias pink. Namun, ternyata di pantai yang sedang populer ini, hamparan pasir yang tersedia berwarna hitam, didukung pula dengan berbagai kerang putih dengan bentuk yang unik-unik pastinya. Hal ini mungkin disesuaikan dengan Karawang sebagai pusat industri sehingga warna hitam tersebut cenderung dari industri yang mengeluarkan asap polusi berwarna hitam. Tentu saja hal tersebut memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

2. Air Laut yang Dangkal

Selain itu, Pantai Samudra Baru juga memiliki laut yang cukup dangkal, sehingga rasanya cukup leluasa jika Anda dan pengunjung lainnya bisa bermain sampai ke tengah laut. Ombaknya pun tidak seganas dengan yang ada di pantai bagian selatan yang mengarah ke Samudra Hindia. Namun, airnya pun tidak terlalu jernih (berwarna keruh kecoklatan) karena pantai tersebut bermuara ke PANTURA alias pantai utara. Tetapi, meskipun demikian, lama kelamaan saat ke tengah laut airnya berubah menjadi jernih (kebiruan) serta bersih dan tidak banyak sampah karena masih sepi akan pengunjung.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Samudra Baru
Image Credit: Google Maps Toro Haryanto

3. Panorama Alam di Sekitar Pantai

Pantai cantik ini memiliki daya tarik berupa panjangnya garis pantai yang membuat Anda dapat melakukan berbagak aktivitas secara lebih leluasa, misalnya bermain pasir, bermain air, bermain voli, atau bahkan hanya rebahan saja. Anda juga dapat merasakan semilir angin sepoi-sepoi yang dapat merasuki kulit Anda sehingga memberikan suasana rileks.

4. Pemandangan Sunset yang Indah

Masih belum puas mengunjungi pantai? Nah, di kawasan pantai ini, Anda juga dapat menyaksikan pesona matahari terbenam di waktu senja. Cobalah liat pemandangan langit senja nan elok, kemudian dipadukan dengan jernihnya air laut serta pesona sinar matahari yang perlahan-lahan kembali ke ufuk baratnya. Tentu saja suasananya menjadi semakin romantis dan syahdu, jadi sayang jika momen tersebut tidak diabadikan, karena Anda juga dapat membuat pesona siluet dengan latar matahari terbenam tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Samudra Baru
Image Credit: Google Maps Yuichi Sekiguchi

Pantai Samudra Baru, salah satu wisata pinggir laut di utaranya Karawang, berlokasi di Jalan Raya Sungai Buntu, Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat 41553, terutama di sebelah barat Pantai Mutiara dan sebelah timur wisata Mangrove, selain Pantai Tanjung Baru dan Pantai Tanjung Pakis. Anda hanya bisa pergi ke kawasan wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, dengan kondisi jalan yang sudah baik dan mulus.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Karawang dengan jarak tempuh sekitar 38 km dan memakan waktu hanya sekitar 60 menit perjalanan, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda melalui rute berikut: Jalan Lingkar Tanjungpura – Jalan Raya Syeh Quro – Jalan Manunggal VII – Jalan Raya Pasir Kaliki – Jalan Raya Rawamerta – Jalan Kutawaluya – Jalan Cilebar-Kutawaluya – belok kanan ikuti jalan – Jalan Cemara Jaya – belok kanan-kiri-kanan hingga sampai di tujuan.

Untuk rute alternatifnya, Anda akan melewati kawasan Rengasdengklok dan menyusuri pinggiran Sungai Buntu. Namun, jika Anda ingin memahami rute perjalanan secara maksimal, silakan manfaatkan aplikasi maps di gadget Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Samudra Baru
Image Credit: Google Maps Indra Hutagalung

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Samudra Baru, Anda cukup membayar di loket seharga 10 ribu rupiah per orang, 15 ribu rupiah jika datang secara rombongan menggunakan motor, atau 30 ribu rupiah jika Anda datang secara rombongan menggunakan mobil.

Namun, bisa jadi sewaktu-waktu pengelola dapat mengubah ketentuan harga tiket masuk ke kawasan pantai tersebut. Lokasi loketnya ada di pintu gerbang masuk kedua setelah melewati pintu gerbang bertuliskan “Selamat Datang”. Selain itu, pantai tersebut buka selama 24 jam setiap harinya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Samudra Baru

Kegiatan di Pantai Samudra Baru
Image Credit: Google Maps om balung

1. Menikmati Keindahan Alam Pantai

Seperti pantai-pantai pada umumnya, setiap pantai memiliki daya tarik tersendiri termasuk pula Pantai Samudra Baru, seperti warna air laut yang sedikit kecoklatan, hamparan pasir hitam, bermuara ke Pantura, dan sebagainya, sehingga dijamin dapat memberikan kesan pengalaman liburan tersendiri bagi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menyewa kereta kuda atau delman untuk mengelilingi kawasan sepanjang pantai hingga ujung.

2. Berenang

Karena keunikan yang dimiliki pantai cantik ini, lantas mengapa Anda tidak mencoba untuk melakukan aktivitas berenang? Aktivitas ini menjadi satu di antara sekian aktivitas yang bisa Anda lakukan, di mana Anda bisa berenang atau hanya bermain air di sekitar pinggir pantai atau mungkin melakukan snorkeling, meskipun Anda harus berhati-hati atas kawasan laut lepas tersebut. Untuk aktivitas tersebut, Anda bisa menyewa ban angin untuk membantu Anda berenang.

3. Bersantai di Gazebo

Rebahan di Gazebo, mengapa tidak? Di pinggiran pantai, terdapat banyak sekali gazebo yang dapat dimanfaatkan bagi Anda dan keluarga atau teman-teman, dengan kapasitas sekitar 5-10 orang. Apalagi jika hari semakin siang, anginnya semakin besar sehingga sangat nyaman jika berada di dalam gazebo yang secara khusus dikelola oleh pihak pengelola dan pihak pemilik rumah makan di sekitar pantai. Anda dapat menggunakannya hanya untuk bersantai ataupun makan bersama teman-teman atau keluarga, atau bahkan menikmati keindahan laut dan berfoto-foto.

Kegiatan Menarik di Pantai Samudra Baru
Image Credit: Google Maps septia fatamorgana

4. Hunting Foto

Karena Pantai Samudra Baru ini tergolong pantai baru dan masih sepi pengunjung, mungkin Anda dapat berfoto sesuka hati di kawasan pantai tersebut, misalnya foto dengan latar keindahan pantai yang indah nan bersih, latar air biru, latar pasir dengan banyak kerangnya, atau bahkan sunset yang indah. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dan jaga keselamatan Anda.

5. Naik Perahu

Anda juga dapat mengelilingi Pantai Samudra Baru hingga ke tengah laut lho. Caranya, Anda bisa menyewa berbagai perahu milik nelayan setempat. Biasanya, rata-rata ukuran perahu tersebut agak besar, sehingga dapat berkapasitas 5-10 orang baik dari anak-anak maupun orang dewasa.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Samudra Baru
Image Credit: Google Maps Rachmat Januar

1. Area Parkir

Jika Anda mendatangi kawasan Pantai Samudra Baru dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus memarkirkan kendaraan Anda di area lahan parkir yang tersedia. Biasanya, Anda dapat memarkirkannya di sebelah gazebo dan jaraknya cukup dekat dengan pantai, sehingga Anda dapat langsung berada di pinggir pantai.

2. Kamar Mandi/Toilet/Kamar Bilas

Bagi Anda yang secara tiba-tiba mendapat hajat ingin buang air, Anda dapat memanfaatkan kamar mandi atau toilet umum yang tersedia di sekitar kawasan pantai. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan kamar mandi/kamar bilas untuk membilas dan mengganti pakaian setelah berbasah-basahan di dalam air.

3. Gazebo

Anda ingin rebahan? Semua orang tentu ingin melakukan rebahan. Nah, jika Anda berada di sekitar pantai dan ingin rebahan, Anda dapat memanfaatkan beberapa gazebo yang dapat dijadikan tempat bersantai bagi pengunjung sembari menikmati panorama laut biru yang indah. Bahkan, Anda dapat menggunakannya bersama keluarga dengan kapasitas 5-10 orang karena ukurannya yang agak besar.

4. Mushola

Sebagai salah satu penganut agama Islam, tentu saja Anda berkewajiban untuk menunaikan shalat 5 waktu. Nah, bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mencari masjid dengan keluar dari kawasan pantai, Anda dapat mencoba mushola yang disediakan di sekitar pantai. Didukung dengan kawasan pantai yang masih asri karena belum terjamah masyarakat luas, tentu saja hal tersebut dapat mendukung kekhusyuan ibadah Anda.

5. Rumah Makan

Bagi Anda yang mencintai kuliner, Anda harus mencoba berbagai olahan makanan yang disediakan di warung yang ada di seberang jalan sekitar pantai. Terdapat berbagai macam olahan seafood seperti dari ikan, baik ikan goreng maupun ikan bakar. Namun, meskipun harga yang ditawarkan cukup menguras kantong, tetapi rasanya tidak kalah enak dari berbagai olahan seafood di tempat lain.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Pantai Samudra Baru. Pantai baru di Karawang dengan kondisi pasir hitam unik tidak ada duanya serta bernuansa tenang ini dapat membuat liburan Anda nantinya menjadi lebih berkesan. Jadi, apakah anda tertarik untuk menghabiskan liburan di pantai eksotis ini?

REKOMENDASI DESTINASI