Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sancang, Kec. Cibalong, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata sangat recommended di Kota Garut yaitu Sancang Garut. Pantai Sancang memang memiliki keindahan yang tidak bisa Anda temukan di tempat lainnya. Mulanya tempat tersebut adalah hutan lindung yang di dalamnya terdiri atas kawasan hutan dan pantai.

Panorama alam yang ada di sekitar pantai merupakan sesuatu yang begitu mengagumkan. Pastinya keindahan tersebut tidak boleh dilewatkan oleh Anda yang tengah berburu tempat wisata alam. Saat memasuki kawasan hutan, maka di sana Anda akan menyaksikan pepohonan dan tumbuhan hijau tinggi menjulang membuat Anda terpukau nantinya.

Udara yang sejuk serta jauh dari polusi, akan membuat siapa saja betah selama berada di Pantai Sancang. Maka dari itu, untuk Anda yang berasal dari area perkotaan dan padat penduduk, jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur ke pantai ini. Dipastikan nantinya Anda bersama dengan keluarga akan memperoleh keseruan di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sancang

Daya Tarik Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps Bli Gde

1. Alam yang Natural

Ada banyak sekali daya tarik yang disuguhkan oleh pantai hits di Garut, salah satunya yaitu alamnya yang masih begitu asri. Anda dapat menghabiskan waktu selama berada di tempat ini untuk sekedar bersantai dan menikmati kesejukan udara sekitar. Pantai Sancang hingga saat ini memang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Maka dari itulah, tidak heran jika pantai tersebut masih tampak begitu asri. Udara yang sejuk dan segar serta penampakan alam yang bersih seolah tidak tersentuh oleh sampah dan polusi. Karena itu, bagi Anda yang sangat gemar dengan aktivitas alam, maka kondisi yang ada di tempat tersebut memang sangat cocok untuk dinikmati.

Perlu diketahui juga, bahwasannya Pantai Sancang merupakan bagian dari cagar alam yang berupa laut, hutan dan juga sungai beserta dengan keanekaragaman hayati di dalamnya. Cagar alam ini memang lebih dikenal dengan nama Leuweung Sancang.

Hutan Sancang telah menjadi primadona, sekalipun disini masih belum banyak orang mengetahui akan keindahan alam dari tempat tersebut. Hutan dan pantai yang begitu asri mempunyai kondisi yang begitu khas dan tidak bisa Anda temukan di tempat lainnya. Terlebih lagi keanekaragaman hayati yang ditawarkan oleh tempat tersebut.

2. Panorama yang Elok

Dibalik pesona pantai Sancang banyak sekali hal-hal yang menjadi faktor hingga akhirnya membuat tempat tersebut menjadi tempat yang begitu indah dan banyak diburu oleh para fotografer.

Ketika Anda mulai memasuki area hutan yang merupakan jalan masuk untuk menuju ke wilayah pantai, maka panorama seperti aneka tumbuh-tumbuhan bisa Anda lihat. Berbagai macam jenis tumbuhan paku, pakis dan juga raflesia akan membuat perjalanan Anda jadi terasa menyenangkan.

Di tempat tersebut pula Anda akan menemukan berbagai macam jenis hewan exotic. Secara keseluruhan kawasan Hutan Sancang masih begitu asri dan lebat. Hutan ini dipenuhi oleh tumbuhan besar yang tumbuh menjulang tinggi, sehingga membuat area jadi tampak lebat.

Selain itu, jarak pandang jadi terbatas, sehingga di sini Anda hanya akan bisa mendengar suara deburan ombak dari Pantai Sancang saja. Saat sudah melalui area hutan tersebut, di sana nanti Anda akan mulai disambut oleh pemandangan yang begitu megah dan juga anggun. Surga dunia benar-benar akan bisa Anda dapatkan ketika berada di sana.

3. Keanekaragaman Hutan

Secara umum tipe hutan di area Sancang tersebut berupa hutan tropis. Kondisi dari hutan ini masih begitu asri dan juga rapat. Bentang alam membuat kawasan yang ada di tempat ini terbagi menjadi tiga kategori utama. Di tempat tersebut pun Anda juga akan menemukan hutan bakau, sungai dan beragam spesies tumbuhan serta hewan.

Hal itulah akhirnya yang membuat panorama di tempat ini tampak begitu elok. Perlu untuk Anda ketahui, selama berada di area cagar alam Anda harus lebih berhati-hati. Karena memang di tempat tersebut masih banyak sekali hewan liar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps ajeng purwa

Pantai Sancang memiliki jarak kurang lebih 118 km jika Anda berangkat dari pusat Kota Garut, Provinsi Jawa Barat. Jika di sini Anda meluncur ke tempat wisata dari Kota Bandung, maka jarak yang perlu untuk Anda tempuh yaitu kurang lebih 176 km. Namun jika Anda berangkat dari Kecamatan Pameungpeuk, maka jarak hanya sekitar 2 km saja.

Untuk menuju ke area pantai, nantinya Anda bisa memakai kendaraan umum dari arah Terminal Garut menggunakan angkot. Untuk besar biayanya sendiri yaitu hanya Rp 13.000 saja tiap orang. Karena nantinya Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga menuju ke lokasi pantai.

Akses jalan untuk menuju ke wilayah pantai sudah cukup baik, karena itu Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Mengenai masalah rute, Anda bisa menggunakan bantuan navigasi dari perangkat smartphone milik Anda.

Harga Tiket Masuk Pantai Sancang

Harga Tiket Masuk Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps Nanang Rizal

Untuk Anda yang berminat datang dan berlibur ke Pantai Sancang, maka sama seperti tempat wisata lain, Anda akan dikenakan biaya tarif masuk. Tarif yang dikenakan terbilang cukup terjangkau dan itu pun sudah termasuk biaya parkir. Besaran retribusi masuk yaitu hanya Rp 10.000 saja untuk tiap kendaraan.

Untuk wisatawan yang berencana bermalam atau menginap di tempat ini, maka nantinya pihak pengelola akan mencarikan tempat untuk Anda menginap dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sancang

Kegiatan Menarik Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps glanet jaya

1. Snorkling

Terdapat banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata. Salah satu aktivitas tersebut yaitu melakukan snorkling. Snorkeling adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan selama Anda berada di Pantai Sancang ini.

Di tempat tersebut memang tidak terdapat banyak terumbu karang, sehingga aktivitas tidak akan terganggu.

2. Memancing di Muara

Bagi Anda yang sangat hobi memancing, maka Anda bisa melakukan aktivitas tersebut selama berada di sana. Di pantai ini Anda akan menemukan sebuah muara dengan airnya yang begitu jernih. Karena itulah, tidak sedikit wisatawan yang datang dengan membawa alat pancing ke tempat tersebut.

Di sana nantinya Anda bisa menemukan berbagai macam jenis ikan. Maka dari itu, ketika sudah memutuskan untuk datang ke pantai indah ini, Anda jangan lupa membawa peralatan memancing.

3. Explorasi Hutan

Pantai Sancang secara garis besar dibagi menjadi beberapa wilayah atau area konservasi. Wilayah-wilayah tersebut yaitu area hutan, dataran rendah, wilayah hutan mangrove dan wilayah hutan pantai. Jika dihitung total luasan area cagar alam yaitu mencapai 3000 hektar.

Area pinggir pantai dari tempat wisata terbilang sangat luas, yaitu mencapai 150 hektar. Semua wilayah tersebut masih berada dalam keadaan yang begitu alami dan tidak banyak tersentuh. Karena itulah, Anda akan melihat ekosistem flora dan juga fauna yang begitu terjaga baik, termasuk di sini udara dan airnya yang begitu sejuk.

Selama berada di wilayah hutan, nantinya Anda tidak bisa menyaksikan keindahan laut sekalipun dari tempat yang dekat. Hal tersebut wajar saja, karena memang Hutan Sancang ini begitu lebat sehingga membuat pandangan Anda jadi terbatas.

Kegiatan Menarik di Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps Apud Channel

4. Mengabadikan Moment

Untuk aktivitas yang berikut ini tentunya tidak boleh dilewatkan oleh Anda selama berada di Pantai Sancang. Panorama alam yang ditawarkan di tempat tersebut harus Anda abadikan dalam jepretan kamera. Karena itu, mengabadikan momen merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk dilakukan.

Pastikan saat Anda hendak berangkat ke pantai tersebut sudah menyiapkan kamera atau mengisi penuh baterai HP milik Anda. Ada banyak sekali spot foto menarik dan instagramable bisa Anda dapatkan di sana.

5. Rileks

Aktivitas yang terakhir yang juga bisa Anda lakukan yaitu bersantai. Pantai Sancang memang mempunyai udara yang begitu sejuk dan jauh dari polusi, sehingga akan membuat Anda merasa begitu rileks selama berada di sana.

Bahkan suasana yang begitu tenang tersebut akan langsung terasa saat pertama kali Anda menjejakkan kaki. Deburan ombak di tempat ini akan membuat Anda terasa begitu tenang, ditambah lagi pasir putih yang landai serta luas membentuk cekungan sehingga tampak begitu elok dan mengagumkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Sancang
Image Credit: Google Maps Apud Channel

Pantai Sancang merupakan area wisata bahari yang hingga saat ini memang masih belum cukup populer. Namun meski begitu, proses pengembangan pantai sudah dilakukan dengan cukup maksimal. Karena itulah, Anda akan menemukan beberapa fasilitas penunjang.

Disana nantinya Anda akan menemukan toilet dan kamar ganti. Selain itu, di tempat ini juga telah terdapat warung yang menyajikan berbagai macam menu lezat khas Garut. Anda tidak perlu lagi capek-capek membawa bekal dari rumah. Saat Anda sudah merasa lapar, maka Anda bisa menikmati menu yang ditawarkan oleh warung yang ada di sana.

Area parkir yang disediakan di wilayah pantai juga cukup luas dan aman. Liburan Anda tidak akan terganggu oleh karena merasa khawatir kendaraan nantinya hilang. Jadi di sini Anda yang berencana untuk membawa kendaraan pribadi tidak perlu ragu untuk melakukan hal tersebut.

Pantai Sancang Garut adalah pantai yang memang sangat recommended untuk Anda dan keluarga kunjungi, terutama saat sudah menjelang hari libur tiba. Keseruan dan keindahan yang ditawarkan oleh pantai tersebut tidak boleh Anda lewatkan.

REKOMENDASI DESTINASI