Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai Sanglen mungkin kalah populer di Gunung Kidul, Bila dibandingkan dengan deretan pantai lainnya di Jogja. Namun, inilah yang membuatnya patut diperhitungkan bila Anda sedang mencari sarana liburan di tempat sunyi dibarengi suasana asri dan terawat. Keberadaannya yang belum banyak dimodifikasi menghadirkan situasi menyenangkan bagi pengunjung.

Pohon cemara berjajar rapi di sepanjang garis pantai sehingga membuat udara di sekitar sini cenderung lebih sejuk. Bahkan jika dalam situasi matahari terik, keadaannya masih dapat ditoleransi dan tidak serta-merta mendorong Anda untuk segera pulang. Di lain waktu, adanya pepohonan juga bisa dipakai sebagai alternatif area peristirahatan.

Bukan hanya itu, destinasi bahari ini juga menawarkan lanskap pasir putih dan laut berwarna biru pekat. Aroma garam terasa begitu jelas saat angin menerbangkan titik-titik air. Ada kesan damai yang tercipta di balik suara ombak saat sedang bergemuruh. Semua perpaduan tersebut menjadi daya tarik Pantai Sanglen yang sulit ditolak oleh siapa pun.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sanglen

Daya Tarik Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Dimas Priyantono

1. Pilihan Penginapan Murah

Pantai Sanglen memang menawarkan area perkemahan kepada siapa pun, tetapi mungkin itu tidak terdengar menggiurkan bagi mereka yang tidak suka tidur di luar bangunan. Tenang, salah satu keuntungan datang ke sini adalah adanya beberapa alternatif pilihan penginapan murah yang siap menyambut Anda.

Dengan modal mulai dari Rp 100.000-an, Anda sudah bisa tidur nyenyak untuk kemudian bangun keesokan harinya dan melanjutkan petualangan. Tidak jarang, penginapan tersebut menambahkan wi-fi gratis sebagai layanan ekstra yang akan memeriahkan liburan Anda.

Meskipun tentu saja, secara umum tidak banyak hal bisa Anda peroleh dengan modal terbatas. Jadi, sebaiknya mulai biasakan diri menginap di lokasi tidak ideal jika ingin merasakan liburan seru di pantai estetis ini.

2. Area Pancing

Suka memancing atau sekadar penasaran bagaimana rasanya menunggu beberapa waktu hanya untuk mendapatkan satu ekor ikan? Datanglah ke Pantai Sanglen, Anda akan menemukan area yang khusus dan biasanya digemari oleh para penggemar aktivitas ini.

Namun, pastikan untuk selalu waspada memerhatikan bagaimana kondisi ombak di dekat Anda. Pasalnya, selain menawarkan kekayaan bawah laut yang mengagumkan, pantai eksotis tersebut juga punya kondisi ombak kurang bersahabat. Terkadang akan tampak ombak bergulung yang membuat pengunjung ragu untuk bermain di dekat laut.

Kemudian, kondisi hamparan pasirnya juga relatif curam sehingga akan sedikit menyusahkan Anda saat berjalan kaki. Terlepas dari itu semua, inilah lokasi di mana memancing tidak terasa membosankan karena alamnya begitu terjaga.

3. Perbukitan

Ada beberapa bukit yang tidak terlalu tinggi berjajar di sekitar Pantai Sanglen. Itu membuat suasananya semakin eksotis terutama saat terjadi sunset atau sunrise. Di salah satu sisi kawasan cantik ini juga terdapat sebuah gubuk tua, di mana kerap dijadikan sebagai spot foto.

Anda bisa menyimpan barang bawaan di gubuk tersebut, kemudian memulai petualangan. Jika ragu, sebaiknya minta seseorang untuk menjaganya atau titipkan kepada penjual di sekitar sini. Alternatif lain, siapkan pengaman ganda untuk tas untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Alamat dan Rute Lokasi Pantai

Alamat Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Afnanioteryx

Mampirlah ke Kecamatan Tanjungsari jika Anda sedang mencari pemandangan pantai yang jauh dari sentuhan manusia. Pantai Sanglen namanya, tempat ini menawarkan panorama pasir putih di antara pohon-pohon cemara yang tumbuh subur di tanah Desa Kemadang.

Anda bisa datang dengan melewati perjalanan sekurang-kurangnya 2 jam jika bertolak dari pusat Kota Jogja. Namun, perlu dipahami bahwa rute menuju ke pantai estetis ini tidak selalu mulus beraspal, melainkan dihubungkan pula oleh jalanan henis cor blok. Oleh karenanya, tetaplah berhati-hati agar selamat sampai Dusun Kelor tanpa kurang suatu apa pun.

Kemudian, perjalanan berlibur ke salah satu pantai eksotis di Kabupaten Gunung Kidul ini akan membuat Anda melewati beberapa destinasi serupa lainnya, seperti Pantai Watu Kodok serta Pantai Sepanjang. Jika memiliki banyak waktu luang, cukup menarik untuk mencoba mampir ke beberapa objek indah sekaligus dalam satu hari.

Pastinya itu akan menjadi pengalaman yang paling berkesan meskipun rasanya melelahkan. Lagi pula, perjalanan Anda akan dihiasi oleh lanskap indah khas daerah pesisir dan disempurnakan oleh deretan bukit di kejauhan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Dwi Sarwanto

Pantai eksotis ini tidak akan membebani Anda dengan kewajiban retribusi yang sulit dijangkau. Justru sebaliknya, destinasi perairan ini menawarkan harga bersahabat bagi semua kalangan. Pasalnya, hanya perlu modal mulai dari Rp 15.000, siapa pun sudah bisa bermain sepuasnya dari pagi hingga menjelang petang.

Biaya tersebut sudah termasuk parkir senilai Rp 5.000 bagi pengguna motor, sedangkan pengguna mobil dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. Adapun tiket masuk Pantai Sanglen secara khusus dibanderol sebesar Rp 10.000 per pengunjung, baik usia dewasa maupun anak-anak. Lalu, jika ingin bermalam di sekitar sini, itu mungkin saja dilakukan sebab pantai ini beroperasi 24 jam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sanglen

Kegiatan Menarik Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Teguh Kwatno

1. Membangun Tenda Kemah

Membangun tenda kemah merupakan pilihan bagus untuk menghabiskan waktu di kawasan Pantai Sanglen. Pasalnya, pihak pengelola secara khusus menyiapkan area perkemahan yang dapat dipakai pengunjung jika mereka memang menginginkannya.

Saat berkemah di sini, Anda bisa merasakan sensasi seperti menginap di pulau pribadi mengingat suasananya masih relatif sunyi. Berkat hal itu, waktu-waktu yang dihabiskan selama berada di pantai akan terasa lebih berkualitas terutama bila dilakukan bersama kawan karib.

Anda bisa menyewa tenda yang tersedia di sekitar lokasi ini atau membawa sendiri dari rumah. Mana pun itu, keduanya sama-sama berpeluang memberikan kesenangan bagi hari Anda yang mungkin mulai terasa melelahkan.

2. Berjemur

Berjemur jadi lebih bersahabat bagi semua kalangan karena adanya jajaran pohon cemara di pesisir. Belum lagi jika mempertimbangkan hamparan pasir putih dengan kondisi bersih telah menanti Anda di Pantai Sanglen.

Jangan terlalu banyak membuat pertimbangan dan segera merapat ke lokasi estetis ini untuk merasakan liburan berkualitas. Bawalah tabir surya, kacamata hitam, dan alas tidur jika tidak ingin berbaring di atas pasir langsung, lalu mulailah berjemur.

Sebaiknya hindari berada di bagian garis pantai menjorok ke laut sebab debur ombaknya cenderung keras. Sebaiknya pilih lokasi berjemur di dekat pohon cemara atau di bagian tengah hamparan pasir, lakukan hal terbaik yang bisa dipilih!

Kegiatan Menarik di Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps ariqmr

3. Relaksasi

Relaksasi mengacu pada kegiatan untuk menenangkan diri dan membuat badan lebih rileks dibandingkan kondisi sebelumnya. Demi mewujudkan hal ini, Pantai Sanglen bisa jadi alternatif tempat yang murah dan mudah dijangkau di kawasan Jogja.

Anda bisa mengiringi kegiatan tersebut dengan mendengarkan musik favorit dan menyiapkan cemilan. Pilihan lainnya, cobalah dengarkan bagaimana suara ombak yang bergemuruh kemudian melihat-lihat lanskap alam di sekitarnya.

Guna mendapatkan pengalaman terbaik, disarankan untuk datang di pagi hari alih-alih memilih waktu sore. Meskipun terkadang tetap terasa terik, tetapi itu bisa diminimalkan dengan adanya jajaran pohon di bagian tepi pantai, jangan takut kulit Anda mendadak berubah warna!

4. Sunset

Menonton bagaimana detik-detik matahari tenggelam di ufuk barat masih menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak diincar wisatawan. Baik di pegunungan maupun lautan, fenomena berubahnya warna langit memang selalu tampak memukau.

Anda juga bisa melakukannya di pantai yang cantik ini, di mana akan semakin romantis jika datang bersama pasangan. Dengan keadaan sunyi yang masih mendominasi, tentu akan terasa lebih privat dibanding datang ke pantai-pantai populer.

Pantai eksotis ini merupakan alternatif tersembunyi di antara riuhnya pariwisata Jogja di mata pelancong. Anda bisa sejenak menepi di sini, meresapi kehangatan sinar matahari, juga aroma garam yang begitu kuat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Sanglen
Image Credit: Google Maps Arfian Syahriza

Sejalan dengan nama Pantai Sanglen yang masih kalah populer di bilangan Jogja, fasilitas yang dapat Anda harapkan pun cenderung terbatas. Namun demikian, hal-hal dasar seperti musala, kamar mandi untuk membilas diri, warung makan, atau toilet telah tersedia dengan baik. Anda bisa memanfaatkannya kapan pun sesering mungkin.

Di luar itu, ada pula area khusus yang biasanya dipakai untuk memancing oleh warga sekitar dan para pengunjung. Anda dapat membawa perlengkapan pancing sedari rumah lalu menikmati waktu di sini dengan santai. Barangkali, satu dua ekor bisa berhasil Anda tangkap untuk kemudian di bakar di lokasi wisata ini.

Kemudian, objek destinasi yang eksotis ini turut menawarkan spot foto berbasis lanskap lautan. Baik itu perairan berwarna biru, pasir putih memesona, jajaran pohon cemara, atau debur ombak di samudra lepas, seluruhnya dapat dieksplorasi secara bebas. Anda hanya perlu menyiapkan kamera terbaik serta kartu memori untuk menyimpan data sebanyak-banyaknya.

Pantai Sanglen agaknya masih butuh pengembangan lebih lanjut agar bisa bersaing dengan destinasi serupa lainnya. Meski pada waktu bersamaan, kondisinya yang sunyi menjadi poin menarik tersendiri sebab membuat alam di sekitar sini tetap terjaga dari gangguan oknum tak bertanggung jawab. Tentunya akan lebih baik jika fasilitas lengkap dan alamnya pun terawat.