Pesona Keindahan Pantai Sayang Heulang di Garut yang Memukau

Pantai Sayang Heulang Garut

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.
MapCek Lokasi

Keindahan wisata bahari di Indonesia memang tidak bisa diragukan lagi. Begitu juga dengan kota Garut yang ternyata juga memiliki pantai yang tak kalah memukau. Air lautnya yang masih jernih dan juga keindahan pemandangannya menjadi daya tarik utamanya.

Seperti Pantai Sayang Heulang yang tak boleh dilewatkan ketika mengunjungi kota Garut. Untuk mendapatkan informasi seputar pantai cantik ini, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Mengintip Indahnya Pantai Sayang Heulang di Kota Garut

Image Credit: Flickr.com (Deden Heryana)

Pantai satu ini memiliki keindahan yang tidak diragukan lagi. Memiliki air yang jernih dan bewarna biru membuatnya semakin indah. Panjang pantai ini sekitar 3,5 km dengan luas hingga mencapai 10 ha. Tentunya akan membuat anda bebas untuk melakukan banyak kegiatan di pantai ini. Pasir yang dimiliki merupakan pasir putih yang sangat lembut ketika menyentuh kaki. Belum lagi memiliki pepohonan yang rimbun membuatnya semakin sejuk.

Dengan lingkungan yang masih terjaga membuat pengunjung pantai ini akan dimanjakan dengan kondisinya. Mengingat anda akan jarang untuk melihat sampah di pesisirnya yang membuat pantai satu ini memiliki nilai plus. Yang membuat pantai ini semakin unik adalah adanya bentang karang yang menjorok di sepanjang garis pantainya. Sehingga ketika surut para pengunjung bisa menikmati berjalan jalan di sepanjang bentangan karang ini.

Biota lautnya juga masih terjaga, jika beruntung anda bisa melihat ikan yang bewarna warni yang biasanya terjebak di bentang karangnya. Hanya saja untuk berenang mungkin tidak bisa terlalu bebas karena ada bentang karangnya yang terbilang luas. Namun jangan khawatir karena pantai ini dibagi menjadi dua zona. Untuk zona yang bagian barat merupakan pantai dengan bentang karang yang luas.

BACA JUGA:  Pondok Zidane, Tempat Rekreasi & Outbound di Depok

Sementara untuk zona yang selanjutnya merupakan pantai yang tidak terdapat bentang karangnya. Pada bagian barat anda juga bisa mengintip dan menikmati bukit Teletubbiesnya. Dari puncak bukit ini, anda bisa melihat keindahan dari pantai ini secara luas dan tidak terbatas. Untuk mencapainya anda hanya perlu berjalan kaki sembari menikmati keindahan alamnya yang pastinya memukau dan mempesona.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sayang Heulang

Image Credit: Wiki-wisata.blogspot.com

Selain bisa menikmati keindahan pantai dengan bersantai di pinggiran pantai, anda juga bisa melakukan banyak hal menarik lainnya. Namun bersantai memang bukan pilihan yang buruk, mengingat tepian pantainya yang rindang. Melihat birunya langit sekaligus menikmati sepoinya angin laut pastinya akan sangat menenangkan. Jangan lupakan deburan ombak yang akan menjadi lagu tersendiri dan membuat pikiran menjadi damai.

Anda juga bisa berpiknik ria di bawah pohon bersama keluarga maupun teman teman. Di Pantai satu ini memang belum banyak rumah makan untuk memenuhi kebutuhan perut anda. Sehingga lebih baik jika membawa makanan sendiri dari rumah yang kemudian bisa melakukan piknik bersama. Menggelar tikar di bawah pohon rindang kemudian menikmati hidangan, sambil bercengkrama tentunya menjadi aktivitas yang tak akan terlupakan.

Jika sudah puas untuk menikmati pesisirnya,jangan lupa untuk berenang atau melakukan aktivitas air seperti snorkeling. Kegiatan ini dijamin tidak akan membuat liburan anda mainstream. Karena pantai Sayang Heulang memiliki kondisi alam yang masih asri sehingga sangat pas untuk melakukan kegiatan ini. Keindahan alam bawah lautnya juga terbilang cantik sehingga wajib untuk anda intip keindahannya dengan snorkeling.

Aktivitas yang Menarik

Image Credit: Visitgarut.garutkab.go.id

Pantai ini termasuk landai dan tak memiliki ombak yang terlalu besar sehingga sangat aman untuk melakukan kegiatan ini. Hanya saja untuk snorkeling, pengunjung tentunya harus membawa sendiri peralatannya. Karena pantai ini masih belum menyediakan fasilitas yang bisa mendukung kegiatan ini. Kegiatan berenang akan semakin menyenangkan saat pantai dalam keadaan surut. Sebab selain karang, tumbuhan laut serta binatang laut bisa mudah untuk dijumpai.

BACA JUGA:  Taman Buah Mekarsari, Destinasi Agrowisata Favorit di Jawa Barat

Memanfaatkan pasir pantainya yang luas, tak kalah mengasyikkan jika anda bermain voli pantai.Permainan ini tentunya menjadi kegiatan yang harus anda coba, mengingat pantai ini memiliki garis pantai yang lainda dan juga luas. Sangat pas untuk melakukan aktivitas menyenangkan dengan voli pantai. Bahkan memang tersedia petak yang bisa digunakan untuk bermain voli. Sehingga fasilitas ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin bukan?

Selain itu anda juga bisa ngecamp dengan mendirikan tenda di tepi pantai. Aktivitas ini banyak dilakukan untuk berburu keindahan sunset maupun sunrisenya yang tidak diragukan lagi. Bahkan banyak yang memang datang untuk menikmati matahari dan pantai ini. Semburat warna jingga yang berpadu dengan laut adalah sajian pemandangan paling mujarab untuk menghilangkan semua beban dan juga sebagai cara untuk bersyukur.

Fasilitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Sayang Heulang

Fasilitas, Lokasi & Harga Tiket Pantai Sayang Heulang

Image Credit: Digarut.com

Tak hanya bisa melakukan banyak hal di pantai ini, anda juga akan diberikan fasilitas yang terbilang memadai. Misalnya yang paling umum berupa kamar mandi dan juga lahan parkir. Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas ini dengan kondisi yang memadai dan juga modern serta lengkap. Anda juga bisa menemui beberapa rumah makan jika memang tidak membawa bekal. Bahkan terdapat juga fasilitas berupa penginapan yang mulai berkembang.

Pantai yang miliki pasir putih ini jika secara administratif berada di Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Garut. Jika anda jalan dari pusat kota Garut maka anda harus menempuh sekitar 87 km perjalanan. Dimana biasanya pengunjung akan menempuh waktu sekitar 3 jam. Jalurnya juga terbilang mudah untuk dilewati, jika masih kesulitan anda bisa menanyakan pada warga sekitar yang telah akrab dengan keberadaan pantai ini.

BACA JUGA:  Pokland, Tempat Wisata Hutan Pinus Kekinian di Cianjur

Anda bisa datang ke pantai ini kapan saja, karena memang buka selama 24 jam. Sehingga memang banyak pengunjung yang sengaja menginap untuk menikmati pantai ini lebih banyak lagi. Keindahannya memang akan membuat anda betah dan tidak ingin pulang. Apalagi untuk menikmatinya anda juga tak perlu merogoh tiket yang mahal. Harga tiket masuk dibandrol mulai dari Rp. 10 ribuan saja.

Nantinya anda hanya perlu membayar parkir yang besarannya akan disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan. Kendaraan roda dua hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 2 ribu. Untuk roda empat Rp. 5 ribu dan untuk kendaraan besar seperti bus anda akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp. 25 ribu. Berlibur ke pantai ini bisa dikatakan liburan murah namun mendapatkan banyak hal yang menyenangkan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah ketika hari biasa. Mengingat di akhir pekan akan ramai pengunjung dari berbagai daerah. Dan lebih baik datang sore hari untuk bisa menikmati keindahan sunsetnya. Jangan lupakan untuk memakai pakaian yang nyaman dan juga memakai sunblock untuk melindungi diri. Sebaiknya mengunjungi pantai ini menggunakan kendaraan pribadi untuk kemudahannya.

Keindahan pantai yang ada di Garut ini memang tidak diragukan lagi. Sehingga jangan melewatkan untuk singgah ketika anda di Garut. Memang untuk menempuhnya anda membutuhkan waktu yang terbilang panjang, hanya saja keindahannya sebanding. Perlu diingat untuk selalu menjadi wisatawan yang bijak. Dengan tidak meninggalkan sampah atau membuang sampah secara sembarangan untuk menjaga keindahannya.