Berkunjung ke Jogja kurang lengkap jika tidak menjelajah pantai cantik di Gunung Kidul. Pantai Sedahan salah satu objek wisata yang indah dan bersih dengan pesona pantai yang berada di antara 2 bukit karang. Tempat yang cocok untuk para penggemar rintangan alam dan camping.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berkunjung ke Daerah istimewa Yogyakarta tidak lepas dari deretan wisata sejarahnya yang berlimpah. Namun dibalik pesona tersebut, para wisatawan juga dapat mencoba untuk mampir ke daerah Gunung kidul yang dipenuhi deretan wisata pantai memukau. Seperti Pantai Sedahan yang masih cukup perawan dan memiliki potensi keindahan yang lengkap.

Sebagai salah satu pantai yang masih cukup baru di telinga wisatawan, apa sih yang membuat wisata bahari ini worth to visit alias wajib dikunjungi? Ternyata, kondisinya yang masih jarang terjamah manusia menjadi jaminan keindahan alam yang tak terbayarkan. Bentangan pasir pantai, ombak laut biru, dan tebing karang yang membentenginya menjadi nilai unik.

Lokasi geografis yang unik inilah yang menjadi nilai plus dari Pantai Sedahan. Menariknya, pantai ini pun awalnya hanya dikenal sebagai daerah favorit memancing. Namun, dengan potensi wisata yang mencakup seluruh aspek, tidak heran jika lama kelamaan pantai ini pun mulai dilirik oleh para kaum anak muda dan para pelancong.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sedahan

Daya Tarik Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Mochammad Reza)

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi suatu pantai yang memiliki letak geografis unik, maka Pantai Sedahan bisa masuk bucket list liburan. Begitu Anda menapakkan kaki di daerah wisata bahari ini, hamparan pasir yang begitu putih dan bersih akan menyambut mata Anda. Dipandu dengan udara yang segar ala pesisir, jangan kaget jika banyak berderet kemah di pesisirnya.

Itulah yang menjadi salah satu daya tariknya. Karena masih belum banyak yang tahu, maka tidak bisa dipungkiri bahwa lokasi ini masih cukup bersih dan perawan. Tidak hanya itu, keindahan warna pasir putihnya pun seakan kontras dengan tembok hijau dari karang yang menjorok ke lautan. Alhasil memberi kesan bahwa pantai ini tersembunyi dan pribadi.

Tak salah memang jika Anda menilai pantai ini bak dibentengi oleh tebing karang. Karang tersebut memberikan tampilan layaknya gerbang dengan pintu sempit tempat ombak laut masuk dan menggempur pesisir pantai. Alhasil, Anda pun dapat menyaksikan gempuran ombak di tebing karang dan ganasnya ombak laut pantai selatan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Rahma)

Meski demikian, para pengunjung masih diperbolehkan untuk berenang dan bermain air meski tidak boleh terlalu jauh ke tengah laut. Menariknya lagi, lokasi Pantai Sedahan ini pun dikenal sebagai daerah favorit memancing dan pelayan sekitar bukan tanpa alasan. Pasalnya, bukit karang yang menjulang ternyata menjadi sumber budi daya rumput laut alami.

Sering kali para nelayan sekitar berkumpul di saat laut sedang surut, kemudian mereka berkumpul dan memanen ganggang dan rumput laut di kaki tebing. Pada waktu waktu tertentu itulah, tidak menutup kemungkinan para pelancong dapat turun langsung untuk membeli produk laut dari pengepul sekitar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sedahan

Lokasi Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Fahmi Nur Alfiyan)

Jika Anda berminat untuk mampir ke Pantai Sedahan, lokasi tepatnya ada di Desa Jepitu. Bisa juga disebut berada di Jalan Pantai Jungwok di kabupaten Gunung kidul, yang masih masuk daerah DI Yogyakarta. Jika diperhitungkan, jarak dari pusat kota hingga pantai sendiri mencapai angka 85 kilometer sehingga setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Meski belum banyak dikenali, ternyata pantai ini memiliki rute yang cukup mudah untuk dijangkau. Terutama jika Anda meluncur dari pusat kota melewati jalan KH. Ahmad Dahlan. Anda hanya perlu ke arah Panembahan senopati 9, kemudian ke arah selatan melewati Jl. Brigjen Katamso. Dari sana, Anda hanya perlu lurus menelusuri Jl. Kol. Sugiyono.

Di pertigaan jl. Kol Sugiyono, beralih ke arah selatan melalui jl. Sisingamangaraja dan dilanjut ke Jalan Imogiri Barat. Ikuti jalan hingga menuju arah barat di pertigaan untuk mengarah ke Jalan Bakulan Imogiri. Kemudian, lanjutkan dengan berbelok ke arah barat melewati jalan Imogiri Siluk hingga mencapai jalan Siluk Panggang.

Sesampainya di jalan Siluk Panggang, belok ke arah timur di pertigaan untuk mencapai Jl. Raya panggang Wonosari. Dari sana pergi ke arah Jl. Pantai Sel. Jawa hingga mencapai pertigaan. Belok ke arah selatan dan ikuti jalur hingga mencapai Jalan pantai Jungwok. Ikuti saja jalan tersebut, hingga nantinya Anda akan mencapai di lokasi pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan Jogja

Harga Tiket Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Husein Arbi)

Dengan fasilitas yang masih belum mumpuni dan lengkap, harga tiket yang ditarik pun masih sangat ramah kantong. Per akhir tahun 2019, tarif yang ditarik adalah tiket retribusi yang hanya berkisar sekitar 5 ribuan saja. Tentunya sudah sangat baik untuk pantai yang menawarkan keindahan alam yang masih alami.

Namun jika pengunjung ingin bermalam dengan berkemah, maka akan dikenakan biaya retribusi sebesar 10 ribu per tendanya. Masih sangat terjangkau dan setara dengan fasilitas yang ditawarkan. Pantai Sedahan sendiri sudah dilengkapi area parkir yang cukup baik, sehingga jangan heran jika akan ditarik biaya 3 ribuan untuk motor dan 5 ribuan untuk roda empat.

Seperti halnya destinasi wisata pantai dan alam lainnya yang masih jauh dari sentuhan manusia, pantai ini tidak memiliki jam operasional. Bisa dikatakan bahwa pantai ini terbuka selama 24 jam 7 hari untuk para wisatawan. Hal ini juga berkaitan dengan adanya ketersediaan aktivitas camping di area pantai, yang mana membutuhkan jam kerja non stop.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sedahan

Kegiatan di Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Muhammad Afif)

1. Menikmati Indahnya Panorama Pantai

Berkunjung ke pantai pasti tidak lepas dari aktivitas mengagumi keindahan alamnya. Sama halnya dengan Pantai Sedahan yang memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan bukit karang menjulang tinggi. Pasir pantainya pun berwarna putih bersih dengan deburan ombak besar dari laut biru kehijauannya.

Kontras warna pasir, lautan, dan bukit karang yang menghijau menjadi suatu pemandangan yang wajib diabadikan. Berswafoto dengan latar belakang pantai ini pun seakan menjadi aktivitas wajib yang tidak boleh dilewatkan. Terutama bagi Anda yang gemar berbagai momen di sosial media, keindahan pantai perawan ini pun pasti akan menghasilkan decap kagum.

Menikmati keindahan pantai tidak terbatas di saat matahari tinggi di kepala. Menyaksikan sunset atau matahari tenggelam pun tidak boleh terlewat. Tidak jarang, para wisatawan pun rela mendaki tebing untuk mendapatkan spot foto terbaik. Jika Anda ingin menyaksikan sunrise, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri bermalam dengan camping.

2. Mendaki Bukit Karang Menantang

Kata siapa bukit karang di pantai ini hanya sekedar hiasan alam saja? Jika Anda berkenan dan mampu, tidak ada salahnya untuk menantang diri mendaki bukit karang tersebut. Keberadaan bukit karang yang indah itu sendiri bagaikan penjaga yang kokoh bertugas layaknya dinding benteng alami di sisi kiri dan kanan pantai.

Namun saat berhasil mendaki dan mencapai puncaknya, Anda akan disambut dengan keindahan alam yang memukau. Anda dapat menyaksikan setiap sisi pemandangan pantai, bahkan panorama matahari di ufuk barat yang begitu surgawi. Namun, perlu digaris bawahi bahwa aktivitas menantang ini pun tidaklah mudah untuk ditaklukkan.

Tidak ada jalan yang mulus untuk mencapai puncaknya, bahkan bisa dibilang jalurnya pun cukup berisiko untuk didaki. Uniknya, kesan ekstrem ini justru menarik perhatian para penikmat aktivitas rintangan alam. Meski dengan jerih payah, keringat dan rasa lelah pun akan terbayarkan dengan keindahan landscape pantai yang tampak begitu indah, bersih, dan nyaman.

3. Berkemah di Sekitar Pantai

Kegiatan Seru di Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Muhamad Faisol)

Ingin berlama lama di daerah pantai baik karena betah atau sekedar ingin menyaksikan sunrise di keesokan hari, kerap menjadi alasan untuk bermalam di Pantai Sedahan. Dengan alasan itulah, jangan heran jika Anda menemukan deretan para kaum muda yang bersiap untuk menginap dengan mendirikan tenda di daerah bibir pantainya.

Aktivitas camping di daerah pantai memang sedang menjadi salah satu trending yang banyak menarik kaum muda. Berkemah di pantai sendiri menjadi salah satu cara untuk hangout bersama teman, menghilangkan penat, serta menikmati suasana pantai sepanjang hari dan malam. Tak heran, Pantai Sedahan yang masih alami dan perawan pun menjadi target favorit.

Sayangnya, Anda perlu menyiapkan segala kebutuhan kemah serta peralatannya sendiri. Hal ini karena pantai ini masih belum menyediakan fasilitas persewaan peralatan camping. Lokasi untuk camping sendiri difokuskan di sekitar bibir pantai. Anda tidak perlu khawatir dengan ombaknya, karena jarak lokasi masih aman dari jangkauan ombak.

4. Memancing di Lokasi Eksotis

Ini dia yang menjadi primadona Pantai Sedahan. Lokasi pantai ini sudah lama dikenal sebagai daerah untuk memancing yang lengkap dengan panorama cantik. Umumnya, para nelayan lokal dan pengunjung akan mendaki bukit karang sisi timur untuk mencapai spot memancing terbaik.

Menariknya, lokasi ini sendiri sebenarnya cukup menantang. Sering kali kail pancing akan menyangkut di batu karang, risiko gempuran ombak besar, bahkan daerah karang yang cenderung licin. Meski demikian, hal inilah yang ternyata dicari orang karena memberi sensasi memancing yang lebih menantang.

5. Menyaksikan Pendaratan Penyu Laut yang Langka

Tidak terbatas itu saja, ternyata pantai di Gunung Kidul ini pun kerap dikunjungi demi menyaksikan fenomena alam yang kian langka. Yakni melihat pendaratan penyu laut yang bertelur dan berkembang biak di pantai ini. Bahkan, lokasi pantai yang masih begitu bersih, jernih, dan bening pun menjadi rumah alam bagi para biota laut yang sehat.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sedahan
Image Credit: Google Maps (Mas Apry)

Seiring dengan waktu, fasilitas Pantai Sedahan sendiri semakin hari semakin lengkap. Awal mulanya, tidak ada fasilitas seperti kamar mandi dan warung makan. Namun untuk saat ini, amenitas yang tersedia pun sudah cukup baik meski belum lengkap. Bahkan bisa dikatakan cukup untuk persediaan pengunjung meski sangat sederhana.

Fasilitas tersebut mencakup lokasi tempat parkir yang cukup luas. Ada pula fasilitas umum seperti toilet dan mushola. Warung makan sekitar pun sudah tersedia, meski menu yang ditawarkan sangat minimal. Fasilitas sewa tenda pun tersedia, meski opsi yang diberikan cukup terbatas. Karena itulah disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi.

Itulah informasi berkaitan dengan Pantai Sedahan yang sedang ramai menjadi tujuan wisata bahari di Yogyakarta. Lokasinya yang ada di Gunung Kidul memberikan jaminan lokasi wisata yang indah, terawat, dan bersih. Ombak dengan lautan biru serta pasir putih pun menjadi ciri khas pantai selatan yang mana dapat Anda nikmati seharian penuh dengan berkemah di area sekitar.

REKOMENDASI DESTINASI