Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Objek wisata yang ada Malang memang melimpah, membuat kota ini banyak dijadikan tujuan liburan. Baik oleh masyarakat di sekitar Malang maupun dari luar kota. Bukan hanya menawarkan wisata pegunungan tinggi, anda juga bisa menemukan deretan pantai yang menawan. Salah satunya Pantai Sendang Biru yang namanya sudah begitu dikenal dengan pesona alamnya, sekaligus hasil laut yang melimpah.

Selain Balekambang, Sendang Biru memang menjadi pantai terkenal yang sayang untuk dilewatkan. Seperti halnya pantai di Selatan lainnya, pantai ini dikaruniai air yang bersih dan ombaknya terbilang tenang. Dan hadirnya Pulau Sempu membuat destinasi ini semakin menarik perhatian. Jika anda sedang ada di Malang, tak ada salahnya mengunjungi wisata satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sendang Biru

Daya Tarik Pantai Sendang Biru
Image Credit: Instagram Info Malang Raya

1. Wisata Bahari yang Indah

Daya tarik yang ada di pantai ini adalah keindahan baharinya yang luar biasa. Berbeda dengan pantai Selatan pada umumnya, disini anda bisa menikmati pantai yang ombaknya tenang. Hal ini karena ombaknya terhalang oleh Pulau Sempu yang lokasinya di seberang pantai. Airnya juga bersih sehingga menjadikan perpaduan alam ini sangat menawan.

Seperti namanya, Sendang Biru yang dalam bahasa Indonesia berarti sumber air yang biru. Air di pantai ini memang tampak kebiruan, jernih juga masih alami. Warna biru ini didapatkan karena pantulan langit yang membuatnya tampak lebih cantik. Beberapa terumbu karang lengkap dengan tumbuhan hijau membuat pantai ini begitu asri.

2. Berburu Tangkapan Ikan

Selain menghadirkan pemandangan yang luar biasa, pengunjung juga bisa berburu tangkapan ikan. Karena memang pantai ini terkenal dengan tangkapan ikannya yang melimpah. Perahu perahu yang bersandar memberikan panorama yang berbeda di pantai ini. Hasil lautnya masih segar dan beragam, dari ikan , udang, kepiting dan lainnya.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sendang Biru
Image Credit: Twitter cherine goad

3. Pulau Sempu

Kehadiran pulau Sempu juga memberikan daya tarik tersendiri bagi wisata bahari di Malang Selatan ini. Sehingga wajar jika banyak pengunjung yang langsung mengunjungi Pulau Sempu selepas dari Pantai Sendang Biru. Di Pulau ini anda juga bisa menemukan beberapa telaga yang membuat pemandangannya makin indah. Dan pulau ini masuk dalam kawasan cagar alam.

Dan Pantai ini memiliki peran sebagai pintu masuk untuk menuju Pulau Sempu. Semua yang akan mengunjungi pulau ini harus melalui kawasan ini lebih dahulu. Hanya saja, tidak semua wisatawan bisa mengunjungi kawasan Cagar Alam ini. Mengingat kawasan ini perlu ijin dan tidak dibuka sebebas dahulu agar alamnya tetap terjaga dan terlindungi.

4. Menawarkan Wisata Budaya

Bisa dikatakan jika pantai Selatan tidak pernah lepas dengan mitos mitos yang melekat. Beberapa juga masih melakukan beberapa ritual yang berpotensi sebagai wisata budaya. Begitu juga dengan Pantai Sendang Biru, dimana ketika bulan Syawal akan ada kegiatan yang selalu dilakukan. Dimana warga akan berduyun duyun mengambil air dari mata air di Pulau Sempu.

Dan dipercaya jika mata air tawar ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sehingga anda bisa datang ketik acara ini sedang berlangsung. Atau bisa juga datang ketika tanggal 27 September karena akan ada acara Petik Laut. Berbagai acara ini tentu saja akan membuat anda merasakan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Sendang Biru
Image Credit: Google Nuril Ilma

Menempuh wisata bahari Pantai Sendang Biru tidaklah sulit, pengunjung harus menuju ke daera Desa Tambakrejo, Sumbermanjing. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam jika memulai perjalanan dari pusat kota malang. Jarak yang harus ditempuh sekitar 70 km dengan menggunakan kendaraan umum maupun dengan kendaraan pribadi.

Jika anda berasal dari luar kota, maka harus menuju Malang terlebih dahulu. Apabila anda takut tidak ada kendaraan umum, pengunjung juga bisa menyewa kendaraan menuju lokasi. Karena memang akan lebih mudah dan bebas jika menggunakan kendaraan sendiri. Anda bisa langsung menuju arah Turen dari pusat kota malang dan sekitarnya.

Setelah itu silahkan lanjutkan perjalanan menuju arah Kecamatan Sumbermanjing. Perjalanan jalur ini dirasa lebih mudah dengan akses yang mudah dilalui. Nantinya jika sudah melewati Sumbermanjing, anda bisa lurus hingga menemukan persimpangan Sendang Biru. Dari sini silahkan mengikuti petunjuk arah untuk sampai di lokasi.

Sudah ada banyak petunjuk jalan yang akan sangat memudahkan perjalanan anda. Anda juga bisa mengandalkan GPS untuk mengantarkan anda sampai lokasi. Termasuk kawasan yang ramai, anda sudah bisa menemukan jalanan beraspal yang bisa dilalui roda dua atau empat. Dan pantai ini merupakan pantai pertama sebelum deretan pantai Malang Selatan lainnya.

Bagi para pengguna kendaraan umum, anda butuh waktu sekitar 2 jam. Silahkan menuju Gadang terlebih dahulu untuk menemukan bis yang mengantar ke arah Turen. Bus ini biayanya dibanderol sekitar 15 ribuan. Barulah anda bisa melanjutkan dengan ojek dari Turen menuju lokasi pantai ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Sendang Malang
Image Credit: Google Channel Inspirasi Bersama

Bukan hanya mengetahui rute menuju lokasi, anda juga harus mengetahui harga tiket masuk Sendang Biru. Tidak perlu merogoh kocek dalam jika ingin mengunjungi wisata satu ini. Harga tiketnya dibanderol mulai dari Rp 5 ribu saja, setiap satunya orangnya. Masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan atau menikmati fasilitas lainnya.

Tapi termasuk sangat terjangkau jika disandingkan dengan keindahan alam yang dimilikinya. Buka selama 24 jam penuh, anda bisa mengunjunginya kapan saja. dari hari Senin hingga Minggu anda tetap bisa mengunjunginya. Jika ingin suasana yang berbeda anda bisa datang ketika sedang diadakannya beberapa upacara adat atau tradisi masyarakat setempat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sendang Biru

Kegiatan Menarik Pantai Sendang Biru
Image Credit: Google Maps Djoema ali

1. Menikmati Pesona Alamnya

Kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh pengunjung adalah menikmati keindahan baharinya. Angin khas pantai yang membelai dengan pemandangan hamparan laut biru akan membuat siapapun jatuh hati. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sepanjang mata memandang adalah air jernih yang begitu biru.

Bersanding dengan pasir putihnya yang lembut, dijamin anda ingin berlama lama di area wisata ini. Pemandangan ini semakin luar biasa dengan hadirnya warna warni perahu nelayan yang bersandar. Kegiatan para nelayan juga bisa menjadi pemandangan yang berbeda. Wisata Pantai Sendang Biru, dijamin semua penat anda akan menguap begitu saja.

2. Bermain Air

Selain bersantai, melihat airnya yang jernih rasanya sayang jika tidak bermain air. Ombaknya yang tenang juga membuat pengunjung bisa bebas bermain di pinggir pantainya. Berenang di pinggir pantai juga bukanlah ide yang buruk. Atau bisa juga membangun istana pasir di pinggir pantai. Kegiatan bermain air ini akan semakin seru jika bersama sama, baik teman atau keluarga.

Pengunjung juga bisa menjajal kegiatan seperti snorkeling untuk menikmati kemolekan bawah lautnya. Bawah laut dari pesisir selatan Pulau Jawa ini tak kalah indah. Namun anda harus membawa peralatan sendiri dari rumah jika ingin mencobanya. Lelah bermain air, anda bisa berjemur di pinggir pantai.

3. Belanja Ikan di TPI

Di Pantai cantik ini anda juga bisa berburu hasil laut yang masih terjaga kesegarannya. Karena memang ada TPI atau tempat Pelelangan Ikan. Para nelayan akan langsung menjajakan hasil lautnya ketika tiba. Tentu saja harga yang ditawarkan lebih murah dan bisa anda jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Dan tentu saja hasil lautnya begitu lengkap dan kualitasnya unggulan.

4. Memancing

Selain bisa membeli hasil lautnya di TPI, pengunjung juga bisa memancing. Ana bisa menyewa perahu milik nelayan untuk membawa anda ke tengah lautan dan memancing. Sensasi memancing di pinggir pantai tentu akan sangat berbeda. Nantinya hasil tangkapan anda bisa anda bawa pulang tanpa harus membayar kembali.

Kegiatan Menarik di Pantai Sendang Biru
Image Credit: Instagram miraayuuu…

5. Menyewa Perahu Wisata

Berkeliling area Pantai Sendang Biru dengan perahu wisata juga bukanlah ide yang buruk. Dengan begitu anda bisa menikmati keindahan pantai ini dari sisi yang berbeda. Harga yang ditawarkan untuk aktivitas seru ini mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Sementara untuk perahu dayung umumnya akan dibanderol mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu.

6. Singgah di Pulau Sempu

Jika anda mendapatkan izin tentu saja anda bisa sekalian menuju Pulau Sempu. Keindahan yang disuguhkan di pulau dekat dengan pantai ini juga tak kalah cantik. Ada dua telaga yang akan membuat anda terpesona yakni Telaga Anakan dan Telaga Lele. Dan pastikan untuk turut menjaga kebersihan dan kelestarian selama di sini.

7. Berburu Foto Cantik

Kegiatan yang jangan sampai anda lewatkan selanjutnya adalah berburu foto foto kekinian. Ada banyak spot foto yang cantik di sekitar pantai ini memang. Seperti foto dengan latar belakang lautan biru atau perahu warna warni milih nelayan. Maka dari itu anda harus menyiapkan memori penyimpanan lega agar bisa banyak mengambil foto.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tersedia di Wisata Pantai Sendang Biru
Image Credit: Google Maps Tantri Setyorini

Pantai Sendang Biru tidak hanya menawarkan banyak kegiatan yang beragam. Tetapi juga bisa dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat pengunjung semakin nyaman. Fasilitas umum seperti area parkir kendaraan yang cukup luas untuk menampung kendaraan anda. hadirnya beberapa toilet juga akan membuat anda lebih nyaman berlibur.

Tidak ketinggalan tempat ibadah yang memadai, sehingga anda tak akan kelewatan menunaikan ibadah. Menemukan warung makan di sekitar pantai juga bukanlah pekerjaan yang sulit. Ada banyak warung makan yang menawarkan banyak menu makanan. Terutama hidangan laut segar yang siap memanjakan lidah juga perut anda.

Walaupun terkenal, letak pantai ini memang termasuk pantai yang tersembunyi. Namun anda sudah bisa menemukan fasilitas berupa penginapan di sekitar pantai ini. Kebanyakan penginapan yang ada di area wisata ini adalah homestay yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Dengan hadirnya fasilitas ini anda bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini.

Ada bisa menjadikan Homestay Ariesta sebagai pilihan karena lokasinya masih satu kawasan. Satu malamnya anda hanya dibanderol mulai dari Rp 180 ribu dengan fasilitas sederhana tapi nyaman. Jika ingin lebih berkelas anda bisa memilih Homestay Sendang Biru. Lokasinya sekitar 500 meter dari Pantai dengan harga mulai dari Rp 300 ribu saja.

Nama Pantai Sendang Biru memang tidak asing bagi masyarakat kota Malang sendiri. Destinasi wisata bahari ini terkenal dengan pesta adat dan juga hasil lautnya. Namun siapa yang menyangka jika pesona yang dimilikinya juga sama menawannya. Jika sedang di Malang tak ada salahnya menjadikan pantai ini sebagai tujuan liburan anda.