Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja seperti tidak kehabisan objek wisata untuk ditawarkan kepada para pelancong dari berbagai penjuru. Salah satu pesona yang juga menjadi sorotan adalah Pantai Seruni di Gunung Kidul, dimana keindahan alamnya sulit diabaikan. Dari kebersihan lingkungan, jajaran bukit kapur, hingga hamparan pasir putih, semuanya mampu memanjakan Anda.

Terlebih lagi, batu kapur di daerah ini ditumbuhi aneka pohon yang membuatnya menjadi pelindung paling pas untuk meminimalkan pancaran sinar matahari. Udara sejuk akan menyelimuti Anda selama berlibur, juga aroma segar khas air laut yang terasa membuai hidung.

Beralih ke dalam laut, pemandangannya tidak akan membuat Anda kecewa dengan kekayaan alamnya. Ada banyak batu karang hidup di sana dan demikian pula biota yang lain. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang garis pantai, atau menyelam di perairan demi mendapatkan pengalaman liburan terbaik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Seruni

Daya Tarik Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Ari Triyahya

1. Bukit Nan Indah

Keberadaan bukit di daerah pantai adalah sesuatu yang pastinya disukai oleh pelancong mana pun. Pasalnya, dengan fitur alam ini, Anda bisa mengambil foto sebanyak mungkin dari sudut paling tepat tanpa terhalang oleh fitur lainnya. Kemudian, memotret di atas ketinggian juga berhasil membuat suatu objek seolah tampak lebih indah.

Apalagi, bukit di Pantai Seruni tersusun dari batu kapur yang kukuh dan keras. Aneka pohon tumbuh subur di atasnya sehingga tidak menjadikannya terlihat tandus. Justru sebaliknya, area perbukitan tersebut menghadirkan suasana sejuk bagi lingkungan sekitar terutama saat angin berembus sepoi-sepoi.

Jika merasa enggan bermain di air, Anda bisa naik ke atas bukit lalu melihat-lihat pemandangan di bawahnya. Itu akan lebih menyenangkan dibanding duduk diam di atas pasir tanpa melakukan apa-apa.

2. Hamparan Pasir Luas

Hamparan pasir di Pantai Seruni tidak kalah menarik dari area perbukitannya. Meskipun warna pasir di sini tidak putih bersih melainkan sedikit kekuningan, tetapi itu membentang di atas daratan yang luas. Oleh karenanya, pengunjung dimungkinkan melakukan berbagai macam aktivitas selama berlibur.

Jika Anda ingin latihan fisik ringan, bisa dimulai dari berjalan santai di garis pantai atau berlari-lari kecil. Pilihan lainnya, ajaklah kawan Anda untuk bermain voli atau sepak bola secara tim agar semakin mengasyikkan. Saat datang bersama anak kecil, alternatif kegiatannya adalah membangun istana pasir atau bermain kejar-kejaran.

Ukurannya yang luas tidak akan menyulitkan pengunjung saat berlarian ke sana-kemari. Apalagi, saat dilakukan dalam situasi sepi, ketika tidak banyak orang berlibur di pantai estetis ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Daniel Dicky

3. Biota Unik

Selain alam, makhluk hidup di Pantai Seruni layak pula dipertimbangkan sebagai alasan untuk mampir ke sini. Pasalnya, Anda akan menemukan formasi batu karang yang cantik saat menyusuri sisi pantai bersamaan dengan air surut. Di antara karang-karang tersebut hidup aneka biota unik di mana dapat mencuri perhatian siapa pun.

Hal tersebut semakin dipercantik dengan kondisi air laut yang masih jernih, jauh dari gangguan sampah. Tanpa perlu menggunakan kacamata air, Anda bisa melihat langsung aneka biota laut, seperti rumput laut, ikan, dan bahkan bulu babi.

Namun, pastikan Anda berhati-hati karena tidak semua biota ramah terhadap manusia, contohnya adalah bulu babi. Hindari menyentuh hewan ini dengan tangan telanjang karena bisa membuat Anda terluka oleh durinya yang sangat tajam.

Lebih jauh, perhatikan langkah kaki saat berjalan terutama jika sedang tidak memakai alas apa pun. Kerang bisa saja membuat kaki terluka dan alih-alih merasa senang, Anda harus mencari pengobatan tambahan. Tentu tidak seorang pun menginginkan hal ini, bukan?

4. Ombak yang Ramah

Pantai Seruni nan eksotis ini mungkin tidak menawarkan laut yang memiliki gelombang kecil sama sekali, tetapi kondisinya masih dapat ditoleransi oleh berbagai usia. Ombaknya cenderung ramah khususnya di daerah tepi pantai mendekati hamparan pasir. Itu menjadikan pengunjung punya kesempatan berenang di laut atau melakukan aktivitas air yang lain.

Bahkan, jika ingin sekadar melihat-lihat ombak, Anda bisa memilih duduk di warung makan sambil memesan minuman hangat. Bagaimanapun, warung di tempat estetis ini didesain menghadap langsung ke laut sehingga memberikan pengalaman lebih seru kepada setiap pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Totox Nugroho

Datanglah di titik 70 km dari pusat Kota Jogja di daerah Desa Tepus, di mana Anda dapat menemukan bentangan indah khas Pantai Seruni. Perjalanan menuju ke sini akan dihiasi oleh pemandangan laut yang memukau mata diikuti jajaran destinasi serupa lainnya, seperti Pantai Kukup, Pantai Baron, dan sebagainya.

Saat berangkat dari Yogyakarta, Anda dapat mengemudi menuju Wonosari kemudian mengambil rute melewati Pantai Baron. Tidak perlu khawatir salah alamat sebab ada petunjuk terpasang di sisi jalan, di samping Anda dapat memanfaatkan aplikasi peta online. Ada dua pantai lain yang harus dilalui sebelum tiba di Seruni, yakni Kukup dan Krakal Indrayanti.

Alternatif kedua, pelancong bisa langsung mengarahkan kemudi ke Kecamatan Tepus dan menuju Pantai Seruni. Mana pun pilihan Anda, keduanya menawarkan pemandangan indah di sepanjang perjalanan yang bisa membuat perasaan ringan sehingga situasinya jadi menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Rochmat Purwanto

Pengelola Pantai Seruni mematok harga standar bagi pengunjung yang ingin liburan di destinasi eksotis ini. Anda cukup menyiapkan dana setidaknya Rp 10.000 sebagai bayaran tiket masuk, lalu ditambah Rp 5.000 jika membawa mobil dan Rp 3.000 saat mengemudikan motor.

Dibuka selama 24 jam dalam satu pekan, Anda bisa datang kapan saja dan menikmati waktu luang bersama debur ombak di Desa Tepus ini. Pemandangannya yang menawan rasanya jauh lebih berharga dibanding uang receh yang telah dikeluarkan. Apalagi, fasilitas di sini juga terbilang lengkap sehingga tidak akan membuat pelancong kebingungan.

Jika Anda berkunjung ke pantai lain di daerah Gunung Kidul, maka harga tiketnya pun tidak jauh dari standar Rp 10.000. Ini belum termasuk parkir dan uang yang mungkin harus dikeluarkan saat hendak membeli makanan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Seruni

Kegiatan Menarik Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps ari susanto

1. Berjemur

Berjemur mungkin bukan kegiatan menyenangkan bagi penduduk di kawasan beriklim tropis. Apalagi, Jogja juga secara khusus termasuk daerah dengan hawa panas yang terkadang menyengat.

Namun demikian, berjemur di Pantai Seruni tentu punya sensasi lain yang sebaiknya tidak dilewatkan. Anda dapat berbaring di atas pasir bertekstur halus, menghadap ke laut, dan mendengarkan suara ombak saat bergemuruh.

Di sisi lain, pepohonan akan tampak bergoyang saat tertiup angin sehingga berpotensi mengurangi hawa panas yang diserap oleh tubuh. Jangan lupa kenakan kacamata hitam sekaligus sunblock untuk membuat Anda terlindung dari sengatan sinar sang surya saat siang terik.

2. Mendaki

Ada bukit yang biasanya dijadikan spot favorit oleh para pengunjung saat bermain di Pantai Seruni. Anda juga bisa mencoba memanjat bukit tersebut, melewati jalan sedikit berbatu dan berkapur.

Pilihan ini akan semakin sempurna jika dilakukan saat menjelang matahari terbenam. Anda dapat melihat sunset di atas ketinggian yang seolah menghilang di balik samudra. Sebaiknya siapkan kamera terbaik jika tidak ingin melewatkan golden hour tersebut untuk terekam abadi dalam bingkai foto.

3. Main Air

Main air mengacu pada aktivitas di laut yang bisa dilakukan begitu tiba di pantai cantik ini. Mulai dari berenang, menyelam, mencari kerang, atau berendam, Anda dapat melaksanakannya hingga merasa puas.

Setelah itu, bilas diri Anda di kamar mandi dan lanjutkan petualangan untuk mengeksplorasi kegiatan lain. Apakah mencicipi kuliner lezat, atau bersantai di atas bukit, habiskanlah waktu dengan bahagia!

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Seruni
Image Credit: Google Maps Tyty Dewanti

Pantai Seruni menghadirkan fasilitas relatif lengkap selain lanskapnya yang memukau mata siapa pun. Ingin makan atau membilas diri setelah bermain di air asin? Ada warung makan dengan berbagai macam menu di dekat bukit, juga toilet untuk membantu Anda memperbaiki penampilan usai basah kuyup.

Jika Anda muslim dan ingin melaksanakan salat, tersedia pula musala dengan kondisi terawat dilengkapi beberapa buah mukena. Saat datang membawa kendaraan pribadi, itu juga tidak jadi masalah sebab ukuran area parkirnya cukup luas. Namun, sebagaimana biaya retribusi yang standar, fasilitas di sini pun sama standarnya.

Apa yang paling menarik adalah pemandangannya karena belum tentu ditemukan di pantai lain. Itulah mengapa destinasi eksotis ini harus masuk ke dalam daftar tujuan liburan Anda di akhir pekan, atau saat sengaja jalan-jalan ke Jogja. Dengan lanskap alam yang memukau, itu seolah menutupi fasilitas rata-rata di sini.

Pantai Seruni yang hits di Gunung Kidul bisa jauh lebih baik jika fasilitasnya bertambah, tidak sekadar hal-hal standar saja. Misalnya, ada gazebo, mesin ATM, dan lain sebagainya yang potensial untuk membuat pengunjung lupa waktu. Tentu, datang ke sini secara tidak langsung akan membantu meningkatkan pemasukan destinasi itu dan mungkin fasilitasnya di kemudian hari.