Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pujiharjo, Kec. Tirtoyudo, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Sipelot yang berlokasi di Malang adalah salah satu wisata pantai yang cukup terkenal. Meskipun letaknya cukup terpencil dan anda diharuskan untuk memiliki rasa sabar untuk bisa sampai ke pantai ini. Meskipun harus menempuh jalur yang sulit, pastinya anda tidak akan kecewa sesampainya disini.

Pasalnya, anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang menawan. Pengunjung pastinya tidak akan bosan dan ingin singgah sejenak menikmati pesona alam milik Tuhan yang menakjubkan ini. Bagi anda yang penasaran, berikut akan diulas daya tarik dan beragam aktivitas menarik yang bisa anda lakukan di Pantai Sipelot.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sipelot

Daya Tarik Pantai Sipelot
Image Credit: Instagram Bedpackers Hostel

1. Keindahan Alam yang Tersaji

Menghabiskan waktu di kota Malang, anda tidak perlu bingung untuk mengunjung wisata mana saja. sebab di kota ini anda akan bisa menikmati segala bentuk wisata yang ada, salah satunya adalah Pantai Sipelot dengan pemandangan indahnya yang khas. Ketika anda menginjakkan kaki disini anda tidak hanya akan disambut dengan hamparan laut biru saja.

Melainkan, anda pun juga akan dibuat takjub dengan pemandangan laut yang berpadu langit biru yang indah. Kemudian, anda juga akan disuguhkan dengan hamparan pasir yang begitu putih dan bersih. Sesampainya disini, anda pun rasanya ingin segera bertelanjang kaki dan menjelajah indahnya pantai.

Keindahan dari wisata bahari di Malang ini tidak hanya berhenti sampai disitu saja. sebab, disini anda juga akan melihat hamparan pasir yang berkilauan terkena sinar matahari. Lalu, tidak jauh dari tepi pantai, anda juga akan bisa melihat indahnya perbukitan dengan pepohonan hijau yang khas.

2. Melihat Aktivitas Para Nelayan

Selain disuguhkan dengan pemandangan dan panorama alam yang indah, berkunjung ke pantai ini anda juga akan disuguhkan dengan aktivitas para nelayan. Pasalnya, para nelayan tersebut akan terlihat berlalu lalang dengan menggunakan perahunya menuju ke pantai yang indah ini. bahkan tak jarang mereka akan memamerkan hasil lautnya yakni ikan yang besar.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sipelot
Image Credit: Google Maps hreezy _

3. Terdapat Air Terjun

Hal menarik lainnya yang bisa anda temukan ketika berada di Pantai Sipelot adalah air terjunnya. Berbeda dengan pantai yang lain, disini anda akan bisa melihat megahnya air terjun yang tersembunyi di tengah tengah perbukitan hijau. Adanya air terjun tersebut memang bak mata air kecil yang mengalir diantara celah perbukitan.

Untuk nama dari air terjun ini sendiri, biasanya masyarakat setempat menyebutnya dengan Coban Sipelot. Dengan adanya air terjun tersebut, anda pun bisa mendapatkan dua wisata alam sekaligus. Untuk ketinggiannya sendiri, air terjun ini memiliki tinggi yakni sekitar 10 meter. Memang tidak terlalu tinggi, namun cukup untuk menambah daya tarik dari wisata di Malang ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Sipelot
Image Credit: Instagram INFO WISATA MALANG BATU

Pantai Sipelot berada di Desa Pujiharjo, tepatnya berada di Kecamatan Tirtoyudo, Malang. Jika anda menempuhnya dari kota Malang, ada baiknya anda menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil atau sepeda motor. Untuk jarak tempuhnya sendiri yakni sekitar 75 kilometer dari pusat kota Malang. Sehingga anda bisa berkendara dalam waktu sekitar 2.5 jam saja.

Rutenya sendiri, dari pusat kota Malang, anda bisa menuju ke Jalan Jaksa Agung Suprapto. Kemudian, anda pun akan menemukan Jalan Raya Lawang – Malang. Setelah itu, anda pun bisa putar balik dan melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Dr Cipto dan Jalan Cokroaminoto. Ikuti petunjuk jalan hingga anda bisa sampai di pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Sipelot
Image Credit: Instagram INFO WISATA MALANG BATU

Jika anda mencari destinasi wisata yang murah dan bagus, Pantai Sipelot memang dapat menjadi salah satu jawabannya. Hal ini lantaran untuk bisa merasakan indahnya pesona alam ini, anda hanya perlu untuk merogoh kocek yakni sekitar 10 ribu rupiah saja. selain itu, anda juga akan dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Namun, tak perlu khawatir biaya parkir di area pantai juga terbilang terjangkau. Bagi anda yang membawa sepeda motor, akan dikenakan biaya yakni sekitar 10 ribu rupiah. Sedangkan bagi anda yang membawa mobil, tarif parkir tersebut yakni sekitar 15 ribu rupiah saja.

Mengenai jam operasional yang disediakan oleh pihak pengelola setempat memang tidak memberlakukan jam khusus. Sehingga dapat dikatakan bahwa destinasi ini tidak memiliki jadwal buka dan tutup tertentu. Dengan begitu, pengunjung bisa dengan bebas untuk datang kapan saja ke wisata ini.

Akan tetapi, alangkah lebih baik jika anda berkunjung ke pantai eksotis ini saat pagi atau sore hari. Sebab, ketika sore tiba anda pun bisa sekaligus melihat indahnya matahari terbenam yang sangat cantik dari lokasi ini. sedangkan ketika pagi hari, sangat cocok bagi anda yang ingin menyendiri karena pantainya masih sepi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sipelot

Kegiatan di Pantai Sipelot
Image Credit: Google Maps Kuri zemon87

1. Bermain Air di Muara Sungai

Pantai eksotis yang berada di kota Malang ini memang dapat dikatakan cukup menawan. Hal ini lantaran disini anda akan bisa melihat keindahan pesona wisata bahari lengkap dengan gelombang ombak yang terbilang cukup besar. Oleh karena itu, pihak pengelola pantai setempat memang telah melarang untuk pengunjung bermain di laut.

Sehingga berbagai macam aktivitas air di laut pun tidak diperbolehkan. Contohnya saja seperti berenang di laut. Namun, bagi pelancong yang sengaja ingin menghabiskan liburan di tempat satu ini, tak perlu khawatir. Sebab, anda pun nantinya masih tetap bisa untuk bermain air di muara yang letaknya berdekatan dengan bibir pantai.

Adanya muara yang berada di tepi pantai tersebut memang memiliki luas yang tidak terlalu besar. Akan tetapi, disini anda akan menemukan aliran air yang terbilang cukup tenang. Tak hanya itu saja, keindahan yang bisa anda jumpai di tempat satu ini adalah kondisi airnya yang cukup jernih. Dengan begitu, anda pun bisa bermain air dengan lebih nyaman.

Kemudian, jika anda mengajak si kecil untuk bermain di muara sungai ini, anda juga tidak perlu terlalu cemas. Lantaran kedalaman dari muara ini dapat dikatakan cenderung lebih dangkal. Sehingga anak anak pun akan lebih aman ketika bermain di muara satu ini. meskipun begitu, pastikan anda tetap memberikan pengawasan ketika si kecil sedang bermain.

2. Hunting Foto

Kegiatan berikutnya yang tidak bisa anda hiraukan begitu saja sesampainya di pantai yang eksotis ini adalah hunting foto. Jika anda memiliki hobi untuk mengambil foto, maka tak ada salahnya untuk hunting di Pantai Sipelot. Sebab, di sini anda akan menemukan sejumlah spot foto yang menarik dan pastinya instagramable.

Tidak hanya itu saja, spot foto tersebut akan bisa anda abadikan dalam jepretan kamera saat berkunjung kesini. Biasanya para pelancong akan senang untuk mengabadikan momen di ayunan. Spot foto favorit pengunjung ini dapat dikatakan sangat estetik. Pasalnya, disana anda bisa bermain ayunan sembari melakukan pose candid dan difoto.

Selain itu, ayunan ini memang memiliki latar belakang yang cantik. Bagaimana tidak, ayunan tersebut dibangun di bibir pantai dan juga dikelilingi hamparan pasir putih. Kemudian, di belakangnya anda akan langsung disuguhkan dengan background berupa laut biru yang menawan. Wisatawan yang datang pun bisa sekaligus menikmati angin laut yang semilir saat berfoto disini.

Kegiatan Menarik di Pantai Sipelot
Image Credit: Google Maps ig : naungansurya

Namun, spot foto yang bisa anda temukan di Pantai Sipelot tidak hanya pada ayunannya saja. melainkan, anda juga bisa berfoto dengan latar belakang berupa laut yang biru. Dari kejauhan anda pun akan mendapati pulau karang dengan ukuran kecil yang mana tumbuh pepohonan hijau. Tentunya lokasi spot foto tersebut akan sangat instagramable dan estetik.

3. Memancing

Bagi anda yang memiliki hobi memancing, berada di Pantai Sipelot memang menjadi keuntungan tersendiri. Selain bisa menikmati panorama pantai yang apik, anda juga bisa sekaligus menyalurkan hobi. Di tepi pantai ini, anda akan menemukan spot untuk memancing. Banyak wisatawan yang sengaja datang kesini dengan membawa peralatan memancing yang lengkap.

Salah satu tempat favorit para pemancing adalah di sebuah bongkahan batu yang berada di pinggir laut. Apabila kondisi memungkinkan, anda pun akan melihat bapak bapak yang sedang asyik memancing di pinggir pantai. Dengan suasana pantai yang tenang, akan membuat pemancing tersebut lebih fokus dalam melakukan hobinya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Image Credit: Google Maps MRG chanel

Berbicara mengenai fasilitas yang tersedia di Pantai Sipelot ini memang tidak terlalu lengkap. Namun, cukup bagi anda yang ingin mencari mushola, toilet dan juga tempat parkir yang memadai.

Selain itu, di kawasan pantai anda juga bisa menemukan warung-warung yang menjajakan minuman maupun makanan ringan sebagai pengganjal perut bagi pengunjung.

Menikmati liburan di Pantai Sipelot dapat menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa anda lakukan ketika berada di Malang. Hal tersebut lantaran kondisi pantai ini tergolong indah dan sangat pas bagi anda yang ingin menyendiri atau menikmati keindahan alam yang mempesona.