Pantai Siung salah satu wisata pantai yang eksotis di Tepus, Gunung Kidul, Jogja yang menarik dijelajahi pesona dan keunikannya. Pantai yang tersembunyi di balik tebing karang ini memiliki hamparan pasir kecokelatan, air yang jernih dan keindahan pepohonan hijau.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Rasanya membahas dan membicarakan keindahan pantai-pantai di Indonesia memang tidak ada habisnya. Seperti misalnya Gunung Kidul yang kondang dengan deretan pantai cantiknya. Salah satunya yang juga menawarkan banyak pesona adalah Pantai Siung. Jika Anda ingin wisata bahari di Gunung Kidul, pantai satu ini bisa dijadikan sebagai alternatif. Memiliki bukit karang yang megah, air jernih dan pasir putihnya juga siap menyambut Anda.

Pesona Pantai Siung di Gunung Kidul

Pesona Pantai Siung
Image Credit: Twitter.com @ayiep_setiawan

Sebenarnya, pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai pantai yang ada di Jogja. Dimana kebanyakan pantai Gunung Kidul memiliki tebing tebing tinggi yang menjadi ciri khasnya. Begitu juga dengan Pantai Siung, pantai yang dianugerahi dengan pasir pantai yang putih lembut. Kawasannya terbilang landai dengan pagar perbukitan batu karang.

Tentu saja perpaduan ini menghasilkan pesona yang luar biasa. Pantai cantik satu ini juga terkenal sebagai pantai yang memiliki pemandangan luar biasa juga bersih. Dengan garis pantai yang cukup luas, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di Pantai Siung ini. Pantai satu ini masih terbilang tidak terlalu ramai, sehingga sangat nyaman untuk menghabiskan liburan.

Nama pantai dengan batu karang kokoh ini terbilang unik. Dan di balik namanya, ternyata ada asal usul yang menarik untuk dikulik. Kata siung sendiri dalam bahasa Jawa berarti taring. Dimana kata ini diambil dari batu karangnya yang tersebar di pantai ini. Karangnya sangat unik karena memiliki bentuk yang mirip dengan gigi taring kera.

Konon katanya, di daerah pantainya sendiri memang banyak dijumpai kera ekor panjang. Kera kera ini akan muncul di beberapa waktu tertentu, dan konon berasal dari balik batu karang besar yang ada di sekitar pantai. Memang di pantai satu ini, ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan. Dijamin segala penat di tengah tengah aktivitas harian Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Siung

Daya Tarik Pantai Siung
Image Credit: Twitter.com @echabulet

Selain memiliki pemandangan yang indah, daya tarik dari pantai ini juga sangat melimpah. Salah satunya adalah hadirnya batu karang yang terbentang di sisi barat dan timur. Tak hanya memiliki ukuran yang besar, batu karang ini juga menjorok ke laut. Sehingga jika Anda melihatnya dari jauh membentuk gigi dari bintang kera seperti yang disebutkan sebelumnya.

Batu karang ini ternyata juga memiliki peran penting bagi para kegiatan mendaki. Bahkan di tahun 1989, para pendaki dari Jepang menjadikan karang besar ini sebagai bukit untuk melakukan panjat tebing. Hingga kini akhirnya banyak yang menjadikan tebing karang kokoh ini untuk aktivitas menantang adrenalin ini. Dan pemerintah juga turut andil dalam mengembangkannya.

Mengalami kemajuan yang cukup pesat, area Pantai Siung sempat dijadikan sebagai lokasi panjat tebing Asean Climbing Gathering. Dimana jumlah pesertanya mencapai 250 orang dari Asia maupun Eropa. Sampai saat ini, pantai ini memiliki sekitar 250 jalur panjat tebing dengan kesulitan yang beragam.

Para pendaki Internasional menjuluki Siung sebagai The Best Rock Climbing Site in Jogja. Padahal sebelum terkenal sebagai destinasi untuk rock climbing, pantai ini merupakan pantai yang tidak terjamah dan terbilang kotor. Pada saat itu, banyak pengunjung yang kesulitan untuk menjangkau Pantai Siung.

Daya Tarik Siung
Image Credit: Twitter.com @pantaibaronid

Namun setelah dikenal di tahun 2000 silam, perlahan namun pasti pantai ini mulai mengubah penampilannya. Pantainya menjadi lebih terawat dan juga semakin banyak yang penasaran dengan pesonanya. Terutama di kalangan atlet panjang tebing, sehingga pengunjung dari pantai ini tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

Selain para bukit karangnya, pantai ini juga memiliki pesona alam yang luar biasa. Pemandangannya memang akan berkali kali lipat lebih menawan jika dinikmati dari atas bukit. Sebab, Anda bisa memandang langit luas tanpa terhalang apapun dari atas ketinggian. Tak heran pengunjung menjadikan puncak bukit sebagai spot untuk berburu foto cantik.

Pada sebelah timur pantai, Anda akan menemukan area yang banyak dijadikan sebagai area camping. Mendirikan tenda di pantai tentu saja akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Karena Anda juga berkesempatan untuk menikmati kemolekan pantai ini pada malam hari. terutama jika dilakukan bersama dengan orang orang tersayang.

Untuk kondisi pantainya sendiri, Pantai Siung memiliki pasir pantai yang putih dan teksturnya halus. Sehingga bagi Anda yang tidak suka aktivitas menantang, bisa menggelar tikar atau bermain pasir. Apabila beruntung, Anda juga bisa berjumpa dengan gerombolan kera yang turun dari tebing karang. Kera kera ini tidak akan mengganggu jika tidak diganggu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Siung

Alamat Pantai Siung
Image Credit: Twitter.com @ayiep_setiawan

Pantai eksotis ini berada di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Desa Purwodadi, Tepus. Dimana jarak daerah ini dari pusat kota Jogja sekitar 77 km. Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan waktu sekitar 2 jam. Medan untuk menuju pantai ini terbilang mudah untuk Anda akses.

Kondisi jalannya memang sudah terbilang mulud dan beraspal. Hanya saja Anda tetap harus berhati hati, ada beberapa kelokan juga tanjakan yang harus ditaklukkan. Akan lebih baik jika menuju pantai ini Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dan pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima, lakukan saja pengecekan sebelum diajak perjalanan.

Ada beberapa rute yang bisa Anda ambil untuk sampai di Pantai menawan ini. Rute pertama bisa digunakan untuk Anda yang memulai perjalanan dari Jogja. Dari pusat kota Jogja, Anda bisa menuju Jalan Piyungan untuk ke arah Wonosari. Setelahnya, silahkan ambil arah selatan untuk menuju Pantai Baron. Nanti di pantai ini, Anda akan menemukan pertigaan ke arah Winangun.

Tak perlu bingung, dari pertigaan ini silahkan mengambil arah kanan untuk sampai Pantai Siung. Sementara untuk Anda yang memulai perjalanan dari Solo, Anda bisa bergerak untuk menuju ke arah Praci. Setelah itu ambil jalur ke kanan menuju arah Kecamatan Baran atau Kecamatan Rangkok. Nanti silahkan dilanjutkan menuju ke arah Selatan ke Ngelindur.

Anda akan menemukan pertigaan sebelum akhirnya bertemu dengan Pasar Ngrancah. Dari sini, Anda bisa ambil belok kanan untuk tiba di Pasar Jepitu. Dari sini ikuti jalan sampai menemukan Pertigaan Winangun dan belok kiri, maka Anda akan menemukan lokasi pantai ini. Anda juga bisa mengandalkan GPS untuk tiba di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Siung Jogja

Harga Tiket Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (El Agustina)

Selain mengetahui rute menuju lokasi pantai ini, Anda juga harus tahu berapa biaya tiket masuk Pantai Siung. Sekalipun memiliki keindahan yang luar biasa, pantai ini tidak dibanderol dengan harga yang mahal. Anda hanya perlu menyiapkan dana mulai Rp 10 ribu sebagai tiket masuk. Namun tiket masuk tersebut, masih belum sekalian dengan biaya parkir.

Tetapi tenang saja, biaya parkir kendaraan juga tidaklah membuat kantong jebol. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda dua, biaya parkir kisaran Rp 2 ribu. Sementara untuk mobil dikenakan biaya parkir sekitar Rp 5 ribu. Biaya juga masih belum termasuk tambahan jika Anda ingin camping di kawasan pantai dengan batuan karang megah ini.

Sementara untuk jam operasionalnya buka selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja, baik pagi ataupun bermalam di pantai. Jika Anda tidak ada niatan untuk bermalam, alangkah baiknya untuk datang pagi hari. dengan begitu Anda bisa puas bermain di sekitar pantai ini. Namun tak sedikit pula yang datang dini hari untuk berburu sunrise.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Siung

Kegiatan di Pantai Siung
Image Credit: Instagram.com @novanurlia.gufron

1. Bersantai dan bermain Pasir

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika Anda menghabiskan waktu liburan di Pantai Siung. Bersantai menjadi kegiatan yang pasti akan dilakukan, karena suasananya yang menenangkan. Anda bisa berteduh atau menggelar hammock, deburan ombak akan menjadi musik latar belakang. Dibuai dengan sepoi angin khas pantai dijamin betah berlama lama.

Membawa keluarga atau teman teman ke pantai ini juga bisa bermain pasir. Pasir pantai berwarna putih kecoklatan dan juga lembut. Anda bisa membangun istana pasir yang akan membuat si kecil senang. Berkejaran dengan ombak di bibir pantai juga banyak dilakukan oleh pengunjung.

2. Berenang

Pantai Siung memiliki air yang terbilang landai, sehingga tetap bisa berenang dan cukup aman. Walaupun gelombang tidak terlalu deras, tetap saja Anda harus tetap waspada. Jika tidak mahir berenang, ada baiknya untuk tidak terlalu jauh. Apalagi jika membawa si kecil, pastikan Anda tetap memperhatikannya.

3. Panjat Tebing

Untuk Anda yang ingin menjajal spot terbaiknya, kegiatan panjang tebing tentu tidak bisa dilewatkan. Selain bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan, tetapi juga mendapatkan bonus pemandangan yang lebih menakjubkan. Pemandangan dari atas bukit berkali kali lipat lebih menawan. Namun pastikan Anda menyiapkan peralatannya agar aman.

4. Berburu Foto Cantik

Rasanya tidak lengkap jika berlibur tanpa mengabadikan setiap momen dalam bentuk foto. Pantai Siung termasuk pantai dengan banyak spot yang instagramable dan sayang dilewatkan. Salah satunya saat Anda naik ke Bukit Pengilon. Atau juga bisa berburu sunset yang tak kalah menawan dari pantai lainnya. Pastikan menyiapkan memori lega saat ke sini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Siung Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Siung
Image Credit: Google Maps (Febrian Fadila Rizky)

Selain memiliki pesona yang luar biasa, pantai satu ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pengunjung bisa menemukan lahan parkir luas dan aman untuk kendaraan pengunjung. Kemudian, Anda juga bisa menemukan toilet bersih yang bisa digunakan untuk mandi ataupun urusan kamar mandi lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan mushola untuk ibadah.

Walaupun tidak terlalu ramai, Anda tetap bisa menemukan warung makan yang menawarkan berbagai macam menu. Sehingga urusan perut Anda akan tetap aman ketika berlibur di pantai ini. Terdapat juga pendopo yang bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat. Anda yang ingin bermalam bisa mendirikan tenda atau menginap di penginapan terdekat.

Untuk penginapan memang rata rata harus keluar terlebih dahulu dari area pantainya. Namun tenang saja, jaraknya tidak begitu jauh. Hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menitan untuk tiba di penginapan terdekat. Harga penginapan per malamnya terbilang ramah kantong, mulai dari Rp 250 ribu sampai dengan Rp 400 ribuan.

Mengunjungi pantai memang menjadi obat mujarab untuk melepas penat. Dan Pantai Siung cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan. Memiliki panorama yang indah, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Pastikan untuk menjadi pengunjung yang bijak dengan tidak meninggalkan sampah agar keindahannya tetap terjaga.