Pantai Tambakrejo salah satu pantai yang masih perawan di ujung selatan Blitar yang kaya pesona. Pantai pasir putih yang memiliki daya tarik luar biasa untuk Anda jelajahi saat liburan dan akhir pekan.

Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Selain kondang sebagai lokasi dari makam Ir Soekarno, kota Blitar juga menyimpan banyak pesona alam. Salah satunya adalah pantai Tambakrejo yang begitu menarik untuk dikunjungi. Nama pantai satu ini juga sudah banyak dikenal, dengan pengelolaan yang baik saat ini pantai ini makin rapi dan cantik. Lebih lengkapnya Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tambakrejo

Daya Tarik Pantai Tambakrejo
Image Credit: Twitter.com @sharefotografi

Wisata pantai Tambakrejo memang terbilang kondang, karena memang keindahan yang dimilikinya yang akan membuat siapapun terpesona. Termasuk dalam jajaran pantai laut Selatan sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Tidak hanya itu, pantai ini juga dianugerahi dengan pasir putih lembut yang sangat cocok untuk bermain di atasnya.

Sebelum mengintip pesonanya, Anda juga perlu mengetahui jika destinasi satu ini juga menyimpan misteri. Misteri yang ada masih berhubungan dengan gunung Kelud juga perairan Samudra Hindia. Banyak yang mengatakan jika saat Gunung Kelud meletus, maka pasir dari pantai ini juga akan berkurang dengan cara yang misterius pula.

Jika menurut penerawangan, konon ada lubang khusus yang membuat pasir pasir tersebut menuju gunung Kelud. Bahkan ada yang membuktikan jika material dari Gunung Kelud beberapa juga bukan pasir biasa. Melainkan pasir pantai dengan tumbuhan atau terumbu dari laut. Inilah mengapa masyarakat banyak yang meyakini jika ada hubungan khusus antara pantai ini dengan Gunung Kelud.

Hal inilah juga yang membuat masyarakat sekitar seringkali mengadakan larung sesaji saat bulan Oktober. Tujuannya untuk menghantarkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan ini justru menjadi daya tarik tambahan yang dimiliki oleh pantai satu ini. Pantai Tambakrejo juga dekat dengan pantai Gondo Mayit yang termasuk dikeramatkan.

Terlepas dari misteri yang menyelimutinya, pantai satu ini memang memiliki pesona yang tak terelakkan. Termasuk dalam jajaran pantai yang masih belum banyak dikunjungi, pantai ini baru baru ini saja kondang di kalangan traveller. Memiliki pasir putih lembut, lingkungan sekitar pantai satu ini juga begitu bersih sehingga Anda akan merasa nyaman.

Daya Tarik dari Pantai Tambakrejo
Image Credit: Facebook.com @fahmicatperku

Dengan garis pantai yang mencapai 10 km, Anda bisa menjelajah keindahan pantai ini. Panorama yang ditawarkan juga akan mengundang decak kagum. Dengan air laut jernih kebiruan, menjadikan perpaduan pasir dan airnya sempurna. Di pinggir pantai, ada deretan pohon rindang yang bisa dijadikan sebagai tempat berteduh.

Salah satu daya tarik yang juga bisa ditemui di pantai ini adalah adanya Kampung Nelayan. Kampung Nelayan ini lokasinya tak terlalu jauh dari bibir pantai. Bahkan Anda bisa sekalian berbelanja ikan segar di pasar ikannya. Tentunya Anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau jika membeli langsung di area Pantai Tambakrejo.

Aktivitas para nelayan seperti memperbaiki jala ataupun bersiap siap untuk melaut. Ada baiknya Anda berkunjung ke kampung nelayan ini saat pagi hari. Karena pada saat itu mereka akan langsung menggelar tangkapan mereka. Tentu saja semua hasil laut masih dalam kondisi yang segar dan memiliki kualitas yang jempolan.

Suasana lautnya juga akan sanggup untuk menghempas semua penat Anda. pengunjung yang datang bisa bermain air di pinggirnya. Tebing tebing yang membingkai di kanan kiri semakin membuat daerah pantai ini cantik. Ombaknya terbilang cukup deras, sehingga pengunjung harus berhati hati ketika bermain di pinggir pantainya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Tambakrejo

Alamat Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Hendra Pujangga)

Pantai satu ini termasuk pantai yang mudah untuk Anda jangkau sekalipun bukan orang Blitar. Pantai Tambakrejo berada di Desa Tambakrejo yang masuk dalam Kecamatan Wonotirto. Anda bisa menggunakan kendaraan umum juga kendaraan pribadi untuk tiba di pantai ini. Kendaraan pribadi lebih disarankan agar Anda bisa lebih fleksibel.

Untuk Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menuju terminal yang ada di Kepanjen Lor. Perjalanan akan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan desa menuju Gawang. Dari Gawang, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di pantai ini. Hal ini karena umumnya angkutan umum akan ngetem lebih dahulu.

Selain menggunakan angkutan, Anda juga bisa memilih untuk menyewa mobil. Hanya saja biaya yang dibutuhkan akan lebih besar. Dan bagi Anda yang bepergian dengan kendaraan pribadi, sebaiknya menggunakan kendaraan yang tak terlalu besar. Jalanan menuju Pantai Tambakrejo masih terbilang sempit. Sehingga harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Jalur menuju pantai ini memang terbilang menantang, dengan tanjakan juga tikungan. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang tinggi. Lokasi pantai ini sekitar 20 km dari pusat kota Blitar. Arah jalan menuju lokasi sudah cukup mudah ditemukan, sehingga Anda bisa mengikutinya. Menanyakan pada penduduk juga bukanlah ide yang buruk.

Dari pusat kota Anda harus menuju ke daerah Kecamatan Kademangan. Barulah nanti Anda bisa menemukan petunjuk jalan di area Kademangan ini. Menggunakan GPS memang bisa menjadi pilihan, tetapi beberapa terkendala akan signal. Perjalanan yang menantang tentunya akan terbayar lunas dengan pemandangan yang ditawarkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

Harga Tiket Pantai Tambakrejo
Image Credit: Instagram.com @eka_1945

Menikmati keindahan pantai ini tak perlu merogoh kocek yang dalam. Di bulan Desember 2020 silam, harga tiket menuju pantai ini masih sekitar Rp 6 ribu. Harga tersebut tentunya menjadi harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan pesonanya. Dan tentunya masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan yang mulai dari Rp 2 ribu saja.

Anda bisa mengunjungi pantai satu ini kapan saja, baik pagi atau malam hari. Dibuka selama 24 jam, Anda bisa datang pagi hari untuk bisa melakukan banyak aktivitas. Di siang hari paling nikmat beristirahat sembari kulineran. Dan saat sore hari, Anda bisa sekalian berburu matahari tenggelam di pantai ini. Pantai di Blitar satu ini memang menawarkan banyak aktivitas seru.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tambakrejo

Aktivitas di Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Kresnanda Bayu S)

1. Menikmati Pemandangan dan Jalan-Jalan

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Pantai Tambakrejo cukup banyak. Yang pertama pasti dilakukan oleh setiap pengunjung adalah menikmati pemandangannya. Lanskap dari pantai ini memang sangat menarik untuk dijelajahi. Merasakan hembusan angin laut dengan suara deburan ombak di pinggir pantai memang menenangkan.

Anda bisa menjelajah garis pantainya yang panjang dengan menggunakan ATV atau bisa juga berjalan kaki. Bahkan Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menjelajah hingga ke lautnya. Bersantai di pinggir pantai di bawah pohon juga bukanlah ide yang buruk. Bersama keluarga atau teman teman akan semakin membuat liburan Anda berkesan.

2. Bermain Air

Kendati memiliki ombak yang cukup besar, bukan berarti Anda tidak bisa bermain air di pantai ini. Anda tetapi bisa bermain di bibir pantainya dan hal ini banyak dilakukan pengunjung. Memang Anda tidak bisa berenang ke tengah, karena ombaknya cukup deras. Tidak ada juga permainan seperti banana boat, mengingat pantai ini konturnya curam.

3. Berburu Foto Cantik

Dengan keindahan yang dimilikinya rasanya sayang jika Anda tidak mengabadikan momen di pantai ini. Mengambil beberapa foto dengan latar belakang lautan menjadi yang paling sering dilakukan. Beberapa sudut pantai ini memang termasuk instagramable, asalkan pandai mengambil gambarnya.

4. Berburu Ikan Segar

Selepas menikmati pesona pantai ini, rasanya tidak lengkap jika ke Tambakrejo tak membawa ikan untuk di rumah. Ikan atau hasil tangkapan di pantai Tambakrejo sudah terkenal kualitasnya. Mulai dari yang segar hingga yang sudah dipanggang juga ada. Harganya juga lebih terjangkau jika membeli di pantai ini.

5. Melihat Larung Sesaji

Jika Anda datang bertepatan dengan kegiatan Larung Sesaji maka Anda bisa sekalian menyaksikannya. Wisata budaya ini akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan. Umumnya kegiatan ini akan dilakukan ketika satu Muharram di tiap tahun. Acaranya meriah dengan iringan tarian dan juga tumpeng yang besar.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tambakrejo Blitar

Fasilitas di Pantai Tambakrejo
Image Credit: Google Maps (Mambakazzurri Azzurri)

Karena sudah mendapatkan sentuhan tangan Pemerintah setempat, Anda bisa menemukan fasilitas yang memadai di pantai ini. Mulai dari kamar mandi untuk membilas diri hingga toilet untuk buang air. Area tempat parkir mobil atau roda dua juga terbilang luas dan juga memadai. Anda juga bisa menemukan tempat ibadah di Pantai Tambakrejo ini.

Jika Anda tidak membawa perbekalan, Anda bisa mengandalkan warung makan yang ada di sekitar pantai. Menu yang ditawarkan kebanyakan adalah menu seafood yang juara. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa tenda yang bisa digunakan untuk berteduh. Wahana seperti ATV juga bisa Anda sewa untuk menjelajah garis pantainya.

Bagi Anda yang ingin menikmati pantai satu ini lebih lama tak perlu khawatir. Sudah hadir beberapa homestay ataupun villa yang bisa Anda sewa. Berbagai fasilitas bisa Anda dapatkan tergantung dari budget yang disiapkan. Beberapa rekomendasi yang bisa dipertimbangkan mulai dari Villa Puncak Tambakrejo, Homestay Mbah Suyut dan Guest House Mitra Bahari.

Jika Anda singgah di kota Blitar, tak ada salahnya untuk menjadikan Pantai Tambakrejo sebagai tujuan wisata. Pantai ini menawarkan pemandangan pantai bersih dan indah sekaligus wisata kuliner yang jempolan. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, pastikan mengatur waktunya dengan baik karena hanya sampai sore hari saja.