Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Raya Tanjung Kait, Tanjung Anom, Kec. Mauk, Kab. Tangerang, Banten; Map: Cek Lokasi

Tangerang menjadi daerah yang paling dekat dengan ibu kota. Dan menjadi kota yang wisatanya tidak terlalu tersohor dan jarang dilirik. Hanya saja bukan berarti Tangerang tidak memiliki tujuan wisata yang menarik. Bahkan Tangerang juga memiliki objek wisata alam yang bisa dijadikan alternatif, Pantai Tanjung Kait misalnya yang banyak dikunjungi.

Berdekatan atau bisa dikatakan bersaudara dengan Pantai Tanjung Layar, membuatnya cocok dikunjungi saat sedang liburan atau akhir pekan. Cocok untuk anda yang sedang tidak ingin liburan jauh dari ibukota. Ada banyak hal menarik yang bisa anda telusuri ketika singgah di Pantai andalan Tangerang ini. Untuk lebih tahu, anda bisa menyimak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Kait

Daya Tarik Pantai Tanjung Kait
Image Credit: Google Maps anggit priyandani

1. Memiliki Pemandangan Indah

Mungkin anda memang tidak akan menemukan air jernih dengan pasir putih seperti pantai di daerah pantai selatan. Tetapi tidak menampik jika pantai di Tangerang ini memiliki pesona yang tidak kalah. Sepanjang mata memandang anda akan melihat air laut yang cukup tenang. Jika sedang cerah akan berpadu dengan birunya langit yang indah.

Menikmati semilir anginnya juga akan membuat anda ingin berlama lama menghabiskan waktu di Pantai Tanjung Kait. Uniknya view yang dihadirkan langsung mengarah pada dua buah radar yang masuk bagian Satuan Radar Tentara Nasional. Membuatnya semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan dari semua kalangan, baik anak anak sampai orang dewasa.

2. Terdapat Bangunan Klenteng

Kebanyakan banyak wisata yang menyimpan sejarah atau kisah tersendiri. Begitu dengan juga dengan pantai hits di Tangerang ini. Anda akan menemukan klenteng yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Klenteng tersebut dikenal dengan Tjoe Soe Kong atau Qing Shui Zhu Shi yang memiliki banyak sejarah. Masyarakat sekitar menyebutkan Klenteng Tanjung Kait.

Sudah berdiri sejak lebih dari dua abad yang lalu, klenteng ini juga sempat diterjang tsunami karena letusan gunung Krakatau di tahun 1883. Kisahnya yang bisa lolos dari terjangan tsunami bahkan diabadikan dalam sebuah lagu Gambang Keramat Karam. Keberadaan klenteng ini tentu saja menjadi daya tarik dan memori tersendiri bagi masyarakat setempat.

3. Dermaga Bambu

Daya tarik Pantai Tanjung Kait yang selanjutnya yakni memiliki dermaga panjang yang dibuat dari bambu. Keberadaan dermaga ini dimanfaatkan oleh nelayan sekitar saat transit dengan perahunya. Memang masih ada banyak nelayan yang melaut dengan perahu warna warninya. Menjadikan pemandangan yang disuguhkan di pantai indah ini berwarna.

Selain itu keberadaan dermaga bambu ini juga banyak dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati keindahan pantai lebih dekat. Walaupun terbuat dari bambu, dermaga ini cukup kuat dan dalam kondisi yang memadai. Kendati demikian anda harus tetap berhati hati ketika melintasi dermaga bambu tersebut.

Daya Tarik di Pantai Tanjung Kait
Image Credit: Google Maps Viki Maharisi

4. Destinasi Wisata yang Strategis

Bagi anda yang rindu dengan suasana bahari dekat ibukota, keberadaan Pantai Tanjung Kait seperti oase yang bisa dijadikan pilihan. Lokasinya yang mudah ditempuh akan memudahkan pengunjung menjangkaunya. Belum lagi pantai cantik ini juga dekat dengan pulau lainnya. Banyak pengunjung yang menyewa perahu untuk bisa menyeberang ke pulau lain.

5. Termasuk Destinasi yang Sepi

Jika anda suka dengan ketenangan, maka pantai yang berada di Tangerang ini menjadi tujuan yang tepat. Suasananya cukup tenang, apalagi di hari hari biasa. Pengunjungnya tidak terlalu banyak, memberikan kesan seakan akan anda sedang berada di pantai pribadi. Di akhir pekan biasanya pengunjungnya berupa rombongan keluarga yang ingin bersantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tanjung Kait
Image Credit: Google Maps Endy Budiman

Seperti yang disinggung sebelumnya, Pantai Tanjung Kait tidak sulit untuk anda tempuh. berada di Desa Ketapang, Kec. Mauk, Kab. Tangerang, Banten. Menuju lokasi paling pas menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah. Aksesnya bisa menggunakan tol dalam kota agar anda bisa terbebas kemacetan dan durasi menjadi lebih singkat.

Bagi anda merupakan wisatawan luar kota dan memulai dari Jakarta, bisa memulai rute dari Bandara. Sehingga anda bisa menggunakan Tol Dadap jika dari Bandara untuk menuju ke arah Jalan Salembaran. Setelahnya silahkan mengambil arah menuju Jalan Raya Kalibiru yang terletak di Desa Sukawati. Barulah anda melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Kait ke Jalan Tanjung Anom.

Anda nantinya juga akan melewati perumahan warga yang akan menghubungkan menuju jalur arah pantai. Selain rute tersebut, anda juga bisa menggunakan rute dari arah Daan Mogot yang dilanjutkan ke arah Penjara Anak Anak Tangerang Buraq. Melewati jl. Jembatan Pintu Sepuluh menuju ke arah Jl. Sangego Raya dan lanjut ke Jl. Paku Haji.

Anda bisa memilih rute tersebut sesuai dengan dari arah mana anda memulai. Jika kesulitan anda juga bisa bertanya pada warga setempat atau mengandalkan GPS yang terpasang pada smartphone anda. yang jelas akses menuju lokasi sudah memadai dan bisa dilalui dengan kendaraan apapun. Jauh dekatnya juga tergantung dari arah yang anda mulai.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Kait
Image Credit: Google Maps Ji Liong

Selain mengetahui rute menuju lokasi Pantai Tanjung Kait, anda juga harus mengetahui harga tiket masuknya. Tenang saja bisa dikatakan jika wisata bahari Tangerang ini terjangkau dan tidak membuat kantong jebol. Untuk menikmati keindahannya, anda hanya perlu menyiapkan budget mulai Rp 15 ribu untuk tiket masuknya.

Harga tiket yang anda bayarkan masih belum termasuk dengan biaya parkir. Dan tentu saja tiket masuknya bisa berubah kapanpun. Sementara untuk jam operasionalnya buka selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja, mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Lebih baik datang saat pagi atau sore hari untuk melihat pesonanya yang menakjubkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Kait

Kegiatan Menarik Pantai Tanjung Kait
Image Credit: Google Maps Sugi Anto

1. Bersantai di Pinggir Pantai

Pantai Tanjung Kait menjadi tempat yang sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai. Barangkali penatnya aktivitas membuat anda harus mengambil jeda untuk melepaskan rasa lelah. Karena lokasinya juga dekat dengan ibukota, bersantai sebentar tentu bukanlah ide yang buruk. Anda bisa menikmati keindahan pantai yang siap menghempas semua penat.

Selain dermaganya yang indah, sebenarnya pantai di Tangerang ini juga memiliki rumah rumah panggung. Anda bisa memandang hamparan laut dengan suara deburan ombak dari sini. Sejuknya udara khas pantai juga akan membuat anda ingin lama lama. Perahu para nelayan yang hilir mudik juga menjadi pemandangan yang menarik untuk dinikmati.

2. Memancing di Tanjung Kait

Bagi anda yang tidak ingin bermain air, anda bisa mencoba aktivitas seru selanjutnya. Memang bermain di pinggir pantai tidak banyak dipilih oleh wisatawan. Mengingat anda tidak akan menemukan pasir putih juga air laut yang jernih. Menjadikan pengunjung memilih untuk berburu ikan sekaligus menyalurkan hobi di Pantai Tanjung Kait ini.

Anda yang ingin memancing harus membawa peralatan sendiri dari rumah. Karena memang tidak ada fasilitas penyewaan alat memancing yang bisa anda manfaatkan. Jika ingin mencoba memancing yang berbeda, anda bisa menyewa perahu untuk ke tengah tengah pantai. Harganya beragam biasanya Rp 400 ribuan tetapi tetap bisa ditawar.

3. Wisata Kuliner

Banyak pengunjung yang mendapatkan ikan dari hasil memancing, kemudian membakarnya langsung di tempat. Tetapi bagi anda yang ingin menikmati hidangan seafood tanpa memancing sendiri juga bisa. Karena ada banyak warung warung makan dengan menu seafood yang bisa anda coba. Rumah makan yang ada juga unik, berupa rumah terapung.

Berbagai olahan seafood bisa anda cicipi, dengan harga yang ramah kantong. Tentu saja bahan yang dimasak dalam kondisi yang fresh karena didapatkan langsung dari para nelayan. Anda hanya perlu memilih menu apa yang diinginkan. Menikmati kudapan nikmat dengan keluarga atau orang terdekat di tepi Pantai Tanjung Kiat akan memberikan kesan yang berbeda.

Kegiatan Menarik di Pantai Tanjung Kait
Image Credit: Google Maps Vera Saemari

4. Berburu Sunset dan Sunrise

Pesona wisata bahari Tangerang yang tidak boleh dilewatkan yakni panorama sunset dan sunrisenya. Langit kemerahan dengan bayangan dermaga kayu yang memberikan pesona luar biasa. Apalagi dipadukan dengan semilir angin serta suara ombak. Kedua momen tersebut menjadi momen yang paling ditunggu tunggu oleh wisatawan.

5. Mengabadikan Setiap Momen

Aktivitas yang tidak kalah menarik untuk anda coba yakni berburu spot instagramable. Rasanya memang tidak lengkap jika liburan tidak sekalian berburu foto. Di Pantai Tanjung Kait anda bisa mengambil foto dengan banyak objek yang menarik. Keberadaan rumah panggung dan dermaganya menjadi spot yang paling favorit bagi wisatawan.

6. Menyeberangi Pulau Terdekat

Jika anda ingin merasakan petualangan yang lebih seru, anda bisa menyewa perahu milik nelayan. Karena lokasi Tanjung Kait termasuk dekat dengan pulau pulau yang lainnya. Aktivitas ini pasti akan menjadi perjalanan yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Terutama jika dilakukan dengan orang orang yang juga spesial.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Tanjung Kait
Image Credit: Google Maps Dewi Silvia Oktaviani

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Kait bisa dikatakan memadai dan mendukung. Fasilitas yang disuguhkan berupa fasilitas umum yang akan membuat wisatawan lebih nyaman untuk liburan. Seperti kehadiran area parkir yang cukup luas untuk menampung semua kendaraan pengunjung. Tidak ketinggalan kehadiran mushola untuk anda yang muslim.

Bagi anda yang ingin sedikit bermain air, tidak perlu khawatir karena anda bisa membilas diri di toilet yang disediakan. Anda juga bisa bersantai di pinggir pantai di gazebo atau tempat duduk yang tersedia untuk istirahat. Memang semuanya dalam kondisi yang sederhana, tetapi tetap akan membuat anda nyaman untuk menghabiskan waktu di sini.

Rasanya tidak lengkap jika singgah di tempat wisata tetapi tidak jajan. Anda bisa menemukan warung warung yang menyediakan makanan atau minuman ringan. Beberapa juga menyediakan menu makanan berat yang bisa anda coba. Sehingga tidak masalah jika anda tidak sempat membawa bekal dari rumah.

Bagi anda yang ingin berlama-lama menikmati panorama alam Tanjung Kait, atau pulang terlalu malam juga tidak perlu khawatir. Di sekitar pantai ada beberapa penginapan yang bisa dijadikan pilihan akomodasi anda. Anda bisa memilih hotel atau penginapan yang sesuai dengan budget serta fasilitas yang diinginkan.

Berlibur ke pantai selalu saja menjadi aktivitas yang menyenangkan. Begitu juga jika anda berada di daerah Tangerang atau di Ibukota. Anda bisa singgah di Pantai Tanjung Kait yang juga menawarkan banyak keseruan. Aktivitas yang bisa anda lakukan juga beragam, mulai dari menikmati keindahannya sampai dengan kulineran dengan aneka menu seafood.