Indahnya Pantai Teluk Awur, Destinasi Pantai Favorit di Jepara

Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Teluk Awur adalah salah satu bukti nyata pesona keindahan alam paling memukau yang dimiliki Jepara, Jawa Tengah. Cocok dijadikan sebagai tujuan liburan keluarga karena suguhan pemandangannya begitu menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Telukawur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berjalan jalan ke Kota Jepara, jangan sampai terlewat berkunjung ke salah satu wisata bahari yang menjadi jawara kota tersebut. Pantai Teluk Awur, begitulah orang memanggil destinasi wisata alam yang terletak di Kota Jepara ini. Teruntuk Anda yang merasa penasaran dengan keindahan pantai ini, yuk simak pembahasan dalam ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teluk Awur

Daya Tarik Pantai Teluk Awur

Image Credit: Twitter.com @kemangteerjgj

Pantai menawan ini dikenal sebagai spot terbaik untuk melihat sunset di Kota Jepara. Tak ayal, saat menjelang sore hari ada banyak sekali pengunjung yang berdatangan untuk menyaksikan tenggelamnya sang surya. Kontur pantai yang landai berpadu dengan pasir putih yang lembut dan indah semakin menyemarakkan indahnya sore hari.

Garis pantai Teluk Awur bisa dikatakan cukup panjang, namun jarak antara pantai dengan daratan cukup pendek. Ombaknya yang cukup tenang seakan mengajak para pengunjung untuk bisa bebas bermain air di pantai tersebut. Di sisi pantai yang lain, Anda juga akan menemukan beberapa pohon mangrove yang turut menghias Teluk Awur.

Tak hanya menyumbang keindahan, pohon mangrove di lokasi tersebut difungsikan sebagai sarana penahan abrasi dan menjadi peneduh pantai. Bercirikan hutan mangrove di beberapa sisinya, pantai ini sering disandingkan dengan Pantai Bandengan yang juga memiliki kontur pantai landai dengan pohon mangrove di sekitarnya.

Di luar pesona keindahannya, ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat dan menjadi begitu populer. Penduduk sekitar percaya bahwa air Pantai Teluk Awur dapat memberikan kesembuhan bagi segala jenis penyakit. Oleh karenanya, banyak orang berbondong-bondong untuk datang dan berharap kesembuhan dengan mandi di pantai ini.

Daya Tarik Pantai Teluk Awur Jepara

Image Credit: Google Maps (Musik Mj)

Mitos yang berkembang ternyata tak hanya isapan jempol semata. Beberapa pengunjung yang menderita penyakit tertentu dan berendam di air pantai merasa bahwa penyakitnya sembuh dalam kurun waktu tertentu. Bahkan bukan satu dua orang yang mengaku demikian, sudah banyak orang yang sependapat dengan pernyataan tersebut.

Selain mitos, keunikan lain yang bisa Anda temukan di Pantai Teluk Awur ini adalah beberapa festival atau event tradisional yang sering diadakan. Biasanya festival tradisional diadakan pasca hari raya Idul Fitri atau pada saat puncak pekan Syawalan. Pada hari hari tertentu seperti Idul Fitri dan pekan Syawalan, penduduk sekitar akan melaksanakan beberapa kegiatan.

BACA JUGA:  Umbul Ponggok, Wisata Bawah Air Hits di Klaten

Biasanya, masyarakat mengadakan perlombaan sedekah laut atau yang sering disebut dengan Pesta Lomban. Pesta ini telah menjadi event tahunan yang diselenggarakan masyarakat setempat. Adapun tujuan dari dilaksanakannya acara ini adalah sebagai bentuk rasa syukur penduduk karena telah menunaikan ibadah penuh bulan puasa.

Yang perlu Anda ketahui, adanya beberapa festival di pantai tersebut ternyata juga turut mengundang wisatawan yang merasa penasaran dengan event tradisional Pantai Teluk Awur. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Jepara pada salah satu hari tersebut, tak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai ini dan menyaksikan sendiri festival tradisionalnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Teluk Awur

Alamat Pantai Teluk Awur

Image Credit: Google Maps (Alfatih Family Channel)

Pemerintah Kota Jepara selalu berupaya untuk memajukan dan membangun infrastruktur di kotanya. Hal ini bisa diketahui dari akses perjalanan menuju Pantai Teluk Awur yang begitu mudah dijangkau. Di sepanjang rute menuju lokasi, Anda akan menemukan petunjuk jalan yang akan sangat membantu memudahkan Anda untuk mencapai pantai ini.

Rute menuju Teluk Awur sendiri bisa ditempuh dengan beberapa arah. Apabila Anda datang dari Kota Semarang, maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 – 3 jam perjalanan menuju lokasi. Sementara jika dari arah Kota Kudus, maka Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih perjalanan menuju Teluk Awur.

Kedua rute baik dari Kudus maupun Semarang akan melewati jalanan Kudus-Jepara. Kemudian, Anda perlu mengambil arah hingga melewati Pasar Pecangaan dan lurus terus ke arah Sunan Mantingan. Di jalan Sunan Mantingan terdapat perempatan yang mengharuskan Anda memilih lurus hingga menuju Pantai Kartini.

Setelah melewati Sunan Mantingan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti arah hingga ake Teluk Awur. Bagi Anda yang merasa kebingungan, maka bisa bertanya kepada penduduk sekitar yang terkenal dengan keramahannya. Mereka akan menunjukkan arah untuk bisa sampai ke Pantai Teluk Awur sesuai tujuan Anda.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur Jepara

Harga Tiket Pantai Teluk Awur

Image Credit: Google Maps (Odi H)

Tak perlu merasa khawatir dengan harga yang wajib Anda keluarkan untuk membayar biaya tiket masuk Pantai Teluk Awur. Pasalnya, pihak pengelola bersama Pemda telah mematok tarif retribusi yang sangat terjangkau. Namun perlu Anda ketahui, tiket masuk Teluk Awur bisa saja berubah sesuai tanggal libur atau biasa.

BACA JUGA:  Benteng Portugis, Destinasi Wisata Sejarah Andalan Jepara

Apabila Anda berlibur pada hari Senin sampai Kamis, maka Anda tak perlu risau soal harga tiket masuk yang dipatok. Sebab pada hari tersebut, pihak pengelola tidak menetapkan harga tiket masuk alias gratis. Hal ini tentu bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pengalaman liburan yang murah namun dengan suguhan yang begitu menakjubkan.

Sementara pada hari Jumat sampai Minggu, Anda akan dikenakan tarif masuk sekitar Rp 2 ribu per orang. Sedangkan jika Anda datang pada hari hari besar seperti idul Fitri atau pekan Syawalan, maka harga yang dibanderol untuk bisa memasuki pantai tersebut adalah sekitar Rp 10 ribuan per orang.

Selain tiket masuk, ada sejumlah biaya yang harus Anda bayarkan pada saat menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan pihak pengelola. Sebelum memarkirkan kendaraan roda empat, Anda akan dimintai biaya parkir sebesar Rp 5 ribuan. Kemudian untuk penggunaan toilet harus membayar sekitar Rp 3 ribu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Teluk Awur

Image Credit: Instagram.com @jepara.scenery

1. Memancing

Khusus Anda pemilik hobi memancing, Pantai Teluk Awur adalah lokasi yang tepat untuk menyalurkan hobi Anda. Ada begitu banyak jenis ikan yang sangat menarik untuk dipancing. Uniknya, Anda akan menemukan beberapa orang atau komunitas yang memiliki hobi sama di sekitar pantai.

Di sana, ada beberapa spot yang menjadi primadona para pemancing untuk menangkap ikan. Pada saat musim liburan tiba, spot tersebut akan dipenuhi banyak orang yang memiliki hobi memancing. Tak jarang dari mereka yang membawa peralatan pancing begitu lengkap untuk bisa menangkap berbagai jenis ikan yang unik di pantai ini.

Bagi Anda yang memutuskan pantai ini sebagai destinasi liburan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan memancing yang Anda miliki. Meski Anda tidak memilikinya, Anda dapat menyewa peralatan pancing di beberapa titik pantai. Sembari menikmati waktu liburan, Anda dapat unjuk kebolehan memancing di pantai tersebut.

2. Menikmati Sunset

Anda penikmat sunset? Maka wajib berkunjung ke Teluk Awur dan menyaksikan tenggelamnya sang matahari. Pemandangan yang disuguhkan begitu memanjakan mata. Jika beruntung, Anda dapat melihat efek fatamorgana yang ada diujung pantai. Langit jingga yang dipadukan jernihnya air pantai akan semakin merelaksasi pikiran pengunjung.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jepara yang Wajib Anda Coba

Perpaduan antara angin yang sejuk dan warna kejinggaan yang menyembur di langit, seolah membuat suasana romantis. Inilah alasan mengapa banyak pengunjung yang membawa pasangannya untuk bersama sama menikmati indahnya sunset di Teluk Awur. Anda pun bisa membawa pasangan ke Teluk Awur dan melihat sang surya yang mulai terbenam.

Kegiatan di Pantai Teluk Awur Jepara

Image Credit: Google Maps (Septian Wahyu P)

3. Berenang

Seperti yang disinggung sebelumnya, Pantai Teluk Awur memiliki kontur pantai yang landai dengan ombak yang tidak terlalu besar. Airnya yang jernih dan cenderung tenang banyak dimanfaatkan pengunjung untuk kegiatan berenang. Tak perlu khawatir, para penjaga pantai telah menetapkan batas aman berenang agar para pengunjung dapat merasa aman.

Bagi Anda yang tidak begitu mahir berenang, maka bisa melakukan aktivitas lain seperti flying fish boat, jet ski, banana boat, dan kano. Perlu diketahui, untuk bisa menggunakan wahana tersebut maka Anda perlu membayar biaya sewa yang dibanderol dengan harga murah dan pas di kantong.

4. Berburu Foto Keren

Berfoto adalah kegiatan wajib yang harus Anda lakukan ketika mengunjungi Pantai Teluk Awur. Pemandangan yang begitu indah tak bisa diabaikan begitu saja. Anda perlu mengabadikan setiap sisi keindahan Teluk Awur yang bisa saja tidak Anda temui di daerah tempat asal. Oleh sebab itu, bawalah kamera untuk mendukung kualitas jepretan Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Teluk Awur Jepara

Fasilitas Pantai Teluk Awur

Image Credit: Google Maps (Maulana Muhammad)

Potensi dan daya tarik Teluk Awur berhasil membuat pemerintah daerah membangun fasilitas di lokasi tersebut. Keberadaan fasilitas mulai dari area parkir, toilet, mushola, dan wahana semakin membuat pengunjung merasa nyaman. Adanya beberapa penginapan di sekitar lokasi kian membuat wisatawan betah berlama lama di lokasi Teluk Awur.

Bagi Anda yang datang dari jauh, tak perlu khawatir untuk mencari penginapan di sekitar lokasi pantai. Ada begitu banyak pilihan penginapan dengan berbagai fasilitas yang dapat Anda pilih. Menariknya, harga sewa kamar di lokasi pantai dibanderol dengan harga yang begitu murah dan pas di kantong.

Kota Jepara memang terkenal sebagai daerah asal pahlawan wanita R.A. Kartini. Namun kota tersebut juga memiliki suguhan pesona keindahan alam yang tak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah Pantai Teluk Awur. Pantai dengan karakteristik landai dan ombak yang tenang ini wajib dikunjungi untuk mengisi waktu liburan.