Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kota Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Di Indonesia kawasan bahari yang terkenal tidak jauh dari Bali juga Lombok. Padahal masih ada banyak potensi bahari yang tak kalah menarik. Seperti di Pulau Jawa yang potensi baharinya besar adalah Malang. Salah satu pantai di Kabupaten Malang yang tawarkan pesona menawan adalah Pantai Tiga Warna. Dimana pantai ini perlahan menjadi pantai yang hits.

Pantai yang dibuka di sekitar tahun 2014 ini memang seperti namanya, yakni memiliki tiga warna berbeda pada lautnya. 3 warna air yang bisa ditemukan adalah perpaduan dari biru, hijau juga putih. Masing masing warna akan sesuai dengan kedalaman airnya. Yang jelas, anda tidak akan menyesal sudah singgah dan habiskan liburan di pantai unik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tiga Warna

Daya Tarik Pantai Tiga Warna
Image Credit: Instagram.com @sandaljepit_putih

1. Hadirkan Pantai yang Bersih dan Asri

Pantai menawan di Malang ini juga termasuk dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation. Sehingga menjadi kawasan yang masih sangat terjaga kebersihannya. Selain bersih, pantai ini juga menawarkan suasana yang begitu asri. Memang ketika akan menuju pantai ini, anda akan melewati beberapa pantai seperti Pantai Clungup, Gatra sampai Batu Pecah.

Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang ditumbuhi mangrove dengan subur. Jika melihat dari kejauhan, perbukitan ini layaknya gundukan tapi berwarna hijau. Membuat udara yang dimiliki Pantai Tiga Warna lebih sejuk walaupun matahari sedang terik. Dengan suasana asri tersebut tentu saja akan membuat anda ingin berlama lama di pantai ini.

2. Memiliki 3 Warna Air Berbeda

Yang menjadi keunikan serta daya tarik utama dari pantai ini memang air pantainya yang terdiri dari 3 warna. Penyebab keunikannya adalah kedalaman air lautnya. Untuk bagian yang paling dalam akan memiliki air yang biru. Sementara untuk yang warna kehijauan akan anda temukan di bagian yang datang. Dan warna putihnya adalah yang bersentuhan dengan pasir pantainya.

Air lautnya yang tiga warna sangat cantik jika berpadu dengan pasir putihnya yang bersih. Batuan karang hijau yang tumbuh juga semakin menambah keindahan dari pantai ini. Gradasi warna pantainya memang akan menghadirkan panorama yang luar biasa indah. Karena hal inilah yang juga membuat banyak orang penasaran dengan pantai ini.

3. Memiliki Peraturan Unik

Layaknya di pantai yang masih di wilayah konservasi ini, pengunjung yang datang tidak boleh sembarangan. Bahkan bisa dikatakan jika ingin mengunjungi pantai ini harus reservasi dahulu. Prosedur keamanan juga kebersihan yang diberlakukan di pantai ini begitu ketat. Ketika berada di pintu masuk, semua barang bawaan akan diperiksakan.

Terutama barang yang bisa memberikan peluang sebagai sampah, makanan dan minuman yang dibawa. Dan ketika anda pulang maka petugas akan memeriksa kembali apakah ada sampah yang tertinggal. Jika sampai tidak ada data, maka anda bisa didenda sekitar Rp 100 ribu. Tak heran jika lingkungan dari pantai ini sangat bersih dan bebas sampah.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps (Gebby Rafael007)

4. Memiliki Bawah Laut yang Indah

Selain memiliki permukaan yang indah, Pantai Tiga Warna juga memiliki bawah laut yang menawan. Terumbu karang juga biota laut yang ada di pantai ini masih sangat terjaga. Membuat pengunjung bisa mengintip keindahannya secara langsung. Menjadikan liburan anda di pantai ini terasa begitu lengkap dan berikan pengalaman yang berbeda.

5. Tawarkan Banyak Spot Foto Cantik

Yang membuat pantai satu ini tidak boleh anda lewatkan adalah hadirnya beberapa spot cantik yang bisa digunakan untuk berfoto. Pengelola memang sengaja memberikan fasilitas ini, karena saat ini hampir semua wisata pasti ada spot fotonya. Pemandangan alam yang disuguhkan di pantai ini memang sayang jika tidak diabadikan dengan kamera anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Lokasi Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps (Fey)

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Tiga Warna, anda bisa menuju daerah Sumbermanjing Wetan. Tepatnya berada di Desa Tambakrejo di kawasan Malang Selatan. Berada di kawasan konservasi Sendang Biru, pantai ini masih satu bagian dengan Clungup Mangrove Conservation. Rute yang paling sering digunakan adalah melalui rute Pantai Goa Cina.

Dari pusat kota Malang anda bisa mengarahkan kendaraan ke Gadang kemudian menuju ke Turen. Setelah itu, anda bisa mengikuti rute menuju Pantai Sendang Biru. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam sebelum akhirnya sampai di persimpangan antara Sendang Biru dan Goa Cina. Anda akan silahkan ambil rute lurus untuk menuju ke arah Pantai Goa Cina.

Sekilas 2 km, anda akan menemukan persimpangan selanjutnya. Ambil arah belok kiri untuk menuju Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. Dan nantinya anda akan menemukan kampung warna dan silahkan pilih jalan untuk menuju Clungup Mangrove Conservation. Tepatnya sebelum bank BRI dan untuk patokan adalah Pantai Clungup.

Barulah nanti anda akan menemukan pintu masuk dengan tulisan Pantai Tiga Warna. Jalan menuju pantai termasuk sempit dan hanya bisa dijangkau oleh sepeda motor saja. Maka dari itu jika anda menggunakan kendaraan roda empat harus di parkir. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk sampai di kawasan pantai cantik ini.

Memang akan lebih mudah menjangkau pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Baik roda empat atau roda dua, karena masih belum banyak kendaraan umum yang bisa membawa Anda ke pantai ini. Selain itu anda akan lebih leluasa jika membawa kendaraan sendiri. Akses menuju pantai ini sudah dikatakan mudah untuk dijangkau.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps (Gita Irnanda)

Menikmati keindahan pantai ini, anda tidak perlu merogoh kantong anda terlalu dalam. Dimana pantai ini membanderol harga tiket mulai dari Rp 10 ribu. Harga tersebut masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan. Untuk anda yang membawa kendaraan roda dua tarif parkir mulai Rp 10 ribu dan untuk mobil sekitar Rp 15 ribu.

Jika anda ingin menyewa guide, setiap sepuluh orang dikenakan tarif sekitar Rp 100 ribu selama 24 jam. Karena memang di pantai ini pengunjungnya dibatasi, akan lebih baik jika anda melakukan reservasi lebih dahulu. Tujuan pembatasan ini agar kondisi pantai tetap terjaga kebersihannya. Jika jumlahnya sudah penuh, maka anda harus menunggu kelompok sebelumnya keluar.

Jam operasional di Pantai Tiga Warna tak jauh berbeda dengan pantai lainnya. Anda bisa berkunjung dari hari Senin sampai hari Minggu. Dimana jam bukanya masih 24 jam, jadi anda juga bisa menginap di area pantai ini. Alangkah baiknya jika anda datang tidak di musim hujan, karena harus trekking dan jalannya menjadi lebih licin.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sekitar Pantai

Kegiatan Menarik di Pantai Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps (Mohamad Zulfikar)

1. Trekking

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, untuk sampai di Pantai Tiga Warna anda memang harus trekking lebih dahulu. Terutama jika anda menggunakan kendaraan roda empat. Jarak yang harus anda tempuh untuk ke pos satu sekitar 1 km. Sementara jika anda menggunakan sepeda bisa langsung menuju ke pos 1, lokasi parkirnya dekat.

Namun tetap saja anda harus treking untuk sampai di pos kedua. Nantinya di pos kedua inilah yang akan dilakukan pengecekan barang barang bawaan anda. selama treking anda, akan melewati hutan mangrove sehingga tak akan terasa. Hanya saja pastikan anda dalam kondisi tubuh yang fit selama liburan di Pantai cantik ini.

2. Bersantai dan Menikmati Keindahan

Setelah anda sampai di pantainya, anda akan langsung disambut dengan keindahan pantainya. Pasir putihnya tampak berkilauan jika dilihat dari kejauhan. Begitu mendekat anda akan melihat gradasi warna laut yang indah. Anda bisa bersantai di bawah pepohonan teduh atau saung yang ada. Ombaknya tak terlalu besar sehingga anda bisa bersantai di pinggir pantainya.

3. Berenang dan Bermain Air

Rasanya memang tidak lengkap jika anda tidak basah basahan ketika berada di pantai ini. Aman untuk anda bermain air ataupun berenang di kawasan pantai ini. Airnya yang jernih semakin menambah kesegaran yang dimilikinya. Membangun istana pasir di pinggir pantai juga bukanlah ide yang buruk. Kegiatan ini semakin seru jika dilakukan bersama rombongan.

Kegiatan yang Dilakukan Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps (Rizki Ananda Putra)

4. Snorkeling atau Diving

Karena Pantai Tiga Warna termasuk pantai dengan bawah laut yang indah, anda bisa mengintipnya dengan snorkeling atau diving. Pantai ini memang termasuk area konservasi terumbu karang juga, sehingga biota lautnya terjaga dengan baik. Anda bisa menyewa alat snorkeling atau diving di lokasi jika tidak membawa dari rumah.

5. Camping

Kegiatan yang tak kalah seru dilakukan selama di pantai ini adalah berkemah. Mendirikan tenda dan bermalam membuat anda bisa menyaksikan sunset sekaligus sunrisenya yang indah. Anda juga bisa merasakan bermalam di tepi pantai ditemani api unggun di malam hari. akan makin seru jika anda bersama teman teman anda.

6. Berfoto Ria

Hal yang tak boleh anda lewatkan ketika berada di pantai ini adalah berburu foto foto cantik. Ada banyak spot di pantai cantik ini yang bisa anda jadikan tempat mengambil foto. Pengelola juga menghadirkan gardu pandang dan beberapa spot lainnya. Pastikan anda membawa kamera terbaik anda.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tiga Warna

Fasilitas di Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps (Novarda Ahmad)

Kegiatan liburan anda di Pantai Tiga Warna memang tidak bisa dilupakan begitu saja. hal ini karena menawarkan banyak kegiatan seru, anda juga bisa menikmati fasilitas yang ada. Memang anda tidak akan menemukan warung makan, sehingga dianjurkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Pengunjung bisa menemukan area parkir yang cukup luas.

Selain itu juga terdapat beberapa kamar mandi bersih yang bisa digunakan oleh pengunjung. Tidak ketinggalan mushola yang bisa dimanfaatkan pengunjung yang beragama Islam. Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan snorkeling maupun camping bisa menyewa peralatan di pantai ini dengan harga yang masih ramah kantong.

Bagi anda yang ingin bermalam di area pantai selain camping, anda juga bisa menemukan penginapan dekat dengan pantai. Tapi di luar kawasan pantainya, bisa dekat dengan Sendang Biru da Tiga Warna. Harga yang ditawarkan juga beragam dari Rp 180 ribu sampai dengan diatas Rp 350 ribu tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Menghabiskan liburan di Pantai Tiga Warna, Malang tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Apalagi masing masing pantai memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan pantai lainnya. Seperti halnya di pantai cantik ini yang memiliki air laut 3 warna. Alamnya juga masih terjaga dan asri, membuat siapapun betah berlama lama.