Pantai Timang, Pantai Hits Dengan Wahana Ekstrem di Gunung Kidul Jogja

Pantai Timang, Pantai Hits Dengan Wahana Ekstrem di Gunung Kidul Jogja

Pantai Timang salah satu wisata pantai yang unik di Gunung Kidul, Jogja yang menawarkan wahana memacu andrenalin. Pantai pasir putih yang menyuguhkan pemandangan pulau karang kecil yang menarik untuk dikunjungi.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00, Alamat: Jl. Pantai Selatan, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jika pantai identik dengan pasir putih dengan ombak kecil dan pohon kelapa yang berjejeran, hal demikian berbeda dengan Pantai Timang yang ada di Gunung Kidul. Deruan air laut dan ombak yang cukup besar seketika akan mengejutkan dan membuat adrenaline terpacu. Tak hanya itu, masih banyak keelokan yang dimiliki pantai eksotis ini dalam ulasan berikut ini.

Sekilas Sejarah Pantai Timang Gunung Kidul

Sejarah Pantai Timang

Image Credit: Twitter.com @hanya_salik

Ciri khas Pantai Timang bukan terletak pada hamparan pasir putih atau jejeran pohon kelapa yang ada di sekitarnya. Keunikan yang dimiliki oleh wisata ini terletak pada gondola atau kereta gantung tradisional yang menghubungkan daratan tanah ke pulau karang ditengah laut. Keberadaan kereta gantung ini menjadi ikon tersendiri bagi pantai ini.

Pada awalnya, pantai ini tidak digunakan sebagai objek wisata karena memang berada di kawasan tebing curam dan sulit untuk diakses. Dahulu pantai in digunakan sebagai tempat bagi nelayan untuk mencari ikan, udang, dan lobster di sekitar bebatuan. Kemudian, pemerintah daerah bersama pihak pengelola membuat akomodasi berupa gondola untuk para nelayan.

Dengan gondola, para nelayan dapat menyebrangi lautan dan menuju tengah pulau karang untuk mencari ikan dan lobster. Lama kelamaan, akomodasi tersebut dimanfaatkan sebagai wahana pemacu adrenalin yang wajib untuk dijajal. Melintas di tengah laut lepas dan diiringi ombak yang tinggi yang terkadang menciprati baju para pengunjung.

Aktivitas menyebrangi gondola ini tergolong cukup ekstrim. Hanya para nelayan dan orang orang yang suka tantangan yang bisa melewatinya dengan mudah. Selama cuaca sedang kurang baik, maka ombak dalam pantai tersebut bisa mencapai ketinggian 9 sampai 11 meter. Namun saat cuaca cerah, ombak di pantai tersebut cukup tenang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Timang

Daya Tarik Pantai Timang

Image Credit: Facebook.com @qtiket

Pantai Timang merupakan salah satu wisata bahari terbaik yang ada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Berbeda dengan pantai pantai pada umumnya, wisata ini memiliki daya tarik dan keunikan yang sangat berbeda. Bahkan, saat pertama kali datang ke lokasi pantai ini Anda akan langsung mengetahui perbedaannya dengan pantai yang lainnya.

Adapun daya tarik utama yang dimiliki pantai ini adalah keberadaan karang yang berada di tengah laut. Para pengunjung diperbolehkan menyebrangi karang yang ada di tengah laut dengan cara yang tidak biasa. Bukannya menggunakan sampan atau perahu, wisatawan dapat menyeberanginya dengan sebuah jembatan gantung dan kereta gantung.

BACA JUGA:  10 Mall di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Di tengah ombak besar yang terpecahkan batu karang, Anda akan merasakan sensasi seru dan menegangkan saat menyebranginya. Gondola atau kereta gantung tradisional menjadi alat bantu para wisatawan untuk dapat sampai ke karang besar di tengah laut. Karang besar yang ada di tengah laut merupakan sebuah pulau yang menjadi area untuk mencari udang dan lobster.

Biasanya para nelayan akan menggunakan kereta gantung yang ditarik secara manual untuk bisa sampai ke tengah karang. Anda tak perlu khawatir dengan tingkat keamanan gondola atau jembatan gantung yang ada di lokasi tersebut. Pasalnya, pihak pengelola sudah lebih dulu memastikan keamanan dari fasilitas yang dibuatnya.

Keindahan Pantai Timang cukup tersohor hingga ke mancanegara. Kawasan ini pernah dijadikan sebagai tempat syuting variety show korea yakni Running Man. Dimana acara ini sendiri sudah sangat terkenal di negaranya bahkan juga di Indonesia. Jika dilihat lebih dalam lagi, tak salah jika Running Man memilih lokasi ini sebagai tempat syuting.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi Pantai Timang

Alamat Pantai Timang

Image Credit: Google Maps (Budi Sutrisno)

Teruntuk Anda yang belum pernah mendatangi pantai pantai di Gunung Kidul tentu akan merasa kebingungan bagaimana menuju ke sana. Bagi Anda yang datang dari Bandara Adi Sucipto, maka lanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur ring road timur Kota Yogyakarta. kemudian, lakukan perjalanan sampai menuju bundaran Wonosari dan ikuti arah jalan lurus.

Tak lama, Anda akan melewati Pasar Wonosari yang jalannya terbagi menjadi dua arah. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil arah kanan menuju Pantai Baron, kemudian dilanjutkan sampai ke pertigaan Mulo. Sesampainya di Mulo, beloklah ke kiri dan ikuti arah menuju wisata bahari Pantai Siung.

Di sana, Anda menemukan banyak papan petunjuk yang menunjukkan arah menuju ke beberapa pantai di Gunung Kidul. Ingatlah untuk mengambil arah kanan jalan saat Anda berada di pertigaan Pantai Siung. Setibanya di sana, Anda akan sampai pada sebuah pos retribusi untuk bisa masuk ke Pantai Timang dan pantai lainnya yang masih satu lokasi.

Dalam pos retribusi, pihak pengelola akan menghitung jumlah rombongan atau orang yang datang bersama Anda. Kemudian, mereka akan mematok biaya yang harus Anda bayarkan untuk dapat memasuki Pantai Timang dan sekitarnya. Jangan khawatir, tarif retribusi yang dibebankan kepada para pengunjung sangatlah terjangkau dan tidak menguras isi dompet.

BACA JUGA:  10 Taman di Jogja yang Cocok untuk Refreshing

Harga Tiket Masuk Pantai Timang Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Timang

Image Credit: Google Maps (Brasukra G Sudjana)

Setibanya di Pantai Timang, Anda diharuskan untuk membayar biaya retribusi sebesar Rp 10 ribuan saja. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk pantai lainnya yang berada di lokasi yang sama. Perlu diingat, biaya tersebut masih belum termasuk dengan biaya lain seperti fasilitas, atau wahana yang ada di dalam pantai.

Agar sampai lokasi, biasanya para pengunjung akan menyewa jasa ojek mengingat titik lokasi pantai sangat jauh dari pos retribusi. Untuk jasa ojek sendiri, biasanya dibanderol sekitar Rp 50 ribu per orang. Sementara untuk Anda yang ingin menyewa jeep maka perlu merogoh kocek sebesar Rp 350 ribu hingga sampai ke titik lokasi.

Untuk wahana gondola di wisata pantai ini, Anda akan dikenakan tarif Rp 100 ribu – Rp 150 ribu rupiah. Jadi, siapkanlah dana lebih bagi Anda yang berminat mencoba wahana ekstrem pemacu adrenaline ini. Sebagai informasi, biaya yang dibebankan kepada pengunjung merupakan bentuk pelestarian lingkungan pantai agar tetap terjaga hingga saat nanti.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Timang

Kegiatan di Pantai Timang

Image Credit: Instagram.com @agildwih

1. Uji Adrenaline Menaiki Gondola dan Jembatan Gantung

Untuk Anda penikmat wisata ekstrim, maka wajib mencoba menaiki wahana kereta gantung atau gondola dari tebing Pantai Timang menuju Pulau Karang di tengah laut. Alat sederhana yang cara kerjanya masih terbilang manual ini merupakan akomodasi utama bagi nelayan untuk menangkap ikan dan lobster di pulau yang dinamakan Watu Panjang ini.

Selama beberapa menit berada di atas gondola dan jembatang gantung, Anda akan melintasi laut lepas yang dipenuhi dengan deburan dan gemuruh ombak. Meski terkesan menyenangkan, jika nyali Anda belum cukup maka berpikirlah ulang sebelum menaikinya. Karena jika Anda tidak siap naik, maka justru akan membahayakan.

2. Berburu Lobster Bersama Nelayan

Pulau Karang yang berada di tengah Pantai Timang adalah habitat asli lobster. Jenis biota laut yang dijual dengan tinggi inilah yang menjadi alasan dibuatnya jembatan gantung dan gondola di lokasi tersebut. Bagi Anda yang hobi memancing, maka bisa bergabung bersama nelayan untuk bersama sama menangkap ikan.

Namun pastikan bahwa keikutsertaan Anda dalam kegiatan berburu bersama nelayan ini tidak mengganggu mereka yang sedang bekerja. Menariknya, Anda diperbolehkan untuk meminta penduduk sekitar untuk memasakkan ikan atau lobster hasil buruan Anda. Tentu rasanya akan lebih nikmat dan dijamin menggoyang lidah.

Kegiatan Pantai Timang

Image Credit: Twitter.com @area_jogja

3. Menikmati Sunset

Pantai dan senja sejatinya adalah perpaduan abadi yang sulit dipisahkan. Menyaksikan tenggelamnya sang surya yang diiringi deburan ombak menerpa karang dapat menjadi katarsis bagi jiwa yang lelah akan hiruk pikuk kota. Sebagai saran, datanglah pada musim kemarau atau musim peralihan yang biasanya membuat langit cerah berawan.

BACA JUGA:  Indahnya Pantai Drini, Tujuan Favorit Pecinta Snorkling di Gunung Kidul Jogja

Langit yang cerah akan mengubah warnanya saat matahari mulai kembali ke persembunyiannya. Mega yang saat itu berwarna biru cerah akan berpadu dengan jingga keemasan yang ditimbulkan oleh senja. Perpaduan yang ciamik ini sangat wajib untuk diabadikan dan dijadikan sebagai kenang kenangan kunjungan Pantai Timang.

4. Berwisata Kuliner

Saat mencoba menaiki wahana yang memacu adrenaline, tentu perut akan dibuat lapar setelahnya. Untuk mengisi perut yang lapar, Anda dapat mencicipi berbagai sajian kuliner laut yang dijual di beberapa warung sekitaran pantai. Mulai dari ikan, lobster, cumi, udang, bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau yang tidak akan menguras isi kantong.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Timang Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Timang

Image Credit: Instagram.com @devaraolgivie

Fasilitas pertama yang akan Anda temukan di Pantai Timang ini adalah jembatan gantung. Bila menginjakkan kaki di jembatan ini, wisatawan dapat melihat megahnya karang yang berada di seberang laut. Jembatan ini dibuat hanya dengan menggunakan anyaman tali dan kayu sebagai alasnya. Meski terkesan simpen, tingkat keamanan dari jembatan ini dijamin aman terkendali.

Untuk bisa menikmati serunya melintas jembatan gantung, pengunjung diwajibkan untuk membayar biaya retribusi sebesar Rp 100 ribu. Mungkin terdengar sedikit mahal, namun ketahuilah bahwa biaya tersebut dipatok dengan tujuan pelestarian lingkungan pantai itu sendiri. Bila Anda takut, bisa mengajak para nelayan untuk melintasi jembatan bersama.

Selain jembatan gantung, fasilitas atau wahana yang juga bisa Anda gunakan adalah gondola tradisional. Wahana yang terbuat dari kayu ini digerakkan secara manual dan cukup sederhana. Siapapun yang melintasi lautan dengan gondola ini kebanyakan akan berteriak sepanjang perjalanan menuju batu karang di tengah lautan.

Bagaimana tidak, Ketinggian gondola yang mencapai 9 hingga 11 meter ini membuat jantung benar benar terpacu secara sempurna. Jika Anda tidak memiliki keberanian yang cukup, maka jangan sekali kali mencoba wahana ini. Jika takut, Anda bisa cukup berfoto di atas gondola saja.

Adapun fasilitas lain yang ada di Pantai Timang meliputi toilet, area parkir, mushola, dan warung yang menjajakan berbagai masakan hasil laut. Setelah puas berjalan jalan, maka Anda bisa mengisi perut yang sudah lapar dengan menu andalan yang disajikan di warung warung tersebut.

Pantai Timang merupakan kawasan yang menarik perhatian dengan wahana ekstrimnya di Gunung Kidul. Meski wahananya terdengar cukup menyeramkan, berkunjung ke pantai ini akan memberikan Anda pengalaman menarik yang tak bisa diukur dengan apapun. Selagi berada di Kota Jogja, jangan lupa singgah ke pantai yang terkenal ekstrem ini.