Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata cukup populer di Jawa Tengah adalah Pantai Tirang yang berlokasi di Kota Semarang. Pantai cantik ini memiliki pasir yang sangat halus dimana itu bisa digunakan oleh wisatawan untuk menelusuri bibir pantai sembari menyaksikan keindahan alam sekitar.

Terdapat hutan Mangrove yang membuat pemandangan pantai terlihat lebih menarik dan alami. Belum lagi ketika sore hari pemandangan sunset akan membuat setiap wisatawan terpana dengan keindahannya, meskipun begitu pantai menawan ini masih tergolong sepi akan pengunjung.

Terdapat sebuah cerita tentang Pantai Tirang yang berlokasi di Kota Semarang ini, dimana dahulu terdapat sebuah pulau kecil yang sangat cantik bernama Pulau Tirang. Pulau tersebut memiliki banyak sekali flora dan fauna namun karena abrasi yang sangat besar membuat pulau cantik tersebut kini hanya menyisakan garis pantai saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tirang

Daya Tarik Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Saigo No Zero

1. Pasir Pantai

Daya tarik pertama dari Pantai Tirang adalah pasir pantainya yang sangat lembut. Dengan adanya pasir pantai yang lembut ini membuat wisatawan bisa dengan bebas bermain dan beraktivitas di bibir pantai tanpa takut kaki mereka tergores atau terluka. Bagi wisatawan yang membawa anak kecil juga bisa membiarkan si kecil bermain sepuasnya.

2. Pesona Lautnya

Beralih ke daya tarik berikutnya yaitu laut. Di pantai menakjubkan ini anda akan menemukan laut yang jernih dengan ombak yang tergolong kecil, maka dari itu wisatawan bisa dengan bebas bermain air atau berenang di pantai nan indah tersebut.

3. Hutan Mangrove

Hutan Mangrove memang sengaja di rawat di tempat wisata alam ini agar menjaga air laut supaya tidak terlalu naik jauh ke daratan. Namun, tidak hanya itu saja fungsinya karena berkat adanya hutan Mangrove tersebut membuat pemandangan sekitar bibir pantai menjadi lebih menarik dan cocok untuk dijadikan spot berfoto.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Pranoto Lie

4. Sunset di Pantai Tirang

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh pantai hits ini adalah pemandangan sunsetnya. Jika sore hari anda bisa melihat indahnya pemandangan Matahari terbenam di ufuk barat dengan sangat menakjubkan. Dimana dari kejauhan sang mentari terlihat seperti perlahan tenggelam ke dasar laut.

5. Pemandangan Pesawat Terbang

Terakhir ada sebuah daya tarik unik yang bisa dinikmati oleh wisatawan ketika berlibur ke pantai yang berada di Kecamatan Tugu ini. Karena letaknya yang cukup dekat dengan landasan pacu Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang membuat wisatawan bisa melihat pesawat terbang yang keluar masuk bandara tersebut dengan jelas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Abdul Muzaqi

Pantai Tirang berada di Kecamatan Tugu, Desa Tugurejo, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah atau berada dekat dengan landasan pacu Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Anda bisa menggunakan Tugu Muda sebagai patokan jika ingin mengunjungi pantai cantik yang berada dekat bandar udara Kota Semarang tersebut.

Jadi dari Tugu Muda di Jl. Pandanaran ambil jalur keluar menuju Jl. Mgr Sugiyopranoto dan terus sampai memasuki Jl. Jenderal Sudirman dan tetap di jalan tersebut sampai anda memasuki Jl. Pantura Semarang – Kendal atau Jl. Pantura. Tidak jauh setelah memasuki Jl. Pantura anda akan menemukan pertigaan Jl. Hanoman Raya (dekat Mayangkara Hotel).

Di pertigaan tersebut silahkan belok kanan untuk masuk ke Jl. Hanoman Raya kemudian terus ikuti jalan tersebut sampai menemukan bundaran lalu ambil jalur keluar kedua menuju Jl. Padma Boulevard. Dari Jl. Padma Boulevard anda akan menemukan bundaran lagi, disini silahkan ambil jalur keluar kedua untuk tetap di Jl. Padma Boulevard.

Setelah melewati bundaran kedua anda akan menemukan bundaran ketiga, disini silahkan ambil jalur keluar pertama untuk menuju ke perempatan Jl. Adenia Raya. Di perempatan tersebut anda harus belok kanan untuk masuk ke Jl. Adenia Raya dan terus lurus sampai memasuki Jl. Pantai Tirang.

Setelah melewati jalan tersebut anda akan menemukan lokasi tujuan yang berada tepat di ujung jalan. Panjang rute perjalanan tersebut kurang lebih sekitar 8,6 km dengan waktu tempuh sekitar 24 menit menggunakan kendaraan bermotor. Perkiraan waktu tempuh ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi macet di Kota Semarang.

Harga Tiket Masuk Pantai Tirang

Harga Tiket Masuk Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps annsika 90

Untuk menikmati pesona alam yang ditawarkan di kawasan Pantai Tirang, pengunjung perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Kemudian bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus membayar retribusi parkir.

Biaya parkir untuk sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 per kendaraan sedangkan untuk mobil akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tirang

Kegiatan Menarik Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Rudy Wawur

1. Bermain di Pasir Pantai yang Lembut

Kegiatan pertama yang bisa anda lakukan di pantai cantik ini adalah bermain di atas pasir pantai yang lembut. Meskipun warna pasir pantai di Kecamatan Tugu ini tidak seindah pasir pantai populer lainnya namun tekstur dari pasir yang ada di pantai menawan tersebut sangat lembut dan cocok untuk bermain.

Permainan seperti voli pantai, sepak bola pantai, membangun istana pasir hingga hanya sekedar berlari atau menelusuri pinggir pantai bisa dilakukan dengan sangat nyaman. Anda juga bisa berbaring diatas bibir pantai sambil melihat indahnya langit biru.

2. Bermain Air Laut

Beralih ke kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di Pantai Tirang adalah bermain air laut. Bagi wisatawan yang ingin bermain air laut atau berenang bisa melakukan kegiatan tersebut di pantai menakjubkan ini, pasalnya ombak di wisata alam ini tergolong kecil jadi cocok untuk bermain air.

3. Berfoto di Pantai Tirang

Namanya liburan jelas akan sangat identik dengan berfoto. Anda juga bisa melakukan kegiatan tersebut di pantai dengan pasir yang sangat lembut ini, spot foto alam akan menjadi ciri khas dari foto yang anda ambil menggunakan kamera kesayangan anda.

Maka dari itu, pastikan anda membawa kamera ketika mengunjungi pantai yang terletak dekat dengan Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang ini. Karena akan ada banyak momen dan spot menarik yang bisa diabadikan dengan kamera tersebut.

4. Melihat Pesawat Terbang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa lokasi dari tempat wisata alam cantik ini berada dekat dengan landasan pacu Bandar Udara Kota Semarang. Dimana hal tersebut membuat wisatawan bisa dengan bebas melihat pesawat yang hendak terbang atau yang mau mendarat.

Kegiatan Menarik di Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Gets Hotel Semarang

5. Melihat Indahnya Sunset

Pantai Tirang juga merupakan salah satu lokasi yang sangat bagus untuk melihat sunset atau momen saat Matahari terbenam di sore hari. Keindahan sunset akan semakin menakjubkan saat sang mentari mulai tenggelam di ufuk barat sembari ada pesawat yang terbang melintasi langit yang sedang berubah warna menjadi merah kekuning-kekuningan.

6. Memancing

Tidak bisa dipungkiri jika lokasi wisata alam ini merupakan salah satu spot bagus untuk memancing. Pasalnya dengan lokasinya yang cukup mengarah ke tengah laut membuat anda bisa mendapatkan ikan yang cukup besar hanya bermodalkan cacing. Hal tersebut membuat banyak orang yang gemar memancing di pantai yang terletak di Jl. Pantai Tirang ini.

7. Menikmati Pemandangan Sekitar

Kegiatan terakhir yang bisa anda lakukan di sekitaran pantai cantik asal Kota Semarang ini adalah menikmati pemandangan sekitar. Sebut saja seperti menikmati indahnya lautan, hutan Mangrove, bahkan menikmati hembusan angin di pinggir pantai yang dapat membuat anda merasa lebih tenang.

Maka dari itu, bagi anda yang merasa perlu refreshing namun tidak bisa keluar dari Kota Semarang maka berkunjung ke pantai dekat Bandar Udara Internasional Ahmad Yani ini adalah saran yang bagus. Pasalnya dengan lokasinya yang ada di tengah kota namun masih sepi akan pengunjung membuat anda bisa melakukan refreshing dengan tenang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Tirang
Image Credit: Google Maps Wahyu Asyari Muntoha

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang dapat anda temui di Pantai Tirang adalah sebuah lahan kosong yang cukup luas. Lahan kosong tersebut digunakan sebagai tempat memarkirkan kendaraan atau area parkir kendaraan, jadi bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan kendaraan mereka dengan aman di dalam fasilitas tersebut.

2. Toilet Umum

Namanya wisata pantai jelas membutuhkan toilet umum agar wisatawan bisa mengganti pakaian mereka baik sebelum maupun sesudah bermain air laut. Di lokasi pantai menawan ini juga terdapat toilet umum yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mengganti pakaian atau membuang air besar dan kecil.

3. Mushola

Fasilitas terakhir yang bisa anda temui di sekitar pantai dengan hutan Mangrove ini adalah mushola atau tempat beribadah bagi umat beragama Islam. Dengan adanya tempat beribadah tersebut membuat wisatawan yang ingin menunaikan ibadah sholat tidak perlu repot-repot mencari masjid atau mushola lagi.

Itulah sedikit review mengenai Pantai Tirang yang letaknya cukup strategis dimana dekat dengan landasan pacu Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Kota Semarang. Wisata alam cantik ini buka setiap hari selama 24 jam jadi anda bisa menyesuaikan sendiri dengan waktu kosong yang dimiliki.