Pantai Tirtamaya, Wisata Pantai Favorit di Indramayu

Pantai Tirtamaya Indramayu

Lokasi: Juntikedokan, Kec. Juntinyuat, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Indonesia dikenal sebagai negara yang tersusun dengan ribuan pulau di dalamnya. Dimana pulau pulau ini akan dikelilingi dengan pantai-pantai. Keberadaan pantai di Indonesia tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata namun juga dijadikan pusat konservasi.

Wilayah di Indonesia yang memiliki cukup banyak pantai adalah Indramayu. Indramayu memiliki wisata pantai yang cantik nan eksotis diantaranya adalah Pantai Tirtamaya yang jadi idola.

Mengenal Pantai Tirtamaya yang Memukau

Mengenal Pantai Tirtamaya yang Memukau

Image Credit: F3ri.net

Pantai Tirtamaya amat sangat dikenal bagi masyarakat kota Indramayu. Bahkan disebut sebut sebagai pantai yang legendaris dan selalu dibanjiri pengunjung terutama di musim liburan. Mengingat selain indah, pantai ini juga bisa dijadikan lokasi untuk bermain air dan juga berenang karena ombaknya yang aman. Pengunjung bisa berenang hingga sejauh 50 meter dari bibir pantai dengan keamanan yang terbilang terjamin.

Pantai idola warga Indramayu ini masuk dalam kawasan pantai utara jawa yang terbilang fenomenal apalagi sebelum terjadi abrasi di tahun 90an. Dimana akibat abrasi tersebut banyak lahan pertanian yang rusak akibat abrasi ini. Hingga pada penyelenggaraan PON yang ke sepuluh dilakukan banyak perbaikan dilakukan di pantai ini. Dan saat ini sudah dibangun penahan ombak agar kejadian abrasi saat itu tidak terulang kembali.

Seperti halnya tempat yang lain, pantai ini juga tidak lepas dari legenda yang mengikutinya. Banyak yang mengatakan jika Pantai Tirtamaya menjadi tempat perlabuhan yang bernama Ki Buyut Tuban. Ki Buyut Tuban ini diketahui sebagai murid dari Sunan Bonang yang memang diutus untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Barat bagian barat. Masyarakat meyakini jika Ki Buyut Tuban datang dengan menggunakan perahu tradisional.

Hal ini dibuktikan dengan adanya perahu kuno dan makam Ki Buyut Tuban yang letaknya tidak jauh dari pantai. Sementara untuk perahunya diletakkan dalam sebuah meseum yang akan dibuka saat hari hari tertentu. Seperti hari minggu dimana pengunjungnya dari pantai ini memang akan sangat banyak. Banyak juga wisatawan yang datang sekalian wisata ziarah dengan mengunjungi Makam Ki Buyut Tuban.

BACA JUGA:  Bukit Bintang Bandung, Menikmati Pemandangan Alam di Puncak Paris Van Java

Di samping keunikannya, keindahan dari pantai Tirtamaya ini juga tidak bisa diragukan lagi. Pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas menarik sekaligus bersantai sambil menikmati sepoinya udara pantai. Di pantai yang luasnya mencapai 50 meteran ini juga ditumbuhi pepohonan yang membuat bibir pantainya menjadi lebih rindang. Sehingga banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk piknik dan juga bersantai.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Tirtamaya

Aktivitas Menarik Dilakukan di Pantai Tirtamaya

Image Credit: Dianrentcarcirebon.com

Kegiatan yang paling banyak dilakukan tentunya adalah bermain air di tepian pantai atau berenang. Meskipun anda memang tidak bisa melakukan snorkeling maupun diving karena terkadang ombaknya akan besar. Bermain pasir di tepi pantai juga bisa menjadi kegiatan menarik untuk dilakukan. Apalagi jika melakukan kegiatan ini bersama dengan teman teman atau keluarga besar pastinya akan semakin membuat liburan semakin seru.

Selain bisa menikmati keindahan pantainya di siang hari, anda yang senang berburu keindahan juga bisa menunggu momen sunrise maupun sunset. Inilah yang menjadi daya tarik dari Pantai Tirtamaya sehingga pengunjungnya tidak pernah sepi. Menunggu momen semburat jingga di bagian timur maupun barat memang paling mengasyikkan. Momen romantis bisa tercipta ketika matahari terbenam maupun tenggelam sedang berlangsung.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini melalui ponsel pintar maupun kamera kesayangan anda. Karena mengunjungi pantai yang menjadi favorit ini tidak lengkap jika tidak sekalian hunting foto. Apalagi pantai ini juga sering dijadikan sebagai tempat acara acar besar yang diadakan. Mulai dari konser musik hingga pesta laut tahunan yakni Nadran. Jika beruntung anda bisa datang saat bertepatan dengan acara acara tersebut.

 

Image Credit: Bloggermangga.com

Pantai Tirtamaya memang bukanlah pantai dengan pasir putih, pasirnya yang kecoklatan menjadi ciri khasnya. Meskipun tidak bewarna putih, namun pasir pantainya sangat lembut sehingga bisa digunakan untuk bermain. Keindahnnya juga semakin memukau dengan hadirnya dermaga yang dijadikan sebagai sandaran untuk kapal boat. Kapal kapal ini biasanya akan digunakan wisatawan untuk menuju pulau Biawak yang letaknya tidak jauh dari pantai ini.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Aktivitas menarik yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah menikmati kuliner khas Indramayu. Karena memiliki pinggir pantai yang terbilang sangat nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Akan semakin nikmat jika sambil menikmati kuliner yang dijual di pinggiran pantai seperti es kelapa muda dan juga aneka makanan yang dijual. Pengunjung bisa menikmati kudapan yang lezat ini dengan harga yang terbilang ramah kantong dan juga rasa yang lezat.

Menjadikan pantai ini layak sebagai destinasi populer yang memang digandrungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah. Mengunjungi pantai Tirtamaya tidak hanya untuk melihat keindahannya saja. Karena ada banyak hal yang juga bisa dilakukan di pantai ini. Tidak heran jika pengunjungnya akan terus menanjak terutama ketika musim liburan. Terutama untuk keluarga yang biasanya berlibur sekaligus berpiknik di bawah pohon.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Tirtamaya

Image Credit: Bloggermangga.com

Anda tidak perlu khawatir ataupun ragu untuk mengunjungi pantai favorit ini, mengingat pantai ini juga didukung dengan fasilitas memadai. Anda bisa menikmati parkir yang luas sehingga bisa datang dengan berbagai kendaraan. Fasilitas pendukung seperti mushola hingga toilet juga tersedia dalam kondisi yang bersih dan mendukung. Untuk anda yang ingin menginap, terdapat juga penginapan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai ini.

Sehingga anda bisa menikmati keindahan pantai ini lebih lama lagi dengan hadirnya penginapan ini. Fasilitas penyewaan perahu karet dan juga ban untuk berenang juga tersedia. Bahkan untuk anda yang tidak membawa tikar juga bisa menyewanya. Bukan hanya itu anda yang berpergian dengan anak anak juga bisa mengelilingi pantai dengan perahu. Mengunjungi pantai Tirtamaya, anda akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada.

BACA JUGA:  Villa Khayangan, Destinasi Wisata & Penginapan di Bogor yang Lagi Hits

Pantai Tirtamaya berada di Desa Juntinyuat, Kab. Indramayu yang jaraknya hanya sekitar 20 km dari pusat kota. Dengan jarak tersebut anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Akses menuju pantai ini juga terbilang mudah untuk dilalui. Anda juga bisa dengan mudah menemukan petunjuk jalan untuk sampai di pantai Tirtamaya atau bisa juga menggunakan maps yang ada pada ponsel pintar anda.

Untuk menikmati semua fasilitas dan keindahannya, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiketnya dibandrol mulai dari Rp. 10 ribu tergantung harinya. Jika anda datang di akhir pekan atau hari libur nasional, maka harga tiketnya akan cenderung naik. Harga tiket masuk tentunya belum termasuk dengan harga menyewa ban, parkir dan lain sebagainya. Namun harga tersebut terbilang bersahabat dengan kantong.

Mengunjungi Indramayu, sebaiknya anda tidak lupa untuk singgah di pantai satu ini. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan lengkap dengan pemandangan alamnya yang memukau. Akan semakin seru jika anda datang dengan anggota keluarga ataupun para sahabat. Namun penting untuk emnjadi wisatawan yang bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan yang nantinya bisa merusak keindahannya.