Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang Selatan terkenal dengan garis pantainya yang panjang, sehingga tidak sulit untuk menemukan wisata bahari yang indah di Malang. Salah satunya yang bisa jadi alternatif liburan adalah Pantai Ungapan. Pantai satu ini menawarkan ombak yang cukup besar dan juga hamparan pasir putih yang luas. Untuk mengetahui pesonanya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Pantai Pesisir Selatan

Tentang Pantai Pesisir Selatan
Image Credit: Google Maps (Seizka Damaiyanti)

Garis pantai dengan panjang sekitar 105 km, membuat Malang Selatan menghadirkan lebih 20 pantai yang cantik. Jumlah tersebut tentu akan lebih banyak, mengingat masih ada beberapa pantai yang belum banyak diekspos. Dan pantai Ungapan merupakan salah satu pantai yang sudah mendapatkan sentuhan Pemda yang juga bekerjasama dengan Perum Perhutani.

Lokasinya bersebelahan dengan Pangtai Goa China dan juga Pantai Bajul Mati. Bisa dikatakan jika pantai ini adalah bagian dari Pantai Bajulmati. Karena Pantai satu ini garis pantainya sangat panjang, sehingga terbagi menjadi Pantai Bajul Mati, Ungapan dan Pantai Jelangkung. Kendati demikian tentu saja masing masing pantai akan memiliki pesona tersendiri.

Karena termasuk pantai yang baru, pantai ini tidak menyimpan mitos maupun cerita misteri. Tetapi nama pantai ini sendiri berasal dari Bahasa Jawa, dimana ungapan memiliki arti sebagai muara sungai. Memang di pantai ini Anda bisa melihat sungai yang bertemu dengan air laut. Sungai yang dimaksud adalah muara Sungai Pangururan yang bisa ditemukan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Ungapan

Daya Tarik Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps (Ainul Huda)

1. Mendapat Julukan Pantai Seribu Gubuk

Wisata bahari ini sendiri termasuk pantai perawan yang perlahan lahan mulai dikenal oleh wisatawan. Pasir putih yang dimilikinya berpadu dengan air laut yang sangat biru. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai pantai seribu gubuk. Panorama laut lepas yang dihadirkan dengan udara yang sejuk membuat pantai ini kini cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Maksud dari julukan ini karena memang ada banyak gubuk yang dibangun di pinggir Pantai Ungapan. Dengan begitu, pengunjung bisa bebas beristirahat di gubuk gubuk yang ada. Dari gubuk ini, pengunjung juga masih bisa menikmati keindahan pantai yang dimilikinya. Selain itu, pengunjung juga bisa bersantai tanpa harus terkena paparan sinar matahari.

2. Suasananya Masih Asri

Terbilang pantai baru, tentu saja pantai satu ini masihlah asri dan alami. Membuat destinasi satu ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan melepas penat atau mencari ketenangan. Pengunjungnya memang masih berdatangan, tetapi di hari biasa jumlahnya akan jauh lebih kecil. Membuat Anda bisa leluasa untuk menikmati keindahan pantai cantik di Malang ini.

Air lautnya yang biru lengkap dengan ombaknya yang besar akan membuat Anda terkesan. Belum lagi kawasan pantai ini juga memiliki bukit bukit hijau yang membuatnya makin asri. Semilir angin yang hadir, semakin menambah syahdu suasananya. Keindahan pantai ini memang tidak kalah dengan pantai pantai yang ada di Pulau Dewata.

3. Memiliki Sungai Pangururan

Laut Pantai Ungapan memang tidak begitu ramah untuk kegiatan berenang. Mengingat selain memiliki ombak yang besar, karang yang ada di sekitar pantai juga terbilang tajam. Kondisi tengah pantai juga curam sehingga tidak disarankan untuk mandi ataupun berenang di pantai ini. Namun hadirnya Sungai Pangururan tak akan membuat Anda kecewa.

Sungai Pangururan memiliki air yang tenang dengan lebar sekitar 100 meter dan memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Mengingat muara ini belum tersentuh kegiatan para nelayan, membuat pengunjung bisa bermain air atau berenang di sini. Berbagai aktivitas menarik juga bisa Anda lakukan di area sungai ini. Selain itu juga menambah daya tarik dari Pantai hits di Malang ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps (Xtreme Squad)

Pantai Ungapan berada di Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang. Jika dari pusat kota Malang memang jaraknya cukup jauh, yakni sekitar 64 km. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan kendaraan pribadi untuk sampai ke pantai. Kendati demikian, untuk menempuhnya tidaklah sulit. Apalagi sudah banyak petunjuk jalan yang bisa membantu Anda.

Menariknya lagi, jalan menuju lokasi sudah sangat mulus dan beraspal. Namun ada banyak tikungan yang membuat Anda harus selalu berhati hati. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum,. Hanya saja Anda harus berganti ganti angkutan, dan bisa memulai perjalanan dari terminal Arjosari dan menuju Terminal Gadang.

Nantinya jika sudah di terminal Gadang, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan Angkot Bison. Kendaraan ini akan menuju arah Sumbermanjing Wetan atau daerah Sendang Biru. Dari sinilah Anda bisa melanjutkan menggunakan ojek sampai ke Pantai Ungapan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa memilih dua rute yakni dari Turen atau mengikuti arah ke Pantai Balekambang.

Jika menggunakan rute Turen, Nantinya jalur ini akan menuju Pantai Sendangbiru dan langsung menuju Pertigaan Jalur Lintas Selatan. Ikuti saja plakat untuk sampai ke lokasi wisata pantai. Kedua rute ini sama sama mudah untuk dijangkau, tergantung dari pilihan Anda. Di waktu tertentu, juga ada jalan yang mengalami perbaikan sehingga harus mencari info lebih dulu.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps (Firdaus Albert Audrey _fir)

Menikmati keindahan yang dimiliki oleh Pantai Ungapan tidak akan membuat kantong Anda jebol, karena harga tiket masuk sekitar Rp 10.000. Harga tersebut masih belum termasuk dengan tarif parkir kendaraan yang Anda bawa. Dimana untuk kendaraan roda dua dibanderol sekitar Rp 10 ribu dan untuk mobil berkisar Rp 15 ribu.

Namun umumnya pihak pengelola akan membanderol harga tiket dan parkir dalam satu paket saat di loket masuk. Sementara untuk jam operasional, Anda bisa datang selama 24 jam. Selain itu, juga buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ungapan

Kegiatan Menarik di Pantai Ungapan
Image Credit: Instagram.com @hindambasith

1. Berenang di Muara

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda memang tidak bisa berenang di pantainya. Tetapi masih ada Muara yang lokasinya berada di bagian timur pantai. Baik anak anak sampai orang dewasa aman untuk berenang di area muara sungai ini. Alirannya tenang, namun sebaiknya tidak berenang di bagian tengah. Karena cukup dalam dan berbahaya apabila ke tengah.

2. Naik Perahu

Kegiatan seru yang banyak dilakukan pengunjung berikutnya adalah berkeliling muara dengan perahu. Sebenarnya area ketika berkeliling dengan perahu cukup luas, dari pantai Ungapan sampai Bajulmati. Dengan menggunakan perahu, Anda bisa menikmati pemandangan dari sudut yang berbeda. Dan tentu saja bisa memberikan pengalaman yang berbeda.

3. Memacu Adrenalin

Terdapat olahraga yang menantang adrenalin Anda dan kerap dilakukan di pantai ini. Yakni mulai dari jetski, flyboard sampai dengan kano bisa dilakukan. Hanya saja tidak setiap hari ada yang menawarkan kegiatan ini. Maka dari itu ada baiknya Anda datang ketika Malang Beach Festival, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk mencobanya.

Kegiatan di Pantai Ungapan
Image Credit: Google Maps (Muhammad Heru Nurrachmad)

4. Menikmati Keindahan Sunset

Pesona pantai ini memang tidak hanya saat matahari bersinar. Karena sunset yang dimiliki pantai ini akan membuat Anda terpesona. Cahaya kemerahan yang hadir dengan suara deburan ombak, menambah romantis suasana yang dihadirkan. Langit senja ini tentu jangan sampai dilewatkan untuk diabadikan.

5. Camping di Pantai Ungapan

Kegiatan yang juga menarik untuk dilakukan saat liburan di pantai ini adalah mendirikan tenda. Bermalam di pantai, Anda bisa mendapatkan kesempatan menikmati indahnya sunset ataupun sunrisenya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pesona pantai Ungapan lebih lama. akan makin seru jika datang dengan rombongan.

6. Berburu Foto Kece

Rasanya liburan Anda akan semakin lengkap jika Anda tidak lupa mengabadikan setiap momen. Pantai ini memiliki beberapa spot instagramable yang sayang dilewatkan. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang pantai yang indah. Maka pastikan Anda membawa kamera dengan memori yang lega.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas di Pantai Ungapan
Image Credit: Instagram.com @ade_pradewo

Tidak hanya menawarkan berbagai kegiatan menarik yang membuat liburan makin berkesan. Fasilitas yang dihadirkan di pantai ini juga sudah mumpuni. Membuat pengunjung akan semakin nyaman untuk habiskan liburan di pantai ini. Anda bisa menemukan area parkir yang luas untuk menampung kendaraan para pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan deretan toilet yang bisa digunakan untuk membersihkan diri. Tidak ketinggalan hadirnya tempat ibadah berupa mushola yang bersih dan memadai. Dan fasilitas gazebo yang cukup banyak Anda temukan di pinggir pantai sebagai tempat untuk beristirahat. Fasilitas fasilitas tersebut tentu membuat pengunjung nyaman.

Fasilitas lain berupa rumah makan dan warung yang bisa dijadikan tempat mengisi perut. Memang tidak terlalu banyak, tetapi buka dari pagi sampai sore. Jika Anda ingin bermalam di area pantai, maka Anda harus mendirikan tenda. Area camping groundnya cukup luas dan nyaman untuk mendirikan tenda Anda. Penginapannya berada di area Sendang Biru jika ingin bermalam nyaman.

Menghabiskan liburan di pantai memang masih menjadi pilihan banyak orang. jika Anda sedang berlibur di Malang, Anda bisa menjadikan Pantai Ungapan sebagai tujuan habiskan liburan. Pantai yang masih asri ini menawarkan banyak hal menarik yang membuat liburan Anda semakin berkesan.