Pantai Watu Kodok salah satu objek wisata terindah di Gunung Kidul, Jogja. Pantai yang menawarkan panorama yang memukau, masih alami dan hamparan pasir putih lembut cocok dijadikan alternatif tujuan liburan Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Wisata bahari yang dimiliki kota Jogja memang sangatlah melimpah. Walaupun hanya terdiri dari lautan dengan pasir putih, tetapi setiap pantai memiliki ciri khas tersendiri. Untuk Anda yang berniat untuk menghabiskan waktu menjelajah bahari Jogja, Pantai Watu Kodok di Gunung Kidul bisa dijadikan sebagai tujuan. Suasana pantai yang masih terjaga juga menjadi daya tarik tersendiri yang cocok untuk melepas penat. Termasuk sebagai pantai yang tersembunyi, pesonanya sangat luar biasa.

Mengenal Pantai Watu Kodok

Mengenal Pantai Watu Kodok
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Indonesia yang termasuk jajaran negara tropis tentunya patut bersyukur karena memiliki kekayaan yang melimpah. Hal ini tentunya menjadikan kita patut bersyukur akan keindahan alam yang diberikan. Ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi, seperti wisata pantai, salah satunya Watu Kodok yang berada di Jogja.

Nama pantai ini memang mirip dengan Pantai Tanjung Kodok yang ada di Lamongan. Tetapi tentu saja keduanya memiliki perbedaan tersendiri. Pantai ini masih terbilang pantai perawan karena masih belum banyak yang mengetahui keberadaan. Sehingga Anda akan menemukan pantai yang kondisi alamnya masih sangat asri dan terjaga.

Dan hal ini menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Watu Kodok. Ketika menginjakkan kaki di pantai cantik ini, tak perlu Anda terkejut. Mengingat pantai satu ini masih terbilang sepi, namun sangat bersih. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menenangkan pikiran. Dijamin segala penat karena aktivitas harian akan hilang begitu saja.

Pantai menawan ini diberi nama Watu Kodok bukanlah tanpa alasan. Watu dalam bahasa Jawa sendiri berarti batu dan Kodok artinya katak. Di dekat pantai ini, Anda memang akan menemukan dua batu karang yang bentuknya mirip dengan kodok. Batu karang ini lokasinya ada di sisi barat juga timur pantai, yang juga menjadi ikon dari wisata pantai ini.

Memiliki garis pantai yang cukup panjang, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Diberkati dengan air laut bersih dan juga pasir putih yang lembut, dijamin Anda tak akan menyesal mengunjunginya. Masih menjadi bagian dari pantai selatan, ombaknya juga terbilang besar sehingga Anda harus hati hati saat bermain di pinggir pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Kodok

Daya Tarik Pantai Watu Kodok
Image Credit: Google Maps (Dewy Deva)

Tak hanya memiliki bentang alam yang mengagumkan, daya tarik pantai ini juga sangat melimpah. Salah satunya adalah cerita yang berkembang tentang pantai ini. Konon, pantai satu ini menjadi tempat andalan bagi serdadu Belanda. Sehingga warga menjadikan tempat ini sebagai tempat berlindung di zaman penjajahan saat itu.

Selain cerita yang beredar, sempat disinggung sebelumnya jika Pantai Watu Kodok termasuk deretan pantai perawan. Sehingga ketika Anda menghabiskan waktu di pantai ini akan serasa berada di pulau pribadi. Gulungan ombak yang menyapu pinggiran pantai dan suasana yang tenang akan menjadi obat yang paling mujarab. Apalagi secara keseluruhan pantai ini masih sangat bersih dan alami.

Dijamin Anda tak akan menyesal pernah menghabiskan waktu di pantai ini. Mengingat keindahannya akan membuat siapapun yang menikmatinya terpukau. Tidak hanya memiliki bentang alam yang terdiri dari pantai dan pasir putih saja. Anda juga bisa menikmati deretan perbukitan dan pepohonan hijau yang membuat pemandangannya berkali lipat lebih cantik.

Air lautnya terlihat hijau kebiruan yang sangat pas jika berpadu dengan langit biru. Ditambah suara deburan ombak dan juga hembusan sepoi angin akan membuat siapapun betah berlama lama. daya tarik lainnya dari pantai ini juga terdapat pada pesona matahari terbenamnya. Semburat warna oranye akan memberikan pemandangan yang luar biasa.

Tak heran jika banyak yang memilih untuk bermalam di Watu Kodok. Cahaya cantik ini akan berpendar dan menimpa bukit bukit di sekelilingnya. Menjadikan suasananya terasa sangat romantis dan juga indah. Menikmati sunset bersama orang tersayang tentunya akan memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Watu Kodok

Alamat Pantai Watu Kodok
Image Credit: Twitter.com @dhyanda_

Pantai yang masih alami ini berada di Banjarejo, Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul. Anda perlu menempuh jarak sekitar 70 km jika dari pusat kota Jogja. Dengan jarak tersebut, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit jika tidak macet. Sementara jika perjalanan dimulai dari Solo atau Karanganyar membutuhkan waktu kisaran 2 jam 25 menit.

Untuk menuju pantai ini, alangkah baiknya jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu Anda akan lebih bebas untuk menjelajah daerahnya. Rute menuju Pantai Watu Kodok juga ada beberapa pilihan. Anda bisa memilih rute yang sekiranya paling mudah dan juga dekat dengan lokasi Anda melakukan awal perjalanan.

Rute menuju lokasi pantai masih terbilang mudah untuk dijangkau. Infrastrukturnya memang belum benar benar memadai, tapi hal ini sudah mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Untuk rute pertama dari Jogja, Anda bisa melakukan perjalanan dari pusat 0 Km jogja. Dari sini silahkan dilanjutkan perjalanan menuju Jl. Panembahan Senopati.

Kemudian Anda bisa mengambil arah ke Jl. Brigjen Katamso setelah tiba di perempatan. Silahkan ikuti jalan untuk menuju ke pertigaan dan ambil arah ke selatan tepatnya di Jl, Sisimangaraja. Perjalanan dilanjutkan JL, Imogiri hingga akhirnya tiba di Wonosari. Silahkan ikuti jalan hingga melewati pantai sel Jawa, tak lama Anda akan tiba di Pantai Watu Kodok.

Rute Kedua masih melalui Jogja untuk menuju Jl Wonosari, Kemudian melalui Piyungan, Patuk, Sambipitu dan dilanjutkan ke Gading. Dari Gading Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Siono dan Wonosari. Saat tiba di Wonosari silahkan mengambil jalan menuju Jl Baron. Dari sini Anda akan melalui Kemadang, Baron, Kukup dan juga pantai Sepanjang barulah tiba di tujuan.

Anda juga bisa menggunakan rute ke tiga yang melalui Ringroad Jl. Wonosari untuk menuju ke Piyungan. Dilanjutkan ke Patuk, Sambipitu dan Gading. Kemudian Anda bisa melalui Pasar Trowono, Kemadang, Baron, Kukup untuk tiba di Pantai Sepanjang. Ada baiknya jika Anda memeriksa kondisi kendaraan Anda sebelum menuju pantai ini. Mengingat medannya terbilang menantang.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Watu Kodok

Harga Tiket Pantai Watu Kodok
Image Credit: Instagram.com @3gwidiyant

Untuk menikmati pesona yang dimiliki Watu Kodok Anda tak perlu merogoh kocek dalam. Pasalnya, harga tiket masuk yang dikenakan pada pantai ini masih terbilang ramah kantong. Hanya dengan menyiapkan dana mulai dari Rp 10 ribu Anda sudah bisa menikmati pesonanya. Tentu saja harga tersebut sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahannya.

Harga tiket masuk pantai ini tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Biaya parkir tentu tergantung dari kendaraan yang Anda gunakan. Untuk roda dua biasanya dikenakan biaya parkir mulai dari Rp 3 ribu saja. Sementara untuk roda empat atau lebih berkisar Rp 5 ribu. Harga tersebut tentunya bisa berubah sewaktu waktu.

Bagi Anda yang ingin bermalam atau camping di area Pantai ini, akan dikenakan biaya tambahan. Biaya tambahan ini juga masih dibilang ramah kantong, sekitaran Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribuan. Sementara untuk jam operasional, masih belum ada jam tetapnya. Sehingga Anda bisa mengunjungi kapan saja, mengingat pengelolaan pantai ini masih belum maksimal.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Watu Kodok

Aktivitas di Pantai Watu Kodok
Image Credit: Instagram.com @panggihprast

1. Menikmati Keindahannya

Menginjakkan kaki di pantai yang masih asri dan terbilang perawan, hal yang pasti dilakukan tentu saja menikmati pemandangannya. Pantai Watu Kodok hadir dengan panorama yang akan membuat siapapun terpesona. Air jernih yang berwarna hijau kebiruan dan dipadukan dengan pasir putih tentu jadi perpaduan yang mengundang decak kagum.

Bermain air di pinggir pantai tentunya bisa dijadikan sebagai pilihan. Ombak di pantai ini tak jauh berbeda dengan ombak pantai Selatan lainnya. Sehingga para pengunjung yang bermain air, hendaknya tetap berhati hati. Walaupun masih terbilang aman, jika Anda bermain di pinggir pantai. Berkejaran dengan ombak juga bukanlah ide yang buruk.

Jika Anda bersama dengan teman atau keluarga, bermain pasir juga bukan ide buruk. Pantai ini hadir dengan garis pantai yang panjang. Sehingga pengunjung bisa bebas melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari bermain di pinggir pantai, bermain pasir hingga melakukan olahraga seperti voli pantai.

2. Berburu Foto Cantik

Pantai Watu Kodok termasuk pantai yang sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi di bidang fotografi. Karena berada di bentang alam yang indah, setiap sudutnya selalu bisa menghasilkan foto yang cantik. Pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda ketika mengunjungi pantai ini. Dengan begitu Anda bisa sekalian hunting foto untuk diunggah di media sosial.

3. Menikmati Panorama Matahari Tenggelam

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, mengunjungi Watu Kodok sangat sayang jika tidak sekalian berburu sunsetnya. Sunset di pantai ini termasuk sunset yang terbaik di pantai Jogja. Saat momen tersebut tiba, Anda akan dibuat takjub karena perlahan pantai akan semakin gelap. Suasananya menjadi begitu romantis dan sayang jika tidak diabadikan.

4. Camping

Camping di kawasan pantai ini tentu akan memberikan kesan liburan yang berbeda. Anda bisa berkesempatan menikmati pagi hari di tepi pantai. Saat malam tiba, langitnya akan bertaburan dengan bintang. Menikmati api unggun bersama dengan teman atau keluarga tentu akan menambah keintiman.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Watu Kodok
Image Credit: Twitter.com @riotopazs

Sekalipun masih terbilang minim pengelolaan, fasilitas yang disediakan di Pantai Watu Kodok telah mendukung. Anda bisa menemukan fasilitas umum seperti kamar mandi atau toilet. Selain itu juga tersedia lahan parkir kendaraan yang masih sangat luas. Dengan begitu Anda tak perlu khawatir tidak mendapatkan lahan parkir saat musim liburan tiba.

Anda yang sudah lelah melakukan berbagai aktivitas juga bisa bersantai dan beristirahat di gazebo yang tersebar di pinggir pantai. Fasilitas umum berupa mushola juga bisa Anda temukan di pantai ini.Tidak ketinggalan deretan warung makan juga minuman untuk mengganjal perut. Warung warung ini juga menyediakan kebutuhan lainnya seperti persewaan tikar.

Warung makan sederhana yang ada ini menyediakan berbagai menu seafood yang tak kalah nikmat. Bagi Anda yang ingin bermalam, saat ini masih belum tersedia penginapan di area pantai. Sehingga banyak pengunjung yang memutuskan untuk mendirikan tenda jika ingin lebih lama menikmati pantainya. Jikapun ada, Anda harus keluar lebih dulu dari area pantai ini.

Keindahan Pantai Watu Kodok yang berada di Gunung Kidul ini memang tidak dapat diragukan. Hanya saja, masih belum tersentuh pengelolaan yang mumpuni. Sehingga belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Diharapkan di masa mendatang, pantai ini mendapatkan pengelolaan yang memadai, baik untuk infrastruktur maupun fasilitas wisatanya.