Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Tidak hanya memiliki udara sejuk dengan pemandangan indah, Malang memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan liburan. Daerah ini memiliki banyak destinasi menarik, mulai dari pegunungan sampai dengan lautannya akan membuat siapapun jatuh cinta. Anda bisa menjadikan Pantai Watu Leter sebagai tujuan Anda ketika berada di Kabupaten Malang.

Pantai satu ini memang tidak sepopuler seperti Pantai Goa China, tetapi keindahannya tak akan mengecewakan. Dalam bahasa Jawa, Watu memiliki arti sebagai batu dan juga Leter artinya datar. Sehingga jika digabungkan akan memiliki arti tebing batu yang datar pada bagian ujungnya. Dan memang lokasi tebing batu ini tidak terlalu jauh dari lokasi pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Leter

Daya Tarik Pantai Watu Leter
Image Credit: Twitter.com @akunantipki

1. Bentang Alam yang Menawan

Rasanya tidak lengkap jika Anda ke Malang tapi tidak mampir di Watu Leter. Pemandangan yang disuguhkan oleh pantai ini akan membuat siapapun jatuh hati. Ketika Anda pertama kali menginjakkan kaki di kawasan pantai, Anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang begitu luas. Hamparan pasir ini juga sangat lembut ketika bersentuhan dengan kulit Anda.

Belum puas, deretan batu karang yang berada di tepi pantainya juga membuat pemandangan makin lengkap. Bongkahan batu ini berpadu dengan lumut yang akan terlihat jelas ketika sedang surut. Suasananya juga begitu asri dengan pinggir pantai yang dipenuhi pepohonan rindang. Menjadikan pantai satu ini sangat cocok untuk melepas segala penat.

Pepohonan yang dimaksud adalah deretan pohon cemara rapi yang juga instagramable. Suasana yang tenang dengan udara yang sejuk menjadikan pantai ini andalan ketika penat melanda. Perpaduan batu karang, pasir putih juga air yang jernih membuat keindahan pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Yang jelas Anda tak akan menyesal mengunjunginya.

2. Termasuk Kawasan Para Penyu

Selain menikmati keindahan pantainya, pengunjung juga bisa bertemu dengan penyu jika beruntung. Penyu sendiri memang akan sering dijumpai di kawasan Samudera Hindia. Hanya saja, penyu tidak akan selalu menampakkan dirinya di sekitar pantai. Karena akan keluar ketika pantai dalam kondisi sepi. Ketika musim liburan, Anda mungkin tak akan menemukannya.

Yang membuatnya semakin unik, kebanyakan penyu yang singgah di pantai adalah untuk bertelur. Begitu juga dengan Pantai Watu Leter ini, tetapi pantai ini juga menjadi para penyu kecil untuk ke lautan. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri untuk pantai cantik ini. Apalagi jika Anda berkesempatan untuk melihat langsung penyu penyu lucu ini.

Daya Tarik dari Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps (Imtiyaz Nurul Qonita)

3. Memiliki Hutan Bakau

Pemandangan yang disuguhkan semakin unik, karena pantai ini juga memiliki hutan bakau lengkap dengan air payaunya. Tidak semua pantai di Malang memiliki hutan bakau ini. Menariknya Anda juga bisa menemukan muara sungai Sitiarjo yang bisa pengunjung susuri dengan menggunakan perahu. Tentunya pemandangan yang disuguhkan akan sangat berbeda.

4. Ombak yang Tenang

Seperti yang kita ketahui, beberapa pantai Selatan memiliki ombak yang terbilang besar juga tinggi. Menjadikan pengunjung tidak bisa bebas bermain di area pantainya. Namun berbeda dengan Pantai Watu Leter ini. Ombak yang dimilikinya begitu tenang, seakan akan Anda sedang berada di kolam renang. Dengan begitu pengunjung akan bebas untuk bermain di pinggir pantai.

5. Layaknya Berlibur di Pantai Pribadi

Dengan suasananya yang masih asri, pantai di malang ini juga termasuk pantai yang masih sepi. Sehingga Anda bisa bebas menikmati pemandangannya layaknya berada di pantai pribadi. Berlibur bersama keluarga maupun teman teman tentu akan menambah keseruan tersendiri. Jika Anda datang tidak di hari libur, suasananya justru akan lebih sepi lagi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Pantai Watu Leter
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan di Pantai Watu Leter ini, maka Anda harus menuju ke kawasan Rowotrate di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing. Masih menjadi bagian dari Kabupaten Malang, lokasinya memang terbilang jauh dari pusat kota. Setidaknya Anda membutuhkan jarak sekitar 60 km atau sekitar 2 sampai 3 jam berkendara.

Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir soal aksesnya karena telah memadai. Untuk sampai di lokasi, ada baiknya untuk menggunakan kendaraan pribadi. Karena Anda tidak leluasa jika menggunakan kendaraan umum dan masih jarang. Perjalanan Anda akan dimulai dengan mengarahkan kendaraan menuju Selatan, tepatnya ke Sumbermanjing Wetan.

Lokasi pantai ini memang harus melalui Pantai Goa Cina terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa mengarahkan kendaraan untuk tujuan ke arah Pantai Sendang Biru. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Pegunungan selatan yang megah dengan jalanan yang berkelok membuat pengunjung harus selalu berhati hati.

Nantinya Anda juga akan menjumpai area persawahan yang memisahkan area bukit dan kalan raya. Medan ketika akan sampai lokasi terbilang menantang, jalan berkelok bisa membuat Anda kewalahan. Maka dari itu pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Selama perjalanan Anda akan dibantu oleh papan petunjuk di beberapa titik.

Anda juga bisa menggunakan maps yang terpasang di smartphone Anda untuk menuju Pantai Watu Leter. Selain itu, Anda juga bisa bertanya pada warga untuk menunjukkan arah ke area pantai ini. Perjalanan yang menantang dengan panorama indah, akan dibayar lunas dengan keindahan pantainya nanti.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps (Lord Dzulqornain)

Selain mengetahui rute perjalanan, Anda juga harus mengetahui perihal harga tiket masuknya. Biaya masuk Pantai Watu Leter terbilang ramah kantong, yakni berkisar Rp 10 ribu. Harga tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan Anda. Tarif parkirnya cukup mahal, bisa sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu tergantung kendaraan Anda.

Tentunya baik harga tiket masuk maupun biaya parkir bisa berubah kapan saja. Sampai saat ini pihak pengelola masih belum menerapkan jam operasionalnya. Sehingga pengunjung bisa datang kapan saja, karena buka selama 24 jam. Ada baiknya untuk datang di pagi hari karena medannya cukup sulit. Kecuali Anda berencana untuk bermalam di area pantai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Watu Leter

Kegiatan Menarik di Watu Leter
Image Credit: Instagram.com @r.lona88

1. Menikmati Pemandangan Indah

Ketika mengunjungi pantai ini, hal pertama yang pasti dilakukan oleh pengunjung adalah menikmati keindahannya. Deretan pohon cemara yang berjajar rapi memang akan menyapa Anda ketika pertama kali menginjakkan kaki disini. Keberadaan pohon cemara ini menjadikan Pantai Watu Leter lebih teduh, terutama ketika siang hari sedang terik.

Angin sepoi sepoi yang menemani semakin membuat Anda ingin berlama lama habiskan waktu Anda di pantai ini. Kondisi pantainya termasuk landai dengan hamparan pasir putih yang luas. Pengunjung bisa bebas melakukan berbagai kegiatan seru di atas pasirnya. Ombaknya yang besar tidak sampai ke pinggir pantai, sehingga tetap bisa mendekati pinggir pantainya.

Hal ini dikarenakan terdapat bebatuan besar kokoh yang membuat ombaknya tertahan. Pemandangan yang disuguhkan memang sangat indah dan sayang untuk diabaikan begitu saja. Anda bisa berpiknik ataupun memasang hammock di antara pepohonan untuk bersantai. Memandang indahnya pantai ini memang akan membuat segala penat menghilang.

2. Bermain Air

Seperti yang disinggung sebelumnya, perairan Pantai Watu Leter ini ombaknya tak terlalu besar. Sehingga Anda bisa bermain air di pinggir pantainya dengan aman. Jika ingin berenang, Anda bisa datang saat pagi atau sore hari. Anda bisa sekalian snorkeling untuk mengintip bawah lautnya yang menawan. Bermain air di area pantai ini akan membuat Anda puas.

3. Berkemah di Pantai

Kegiatan yang seru dan sayang untuk dilewatkan adalah mendirikan tenda di sekitaran pantai. Karena memiliki garis pantai yang panjang, pengunjung bisa mendirikan tenda di hamparan pasir putihnya. Namun harus membawa peralatan camping sendiri dari rumah. Kegiatan ini akan makin seru ketika malam datang, karena Anda bisa menatap bintang sekaligus membuat api unggun.

Kegiatan di Watu Leter
Image Credit: Google Maps (Ma’ruf Assidiq)

4. Menikmati Sunrise dan Sunset

Aktivitas seru ini bisa dilakukan untuk Anda yang menginap di area Pantai Watu Leter. Ketika pagi menyapa, Anda bisa menikmati indahnya langit jingga dengan matahari terbit yang begitu menawan. Sunrise di pantai ini memang tidak kalah cantik dengan pantai lainnya. Membuat siapapun tak akan kecewa akan pesonanya.

Dan sangat cocok untuk Anda abadikan dengan kamera Anda. Selain sunrise, keindahan yang tidak bisa dilewatkan adalah sunsetnya yang luar biasa indah. Pantai ini termasuk dalam jajaran pantai yang memiliki suasana senja yang indah. Perpaduan jingga dan juga deburan ombak membuat suasananya makin romantis.

5. Berburu Foto Kekinian

Kegatan yang tak boleh dilewatkan selama berada di pantai ini adalah berburu foto foto cantik. Pantai ini memang memiliki beberapa spot yang sangat cocok untuk berburu foto kekinian. Mulai dari berfoto dengan latar belakang pantainya ataupun di pinggir pantai. Spot hutan cemaranya juga cocok untuk Anda jadikan sebagai spot untuk Anda mengambil foto.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Watu Leter

Fasilitas di Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps (Putri F Windiningtyas)

Pengelolaan pantai ini terbilang sudah baik, sehingga Anda juga bisa menemukan fasilitas pendukung yang membuat liburan makin nyaman. Fasilitas pertama yang bisa Anda temukan adalah hadirnya lahan parkir untuk kendaraan Anda. Cukup luas sehingga Anda tak perlu khawatir akan kendaraan Anda selama Anda liburan.

Tidak ketinggalan hadirnya toilet dengan jumlah beberapa yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Anda juga tak perlu takut melewatkan ibadah, karena tersedia mushola yang bersih. Hadirnya gubuk atau pendopo di pinggir pantai juga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai ataupun beristirahat selama Anda menghabiskan waktu di Pantai Watu Leter.

Sebelumnya pantai ini memang belum ada warung yang bisa dikunjungi. Kini telah ada beberapa warung sederhana yang menjual makanan maupun minuman untuk pengunjung. Namun pengunjung tetap bisa membawa makanan sendiri dari rumah. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan lebih lama, juga bisa menginap di penginapan yang dekat pantai.

Memang tidak ada hotel di pantai ini, tetapi Anda sudah bisa menemukan penginapan terdekat untuk Anda sewa. Anda hanya perlu menghubungi pihak terkait jika ingin memesan kamar. Harga yang ditawarkan tentu saja akan sesuai dengan fasilitas yang dihadirkan. Fasilitas yang ada memang perlahan namun pasti mengalami banyak perbaikan.

Pantai Watu Leter menawarkan suasana asri dan pemandangan indah yang cocok untuk Anda jadikan tujuan wisata selama di Kabupaten Malang. Pastikan Anda menggunakan pakaian yang nyaman, terutama alas kaki ketika mengunjungi pantai ini. Karena pantainya juga menawarkan petualangan yang membuat liburan Anda berkesan.