Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Balong, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Kidul seringkali dikenal sebagai wilayah yang menjadi surganya pantai di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda akan dapat menemukan banyak pantai yang begitu indah ketika datang ke kawasan ini. Beberapa pantai yang bisa dijumpai yaitu pantai Indrayanti, pantai Baron, Pantai Siung, dan yang baru dibuka yaitu Pantai Watu Lumbung.

Pantai Lumbung ini dilengkapi dengan sebuah keunikan dimana dilengkapi dengan potensi keindahan yang sangat luar biasa. Di lokasi wisata ini anda juga akan berkesempatan untuk melihat buah batu besar yang terletak di bagian tengah dari pantai. Jika dilihat, pantai ini memiliki kemiripan dengan pantai Papuma yang ada di kawasan Jember, Jawa Timur.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Lumbung

Daya Tarik Pantai Watu Lumbung
Image Credit: Google Maps Hamzah Zein

1. Pemandangan yang Sangat Eksotis

Pantai ini hanya anda bisa menikmati keindahannya karena tidak memiliki pasir dan kurang akan untuk digunakan melakukan aktivitas berenang. Dasar dari Pantai Watu Lumbung sangat dipenuhi dengan batu karang. Selain itu, anginnya juga sangat kencang dan bisa membuat para wisatawan yang berenang merasakan sensasi seperti sedang terdampar ombak di lautan.

Untuk bisa mencapai pantai ini, para wisatawan akan melakukan perjalanan terlebih dahulu. Meskipun begitu, pantai ini tetap diburu oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan destinasi wisata alam. Pantai Lumbung ini merupakan salah satu pantai yang mempesona yang dimiliki dan bisa ditemukan di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta.

Meskipun masih terdapat banyak jenis pantai lainnya yang bisa dikunjungi, pantai Lumbung ini memiliki ciri khas dengan tampilannya yang begitu berbeda dengan pantai komersial lainnya yang ada di Gunung Kidul. Namun, pesona panorama alamnya memang tiada habisnya. Wisatawan tidak hanya menikmati alam, tetapi juga berburu untuk mengabadikan keindahannya.

Jika anda melihat batu besar yang ada di pantai ini pasti menafsirkan bahwa bentuknya menyerupai sebuah lumbung yang digunakan untuk menyimpan padi. Jika anda melihat, pantai ini memiliki air yang sangat menjorok dan bahkan sampai pada jarak sekitar 50 meter dari bibir pantai. Anda akan dapat melihat tumbuhan hijau liar yang ada di batu karang.

Tumbuhan hijau tersebut dapat menimbulkan kesan yang sangat menyejukkan meskipun cuaca sedang dalam kondisi yang begitu panas. Anda bisa melakukan banyak jenis aktivitas di pantai ini seperti halnya memancing. Atau jika tidak, anda bisa bersantai sambil menikmati indahnya lautan yang luas dengan suasana yang sangat menenangkan.

2. Trekking Perbukitan

Seperti yang sudah diketahui bahwa destinasi Pantai Watu Lumbung ini sangat unik dan berbeda dengan destinasi wisata pantai lainnya yang ada di kawasan Gunung Kidul. Bagi anda yang baru pertama kali datang berkunjung ke destinasi wisata alam ini perlu waspada dan berhati-hati karena siapapun yang datang ke lokasi ini perlu sipa untuk mengeluarkan keringat.

Pantai ini hanya akan bisa anda jangaku ketika sudah melakukan perjalanan yang cukup panjang dari lokasi parkir. Anda bisa menggunakan sepeda motor untuk bisa mencapai lokasi pantai, namun hal tersebut sangat berbahaya untuk dilakukan. Jadi akan jauh lebih baik jika anda berjalan kaki untuk mengurangi resiko terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Jadi, untuk anda yang ingin datang berkunjung perlu menyiapkan tenaga untuk melakukan perjalanan yang ditempuh kurang lebih dalam waktu sekitar 30 menit. Rintangan yang perlu dilalui tidak sulit dan sudah dilengkapi dengan jalanan beraspal. Sebelum anda merasa lelah, anda kana disuguhkan dengan pemandangan hijau yang sangat indah dari sawah taman dan air terjun.

3. Monumen Alam

Setelah anda melakukan perjalanan trekking yang sangat panjang, anda akan tiba di puncak bukit. Dari atas bukit ini, anda kan berkesempatan untuk bisa melihat indahnya panorama lautan biru dari kejauhan. Pemandangan pertama yang akan membuat anda terkesan dan terlihat sangat mencolok adalah sepasang batu yang memiliki ukuran yang sangat besar.

Jika dilihat dari kejauhan, anda mungkin tidak bisa membayangkan seberapa besar ukuran batu tersebut. dua buah batu besar tersebut dapat dikatakan sebagai sebuah maskot atau monumen alam yang menjadi ciri khas dari Pantai Watu Lumbung. Bentuk dari keuda batu besar tersebut berbentuk seperti bangunana lumbung. Itulah asal mula penamaan pantai ini.

Jika anda melihat batu dengan ukuran yang lebih kecil, maka nama dari batu tersebut adalah Watu Semar. Banyak para warga sekitar yang membandingkan kehadiran batu besar ini dengan punggung dari naga. Orang menganggapnya sebagai sebuah punggung naga yang muncul dari dalam lautan. Keindahan alam ini semakin lengkap dengan latar langit biru.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Watu Lumbung
Image Credit: Google Maps Irfan dPriyanto

4. Pose Fotografi

Seperti yang sudah diketahui bahwa lokasi pantai ini tidak bisa digunakan untuk melakukan aktivitas berenang. Hal tersebut terjadi karena pantai ini tidak dilengkapi dengan pasir putih yang dapat dijadikan pijakan untuk berlari. Namun anda bisa melakukan berbagai jenis aktivitas lainnya yang tidak kalah mengasyikkan dimana salah satunya adalah dengan mengambil gambar.

Dengan adanya hamparan bebatuan yang sangat besar pastinya akan membuat hasil foto anda semakin sangat estetik dan indah. Batuan hasil erupsi atau batuan koral adalah panorama uniknya sendiri sebagai tujuan dari tujuan. Batuan dari letusan Gunung Batur purba akan dapat memberikan siluet yang menakjubkan untuk dibagikan di sosial media.

Warna langit berubah secara bertahap, terutama saat matahari mulai terbenam. Watu Lumbung layak dijadikan arena fotografi landscape atau studio alam untuk acara prewedding. Jadi anda bisa memanfaatkan lokasi ini untuk bisa mengabadikan momen spesial tanpa mendapatkan gangguan dan menjadi pusat perhatian dari banyak orang.

5. Bisa untuk Kegiatan Outdoor

Tidak hanya melakukan aktivitas fotografi, anda juga bisa melakukan kegiatan memancing di tempat destinasi wisata satu ini. Pantai berbatu sangat ideal untuk memancing di pantai berbatu. Salah satu ikan yang bisa Anda tangkap adalah ikan air tawar merah yang sangat banyak dijumpai di Pantai Lumbung. Ikan ini sebenarnya bisa ditemukan di celah-celah batu karang.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan aktivitas perkemahan bersama dengan teman maupun keluarga. Berkemah di Pantai Watu Lumbung bisa menjadi rencana liburan yang seru. Tempat aman untuk mendirikan tenda adalah di tebing dan perbukitan. Dari sini, Anda bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya bahkan ketika malam hari.

6. Mengunjungi Pantai Watu Bolong

Daya tarik selanjutnya dari destinasi wisata ini adalah berdekatan dengan pantai lainnya yang ada di gunung kidul. Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi adalah kawasan pantai Watu Bolong yang lokasinya tidak berjauhan. Ciri khas dari pantai ini adalah dilengkapi dengan batuan karang yang memiliki lubang begitu besar yang terbentuk secara alami.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Watu Lumbung
Image Credit: Google Maps Rochmana Purwajatiningsih

Bagi anda yang tertarik untuk bisa mengunjungi lokasi Pantai Watu Lumbung, anda perlu rela untuk melakukan perjalanan yang cukup panjang karena lokasinya yang berada jauh dari kawasan pusat kota Yogyakarta. Alamat dari Pantai ini adalah di Desa Balong kecamatan Girisubo.

Lebih tepatnya, berada di kabupaten Gunung Kidul di Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun kawasan pantai ini berada jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun cukup mudah untuk bisa menjangkaunya. Bagi anda yang datang dari arah timur pusat kota bisa memilih untuk melalui jalan KH, Ahmad Dahlan dan kemudian lanjut perjalanan ke Jalan Panembahan Senopati 9.

Jika sudah sampai di perempatan, anda bisa pergi ke arah selatan dan melewati Jalan Brigjen Katamso. Selanjutnya anda bisa ikuti jalan sampai bertemu dengan perempatan dan pilih arah ke timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono. Nantinya, anda akan menemukan sebuah pertigaan dan pilihlah jalan ke arah selatan yang melewati Jalan Sisingamangaraja.

Kemudian lurus terus menuju ke arah Jalan Imogiri Barat sampai bertemu dengan pertigaan dan pilih arah ke timur ke Jalan Imogiri Siluk dan terus sampai melewati Jalan Siluk Panggang. Anda bisa mengikuti jalan sampai menemukan sebuah pertigaan yang mengarahkan anda ke Jalan raya Panggang Wonosari. Selanjutnya ikuti Jalan Pantai Sel. Jawa.

Sesampainya di Jalan Pantai Sel. Jawa, lalu lanjutkan ke Jalan Pantai Siung di sebelah selatan hingga Jalan Pantai Lumbung. Selanjutnya anda hanya perlu ikuti Jalan Pantai Lumbung hingga sampai di Watu Lumbung. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Lumbung ini cukup jauh yaitu sekitar 82 km, dan waktu tempuh normal sekitar 2 jam 23 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lumbung
Image Credit: Google Maps Seet Chai Lee

Untuk bisa menikmati keindahan dari Pantai Watu Lumbung, anda perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Tiket yang perlu anda bayarkan untuk bisa menikmati berbagai keindahan alam dan kesejukan dari pantai Lumbung ini adalah sebesar Rp 5.000 per orang. Harga yang sangat terjangkau dan diberlakukan ini untuk pengunjung orang dewasa dan juga anak anak.

Selain biaya tiket masuk, anda juga perlu mengeluarkan biaya tambahan yang ditujukan untuk biaya parkir kendaraan. tidak jauh berbeda dengan lokasi destinasi wisata pantai yang lainnya, anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 3000 untuk jenis kendaraan roda dua atau sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan mobil maka biaya parkirnya sebesar Rp 5.000.

Jam operasional yang diterapkan di destinasi wisata ini yaitu dengan jam kerja selama 24 jam dan bisa dikunjungi setiap hari. jadi anda bisa datang berkunjung ke Pantai Watu Lumbung ini kapanpun anda mau. Bahkan anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam dan matahari terbit dari lokasi wisata ini. Anda juga bisa berkunjung di berbagai jenis musim.

Fasilitas Tersedia di Pantai Watu Lumbung

Fasilitas Tersedia Pantai Watu Lumbung
Image Credit: Google Maps erik rusady

Karena Pantai Watu Lumbung masih baru beroperasi, jadi anda akan menemukan fasilitas yang mungkin masih belum selesai di bangun. Namun anda dapat dengan mudah menemukan toilet umum dan juga warung makan yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di pantai cantik ini secara maksimal saat berlibur.

Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke sini, Watu Lumbun semakin dilengkapi dengan fasilitas umum. Tempat parkirnya hanya halaman rumput, tapi masih cukup luas. Perbukitan di sekitar pantai memiliki warung dan toilet umum. Meski belum resmi tersedia, namun area di sekitar pantai bisa dijadikan sebagai bumi perkemahan yang mengasyikkan.

Bagi anda yang ingin datang ke destinasi wisata Pantai Watu Lumbung, pastikan untuk menyiapkan kondisi fisik yang cukup baik untuk bisa melakukan perjalanan tracking yang cukup panjang. Ketika berada di lokasi ini, anda akan menemukan sebuah sensasi yang sangat menenangkan dan menyejukkan untuk bisa melarikan diri dari bisingnya suasana dan kondisi di perkotaan.