Pantai Wediombo, Wisata Bahari yang Menawan di Yogyakarta

Pantai Wediombo Yogyakarta

Pantai Wediombo salah satu wisata pantai yang eksotis dan favorit di Gunung Kidul, Jogja. Pantai berpasir putih yang unik dengan pesona batu karang dan pemandangan yang menawan, lokasi favorit bagi para peselancar.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berlibur ke Kabupaten Gunung Kidul tak lengkap rasanya jika belum mampir ke pantainya. Salah satu yang bisa menjadi destinasi wisata yaitu Pantai Wediombo. Memiliki pesona yang begitu menawan, tak heran jika pantai ini menjadi tujuan utama bagai wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai yang menyimpan keindahan yang begitu memukau, terlebih terdapat aktivitas seru yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Lalu apa saja keindahan lainnya? Simak ulasan berikut!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wediombo

Daya Tarik Pantai Wediombo

Image Credit:  Twitter.com @jogjaupdate

Tempat wisata alam Gunung Kidul berhasil mengantarkan Kabupaten ini menjadi salah satu yang paling diminati pelancong. Salah satu keindahan destinasi yang menghipnotis banyak orang yaitu Pantai Wediombo. Di lokasi ini Anda akan disuguhi berbagai pesona, mulai dari keindahan air lautnya, bebatuan karang, hingga alam yang ada di sekitarnya.

Pantai menawan ini sangat pas bagi Anda yang hendak melepaskan rasa penat setelah sibuk dengan berbagai aktivitas keseharian di kawasan perkotaan. Keindahan yang eksotis berasal dari pasir putih yang terhampar luas serta pepohonan yang begitu rindang. Ditambah lagi angin sepoi sepoi di pantai membuat siapa saja yang datang merasa sejuk dan segar.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki daratan luas. Wediombo Gunung Kidul berasa dari Bahasa Jawa yaitu wedi yang memiliki arti pasir dan ombo berarti luas atau lebar. Tak hanya dari nama wisatanya saja, Pantai Wediombo juga memiliki lokasi yang lebih luas jika dibandingkan dengan laut atau pantai selatan di Jogja.

Daya Tarik dari Pantai Wediombo

Image Credit: Facebook.com @jogya

Bebatuan karang di sekitarnya berdiri kokoh dan memiliki bentuk unik. Karena alasan tersebut, tak ayal jika pantai ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti berswafoto dan memancing. Di sekitar lokasi pantai terdapat kolam yang terbentuk secara alami dari susunan batu karang.

Kolam ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Kolam alami yang memiliki kedalaman 1.5 meter ini menjadi salah satu alternatif bagi wisatawan yang hendak mandi di laut. Sebab, ombak yang ada di Pantai Wediombo ini relatif tinggi yang mencapai 3 sampai 4 meter. Melihat keganasan ombak tersebut, tentunya kolam alami menjadi pilihan yang tepat.

Pesona Pantai yang satu ini tidak berhenti sampai di situ saja, sebab air laut yang ada di sini berwarna biru jernih tidak seperti pantai selatan kebanyakan. Selain airnya yang bening, Anda juga dapat menikmati panorama yang ada di sekitarnya. Deretan pepohonan yang rindang menambah kenyamanan ketika berada di pantai indah ini.

BACA JUGA:  Indahnya Pantai Drini, Tujuan Favorit Pecinta Snorkling di Gunung Kidul Jogja

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Wediombo

Rute Pantai Wediombo

Image Credit: Facebook.com @ipunk.luvianandra

Pantai eksotis ini terletak di kawasan Desa Balong, Kecamatan Girisubo, DIY. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, bisa menikmati keindahan wisata alam ini dengan mudah. Pasalnya, jalan menuju pantai ini terbilang mudah diakses dari pusat kota. Anda hanya perlu menuju ke arah Wonosari dan melanjutkan perjalanan ke arah timur melewati pasar Argososro.

Setelah mencapai daerah tersebut, Anda harus belok ke arah kanan mengambil jalur Pantai Baron. Sekitar 10 km dari pertigaan tersebut, Anda akan menemukan pertigaan menuju Pantai Wediombo. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk tersebut hingga menemukan pasar Jepitu dan belok kanan. Lanjutkan hingga sampai lokasi parkir objek wisata Wediombo Beach ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Wediombo Jogja

Harga Tiket Pantai Wediombo

Image Credit: Google Maps (Agus Harjanta)

Agar Anda merasakan keseruan liburan di pantai ini, maka persiapkan beberapa hal termasuk biayanya. Menurut laman datawisata.com, untuk masuk ke wisata tersebut Anda hanya perlu membayar sebesar 5000 an saja per orangnya. Selain biaya masuk ke wisata pantai tersebut, ada juga tarif parkir yang akan dikenakan bagi Anda yang membawa kendaraan.

Tarif parkir ini akan tergantung pada jenis kendaraan yang Anda gunakan. Jika membawa sepeda motor, maka hanya ditarik sebesar 2000 an saja. Sedangkan biaya parkir untuk kendaraan roda empat yaitu 5000 saja. Selain itu, bagi Anda yang ingin menikmati keseruan surfing biayanya sebesar 100 ribu dan sudah include dengan pemandu foto serta surfboard.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Wediombo

Kegiatan di Pantai Wediombo

Image Credit: Twitter.com @novitawunny

1. Mengabadikan Momen Bersama

Mengunjungi salah satu destinasi wisata alam kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas menarik seperti swafoto. Mengabadikan momen ketika berada di tempat menarik akan menjadi kepuasan tersendiri. Apalagi, Pantai Wediombo terkenal akan keindahan alamnya yang begitu menawan. Tentunya potret yang dihasilkan akan lebih menakjubkan.

Pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa spot foto unik yang menghadap langsung ke arah laut. Keberadaan fasilitas ini sangat membantu bagi pengunjung untuk menghasilkan foto instagramable yang dapat diunggah di media sosial. Selain itu ada juga beberapa spot yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto yaitu bebatuan yang ada di sekitarnya.

Kolam alami yang terbentuk dari susunan batu karang juga menjadi alternatif pengunjung mengabadikan momen terbaik. Sebab, kolam tersebut memiliki kontur yang unik dari bebatuan. Tak heran jika banyak pengunjung yang memiliki spot ini menjadi lokasi terbaik untuk berfoto bersama atau sekedar selfie di tempat ini.

BACA JUGA:  26 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Anda Bawa Pulang

2. Berenang di Kolam Alami

Pantai yang berombak besar tentu tidak disarankan sebagai tempat untuk berenang. Terlebih lagi bagi Anda yang baru saja bisa berenang. Meski ada beberapa orang yang tidak takut ombak besar dan tetap berenang, tetapi itu hanya beberapa saja. Umumnya mereka sudah terbiasa dengan ombak besar serta sudah mengetahui cara menaklukkannya.

Tapi jika tidak tahan dengan kesegaran air biru dan jernih yang ditawarkan pantai ini, Anda bisa tetap menikmatinya dengan berenang di sebuah kolam alami. Kolam ini tersusun dari batu karang yang berbentuk unik. Karena letaknya yang ada di bibir pantai, maka cukup aman digunakan berenang bagi pemula. Sebab, ombak besar dari pantai akan terhalang oleh batu karang yang mengelilinginya.

3. Menikmati Wahana Watersport

Salah satu daya tarik dari kawasan Pantai Wediombo yaitu adanya persewaan fasilitas olahraga air. Bila Anda termasuk orang yang sangat menyukai tantangan adrenalin, maka wahana satu ini patut untuk dicoba untuk menghabiskan waktu liburan. Mulai dari penyewaan ban yang sangat sederhana, hingga wahana lebih menantang seperti surfing.

Aktivitas ekstrem yang menguji adrenalin ini akan lebih seru jika dilakukan saat ombak sedang naik. Wisatawan yang gemar melakukan olahraga air ini biasanya pelancong asing yang sengaja datang untuk menaklukkan ombaknya. Ombak pantai di Wediombo memang sering disebut sebagai ombak terbaik karena stabil dan tinggi.

4. Menyaksikan Keindahan Sunset

Pantai ini terkenal sebagai tempat dengan spot terbaik untuk menyaksikan matahari tenggelam di sore hari. Terdapat beberapa titik dimana para pengunjung bisa leluasa memandang momen indah ini. Sebab, pantai ini menghadap langsung ke arah barat, sehingga momen matahari tenggelam bisa disaksikan dengan jelas dari pinggir pantai.

Tidak bisa disangkal lagi, latar belakang berupa matahari tenggelam di pantai ini memang sangat cantik bila diabadikan melalui jepretan kamera. Keindahannya mampu memberikan ketenangan wisatawan yang menyaksikannya. Tidak hanya itu saja, pesonanya dapat mengobati penat dari berbagai rutinitas yang sangat padat di perkotaan.

5. Berkemah di Sekitar Pantai

Kawasan pantainya yang luas dan pasir halus menjadikan objek wisata ini cukup asyik digunakan sebagai tempat berkemah. Pada musim libur panjang akan banyak sekali pelancong yang sengaja datang ke Pantai Wediombo untuk bermalam di area camping tersebut. Dijamin liburan Anda akan lebih seru dan berkesan di wisata pantai ini.

Bagi Anda yang ingin merasakan serunya camping menikmati malam di pinggir pantai, jangan lupa siapkan beberapa hal. Anda bisa membawa perbekalan dan mengajak keluarga dan teman agar camping Anda makin berkesan. Selain itu, bagi Anda yang tidak membawa alat camping, ada juga tempat persewaan untuk melakukan aktivitas ini.

BACA JUGA:  Taman Sari Jogja, Fakta Sejarah & Mitos Dibalik Keindahan Istana Air

6. Bersantai di Sekitar Pantai

Selain aktivitas seru menantang, ada juga kegiatan lainnya yang bisa dilakukan. Contohnya bagi wisatawan yang malas bergerak dan hanya ingin sekedar menghirup udara segar pantai, maka bisa menikmatinya dengan duduk duduk santai di atas pasir sambil melihat aktivitas wisatawan lain.

Aktivitas ini makin nyaman untuk dilakukan, sebab di lokasi wisata ini sudah tersedia penyewaan payung pantai. Payung ini bisa ditancapkan di atas pasir dan menjadi spot untuk berteduh. Untuk mendapatkan fasilitas ini, Anda hanya perlu membayar biaya sewa dengan harga sekitar Rp. 10.000 per payung.

7. Memancing

Pantai Wediombo juga terkenal dengan banyaknya hasil tangkapan lautnya. Ikan besar seperti Ikan Cucut, Ikan Kerapu dan Tenggiri merupakan jenis jenis ikan yang bisa diburu di pantai ini. Karena itu jika Anda hobi memancing, pantai ini cukup menjanjikan sebagai spot pemancingan. Apalagi bagi Anda yang gemar dengan spot mancing ekstrem, maka pantai ini bisa jadi pilihan.

8. Berburu Kuliner Khas Laut

Pantai cantik ini juga dilengkapi dengan warung warung yang menjual berbagai menu olahan laut. Di sana Anda dapat menikmati lezatnya olahan Ikan Kerapu, Udang, Cumi, Ikan Nila dan lain sebagainya. Rasanya yang khas diolah bersama bumbu Jawa yang tentunya akan membuat Anda ketagihan ketika menyantapnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wediombo Jogja

Fasilitas di Pantai Wediombo

Image Credit: Google Maps (JD 21 Channel)

Karena telah dikelola dengan baik, Pantai Wediombo menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Pantai yang satu ini menyediakan beberapa toilet dan kamar mandi yang bersih. Untuk dapat beribadah bagi umat muslim, pihak pengelola menyediakan mushola sederhana yang dilengkapi dengan mukena serta sarung.

Setelah asyik beraktivitas di pantai, Anda bisa memanjakan perut yang kosong. Maka dari itu, terdapat jejeran warung warung di sepanjang garis pantai dengan menu khas laut dan kuliner nusantara. Sehingga Anda bisa mencicipi kelezatan olahan kuliner laut yang masih segar dari laut, salah satu menu andalannya yakni ikan tenggiri.

Bagi para pelancong yang berasal dari luar daerah maupun mancanegara tidak perlu risau, lantaran di sekitar objek wisata ini terdapat penginapan yang bisa disewa. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, hanya mulai 300 ribuan saja. Dengan begini, Anda bersama orang tersayang bisa langsung beristirahat beberapa hari setelah melakukan aktivitas melelahkan di pantai.

Gunung Kidul memiliki deretan wisata alam yang begitu menawan, termasuk Pantai Wediombo. Di kawasan ini Anda bisa menikmati berbagai macam aktivitas seri, mulai dari berselancar, berenang di kolam alami, bersantai ria, mengabadikan momen, memancing, dan berwisata kuliner. Dengan begitu, liburan Anda menjadi lebih seru dan berkesan saat berkunjung di sini.