Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berlibur di pantai tetap menjadi favorit banyak orang untuk mengisi waktu luang bersama keluarga. Indonesia terkenal dengan keindahan alam dan pantainya. Banyak pantai yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau kawan terdekat. Salah satunya adalah Pantai Widodaren yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai satu ini mempunyai nama yang unik dan mempunyai arti yang cantik. Widodaren dalam bahasa jawa mempunyai arti bidadari. Salah satu bagian dari pantai di Jogja mempunyai keindahan alam yang dijamin akan membuat anda terpesona. Pantai satu ini masih tersembunyi sehingga alamnya masih terjaga dengan baik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Widodaren

Daya Tarik Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Ermawan

1. Pemandangan Pantai yang Cantik

Salah satu daya tarik wisata Pantai Widodaren adalah pemandangan pantainya yang cantik. Walaupun luas pantai ini tidak begitu besar, namun pantai mungil ini tetap mempunyai daya tarik khas pesona alamnya sendiri. Garis pantai cantik ini terlihat lebih kecil dan cukup mungil bila dibandingkan dengan pantai lainnya.

Namun, pasir putih yang terdapat pada bibir pantai tersebut terlihat sangar bersih dan juga masih terjaga kealamiannya. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisata agar berkunjung ke pantai unik satu ini. Walupun begitu, anda harus tetap berhati hati karena ombak pantai selatan memang cederung lebih besar dari pada pantai lainnya di Indonesia.

2. Lokasi di Bawah Tebing

Pantai di Gunungkidul ini sangat unik dan menarik banyak wisatawan. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah lokasi pantai. Lokasi pantai mungil dan indah ini berada di bawah tebing. Lokasi pantai yang cukup unik ini akan menjadi pesona tersendiri yang tidak bisa anda temukan di lokasi pantai lainnya di Indonesia.

Bila ingin mengunjungi Pantai Widodaren ini maka anda harus melewati beberapa anak tangga yang terbuat dari kayu. Namun anda juga harus berhati hati ketika menyusurinya. Hal ini karena pantai satu ini bukanlah pantai yang landai dan bisa dijangkau dengan mudah. Lokasinya cenderung tersembunyi dibawah tebing.

Pada saat saat teretntu, pantai ini akan terutupi air laut sehingga anda harus ekstra berhati hati bila ingin mengunjungi pantai. Saat musim gelombang pasang, maka air laut sebagain besar akan menutupi permukaan bibir pantai. Bila saat seperti ini tiba, maka anda juga bisa masih menikmati pemandangan pantai dari atas bukit.

3. Pemandangan dari Atas Bukit

Pemandangan dari atas bukit tidak kalah menarik dan cantik bila dibandingkan dengan pemandangan hamparan bibir pantai dari bawah. Bukit yang terletak di atas Pantai Widodaren ini bernama Bukit Pathuk Duwur. Bukit ini juga terkenal di kalangan wisatawan karena menyuguhkan pemandangan eksotis yang mempesona.

Berbeda dengan kondisi pantai dibawahnya yang tertuupi pasir putih, kondisi bukit diatasnya lebih banyak didominasi warna hijau. Permukaan bukit akan cenderung banyak ditumbuhi rerumputan yang lapang sehingga hamparan warna hijau akan lebih membuat tentram hati para wisatawan yang datang berkunjung.

Bila ombak pantai sedang berada di skala besar, maka pengunjung banyak memilih untuk menikmati pemandangan alam dari atas Bukit Pathuk Duwur ini. Perpaduan pemandangan alam laut dan juga bukit bisa anda lihat dengan satu sudut pandang. Sehingga bila anda mengambil foto akan terkesan lebih unik dan estetik.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Wahyu Aji Prayoga

4. Pemandangan Sunset yang Eksotis

Berkunjung ke Pantai Widodaren tak lengkap rasanya bila tidak mendapat pemandangan sunsetnya. Pantai akan selalu identik dengan pemandangan matahari terbit dan tenggelamnya. Hal ini karena batas laut yang bisa dilihat dari pantai akan memberikan efek pemandangan sunset atau sunrise yang mempesona.

Pemandangan sunset dari lokasi wisata pantai ini bisa anda lihat dari bawah bibir pantai atau juga bisa dari arah perbukitan. Baik melihat sunset di bibir pantai maupun diatas bukit sama sama terlihat mempesona. Terlebih bila anda melihat pemandangan ini bersama orang terkasih, dijamin suasana romantisnya akan semakin terasa.

5. Pemandangan Hamparan Lautan Sebagai Latar Camping

Pantai Widodaren masih terjaga kealamiannya karena masih belum banyak terjangaku wisatawan. Lanscape perbukitan yang berada berdekatan dengan bibir pantai juga akan menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga tak jarang banyak pengunjung yang mau melakukan camping di sekitar lokasi pantai.

Camping dengan hamparan pemandangan alam yang mempesona akan membuat kegiatan anda bersama kawan kawan terasa lebih berkesan. Anda bisa memilih camping dan mendirikan tenda di hamparan rumput yang luas di atas bukit. Sembari bersantai, anda bisa meilihat pemandangan pantai dibawah dan juga hamparan bintang diatasnya.

6. Karang dan Tebing yang Indah dengan Ombak

Lokasi Pantai Widodaren ini memang unik. Yaitu terletak di bawah tebing yang indah. Selain terdapat tebing yang indah, pemandangan unik pantai ini juga ditunjang dengan adanya batuan karang yang eksotis. Ketinggian tebing di Pantai ini adalah sekitar 7 meter. Hal ini membuat anda masih bisa mendengar deburan ombak bila berdiri diatas bukit.

Bahkan bila ombak pantai sedang besar dan tinggi, maka suara airnya akan terdengar hingga belasan meter jauhnya. Hasil deburan ombak ini juga tak jarang akan meninggalkan sebuah kolam kecil yang berada di atas permukaan tebing. Wisata alam satu ini dijamin akan membuat anda betah dan mempunyai pengalaman berlibur yang mengesankan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps theo jelek

Lokasi pantai Widodaren ini tepatnya berada di wilayah Desa Kanigoro masuk Kecamatan Saptosari daerah Gunungkidul Yogyakarta. Lokasi pantai ini cukup mudah untuk ditemukan karena berada dekat dengan Pantai Ngrenehan, tepatnya bedara di sebelah timurnya. Namun bila anda ingin berkunjung ke Widodaren belum ada papan penunjuk jalan yang memadai.

Sehingga bila anda ingin berkunjung ke lokasi pantai bidadari ini maka anda bisa menggunakan petunjuk jalan Pantai Ngrenehan yang berada tepat di sebelahnya. Pantai yang masih belum dikenal banyak wisatawan ini memang cantik namun akses jalan menuju ke lokasi masih belum bisa dijangkau dengan mudah dan petunjuk yang benar.

Lokasi Pantai Widodaren cenderung tersembunyi karena berada di bawang tebing atau bukit. Hal ini menjadi keuinikan tersendiri untuk anda yang berminat datang ke lokasi pantai ini. Bila anda ingin mencapai bibir pantai dan meninkmati keindahan alamnya, maka paling tidak anda harus melanjutkan trekking selama kurang lebih 40 menit hingga sampai tujuan.

Bila anda menggunakan kendaraan pribadi dari arah pusat kota Yogyakarta, maka anda bisa memilih jalur ke arah Wonosari. Setelah masuk ke daerah Gading, kemudian anda bisa belok ke kanan dan menuju ke Saptosari. Kemudian anda bisa masuk ke Pantai Ngenehan. Sampai disana anda bisa memakirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Ani Novita Sari

Pantai Widodaren masih tergolong pantai yang alami dan belum dijamah banyak orang. Sehingga akses ke arah lokasi pantai juga masih membutuhkan tenaga ekstra. Selain itu, untuk masuk ke lokasi pantai bidadari ini juga masih belum ditemukan loket tiket atau penjaga pantai yang bertugas, sehingga masih sangat bebas untuk masuk ke dalamnya.

Tiket masuk ke dalam Pantai Widodaren memang masih gratis karena belum dikelola. Namun anda akan dkenakan biaya parkir kendaraan sekitar Rp 5.000. Lokasi parkir kendaraan juga berada di Pantai Ngenehan yang terletak di sebelah Widodaren. Sehingga biaya yang anda bayarkan dan siapkan hanya untuk keperluan parkir saja.

Selain belum adanya loket tiket atau uang masuknya, pantai ini juga masih belum ada jam operasionalnya. Sehingga bila anda berminat untuk mengunjungi lokasi pantai cantik ini akan bebas pada jam berapa saja tanpa batas. Hal ini juga karena lokasi pantai ini sering dijadikan lokasi camping yang terbuka setiap waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Widodaren

Kegiatan Menarik Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps johan tyuwana

1. Memancing Bersama

Banyak orang yang merasa senang dengan aktifitas memancing. Memancing ikan juga bisa anda lakukan di wilayah pantai ini. Banyaknya batu karang yang menjadi rumah ikan di lokasi Pantai Widodaren menjadikan jenis ikan disana juga beragam. Sehingga banyak pengunjung yang datang dengan maksud ingin memancing ikan.

Suasana yang cantik ditambah angin yang semilir akan membuat kegiatan memancing anda lebih nyaman. Namun bila anda ingin memancing di sekitar lokasi pantai ini, maka anda harus membawa peralatan memancing milik pribadi. Karena minimnya fasilitas di sekitar lokasi pantai sehingga tidak ada persewaan alat pancing di pantai ini.

2. Foto Selfie dengan Latar Pemandangan Alam

Berlibur tak lengkap rasanya bila tidak mengambil foto sebagai kenang kenangan. Hal ini juga bisa anda lakukan di pantai cantik satu ini. Latar pemandangan indah pantai dengan perbukitan yang menjulang di dekatnya tentu akan menjadi latar foto yang menark dan berbeda dengan pantai indah lainnya di Indonesia.

3. Camping di Pantai Widodaren

Camping bersama kawan atau keluarga di lokasi perbukitan Pantai Widodaren ini memang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Hamparan pemandangan pantai yang luas dan cantik dibawah bukit ditambah dengan hamparan pemandangan alam yang hijau di atas perbukitan akan membuat suasana camping anda lebih menarik.

Namun bila anda ingin camping di lokasi ini maka disarankan untuk membawa peralatan pribadi sendiri. Hal ini karena belum adanya fasilitas persewaan tenda di sekitar lokasi pantai yang memungkinkan utnuk para pengunjung. Bekal makanan juga jangan sampai terlewat dan harus dibawa dengan porsi yang cukup selama camping.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Widodaren
Image Credit: Google Maps Mr_Paijo

Lokasi wisata alam Pantai Widodaren memang masih belum banyak dijamah oleh orang. Sehingga akan wajar bila lokasi wisata pantai ini masih belum mendapatkan fasilitas umum yang memadai. Bila anda ingin berkunjung ke lokasi pantai ini maka akan disankan untuk membawa keperluan pribda sendiri karena akan sulit menemukannya di lokasi pantai tersebut.

Tikar hingga makanan bekal bisa anda bawa dari rumah. Selain itu, lahan parkir yang disediakan di dekat pantai pun juga masih belum memadai. Sehingga lokasi parkir akan dialihkan ke lokasi pantai sebeahnya, yaitu pantai Ngrenehan. Sehingga setelah memarkirkan kendaraan, anda bisa menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Karena akses lokasi Pantai Widodaren ini masih belum memadai. Maka disarankan untuk anda yang berkunjung, lebih banyak membawa stock air putih selama perjalanan. Hal ini karena trek jalan kaki yang akan ditempuh cukup jauh dan juga bisa saja melelahkan. Sehingga anda bisa membawa persediaan air yang cukup agar tidak kehausan.

Keindahan alam seperti pantai memang selalu menari perhatian wisatawan. Disuguhi dengan pemandangan yang bagus namun biaya yang dikeluarkan cukup hemat. Namun selagi berlibur, jangan lupakan untuk tetap menjaga kelestarian alam dengan cara membuang sampah pada tempatnya ya. Selamat Berlibur.

REKOMENDASI DESTINASI