Pantai Wohkudu salah satu wisata pantai tersembunyi nan indah  di Gunung Kidul, Jogja. Pantai yang diapit dua tebing karang ini menyuguhkan panorama alam yang menawan dan menjadi tempat camping yang populer.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Wiloso, Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Pantai masih jadi tujuan favorit untuk liburan seru dan menyenangkan. Gunung Kidul  adalah tujuan tepat jika ingin menjelajah wisata bahari yang menawan. Ada banyak pantai cantik yang bisa dijelajahi pesona keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Wohkudu, yang merupakan pantai yang masih terjaga keasriannya. Bahkan saking cantiknya, pantai ini mendapat julukan sebagai surga tersembunyi dan dijamin membuat liburan Anda lebih berkesan. Simak keindahannya dalam ulasan berikut.

Mengintip Pesona Pantai Wohkudu

Pesona Pantai Wohkudu
Image Credit: Twitter.com @kirismaul

Pantai Wohkudu memang belum banyak dikenal masyarakat, sehingga seringkali terlewatkan. Wisatawan lebih banyak mampir di Pantai Celeng Tibo dan Pantai Kesirat. Padahal dari kedua pantai ini, jarak Wohkudu hanya sekitar 100 sampai 200 meteran. Dan lagi, pantai ini akan membuat siapapun terhipnotis dengan pesonanya.

Wohkudu Beach dari segi bentuk sangat berbeda dengan pantai pantai Selatan di Jawa. Bentuk pantai ini lebih lebar sehingga Anda bebas untuk menjelajah setiap sudut. Pantai ini diapit oleh dua batu karang yang sangat tinggi. Pemandangan yang dihadirkan memang sangat cantik, hamparan pasir putih dengan gulungan ombak dari kejauhan.

Bibir pantai memang tidak luas, hanya sekitar 100 meter. Wajar jika Wohkudu termasuk pantai yang paling kecil dan sempit di daerah Gunung Kidul. Tapi untuk bagian berpasirnya cukup luas. Pengunjung akan dihadirkan pantai cantik dengan suasana yang begitu tenang, sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat di pantai ini.

Pemandangan yang dihadirkan di pantai ini tidak hanya hamparan pasir putih dan lautan yang jernih. Tetapi Anda juga akan melihat perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Memiliki area camping ground yang berumput hijau, membuat siapapun ingin menghabiskan malam di pantai ini. Tak heran jika pantai ini selalu jadian tujuan para backpacker.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Wohkudu

Daya Tarik Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Aji Prasetyo)

Daya tarik yang dimiliki Pantai Wohkudu tidak hanya pada baharinya. Anda bisa menemukan karang besar, yang dibawahnya terdapat cekungan karang besar. cekungan ini seolah olah membentuk goa lengkap dengan batu karang di dalamnya. Pengunjung biasanya menjadikan bagian cekungan ini sebagai tempat berlindung dari hujan.

Selain itu juga bisa menghalau panas saat sedang terik teriknya. Bagian cekungan ini juga sangat cantik jika dijadikan sebagai tempat berburu foto kekinian. Tidak hanya itu, di bagian bibir pantai yang dekat dengan lautnya, Anda bisa menemukan banyak bebatuan besar. Bebatuan besar ini membuat ombak yang tertahan dan melebar ke tepi pantai.

Bebatuan ini sendiri konon merupakan hasil abrasi air laut maupun bencana alam yang lampau. Adanya bongkahan batu ini tidak hanya membuat ombaknya menjadi tidak terlalu ganas, juga dimanfaatkan untuk spot foto. Pantai Wohkudu memiliki perbukitan yang tinggi dan menawan. Sayangnya perbukitan ini tidak ada akses untuk mendakinya.

Karena dipenuhi dengan berbagai tanaman khas tepi pantai yang begitu hijau juga lebat. Walaupun tidak bisa disinggahi, kehadiran tebing ini menambah daya tarik pantai ini. Belum lagi, burung burung juga hidup di sekitar tebing. Menambah suasana yang asri dan tenang, dipastikan Anda akan betah berlama lama menghabiskan waktu disini.

Daya Tarik Wohkudu
Image Credit: Instagram.com @zeewannawalk

Pada saat laut sedang surut, Anda akan disuguhkan pemandangan karang memanjang melebihi 50 meter. Tentu saja karang ini menjorok ke area lautnya. Di antara karang ini, Anda bisa menyaksikan ikan ikan kecil maupun hewan laut seperti ubur ubur, bintang laut maupun bulu babi. Hal ini menambah kadar keindahan yang dimiliki Pantai Wohkudu.

Di bagian pasirnya, Anda akan menemukan rumput liar yang berduri tajam. Sehingga pengunjung harus berhati hati saat sedang  menyusuri pantai ini. Menariknya lagi, pantai cantik satu ini sangat sangat bersih. Anda tidak akan menemukan sampah makanan juga minuman di sekitar pantai. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak hanya wisatawan yang memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihannya, para penduduk sekitar juga turut andil. Suasananya yang tenang dan asri, juga bersih akan membuat siapapun betah berlama lama. dijamin menghabiskan liburan di tempat ini akan membuat segala penat menguap.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Wohkudu

Alamat Pantai Wohkudu
Image Credit: Facebook.com @rismanbebek

Pantai cantik ini berada di Kampung Nglaos, tepatnya di Dukuh Wiroso Ds. Girikerto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul. Lokasinya ada di sebelah timur Pantai Kesirat yang termasuk salah satu pantai favorit untuk memancing. Jalan menuju pantai ini masih terbilang mudah untuk ditempuh. Hal ini dikarenakan arahnya mirip dengan Pantai Kesirat.

Dari pusat kota Jogja, Anda membutuhkan perjalanan sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Tidak ada angkutan umum untuk sampai di Pantai ini, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Selain lebih mudah, Anda juga bisa puas jika membawa kendaraan pribadi tanpa harus berkejaran dengan waktu.

Untuk tiba di pantai ini, Anda bisa menggunakan dua jalur, yakni Jalan Wonosari dan jalur Imogiri Panggang. Jalur yang kedua merupakan jalur alternatif yang dirasa lebih dekat dan juga bisa menghemat waktu. Hal ini karena keadaan jalan ini tidak terlalu ramai, apabila dibandingkan dengan rute Wonogiri.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jalur alternatif, Anda bisa memulai perjalanan ke Jalan Imogiri Timur dari Jogja. Jalan ini berdekatan dengan Terminal Giwangan. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan menuju pertigaan Pasar Imogiri, Anda bisa mengambil jalur sebelah kanan untuk menuju arah Selo Pamioro.

Mengikuti jalan ini, nantinya Anda akan bertemu dengan pertigaan Jambatan Sungai Oyo. Silahkan Anda mengambil jalur lurus saja id pertigaan ini. Saat melewati jalan ini, pastikan Anda berhati hati, karena di jalan satu ini sangat rawan kecelakaan. Memang medan yang harus Anda lalui berkelok dan juga menanjak.

Sampai di atas bukit, Anda silahkan ikuti jalur tersebut selama 20 sampai dengan 30 menit. Nantinya Anda akan menemukan pertigaan dengan Pohon Beringin yang besar di sebelah kanan. Dari sini. Silahkan ikuti papan petunjuk yang ada di Pohon Beringin untuk menuju pantai Gesing. Hingga nanti bertemu dengan perempatan yang memiliki pohon raksasa di tengah jalan.

Ambil arah kanan, sampai ketemu gang kecil menuju Pantai Gesing. Tapi Anda tidak akan masuk hanya melewati saja sampai menemukan tulisan menuju Pantai Kesirat. Disini dilanjutkan dengan mengikuti jalan berseman untuk sampai di Pantai Wohkudu. Anda masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari parkir.

Selama berjalan kaki, pastikan Anda tetap berhati hati karena ada banyak batu karang tertutup. Selain itu jalannya juga menurun, tak jarang banyak turis yang tersandung. Bukan hanya bisa mengikuti rute ini, Anda juga bisa mengandalkan GPS untuk sampai di lokasi. Bertanya kepada masyarakat sekitar juga bisa Anda lakukan.

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Atik Dinarti)

Pengunjung yang berlibur di tempat satu ini tidak akan merogoh kocek yang dalam. Mengingat harga tiketnya kisaran Rp 3 ribu saja. harga tersebut tentu belum termasuk dengan harga tiket parkir kendaraan. Tidak hanya harga tiket masuk Pantai Wohkudu yang terjangkau, pantai ini juga tak memiliki jam operasional sehingga Anda bisa datang kapan saja.

Kebanyakan pengunjung akan datang di pagi hingga sore hari jika tidak berencana menginap. Berbeda untuk mereka yang mendirikan tenda, bisa sekalian menikmati sunsetnya yang memukau. Merasakan berkemah di pantai ini, seakan akan Anda sedang berada di pulau pribadi yang tenang sekaligus menawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Wohkudu

Kegiatan di Pantai Wohkudu
Image Credit: Instagram.com @ajisetyawan12

1. Menikmati Keindahan Pantai

Daya tarik Wohkudu Beach memang terletak pada keindahan bentang alamnya. Sudah pasti kegiatan pertama yang akan dilakukan oleh pengunjung adalah menikmati keindahannya. Menikmati suara debur ombak dari kejauhan, dengan suasana asri yang menangkan akan membuat segala penat menghilang. Apalagi setelah Anda lelah dengan penat dan perjalanan.

2. Memancing

Tak hanya sebagai surga bagi yang ingin mencari ketenangan, Pantai Wohkudu juga sangat cocok untuk Anda yang ingin memancing. Bahkan banyak wisatawan yang sengaja datang hanya untuk memancing. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki beragam ikan juga biota laut. Salah satunya yang paling banyak diincar adalah lobsternya.

3. Berburu Foto Cantik

Ketika berada di Pantai Wohkudu, rasanya tidak lengkap jika tidak berburu foto foto instagramable. Ada banyak spot spot menawan yang bisa Anda ambil ketika di pantai ini. Sebenarnya tidak hanya di pantainya, Anda juga bisa mendapatkannya di perjalanan menuju pantai. Salah satu spot andalannya adalah di tengah jalan dengan bukit hijau di belakang.

Sementara jika di area pantainya, spot paling favorit adalah di bebatuan yang ada di bibir pantai. Selain itu juga di bawah gua yang berasal di bawah tebing. Anda akan mendapatkan foto cantik dengan latar belakang lautan dan tebing tebing kokoh. Pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda ketika liburan di pantai satu ini.

4. Camping di Kawasan Pantai

Kegiatan seru yang juga banyak dilakukan oleh pengunjung adalah camping. Bermalam di pantai memang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Suasana yang tenang dengan suara ombak dari kejauhan tentu tak bisa setiap hari didapatkan. Pastikan Anda tidak sendirian ketika camping di pantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Wohkudu Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Wohkudu
Image Credit: Google Maps (Adi Eka)

Pantai Wohkudu memang masih belum tersentuh dan dikelola oleh pemerintah maupun masyarakat. Sehingga fasilitasnya masih terbilang terbatas dan belum memadai. Tetapi Anda sudah bisa menemukan toilet juga mushola. Namun pengunjung  belum bisa menemukan warung atau penjual makanan. Maka disarankan untuk membawa perbekalan sendiri.

Begitu juga dengan akses listrik maupun penginapan di area pantai ini. Inilah mengapa rata rata yang ingin menginap mendirikan tenda. Pantai satu ini memang masih virgin dan belum banyak tersentuh. Disarankan ketika mengunjungi pantai ini dalam kondisi yang fits. Mengingat aksesnya walaupun mudah, harus berjalan melalui tebing lebih dulu.

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Wohkudu tentu saja akan membius siapapun yang singgah di pantai ini. Namun semuanya tak akan tahan lama, jika pengunjung tidak ingin menjaga keindahannya. Dengan tidak meninggalkan sampah atau merusak lingkungan, maka keindahan Wohkudu di Gunung Kidul akan menjadi warisan yang tak ternilai.