Paralayang merupakan kegiatan olahraga seru yang dapat memicu adrenalin di Batu, Malang. Anda dapat menikmati keindahan alam Kota Batu dari atas ketinggian dan pemandangan Gunung Banyak.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: Pukul 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Gunung Banyak, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jika Anda pernah berandai terbang laksana burung, maka bisa merealisasikan mimpi tersebut dengan mengunjungi Paralayang Batu Malang. Di wisata tersebut, Anda dapat mencoba olahraga dirgantara yakni paragliding yang akan memberi Anda pengalaman berkesan. Untuk mengetahui wisata paralayang ini lebih jauh, berikut ulasannya.

Sekilas Tentang Wisata Paralayang Batu

Sekilas Tentang Wisata Paralayang Batu
Image Credit: Instagram.com @edo.mbois_

Paralayang atau yang disebut dengan paragliding merupakan olahraga mengambang di udara atau terbang bebas dengan menggunakan parasut yang terbuat dari kain kuat. Olahraga ini pada dasarnya memanfaatkan angin sebagai daya angkat untuk bisa mengendalikan parasut.

Dari sebuah lereng perbukitan, parasut yang telah menempel di tubuh akan langsung terhempas begitu pengendaranya berlari terjun ke bawah perbukitan. Kemudian, angin akan membawa laju parasut yang dikendalikan dengan dua kemudi di bagian kanan dan kiri. Dari ketinggian, pengendara dapat melihat pemandangan Kota Batu dan sekitarnya yang eksotis.

Adapun tujuan dari olahraga paralayang cukup beragam. Ada yang bertujuan sebagai kompetisi, ada pula yang hanya sekedar kegiatan rekreasi. Wisata Paralayang Kota Batu sendiri dilakukan di Gunung Banyak Batu. Untuk menaikinya, ada beberapa kriteria yang harus dilewati demi menjaga keamanan selama berkendara di udara.

Kegiatan paralayang sendiri akan didampingi oleh pihak profesional di tempat tersebut. Kota Wisata Batu tampil didominasi dengan banyaknya pegunungan. Inilah yang menjadi olahraga paralayang banyak diselenggarakan di kota dingin nan sejuk ini. Terbukti dengan diadakannya ajang Open Paragliding 2011 silam, yang membuat wisata ini semakin mendunia.

Daya Tarik yang Dimiliki Paralayang Batu

Daya Tarik Paralayang Batu
Image Credit: Google Maps (Regina Alia)

Paralayang Kota Batu merupakan destinasi wisata unggulan yang ada di Gunung Banyak. Sesuai dengan namanya, lokasi ini akan menyuguhkan Anda terhadap banyaknya daya tarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Baik siang maupun malam hari, Anda akan melihat pesona berbeda yang keduanya sama sama layak diacungi jempol.

Wisata Paralayang Kota Batu merupakan tempat paling ideal untuk Anda yang ingin menikmati indahnya senja atau matahari terbit. Berlatarkan kawasan Kota Batu yang pemukimannya tertata rapi, pemandangan yang disuguhkan akan semakin memanjakan mata. Hal demikian akan sulit ditemukan di tempat wisata lainnya.

Perlu Anda tahu, kawasan Gunung Banyak dan Paralayang telah menjadi kompleks wisata alam yang terbaik. Di lokasi yang sama, Anda akan menemukan objek wisata lain yang tak kalah menakjubkan. Sebagai contoh, wisata Omah Kayu. Omah Kayu sendiri adalah objek wisata berupa rumah yang berada di tinggi dan rimbunnya pepohonan.

Baik di lokasi paralayang maupun Omah Kayu, Anda akan mendapati sejuta spot foto terbaik yang layak dijajal. Pesona keindahan yang eksotis membuat siapa pun pengunjungnya enggan untuk pulang. Untuk wisatawan yang terlanjur betah dan tak ingin pulang, maka bisa menginap di penginapan unik yang ada di atas kayu ini.

Lalu, di keesokan harinya Anda bisa menjajal wahana terjun payung atau paralayang yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Selain Omah Kayu, di lokasi yang sama juga menghadirkan Taman Langit yang merupakan wisata unik bertemakan angkasa dengan komposisi unik bertajuk modern.

Objek wisata Taman Langit menghadirkan beragam spot foto yang tak kalah menarik dari beberapa wisata di sekitarnya. Bisa dibilang, Objek wisata Taman Langit lebih imajinatif dan seru jika dijadikan sebagai tempat berfoto. Selebihnya, ada objek wisata lain di lokasi yang sama yang bisa Anda kunjungi yakni Goa Pinus dan Rabbit Field.

Berlibur ke Wisata Paralayang Kota Batu memungkinkan Anda untuk dapat berwisata ke tempat lainnya sekaligus. Baik wisata ranah foto, wisata pemacu adrenaline, dan wisata tenang penuh dengan keindahan alam yang memukau. Selain di Kota Batu, dimana lagi Anda bisa menemukan destinasi wisata keren di tempat lainnya?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Paralayang

Alamat Wisata Paralayang
Image Credit: Google Maps (Miftahul Ulum Store)

Setelah mengetahui berbagai daya tarik dan pesona yang dimiliki Wisata Paralayang Kota Batu, pasti Anda akan merasa tertarik untuk mengunjunginya. Anda bisa mendatangi wisata yang ada di Jalan Songgokerto, Kota Batu. Jika ingin berwisata ke Taman Langit, maka bisa berjalan sekitar 5 menit saja menuju lokasi tersebut.

Lokasi dari Wisata Paralayang Kota Batu ini berdekatan dengan pusat kota. Dengan demikian, wisata ini sangat mudah untuk ditempuh. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Alun Alun Batu, maka silahkan lanjutkan perjalanan menuju ke arah Pujon. Ikuti arah perjalanan sampai Anda menemukan simpang tiga.

Di simpang tiga, Anda akan dihadapkan pada pilihan jalur yang mana arah kiri menuju Pujon dan arah kanan menuju Gunung Banyak. Pilih arah kanan untuk bisa menuju ke Wisata Paralayang Kota Batu. Ikuti jalur menuju ke desa Songgokerto hingga menemukan pintu masuk menuju wisata Paralayang Kota Batu.

Namun, untuk Anda yang datang dari arah Kediri, maka bisa melanjutkan perjalanan sampai ke Kecamatan Pujon. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke arah Batu sampai menemukan pertigaan pintu masuk wisata. Anda tak perlu khawatir tersesat, pasalnya di sana sudah ada banyak sekali petunjuk arah yang akan memudahkan perjalanan Anda.

Dari pertigaan tadi, lanjutkan perjalanan lurus saja sampai 100 meter dan belokkan ke arah kiri. Kemudian, ikuti saja jalan pedesaan sampai menuju ke lokasi. Jika Anda merasa kebingungan, bisa menanyakan alamat dan arah kepada penduduk sekitar. Tak perlu sungkan, penduduk sekitar wisata sangat terkenal dengan keramahannya kepada wisatawan.

Harga Tiket & Biaya Bermain Paralayang Batu Malang

Harga Tiket Paralayang Batu Malang
Image Credit: Google Maps (Miftahul Ulum Store)

Bagi Anda yang tertarik berlibur ke Wisata Paralayang Batu, maka siapkan tiket masuk yang telah ditetapkan pemerintah setempat dan pihak pengelola. Adapun tiket masuk yang harus Anda bayarkan di hari biasa sebesar Rp 10 ribu. Sementara pada akhir pekan atau musim liburan tarif retribusinya dibanderol dengan harga Rp 15 ribu per orang.

Dengan membayar tiket masuk, Anda sudah bisa menikmati segala fasilitas di dalamnya kecuali olahraga paralayang. Jika Anda tertarik mencoba olahraga ini, maka perlu merogoh kocek sekitar Rp 350 – Rp 500 ribu per orang. Harga dari wahana ini cukup mahal mengingat risiko dan keamanan yang ditanggung juga cukup besar.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Paralayang Batu

Kegiatan di Paralayang Batu
Image Credit: Google Maps (Ronny Prakosa)

1. Mencoba Paralayang

Sesuai dengan namanya, wisata paralayang merupakan tempat rekreasi yang banyak dijadikan tujuan wisatawan pencinta olahraga ekstrim paralayang. Wisatawan yang belum pernah mencoba olahraga ini tak perlu takut akan tingkat keamanannya. Pasalnya, bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan paralayang akan didampingi instruktur profesional.

2. Menginap Seru di Omah Kayu

Sudah biasa dengan penginapan dalam gedung yang begitu begitu saja? Maka Anda wajib menjajal bermalam di Omah Kayu. Perlu Anda ketahui, salah satu daya tarik utama yang dimiliki Wisata Paralayang Kota Batu adalah keberadaan Omah Kayu. Di sana, Anda akan merasakan sensasi menginap menghadap jurang di tengah pegunungan.

3. Berburu Foto Menarik

Bagi para wisatawan pencinta fotografi, objek Wisata Paralayang Kota Batu dapat menjadi spot terbaik untuk menunjukkan kebolehan Anda dalam fotografi. Ada banyak sekali spot foto yang bisa Anda bidik. Mulai dari bertemakan alam, arsitektur, dan keceriaan para pengunjung yang menaiki paralayang.

Jangan lupa membawa kamera agar hasil jepretan Anda makin keren. Di lokasi ini, Anda juga bisa berburu foto matahari terbit maupun tenggelam. Semburat warna jingga kebiruan akan Anda dapatkan dan wajib diabadikan sebagai kenang kenangan. Ajak serta keluarga atau orang terkasih untuk bersama sama berfoto di lokasi wisata ini.

Kegiatan Menarik di Paralayang Batu
Image Credit: Google Maps (Ignasius Apri)

4. Melihat City Light di Malam Hari

Bagi para pengunjung yang datang ke Wisata Paralayang Batu di malam hari, maka suguhan utama yang akan Anda saksikan adalah gemerlapnya lampu kota. Pemandangan Kota Batu dari ketinggian akan berpadu dengan sejuknya dan dinginnya hawa malam. Lampu lampu kota dan kendaraan akan terlihat dari ketinggian bukit atau Gunung Banyak.

5. Menjadikan Lokasi Wisata Sebagai Tempat Prewedding

Selain digunakan sebagai objek wisata, berbagai spot yang ada di Paralayang Kota Batu sangat menarik untuk dijadikan sebagai latar foto prewedding. Jadi, selain rekreasi Anda juga bisa berfoto prewedding sekaligus. Dengan tema alam yang berpadu pemandangan alam sekitar, foto prewedding Anda akan menjadi lebih keren dan ciamik.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Paralayang

Penginapan Terdekat dari Lokasi Paralayang
Image Credit: Travel.tribunnews.com

Selain Omah Kayu, masih ada hotel atau penginapan terdekat dari lokasi Wisata Paralayang. Penginapan terdekat dari wisata yang pertama ada Comfort Room at Homestay Patria. Penginapan yang terletak di Songgokerto, Batu ini merupakan akomodasi terbaik yang bisa Anda pilih.

Selain lokasinya yang sangat dekat dengan Wisata Paralayang, di penginapan tersebut Anda akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari wifi, layanan atau servis, parkir luas, tempat pembuat kopi, AC, dan masih banyak lagi. Selain Comfort Room at Homestay Patria, Anda juga bisa memilih Comfort Room Omahe Toni.

Akomodasi bernama Omahe Toni ini terletak di Jalan Arumdalu, Songgokerto, Kota Batu. Di penginapan ini Anda juga akan peroleh berbagai fasilitas lengkap yang dijamin menunjang kenyamanan selama menginap. Harganya pun terbilang cukup murah dan dijamin tidak akan menguras isi kantong.

Fasilitas yang Tersedia di Paralayang Batu Malang

Fasilitas di Paralayang Batu Malang
Image Credit: Google Maps (Tri Evelina)

Objek Wisata Paralayang Kota Batu mendapatkan pengelolaan yang sangat baik oleh pemerintah. Terbukti dengan kelengkapan fasilitas yang disediakannya. Fasilitas pertama yang akan Anda dapatkan adalah adanya penginapan. Di lokasi yang sama, terdapat penginapan Omah Kayu yang bisa Anda jadikan akomodasi bermalam.

Dengan sensasi menghadap pemandangan lembah gunung, Anda akan tidur lebih nyenyak. Fasilitas di penginapan ini juga terbilang sangat lengkap. Adapun fasilitas kedua yang akan Anda terima adalah banyaknya kios makanan yang menjajakan menu kuliner khas Kota Batu yang sedap dan dijamin menggoyang lidah.

Fasilitas lain yang juga ada di wisata ini adalah mushola dan tempat parkir. Meski tak terlalu luas, ruangan beribadah di lokasi tersebut juga sangat bersih, nyaman, dan tentunya suci. Ada pula area parkir luas yang dapat menampung segala jenis kendaraan yang Anda bawa. Biasanya pengunjung akan dimintai tarif parkir dengan harga sewajarnya.

Kota Batu tersohor dengan hawa sejuk dan dinginnya yang memukau. Selain itu, daerah dengan julukan Kota Dingin ini unggul dalam bidang pariwisata. Salah satu wisata unggulan di Batu yang wajib Anda kunjungi adalah Wisata Paralayang Batu Malang. Tak hanya sekedar menjajal olahraga paralayang, ada begitu banyak daya tarik yang tak boleh dilewatkan begitu saja.