Paralayang Majalengka, Wisata Penguji Adrenalin yang Patut Dicoba

Lokasi: Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.
MapCek Lokasi

Para pecinta olahraga ekstrim kembali dimanjakan dengan kemunculan Paralayang Majalengka, yang sudah cukup populer dikunjungi wisatawan. Aktifitas tersebut semakin banyak diminati, mengingat lokasi wisata berada di pegunungan yang mampu menghadirkan pemandangan indah nan menawan. Selain bersenang senang, pengunjung juga bisa menyegarkan kembali pikiran dikala suntuk.

Keseruan Bermain Paralayang di Majalengka

Keseruan Bermain Paralayang di Majalengka

Image Credit: Paralayangmajalengka.com

Selagi mengunjungi kota Majalengka, jangan lupa untuk mampir menikmati pesona alamnya yang luar biasa cantik ataupun mencoba olahraga ekstrim di Paralayang Majalengka. Dikatakan sebagai tempat favorit bagi para pecinta olahraga paralayang, dimana tubuh akan mendapatkan segudang manfaatnya. Tingkat keamanannya pun sudah disesuaikan dengan standar yang ada, sehingga sangat aman untuk dicoba. Rasa takut tampaknya bisa dikurangi, mengingat fakta mengenai kecelakaannya tidak pernah ditemui.

Selama berada di ketinggian tertentu, pengunjung akan disuguhkan dengan landscape dari pemandangan alam sekitar kota Majalengka serta disambut dengan udara yang sejuk. Sebelum memulai olahraga, bahkan akan ada seorang pelatih sekaligus pendamping profesional, yang akan membantu sebelum hingga sesudah melakukan olahraga tersebut. Dengan adanya kehadiran sang ahli, bisa dikatakan bila tingkat keselamatannya terjamin.

Bagaimana cara mengetahui bila tingkat keselamatan benar benar terjamin ? Sebab, pengunjung tidak diperkenankan melakukan penerbangan sebelum lulus pada tahap pelatihan. Hal tersebut sudah menjadi bagian tanggung jawab instruktur, untuk memastikan bila pelangannya telah siap menakhlukkan olahraga tersebut dan dapat mendarat dengan selamat. Jika belum lulus pada tahap pelatihan, maka akan mendapatkan bimbingan lanjut.

Pengunjung semakin dimanjakan, dengan adanya penyampaian hal penting dikala akan mendarat. Briefing singkat ini berkaitan dengan peralatan yang digunakan, hingga bagaimana cara mengemudikan paralayang sebagai langkah antisipasi apabila ditemui kendala disaat terbang. Dalam briefing itu pula, pengunjung akan diajarkan mengenai bagaimana cara lepas landas yang benar agar tidak terluka.

Perlu diketahui bahwasanya tidak ada aturan pasti mengenai lepas landas, namun berbeda hal jika mengenai pendaratan. Hal tersebut didasari dari pentingnya pendaratan, untuk menghindari adanya kemungkinan adanya kecelakaan. Maka dari itu, penting untuk tetap waspada agar pendaratan bisa berlangsung mulus dan sesuai dengan himbauan yang diberikan. Umumnya, para instruktur akan mengajarkan penerbangan tandem.

Pengajaran ini dikatakan sebagai dasar ilmu penerbangan paralayang, dimana kendali utama tetap berada di tangan para pendamping. Oleh karenanya, penting untuk tidak kehilangan fokus dikala sang pendamping memberikan arahan terkait keselamatan dan bagaimana cara mengendalikan parasutnya. Sebab, hal ini berkaitan langsung dengan keselamatan dirisendiri maupun sang pendamping.

Fasilitas yang Tersedia untuk Olahraga Ekstrim Paralayang

Fasilitas yang Tersedia untuk Olahraga Ekstrim Paralayang

Image Credit: Paralayangmajalengka.com

Pengunjung nampaknya bisa bernafas sedikit lega, dengan adanya berbagai peralatan yang diklaim telah memenuhi kelayakan keselamatan maupun keamanan. Menggunakan peralatan canggih nan modern, dimana semua peralatan tersebut cukup mudah digunakan meski baru pertama kali mencobanya. Meski telah menggunakan alat canggih, pastikan mengikuti semua prosedur yang ada demi keselamatan dan keamanan.

Nantinya para pendamping akan memberikan beberapa peralatan mulai dari parasut untuk setiap orangnya, tali dna tidak lupa pula harnes. Jika belun mahir menggunakannya, tak perlu takut salah karena pendamping akan membantu memasangkan beberapa alat tersebut. Jikapun anda sudah mahir melakukannya, para pendamping tetap mengecek kembali peralatan yang ada untuk meminimalisir kesalahan penggunaan.

Disaat semua peralatan telah terpasang sempurna, anda sudah diperkenankan untuk lepas landas. Sesudah melakukan lepas landas, terdapat sensasi terbang secara bebas bak burung dan bisa melihat view dari sudut yang berbeda. Bukan hanya pemandangan sekitar gunung Panten saja, namun juga terlihat view kota Majalengka beserta hamparan sawah. Pengalaman baru ini mampu menghadirkan rasa senang sekaligus mendebarkan di waktu bersamaan.

Selama terbang di angkasa, pemandangan yang disuguhkan mampu menghilangkan rasa penat dan menggantinya dengan semangat baru. Bahkan terpaan anginnya yang begitu menyegarkan, dianggap baik bagi paru paru. Jika terlalu takut untuk mencoba permainan pemacu adrenalin ini, tak ada salahnya untuk duduk manis sembari menikmati pemandangan sekitar ataupun mencoba wahana lainnya yang tak kalah seru.

Meski dikatakan sebagai permainan pemacu adrenalin, pasalnya olahraga ini menghadirkan segudang manfaat bagi tubuh. Manfaat yang paling terasa yaitu dari segi kesehatan fisik serta kesehatan mental, dimana mental terasa begitu terkuras mengingat dibutuhkannya keberanian besar untuk melakukannya. Bahkan dapat dikatakan bila olahraga ini tak sembarang orang bisa melakukanna, karena berdiri di ketinggian 3 meter saja sudah membuat gemetaran.

Tarif Tiket Masuk & Jam Operasional Paralayang Majalengka

Tarif Tiket Masuk & Jam Operasional Paralayang Majalengka

Image Credit: Satyawinnie.com

Tarif tiket masuk menuju kawasan wisata satu ini terbilang cukup ramah di kantong, dimana setiap orang hanya ditarik tarif sekitar 10 ribuan saja. Sedangkan bagi mereka yang tertarik untuk mencoba olahraga ektrim tersebut, akan dikenakan tarif sekitar 350 per orangnya. Besaran tarif yang diberikan, dianggap setara dengan kesenangan dan pengalaman yang didapatkan. Agar lebih murah, pengunjung juga bisa memilih paket yang telah disediakan.

Paket tersebut bernamakan paket Gantole, yang dibandrol sekitar 450 ribuan per orangnya. Namun perlu diketahui bila di kawasan yang sama, pengunjung juga bisa berkunjung ke Paraland yang akan dikenakan tarif sekitar 15 ribuan. Di tempat tersebut, setiap pengunjung akan ditawarkan dengan keseruan berbeda dengan aneka wahana menarik untuk dicoba. Sebenarnya destinasi wisata ini berbasis resort, yang ditambahkan beberapa fasilitas lain untuk menarik pengunjung.

Ada baiknya untuk membawa dana lebih, ketika hendak berkunjung ke destinasi wisata satu ini. Hal ini sebagai langkah antisipasi, apabila ada kelonjakan harga terutama jika datang di akhir pekan maupun pada hari libur nasional. Sedangkan jam operasionalnya sendiri dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam di hari biasa, dan beroperasi dari jam 8 pagi hingga jam 10 malam di akhir pekan.

Rute Menuju Tempat Wisata Paralayang

Rute Menuju Tempat Wisata Paralayang

Image Credit: Paralayangmajalengka.com

Tak terlalu sulit untuk bisa sampai di kawasan wisata populer satu ini, mengingat lokasinya yang memang cukup dekat dengan pusat kota. Jika dari pusat kota Majalengka, pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 7 kilometer saja. Tertarik mencoba sensasi melayang di udara sembari menikmati pemandangan kota Majalengka ? Silahkan meluncur langsung di Kelurahan Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Jika datang dari pusat kota, silahkan arahkan kendaran menuju Bundaran Muncul Indah yang berada di Jalan KH. Abdul Halim. Dari bundaran tersebut, anda bisa menulusuri arah selatan bundaran yang mengarah langsung ke Desa Sidamukti. Hanya memakan waktu kurang lebih 20 menitan saja, pengunjung sudah bisa melihat tanda tanda bila hampir sampai di lokasi wisata dengan adanya beberapa parasut di udara.

Apabila menemukan kesulitan menuju lokasi wisata ini, silahkan bertanya kepada masyarakat sekitar ataupun memanfaatkan teknologi canggih yang telah terpasang di kendaraan pribadi maupun di smartphone kesayangan. Sedangkan rutenya sendiri, searah dengan rute Paraland Majalengka mengingat masih dalam satu kawasan yang sama.

Disebut sebagai salah satu destinasi wisata populer di Majalengka, rasanya sayang untuk dilewatkan ketika singgah di kota tersebut. Apabila tidak ingin melakukan olahraga ekstrim, pengunjung masih bisa menikmati pemandan sekitarnya yang tampak alami. Dengan harga tiket masuknya yang terbilang ramah dikantong, pengunjung sudah bisa menikmati kesegaran udaranya sekaligus menonton keasyikan bermain paralayang.