Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Tak hanya wisata alam dan juga wisata sejarah saja, namun Bantul Yogyakarta juga punya tempat wisata kesenian bagi anda pecinta karya seni. Pasar Seni Gabusan adalah lokasi tempat para pengrajin kesenian Yogyakarta berkumpul. Ada lebih dari 400 pengrajin yang bisa anda temui di lokasi wisata ini dengan berbagai macam karya seni.

Lokasi wisata Gabusan pada awalnya memang sudah di desain untuk membuka akses pengrajin ke dunia International. Beberapa kerajinan yang dijual di Gabusan antara lain seperti yang terbuat dari bahan dasar logam, kulit, kayu, tanah liat hingga kerajinan dari tanaman eceng gondok. Berikut adalah ulasannya untuk anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Seni Gabusan

Daya Tarik Pasar Seni Gabusan
Image Credit: Google Maps ShidiqWeddingCard dot COM

1. Desain Pasar Seni yang Artistik

Yogyakarta menyimpan satu tempat pusat seni yang wajib anda kujungi. Pasar seni ini menjadi salah satu tempat yang akan menyuguhkan berbagai jenis kerajinan khas Jawa yang tidak bisa anda temui di tempat lainnya. Salah satu daya tarik lokasi wisata ini bagi pengunjung adalah desain bangunannya.

Nuansa khas Jawa dan lokal sangat terasa bila anda masuk ke lokasi wisata satu ini. Namun, yang membuatnya unik adalah ternyata arsitek yang membangun pasar ini tak hanya arsitek nasional namun ada keterlibatan arsitek international. Saat akan memasuki gerbang, anda akan disambut dengan gong besar yang berwarna hitam.

Gong ini lebih dikenal dengan nama Gong Golong Gilig. Terdapat 16 Los atau bagian di Pasar Seni Gabusan. Banyaknya bagian Pasar yang bisa anda kunjungi ini dijamin akan membuat anda tidak cepat bosan dan malah akan tertarik dengan berbagai kerajinan yang dipamerkan. Tak hanya orang tua dan dewasa, lokasi ini pun banyak dikunjungi kaum milenial saat ini.

2. Variasi Kerajinan Tangan yang Unik

Jumlah pengrajin karya seni khas Yogyakarta yang ada lebih dari 400. Sehingga akan banyak sekali variasi kerajinan yang bisa anda dapatkan di Pasar Gabusan. Kerajinan yang mempunyai tema khas Yogyakarta ini bisa berupa hiasan dinding, peralatan rumah tangga, perhiasan, pakaian, tas, sepatu yang unik dan lainnya.

Tak hanya itu, produk seni yang ditawarkan juga mempunyai gaya tradisional yang klasik dan terkesan vintage. Kerajinan tersebut akan lebih banyak menggunakan bahan dasar kayu, bambu atau rotan. Sehingga kesan tradisional Khas Jawa akan masih sangat kental terasa bila anda berkunjung ke lokasi wisata seni Yogyakarta ini.

Wilayah pasar ini dibagi menjadi 16 los atau daerah. Setiap los ini akan mempunyai ciri khas kerajinan yang berbeda beda. Sehingga anda akan terbayang betapa besarnya lokasi wisata ini bila dikunjungi. Berbagai karya seni yang unik dan menarik anda bisa anda dapatkan disini dan tidak ada di tempat lainnya.

3. Pilihan Objek Wisata Menarik di Yogyakarta

Yogyakarta memang dikenal sebagai lokasi wisata sejarah yang terkenal di Indonesia. Yogyakarta selalu menarik dengan kebudayaannya dan masih adanya Keraton di dalamnya. Tata kota dalam Yogyakarta juga mempunyai kesan pedesaan yang unik namun terkesan klasik sehingga banyak wisatawan penasaran.

Namun, tak hanya objek wisata bertema sejarah yang menjadi keunggulan Yogyakarta. Di daerah Bantul juga menyimpan banyak objek wisata unik yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Pasar Seni Gabusan yang akan menyuguhkan banyak kerajinan khas Yogyakarta dan kerajinan Khas Budaya Jawa yang klasik.

Pasar Gabusan tak hanya cocok dikunjungi orang dewasa dan pecinta seni saja. Namun lokasi wisata ini juga akan cocok dikunjungi para generasi muda yang ingin datang ke tempat estetik namun unik. Tak hanya itu, lokasi pasar ini juga menyediakan beberapa café dengan sajian lezat dan latar desain yang cantik sehingga sayang untuk dilewatkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pasar Seni Gabusan
Image Credit: Google Maps siti zumaroh

Lokasi Pasar Seni ini tepatnya adalah di Jalan Parangtritis Desa Balong Kelurahan Timbulharjo masuk wilayah Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi wisata seni khas Jawa ini terletak dengan jarak sekitar 9,5 km dari arah selatan Yogyakarta. Sehingga bila anda berkendara dari pusat kota menuju Parangtritis maka akan menemukan Gabusan.

Patokan jalan parangtritis adalah yang paling mudah. Jalan besar dan utama menuju Pantai Selatan ini tentu sudah banyak orang tahu. Sehingga akan kecil kemungkinan anda tersesat bila berkendara sendiri. Salah satu ciri khas gerbang Pasar Gabusan adalah adanya gong hitam yang berukuran besar sebagai penanda selamat datang.

Anda akan menemukan Pasar Seni Gabusan tersebut terletak di sisi kanan jalan Parangtritis. Bila anda posisi dari pusat kota Yogyakarta, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini adalah sekitar 15 menit saja menggunakan kendaraan pribadi. Anda juga bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk lebih mudahnya.

Jam Operasional Pasar Seni Gabusan

Jam Operasional Pasar Seni Gabusan
Image Credit: Google Maps Luckyto Angkawijaya

Mengajak keluarga dan teman teman berkunjung ke lokasi wisata seni di Yogyakarta ini akan membuat kantong anda lebih hemat. Hal ini karena belum adanya tarif tiket masuk yang ditetapkan untuk masuk ke Pasar Seni Gabusan. Sehingga anda bisa masuk ke lokasi wisata dengan lebih nyaman dan leluasa namun tetap harus menjaga kesopanan ya.

Namun kebijakan tarif masuk lokasi wisata ini juga akan bisa berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Untuk jam bukanya adalah pada pukul 10.00 dan tutup pada pukl 17.00 WIB. Waktu buka yang panjang ini bisa anda manfaatkan untuk bercengrama dan berkeliling pasar seni ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pasar Seni Gabusan

Kegiatan Menarik Pasar Seni Gabusan
Image Credit: Google Maps Agus Purnomo

1. Mencari Barang Klasik dan Antik

Bagi anda pecinta koleksi barang antik, maka datang ke tempat ini merupakan pilhan yang tepat. Lokasi wisata seni ini tak hanya menyuguhkan berbagai macam kerajinan khas Yogyakarta namun juga berbagai karya seni klasik dan terkesan antik. Hasil karya seni ini bisa menjadi pajangan hunian anda agar tampak lebih estetik.

Salah satu barang antik yang bisa anda dapatkan di Pasar Seni Gabusan adalah seperti topeng unik yang mempunyai bahan dasar kayu yang kemudian akan dilapisi kulit pada bagian depannya. Ukiran topeng ini begitu simetris dan menonjolkan keunikannya. Kerajinan yang populer dibeli wisatawan adalah bingkai foto atau lukisan.

2. Membeli Oleh-Oleh Berupa Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan yang ada di Pasar Gabusan bisa juga anda jadikan buah tangan setelah berlibur ke Yogyakarta. Berbagai kerajinan ada disini dengan gaya khas klasik yang unik. Beberapa diantaranya adalah yang berukuran kecil seperti aksesoris hingga kerajinan berukuran besar seperti meja, kursi hingga pigura lukisan.

3. Menyicipi Sajian Lezat di Resto atau Café

Setelah lelah berkeliling mencari dan membeli kerajinan yang cantik dan unik di Gabusan, anda juga bisa lho mampir untuk mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Tak perlu pergi ke tempat yang jauh, anda cukup datang ke satu sudut pasar yang memang menjadi sentra kuliner yaitu restoran dan café.

Makanan dan minuman yang disajikan disini merupakan khas Yogyakarta seperti gudeg. Tak hanya makanannya yang lezat, desain dan konsep bangunan yang diusung juga unik. Sehingga membuat pengunjung semakin betah berkunjung ke Pasar Gabusan. Tak hanya cocok untuk orang dewasa, lokasi ini juga cocok untuk anak muda yang suka dengan pemandangan indah.

Kegiatan Menarik di Pasar Seni Gabusan
Image Credit: Google Maps Anita Daniati

4. Santai Cuci Mata Dambil Berkeliling

Lokasi wisata Pasar Seni Gabusan ini memang terbilang cukup luas ditambah dengan pembagian wilayah sebanyak 16 los. Sehingga anda tidak akan bosan bila berkunjung ke lokasi wisata seni satu ini. Walaupun tidak membeli, anda juga masih bisa berjalan jalan menikmati karya seni yang unik dan menarik. Banyak produk unggulan yang dipajang di area ini.

5. Mengikuti Workshop Pembuatan Batik

Tak hanya melihat dan membeli berbagai kerajinan atau karya seni. Namun anda juga bisa terlibat langsung dalam proses pembuatannya. Produk yang bisa anda coba untuk buat adalah kain batik. Pasar Seni ini juga menyediakan workshop batik yang akan mengajak pengunjung untuk mempraktekkan langsung cara melukis batik tradisional.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pasar Seni Gabusan
Image Credit: Google Maps ade bagus

Tak hanya menyuguhkan berbagai macam karya seni dan kerajinan. Namun Pasar Gabusan juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk pengunjung. Salah satunya adalah lahan parkir yang luas yang bisa menampung ratusan kendaraan bermotor. Disetiap titik yang banyak dilalui orang akan terdapat banyak tempat sampah untuk membantu menjaga kebersihan.

Toilet yang bersih juga tersedia di dekat gerbang masuk. Mushola atau tempat ibadah juga tersedia dengan perawatan yang baik. Tak hanya itu, di Pasar Seni ini juga sudah tersedia café atau resto dengan sajian kuliner yang lezat. Pusat informasi pun tersedia bagi anda yang ingin tahu dan mencari informasi tentang Gabusan.

Pasar Seni Gabusan selalu tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini karena pasar seni ini menyuguhkan konsep wisata yang berbeda dengan objek wisata kebanyakan. Kerajinan yang ditawarkan jiga mempunyai kualitas yang sangat baik dengan nilai seni yang tinggi bahkan menjadi barang komoditi ekspor hingga keluar negeri.