5 Rekomendasi Pemandian Air Panas di Bogor

Pemandian Air Panas Bogor

Bogor menjadi salah kota yang sangat tersohor untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Memiliki pemandangan sekaligus udara yang sejuk membuat banyak hal bisa dilakukan di Bogor. Bagi anda yang ingin menghilangkan penat dengan berendam air panas, ke kota Bogor menjadi tujuan paling direkomendasikan.

Pemandian air panas alami ini pastinya bisa membuat tubuh anda rileks dan juga nyaman. Berikut 5 rekomendasi tempat berendam air panas di Kota Bogor.

1. Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian Air Panas Ciparay

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. – Image Credit by Ayopelesiran.com

Lokasinya masih berada di daerah Gunung Salak Endah dan menjadi pemandian yang masih alami di Kota Bogor. Untuk mencapai lokasi juga tak terlalu susah dengan menuju Gunung Bunder kemudian dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 5km. Perjalanan panjang yang telah anda tempuh akan terbayar lunas begitu anda melihat panorama alam yang mempesona.

Anda akan merasakan sensasi berendam air panas lengkap dengan pancuran yang terbuat dari bambu. Memang anda tidak bisa berendam di bawah pancuran hanya saja suasana alami akan langsung terasa. Kompleks pemandiannya juga ditata dengan seksama sehingga bisa membuat anda merasa nyaman. Selain berendam, anda juga bisa menikmati kudapan yang dijajakan oleh penjual dilokasi untuk memanjakan perut anda ketika lapar telah melanda.

Untuk menikmati beredam di  Air panas Ciparay anda juga tak harus mengeluarkan kocek yang dalam. Tiket masuknya yang masih terjangkau membuat tempat satu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika ke Bogor. Berendam dengan air panas dijamin bisa membuat tubuh anda rileks. Apalagi jika dengan banyak orang pastinya akan membuat kegiatan berendam semakin seru serta menyenangkan.

2. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Lokasi: Jl. Desa, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Gunung Pancar menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi terutama bagi anda yang ingin merasakan nuansa alam yang masih kental. Tidak hanya terkenal untuk dijadikan sebagai lokasi camping, Gunung Pancar juga memiliki pemandian air panas yang harus anda jajal sendiri. Merasakan sensasi berendam di air panas kemudian disajikan dengan pemandangan alam tentunya menjadi aktivitas liburan yang menyenangkan.

Pemandian air panas ini berada di kampung karang tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor. Begitu mengunjungi tempat ini, anda bisa memiliki beberapa kolam yang tersedia. Anda bisa memilikikolam umum maupun kolam pribadi tergantung dari kebutuhan anda. Jika memilih kolam umum tentunya anda harus berendam dengan pengunjung yang lain dan di area yang terbuka. Namun kolam umum ini juga dibedakan antara laki laki dan perempuan.

Sementara untuk merasakan privasi yang lebih tinggi, anda bisa menggunakan kolampribadi. Kolam ini dibatasi dengan bebatuan antara kolam satu dengan kolam lainnya. Biasanya kolam pribadi ini digunakan dengan keluarga maupun teman temannya. Tak hanya bisa membuat tubuh rileks, kolam pemandian air panas ini juga bisa digunakan untuk terapi kesehatan. Bahkan banyak yang datang untuk alasan satu ini dari berbagai daerah.

3. Kawah Ratu

Kawah Ratu

Lokasi: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor. – Image Credit by Propertyandthecity.com

Kawah Ratu sendiri berada di ketinggian 1.338 mdpl dan masuk di daerah wisata sekitar Gunung salak. Meskipun untuk menuju lokasi, anda harus menaklukkan jalanan yang cukup ekstrim dan juga berliku. Sangat cocok untuk anda yang gemar akan tantangan dan petualangan. Area satu ini selalu mempunyai aktivitas geologi sebab memiliki kepundan yang mendidih juga mengeluarkan gas asam sulfat setiap saat.

Dari kawah memang masih membutuhkan perjalanan lagi agar bisa sampai di pemandian air panasnya. Nantinya akan ada sebuah sungai yang memiliki aliran jernih dan juga membelah area di daerah kawah. Lokasinya inilah yang bisa anda jadikan sebagai tempat berendam. Di sekeliling sungai akan dikelilingi oleh belerang yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Tak jarang pengunjung akan membawa belerang belerang tersebut untuk pulang. Lokasinya memang cukup ekstrim sehingga harus disesuaikan dengan kondisi anda masing masing.

4. Tirta Sanita

Tirta Sanita

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kab. Bogor. – Image Credit by Travelspromo.com

Tirta Sanita menjadi lokasi selanjutnya untuk anda yang ingin berendam air hangat di kota Bogor. Berada di Ciseeng, Parung, Kota Bogor dan menjadi lokasi berendam air panas yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tirta Sanita juga dikenal dengan Tirta Sanita Hot Spring anda Outbond yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Tersedia aneka permainan untuk anak anak hingga outbond dan juga penginapan.

Harga tiket untuk setiap wahana juga terbilang terjangkau yakni mulai dari Rp. 5 ribu hingga Rp. 50 ribuan. Harga tersebut berlaku untuk berendam dengan air hangat. Sebab anda akan bisa menikmati berendam yaang ada di kolam rendam dan juga bisa menikmati kamar mandi air panas. Hal ini tentunya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan anda, mengingat setiap orang membutuhkan privasi yang berbeda beda. Setiap kamar air panas nanti akan ada waktu berendamnya.

Pemandian air panas satu ini airnya didapatkan dari sumber di bukit kapur setempat. Sehingga air panas yang nantinya digunakan berendam memiliki kandungan kapur dan juga belerang. Dimana kandungan ini dipercaya bisa untuk menyembuhkan beragam penyakit. Mulai dari penyakit kulit hingga rematik dan banyak yang lainnya. Meskipun menawarkan pemandian air panas, lokasinya juga memiliki spot spot yang instagramble.

5. Resort Giri Tirta

Resort Giri Tirta

Lokasi: Jl. Mahkota Raja No. 76, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor. – Image Credit by Klikhotel.com

Tak hanya mengunjungi pemandian Gunung Pancar, di sekitar daerah tersebut juga tersembunyi resort yang menawarkan pemandian air panas. Memang untuk menuju lokasi satu ini anda harus menempuh perjalanan yang terbilang belum memiliki akses yang memadai. Namun tak perlu khawatir, pengunjung bisa memanfaatkan jemputan khusus yang memang telah disediakan oleh pengelola resort Giritirta ini.

Bisa dikatakan jika resort Giritirta merupakan pemandian air panas yang ekslusif. Mengingat pemandian ini menjadi favorit turi mancanegara yang sedang mampir ke Bogor. Fasilitas yang ditawakan juga terbilang banyak mulai dari kolam untuk bersama dan juga kolam untuk keluarga saja. Tantanannya juga terbilang masih alami namun ada sentuhan modern yang membuat tempat satu ini begitu indah dan nyaman untuk merendam tubuh anda.

Air panas yang digunakan juga merupakan dari sumber yang mengandung belerang. Sehingga bisa menyehatkan kulit siapapun yang berendam di air panas ini. Lokasi Giritirta berada di Karang Tengah, Bogor. Selain kolam air panas untuk anda berendam, juga ada air terjun yang tak kalah dengan jenis hot tub lainnya di Indonesia. Mengunjungi Giritirta spa ini anda tak akan menyesal jika merasakan sendiri pengalaman berendam air panas.

Selain memiliki pemandangan dan juga tempat wisata yang banyak, kota Bogor juga menawarkan pemandian air panas untuk anda yang ingin merilekskan tubuh. Beberapa di antaranya memiliki rute perjalanan yang terbilang menantang. Namun bisa dipastikan jika anda harus menjajal bagaimana keseruan dan nikmatnya berendam di air panas alami di kota Bogor. Apalagi jika dilakukan bersama sama yang membuat semakin mengesankan dan tak terlupakan.