Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Desa, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu destinasi wisata menarik yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat adalah Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman berwisata yang cukup unik dan menyehatkan, yakni berendam di air panas. Seperti apakah penjelasan lebih lanjut mengenai tempat wisata hits ini? Yuk kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Daya Tarik Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Daya Tarik Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Image Credit: Twitter Arifin D. Slamet

Pemandian Air Panas ini merupakan salah satu kawasan wisata di Gunung Pancar, Kabupaten Bogor yang menawarkan pengalaman berwisata yang cukup menarik, yakni berendam di kolam air panas belerang alami. Di tempat wisata hits ini, ada beberapa jenis kolam pemandian yang dapat digunakan, seperti kolam semi indoor, kolam outdoor, ataupun kolam pribadi. Banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk berendam air panas di lokasi ini, karena air panas belerang alami ini dipercaya mampu memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh.

Apabila Anda berpikir bahwa tempat wisata terbaik ini hanya menawarkan kolam pemandian air panas saja, maka Anda salah besar. Pasalnya, ada banyak sekali daya tarik lain di kawasan wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar yang pastinya seru dan tak boleh dilewatkan. Apa sajakah itu? Berikut telah kami rangkum beberapa daya tarik utamanya:

1. Pemandian Air Panas

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama yang ditawarkan di tempat wisata hits ini tak lain adalah pemandian atau kolam air panasnya. Di kolam ini, pengunjung dapat bersantai sambil berendam air panas bersama pengunjung lainnya. Air panas di pemandian ini bersumber dari mata air panas belerang alami, sehingga warnanya sangat jernih kehijauan. Meski airnya bersumber dari sumber air panas belerang, namun bau belerang di tempat pemandian ini tidaklah menyengat.

Sebenarnya, ada beberapa jenis kolam pemandian air panas yang tersedia di tempat wisata alam yang indah ini. Jenis kolam pertama adalah kolam air panas setengah indoor, yakni dengan atap penutup di atasnya. Kolam yang satu ini sangat cocok terutama ketika musim hujan. Selain itu, ukuran kedalaman dari kolam ini juga tidak terlalu dalam sehingga cocok bagi anak-anak yang ingin berendam, namun pastikan bahwa anak-anak ini selalu dalam pengawasan orang dewasa.

Jenis kolam selanjutnya yakni kolam air panas terbuka (outdoor). Jenis kolam air panas outdoor ini sangat cocok terutama bagi pengunjung yang menyukai suasana alam terbuka. Di kolam air panas outdoor ini, pengunjung dapat menikmati nyamannya berendam di air panas sambil ditemani suasana alam yang asri dan rindang. Namun karena sifatnya yang benar-benar terbuka, maka kolam yang satu ini memang kurang cocok untuk digunakan ketika hujan.

2. Kolam Pribadi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa jenis kolam pemandian air panas yang tersedia di kawasan wisata alami ini. Namun, masing-masing dari kolam tersebut merupakan kolam umum, sehingga pengunjung dapat berendam bersama dengan pengunjung lainnya. Apabila Anda membutuhkan kolam yang lebih privat, tidak perlu khawatir. Pasalnya, di Pemandian Air Panas Gunung Pancar terdapat area kolam pribadi yang dapat dimanfaatkan terutama bagi para pengunjung yang membutuhkan kolam pemandian yang lebih privat dan tertutup.

Untuk dapat menggunakan fasilitas kolam pribadi ini, pengunjung dapat menyewa ruangan pemandian dengan biaya tambahan. Masing-masing dari ruangan pemandian ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap, seperti tempat menyimpan barang, kamar bilas, serta tempat bersantai. Selain itu, ruangan pemandian ini dapat digunakan oleh 3 sampai 4 orang, sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berendam bersama teman atau keluarga.

3. Layanan Pijat

Tidak hanya dapat berendam di kolam pemandian air panas, pengunjung di kawasan wisata alami ini juga dapat menikmati layanan pijat yang ditawarkan oleh para tukang pijat keliling. Jasa pijat ini sangatlah menarik untuk dicoba, terutama setelah aktivitas berendam air panas ataupun setelah berjalan cukup lama sehingga membuat tubuh semakin nyaman dan rileks.

Daya Tarik di Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps Arka Panghegar.

4. Spot Bersantai

Pada umumnya, pengunjung yang sudah selesai berendam di kolam pemandian air panas akan merasa sedikit mengantuk, dan memilih untuk bersantai terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan. Oleh sebab itu, pihak pengelola telah menyediakan area bersantai lengkap dengan gazebo dan kursi santai sehingga pengunjung dapat beristirahat sejenak.

Tak hanya itu saja, biasanya pengunjung juga memanfaatkan area bersantai ini untuk menyantap makanan dan minuman ringan, serta menaruh barang bawaan ketika sedang berendam. Karenanya, area bersantai ini memang selalu ramai oleh pengunjung baik untuk beristirahat, makan dan minum, atau menaruh barang bawaannya.

5. Spot Berfoto

Terdapat satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan Indonesia ketika mengunjungi suatu tempat wisata, yakni berfoto. Ya, kegiatan berfoto saat ini memang sangat banyak dilakukan dalam rangka mengabadikan momen perjalanan wisata yang menyenangkan. Untuk itu, pengunjung tidak perlu khawatir, karena di kawasan Pemandian Air Panas ini terdapat beberapa spot foto menarik yang pastinya patut dicoba.

Ragam spot foto menarik yang terdapat dalam kawasan wisata hits ini sangatlah beragam, di antaranya yaitu jembatan bambu, hutan pinus, tembok batu, pendopo, dan masih banyak lagi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Image Credit: Twitter Pesona Indonesia

Pemandian Air Panas Gunung Pancar ini terletak di Jl. Desa, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Lokasi dari tempat wisata hits ini sangatlah mudah dijangkau, karena jaraknya hanya sekitar 23 kilometer dari pusat kota Bogor. Perjalanan ke Pemandian Air Panas Gunung Pancar dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Bagi kendaraan roda dua, rute menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan alternatif, namun bagi kendaraan roda empat, perjalanan dapat ditempuh melalui Tol Jagorawi baik dari arah Jakarta maupun Bogor.

Apabila pengunjung memilih untuk mengakses kawasan wisata alami ini melalui Tol Jagorawi, rutenya sangatlah mudah. Pertama-tama, pengunjung hanya perlu keluar di pintu tol Sentul Selatan. Setelah itu, teruskan perjalanan dengan melewati jalan utama di kawasan Sentul City, yakni Jalan MH. Thamrin. Kemudian, terus ikuti jalan utama tersebut sampai ke Jalan Siliwangi dan Jalan Bali Raya di area Sumur Batu.

Sesampainya di area ini, pengunjung akan menemukan patokan yang cukup jelas, yakni perumahan Sentul Nirwana. Apabila sudah melewati perumahan ini, pengunjung dapat langsung belok kiri ke arah taman hiburan Jungle Land. Setelah itu, tetap ikuti jalur ini sampai menuju ke Jl Cimandala. Dari jalan ini, lokasi dari pemandian – akan dapat ditemukan tepatnya di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Pemandian

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps about saputro

Salah satu alasan utama banyaknya wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata terbaik ini adalah karena harga tiketnya yang cukup murah. Untuk wisatawan lokal, harga tiket masuk yang dikenakan yakni sebesar Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.500 di akhir pekan. Bagi wisatawan asing, biaya tiket yang dikenakan yakni Rp 100.000 di hari biasa dan Rp 150.000 di akhir pekan. Perlu diingat, tiket di atas hanyalah tiket masuk ke kawasan Gunung Pancar, belum termasuk tiket untuk masuk ke area pemandian air panasnya.

Untuk tiket masuk ke area pemandian air panas, tarif yang dikenakan adalah sebesar Rp 25.000. Namun, apabila pengunjung memilih untuk menyewa kolam pemandian pribadi, maka akan dikenakan biaya tambahan. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, tarif parkir yang dikenakan adalah sebesar Rp 10.000 di hari biasa dan Rp 15.000 di akhir pekan, untuk kendaraan roda empat. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, tarif parkirnya yakni sebesar Rp 5.000 di hari biasa dan Rp 7.500 di akhir pekan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Air Panas

Kegiatan Menarik Wisata Air Panas Gunung Pancar
Image Credit: Twitter Kompas Travel

Banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan oleh para pengunjung di kawasan wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Selain berendam air panas, di tempat ini pengunjung juga dapat menikmati jasa pijat, menyantap hidangan yang variatif, berfoto, bersantai sambil menikmati keindahan alam, serta menyaksikan hewan liar seperti burung yang berlalu lalang.

1. Berendam

Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang dihadirkan dari berendam di air panas alami ini. Pertama, berendam di kolam air panas belerang dapat melancarkan peredaran darah, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, karena sifat belerang yang bermanfaat bagi kulit, maka berendam air panas belerang juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi jerawat, mencegah penuaan kulit, mengatasi ketombe, dan masih banyak manfaat baik lainnya.

2. Menikmati Jasa Pijat

Biasanya, ada banyak tukang pijat keliling yang menawarkan jasa pijat, mulai dari pijat kepala, pijat tangan, pijat kaki, ataupun pijat punggung. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir karena masing-masing dari tukang pijat ini sudah sangat berpengalaman, sehingga mampu memberikan layanan pijat yang terbaik. Tarif yang dikenakan untuk menyewa layanan pijat ini bervariasi, namun rata-rata tukang pijat di kawasan wisata ini mengenakan tarif sebesar Rp 50.000 per pelanggan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pemandian Air Panas Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps Jacky Linton

Soal fasilitas, pengunjung sudah tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, fasilitas yang tersedia di Pemandian Air Panas Gunung Pancar bisa dibilang sudah sangat lengkap, mulai dari kolam pemandian umum, kolam pemandian pribadi, toilet, Mushola, pos keamanan, puja sera, tempat bersantai, spot foto, kamar bilas, tempat menyimpan barang, area parkir, dan masih banyak lagi.

Kota Bogor dan sekitarnya memang tidak ada habisnya menawarkan daya tarik wisata yang beragam. Salah satu jenis daya tarik wisata yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan di Kota Bogor dan sekitarnya adalah wisata alam. Tak dapat dipungkiri, pemandangan alam di daerah tersebut memang sangatlah cantik dan menawan.

Di tempat wisata hits ini, pengunjung sudah tidak perlu khawatir akan merasa lapar. Pasalnya, terdapat banyak sekali warung dan kedai makanan yang menjual ragam hidangan menarik di area puja sera. Di area puja sera ini, pengunjung dapat mengisi perut dengan menyantap ragam makanan serta minuman yang variatif, mulai dari hidangan ringan sampai hidangan berat.

Selain itu, di area puja sera ini juga disediakan meja dan kursi makan, sehingga pengunjung dapat menyantap hidangan pesanannya secara langsung di tempat ini. Namun, apabila pengunjung memilih untuk menyantap makanannya di tempat lain, maka penjual akan membungkus pesanannya dengan wadah khusus.

Itulah ulasan lengkap mengenai salah satu destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Bogor, yakni Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata hits ini di masa pandemi, pastikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan yang berlaku, sehingga perjalanan wisata Anda dapat berlangsung dengan lebih aman dan menyenangkan.