Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 09.00-23.00 WIB, Alamat: Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pemandian Air Panas Pacet merupakan destinasi wisata pemandian yang mana sumber air panasnya berasal dari Gunung Welirang. Destinasi wisata di Mojokerto ini cukup ramai dan juga menjadi unggulan serta favorit bagi banyak pengunjung. Baik pengunjung lokal maupun turis asing sering tampak ada di kawasan tersebut.

Keistimewaan yang dimiliki oleh pemandian tersebut kerap membuat orang banyak merasa penasaran. Panorama wisata di kawasan tersebut terbilang sangat populer dan menyimpan banyak keunikan. Dikarenakan menjadi salah satu ikon wisata di Mojokerto, maka pemandian tersebut selalu menjadi buruan bagi banyak traveler.

Tempat ini cocok dikunjungi bila Anda merasa bosan, jenuh, penat, dan lain sebagainya dengan aktivitas sehari-hari yang tak ada habisnya. Apalagi, Pemandian Air Panas Pacet ini menghadirkan wisata dengan tema alam. Oleh karena itu, tak usah menunggu lama lagi untuk segera menghabiskan liburan di pemandian tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pemandian Air Panas Pacet

Daya Tarik Pemandian Air Panas Pacet
Image Credit: Google Maps Dhea Pratama Novian Putra

1. Taman Kelinci

Apabila Anda memasuki wisata berupa Pemandian Air Panas Pacet, maka akan menjumpai Taman Kelinci. Ini merupakan sebuah lahan yang di dalamnya beralaskan rumput serta beragam mainan dengan kelinci yang berjumlah banyak ada di kanan jalan.

Sesuai dengan namanya, maka spot tersebut diperuntukkan bagi pengunjung anak-anak yang ingin bermain serta melakukan interaksi dengan kelinci. Kelinci-kelinci di sana pun tampak lucu dan menggemaskan.

2. D’Qoem-Qoem

Di Pemandian Air Panas Pacet telah disediakan sebuah wahana yang memiliki konsep berupa kolam rendam privat yang diberi nama D’Qoem-Qoem. Lokasinya ada di sebelah kiri dari parkiran mobil sesudah pos porter tiket.

Dibuka sejak tahun 2009 lalu, D’Qoem-Qoem ini didirikan guna memenuhi keinginan pengunjung yang butuh privasi. Spot ini telah menyediakan kolam rendam sejumlah 6 unit yang dilengkapi dengan ruang bilas serta ruang ganti.

Setiap kolam mempunyai kapasitas yang maksimalnya untuk 10 pengunjung saja. Biasanya pengunjung akan lebih sering berendam diri di kolam privat ini pada malam hari. Hal itu karena suhu udaranya lebih dingin dan terhindar dari panas matahari secara langsung.

Daya Tarik di Pemandian Air Panas Pacet
Image Credit: Google Maps Eka Maulidzar

3. Terdapat Air Terjun yang Indah

Pemandian air panas yang terkenal di Jawa Timur, khususnya Mojokerto ini mempunyai daya tarik tersendiri berupa Air Terjun Cuban Canggu. Air terjun tersebut memiliki aliran yang dapat dikatakan deras. Adanya air terjun ini semakin membuat kawasan di sekitaran pemandian tampak begitu alami. Sehingga, sungguh sayang untuk tidak dikunjungi oleh Anda.

4. Flying Fox

Bagi pengunjung muda mudi, tentu saja flying fox merupakan hal yang cukup menarik. Ketika berlibur ke kawasan pemandian tersebut, Anda akan menjumpai dan juga mencoba wahana flying fox. Wahana ini akan memacu adrenalin dan menjadikan aktivitas liburan Anda semakin seru. Flying fox di sana cukup aman karena diawasi oleh pengelola wisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pemandian Air Panas Pacet
Image Credit: Google Maps Rifki Fala

Untuk alamat Pemandian Air Panas Pacet dapat Anda temukan di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur atau tepatnya di Jalan Pemandian Air Panas, Pandusan. Semenatara, akses untuk menuju ke pemandian ini terbilang bersahabat, Anda dapat menemukan wisata tersebut dengan mengendarai kendaraan roda empat dan roda dua.

Jalanannya telah beraspal, pemandian ini pun satu jalur dengan Pacet Mini Park yang sedang populer. Pemandian ini apabila dari pusat perkotaan Mojokerto jaraknya sekitar 32 km, dan bila ditempuh akan memakan waktu sekitar 1 jam saja.

Tenang saja karena 1 jam tersebut tak akan terasa, pasalnya di tiap ujung jalanan akan disuguhi pemandangan alam yang cantik, Anda dapat berhenti sebentar untuk istirahat atau mengambil gambar. Rute yang dapat Anda pilih dari pusat perkotaan Mojokerto, yakni ke arah Barat untuk menuju Jalan Gajah Mada, lalu ambil Jalan Gempol – Mojokerto.

Setelah itu, mengemudi dari Jalan Jayanegara, Jalan Gempol –Mojokerto, Jalan Raya Pacing, Jalan Letjend Suprapto, dan Jalan Air Panas. Anda pun telah mendekati lokasi wisata pemandian itu.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Pacet

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Pacet
Image Credit: Google Maps Muhamad Ridwan Rifai

Harga tiket masuk Pemandian Air Panas termasuk bersahabat. Pasalnya, setiap pengunjung diharusnya membayar biaya hanya sebesar Rp 15.000 saja. Sementara, untuk bisa masuk ke spot kolam pemandian, maka Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 untuk dewasa serta Rp 7.500 untuk anak-anak.

Kemudian mengenai jam operasionalnya, wisata pemandian ini dibuka mulai jam 9 pagi dan tutup pada jam 11 malam. Dibuka dengan jam yang lebih lama, hal tersebut dikarenakan pengunjung makin hari makin meningkat. Dengan jam buka yang lama, maka pengunjung dapat menikmati liburannya lebih lama serta santai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pemandian Air Panas Pacet

Kegiatan Menarik Pemandian Air Panas Pacet
Image Credit: Google Maps Syarifah Naila Autharina, S.H.

1. Berendam Diri di Air Panas

Aktivitas wisata yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pengunjung di Pemandian Air Panas Pacet adalah berendam diri dalam air panas. Pemandian ini mempunyai kolam air panas yang jumlahnya ada 5 buah. Kolam-kolam air panas pun dialiri oleh sumber air panas dari Gunung Welirang secara langsung.

Sumber air panasnya mengandung sulfur dan belerang yang memiliki manfaat guna menyembuhkan banyak penyakit. Merendamkan diri ke dalam kolam air panas pun memberikan efek relaksasi dan juga menjadikan badan lebih segar.

Berbalut dengan udara pegunungan yang terasa sejuk, pengunjung dapat sekaligus menikmati pemandangan hamparan hutan pinus yang asri serta mempesona. Kadang kala juga ada kabut tipis yang turun dan menyelimuti kawasan wisata tersebut. Ketika rintik hujan turunan membasahi, justru dapat menambah sensasi dalam merasakan air kolam yang hangat.

2. Menikmati Udara Pegunungan yang Sejuk

Lokasinya yang terletak pada lereng dari Gunung Welirang, maka jangan heran apabila Pemandian Air Panas Pacet mempunyai suasana pegunungan yang khas. Panorama kawasan yang tergolong ke dalam Taman Hutan Rakyat tersebut menyuguhkan kontur yang menanjak.

Suhu udara di sana rata-rata berkisar 20 derajat Celcius. Untuk rata-rata curah hujan di kawasan tersebut adalah 3000 mm per tahun. Di sekitar sana merupakan area yang rimbun dan hijau karena dipenuhi oleh jajaran pohon pinus.

Kegiatan Menarik di Pemandian Air Panas Pacet
Image Credit: Google Maps BeeDDjoo

3. Berkeliling dengan Naik Kuda

Anda bisa berkeliling di sekitaran kawasan wisata yang indah ini dengan naik kuda yang sudah disediakan. Akan tetapi, kuda di sana tak setiap hari ada, sehingga hanya pengujung yang beruntung saja yang bisa menjumpainya.

Untuk berkeliling dengan kuda ini, maka Anda hanya perlu untuk duduk di atas pelana kuda sembari menikmati panorama di sekitar Pemandian Air Panas Pacet. Tenang saja karena sang pemilik kuda akan menuntun serta mengarahkan kudanya untuk mengitari area tersebut.

Bagi Anda yang baru pertama kali menaiki kuda, tentunya kegiatan ini bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Ketika berkeliling dengan kuda, Anda akan menemukan pedagang kaki lima yang berjajar.

Selain itu, juga banyak kios-kios dan warung kuliner yang terlihat menyerupai pasar di depan kawasan wisata. Di sana Anda bisa membeli berbagai buah tangan khas Pacet, baik sayuran, buah, ataupun makanan olahan.

4. Mengambil Gambar (Fotografi)

Mengambil gambar atau fotografi menjadi sebuah aktivitas tambahan yang menarik dan harus Anda lakukan kala ada di Pemandian Air Panas Pacet. Hal itu karena pemandangan alam yang tersaji di tempat ini sangat memukau dan mampu menjadikan hasil foto tampak bagus.

Spot mengambil gambar yang menjadi favorit banyak orang di sana adalah kolam air panasnya. Anda bisa berfoto ketika sedang merendamkan diri di kolam air panas tersebut. Jadi, sebaiknya membawa kamera atau ponsel agar bisa melakukan aktivitas ini di wisata pemandian yang terletak di Mojokerto ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pemandian

Fasilitas Pemandian Air Panas
Image Credit: Google Maps Eka Maulidzar

Untuk ketersediaan fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Pacet yang cukup populer ini, Anda tak perlu khawatirkan. Sebagai salah satu objek wisata terbaik di Mojokerto, tentu fasilitas di sana telah memadai. Apalagi, pihak pengelola wisata pemandian tersebut memperhatikan dengan baik mengenai fasilitas wisatanya.

Anda tak usah bingung mengenai keamanan kendaraan yang dibawa saat mengunjungi wisata ini karena telah disediakan area parkir yang tergolong luas. Disana juga sudah ada warung makan bila Anda ingin menyantap makanan. Jika Anda membawa bekal sendiri, maka dapat menyantapnya di sejumlah gazebo yang tersedia.

Toilet umum pun dapat dengan mudah untuk Anda temukan saat liburan di pemandian ini. Jika Anda seorang muslim, dapat melakukan ibadah di mushola yang ada di kawasan wisata yang unik tersebut. Kolam renang serta masih banyak fasilitas lainnya yang tersedia di tempat tersebut.

Nah, mungkin sudah cukup sampai di sini saja pengenalan mengenai wisata populer di Mojokerto yang bernama Pemandian Air Panas Pacet. Tentu saja pemandian tersebut pas untuk Anda jadikan referensi objek berlibur bersama keluarga. Mendatangi tempat wisata ini pun dapat membuat liburan Anda terasa mengesankan.