Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-20.00 WIB, Alamat: Jl. Batu Tulis, Lebak, Kec. Munjul, Kab. Pandeglang, Banten; Map: Cek Lokasi

Wisata Pemandian Cikoromoy, Pandeglang adalah salah satu destinai wisata rakyat yang populer. Tak hanya di kalangan wisatawan lokal namun pemandian ini juga populer dikunjungi wisatawan dari luar kota. Hal ini karena wisata pemandian terkenal ini terletak tak jauh dari pusat kota, sehingga bisa dijangkau oleh alat transportasi dengan mudah.

Di lokasi wisata ini anda bisa mengajak serta keluarga dan sanak saudara. Banyak fasilitas penunjang lokasi wisata satu ini yang dijamin akan membuat kegiatan wisata anda menjadi lebih nyaman. Dengan harga tiket yang terjangkau, anda bisa menikmati liburan menyenangkan tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak. Berikut ulasannya untuk anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Pemandian Cikoromoy

Daya Tarik Pemandian Cikoromoy
Image Credit: Google Maps Zulhijatiningsih Ningsih

1. Sudah Ada Sebelum Jaman Belanda

Tak banyak yang tahu bahwa lokasi wisata terkenal di Pandeglang ini sudah ada jauh sebelum Belanda datang ke Indonesia. Pemandian ini dipercaya merupakan tinggalan leluhur yang berkaitan dengan kerajaan pada jaman itu. Sehingga lokasi wisata ini juga bisa digunakan sebagai petilasan jaman dahulu oleh para pecinta sejarah.

Walaupun sudah ditemukan sejak lama, namun penggunaan Pemandian Cikoromoy ini baru resmi pada tahun 1975. Pada awalnya lokasi wisata ini tak hanya digunakan sebagai lokasi pemandian atau wisata, namun juga sebagai salah satu sumber air bagi penduduk sekitar. Sumber air dari lokasi wisata ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Pemandian yang juga sebagai tempat sumber air bagi penduduk sekitar ini terjaga kelestariannya hingga kini. Penduduk sekitar dan juga pihak pengelola menjaganya dengan baik. Karena pentingnya peran pemandian ini bagi ekonomi penduduk sekitar, maka kesadaran untuk menjaga kelestariannya akan semakin tinggi.

2. Wisata yang Terbentuk Secara Alami

Lokasi wisata Pemandian Cikoromoy ini terbentuk secara alami. Sehingga keindahan alam disekitar lokasi pemandian memang asri dengan bentuk aslinya. Sumber air yang mengisi pemandian ini adalah berasal dari Gunung Pulosari. Aliran air dari gunung ini kemudian bermuara dan menjadi kolam dengan air yang jernih.

Genangan air yang bersih dan jernih inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk lokasi wisata dan juga sebagai sumber air bagi penduduk sekitar. Tak hanya aliran air gunung alaminya yang terasa segar, namun bila anda melihat dasar kolamnya maka anda akan melihat batu batuan yang jernih dan terbentuk secara alami.

Dengan jernih dan kebersihan air dalam kolam ini menjadikan banyak ikan yang juga hidup disana. Walaupun banyak ikan cantik yang berenang, namun ikan ikan tersebut tidak akan mengganggu wisatawan yang ingin mandi atau berenang disana. Keberadaan ikan ikan ini ditengah pengunjung malah menjadi daya tarik tersendiri.

Daya Tarik Dimiliki Pemandian Cikoromoy
Image Credit: Google Maps Moelyhadie Yhanto

3. Keramahan Warga Sekitar

Kearifan lokal warga sekitar wisata Pemandian Cikoromoy memang sudah terkenal. Warga sekitar sangat ramah bahkan kepada para wisatawan luar kota atau wisatawan asing. Hal ini juga lah yang menjadi daya tarik bila berkunjung ke lokasi wisata ini. Anda akan disambut dengan baik dan ramah sehingga anda akan lebih nyaman menikmati liburan bersama keluarga.

Tak jarang juga banyak warga sekitar wisata pemandian yang menyediakan berbagai fasilitas menunjang kebutuhan wisatawan. Beberapa diantaranya seperti menyediakan pusat oleh oleh khas daerah setempat untuk dibawa pulang. Atau anda juga bisa menemukan aneka kuliner khas Pandeglang yang disediakan oleh warga daerah sekitar.

4. Panorama Alam Sekitar Pemandian yang Indah

Karena pemandian di Pemandian Cikoromoy ini memang terbentuk secara alami. Sehingga keadaan sekitar lokasi wisata ini memang masih asri dengan berbagai macam pepohonan tumbuh disana. Mata air yang mengalir ke kolam pemandian ini adalah berasal dari mata air Gunung Pulosari. Sehingga lokasi wisata ini tentu dekat dengan hutan di lereng gunung.

Pepohonan yang berjajar asri dan teduh ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mendapat kesan alam yang kental. Tak hanya hutan, namun lokasi pemandian juga dekat dengan area persawahan dengan hamparan hijau yang cantik. Pemandangan ini tentu tidak bisa anda lihat setiap hari di kota.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pemandian Cikoromoy
Image Credit: Google Maps Adha Ardiansyah

Pemandian Cikoromoy berlokasi di Desa Kadubungbung, masuk wilayah Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Lokasi wisata ini terhitung mudah untuk diakses karena mempunyai jarak yang tidak jauh dari pusat kota. Bila anda bekendeara dari pusat Kabupaten Pandeglang, maka anda hanya membutuhkan jarak sekitar 15 kilometer saja.

Rute yang dapat ditempuh wisatawan yang ingin berkunjung dari luar kota adalah dengan masuk ke arah tol Serang Timur. Setelah masuk ke jalur tol kemudian anda bisa berkendara menuju ke arah pusat pemerintahan Kabupaten Pandeglang. Setelah masuk kawasan pemerintahan, maka jarak ke arah lokasi wisata hanya sekitar 30 menit dari sana.

Lokasi wisata ini juga bisa dengan mudah anda temukan dengan bantuan aplikasi Google Maps. Bila anda bingung mencari rute yang tepat di dalam kota, maka anda bisa mengetik pada aplikasi Google Maps tersebut Lokasi Wisata Pemandian di Cikoromoy. Setelah itu anda akan ditunjukkan jalur yang tercepat menuju ke arah yang dimaksud.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Permandian Cikoromoy
Image Credit: Google Maps muhamad kusdinar

Wisata Pemandian Cikoromoy ini bisa dijadikan tujuan wisata yang seru saat membawa keluarga atau sanak saudara. Wisata yang mudah dijangkau ini juga mempunyai harga tiket masuk yang juga terjangkau. Sehingga anda yang ingin berlibur dengan budget yang hemat bersama keluarga, lokasi wisata ini akan cocok anda tuju.

Harga tiket masuk ke pemandian Kabupaten Pandeglang ini hanya sekitar Rp 5 ribu per orangnya. Harga tiket masuk yang masih sangat terjangkau ini akan sepadan dengan pemandangan alam yang meknakjubkan yang bisa anda lihat disepanjang jalan. Lokasi wisata pemandian ini juga asri dan rindang dengan berbagai pepohonan disekitar kolam.

Bila berkunjung ke lokasi Pemandian Cikoromoy, anda hendaknya membawa budget yang lebih karena selain harga tiket masuk yang harus dibayar, anda akan dikenakan tarif parkir. Tarif parkir ini akan berbeda tergantung jenis kendaraan yang dibawa. Lahan parkir yang luas disediakan oleh pengelola akan membuat anda nyaman berwisata.

Anda bisa berkunjung pada hari apa saja. Hal ini karena lokasi wisata pemandian ini buka setiap hari dengan jam operasional antara pukul 8 pagi hingga 8 malam waktu setempat. Anda akan bisa menikmati bermain air dan pemandangan asri disekitar lokasi pada pagi hari hingga sore hari dengan puas.

Kegiatan yang Menarik di Pemandian Cikoromoy

Kegiatan Menarik Pemandian Cikoromoy
Image Credit: Google Maps Nur Hidayatullah

1. Berenang dan Bermain Air

Berenang dan bermain air adalah hal wajib yang bisa anda akukan di lokasi Pemandian Cikoromoy. Kolam airnya yang jernih dan bersih akan mengundang anda bermain disana beberapa lama. Airnya yang bersih dan jernih ini akan membuat anda bisa melihat hingga ke dasar kolam. Dasar kolam ini mempunyai batuan alami yang terbentuk indah.

Bermain air disini masih aman dilakukan oleh anak kecil. Namun walaupun aman, pengawasan orang tua masih tetap dibutuhkan. Bila anda tidak membawa pelampung sendiri, tak perlu kuatir. Pihak pengelola pemandian akan menyediakan pelampung dengan berbagai ukuran dan bentuk yang cantik untuk anda sewa selama disana.

2. Berfoto Dengan Latar Pemandangan Alam

Tak hanya kolam air yang bersih dan jernih, namun yang menjadi daya tarik wisata Pemandian Cikoromoy adalah pemandangan alamnya yang menawan. Hal ini akan sayang bila dilewatkan begitu saja. Setelah puas bermain air, anda bisa menyempatkan untuk berfoto bersama keluarga di lokasi wisata satu ini.

Banyak spot foto yang dekat alam bisa anda pilih. Hal ini karena lokasi wisata pemandian ini dekat dengan pegunungan. Aliran air yang mengalir ke kolam adalah air gunung yang berasal dari Gunung Pulosari. Sehingga masih banyak pepohonan yang tumbuh disekitar lokasi yang menjadikannya tampak asri dan rindang.

3. Wisata Kuliner

Berkunjung ke lokasi wisata tak lengkap rasanya bila tidka mencoba berbagai macam kuliner khas daerah setempat. Begitu juga di Pemandian Cikoromoy ini. Banyak pilihan kuliner disekitar lokasi yang bisa anda pilih. Pilihan menu yang ditawarkan juga beragam dan bisa anda sesuaikan dengan selera.

Namun kuliner khas yang harus anda coba adalah ikan bakar. Ikan segar yang diolah dengan bumbu rempah rempah kemudian dibakar dengan arang. Setelah ikan matang sempurna, maka ikan bakar akan disajikan dengan nasih hangat, lalapan sayur segar dan tak lupa sambal khas Pandeglang yang menggoyang lidah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pemandian Cikoromoy
Image Credit: Google Maps Nanda Maulana

1. Kamar Mandi

Kamar mandi di lokasi wisata Pemandian Cikoromoy ini juga tersedia cukup banyak untuk pengunjung. Kamar mandi yang dikelola dengan baik ini akan memudahkan pengunjung yang ingin membersihkan diri bila sehabis berenang dan bermain air. Fasilitas ini terjaga dengan baik kebersihannya dan akan membuat pengunjung nyaman.

2. Peralatan Berenang

Bila anda berkunjung ke lokasi wisata pemandian namun tak membawa peralatan bermain air yang lengkap, maka anda bisa menyewanya di lokasi. Pihak pengelola akan menyediakan jasa persewaan alat renang seperti pelampung. Tak hanya pelampung biasa, namun pelampung yang berbentuk lucu seperti kasur, bulat dan lainnya bisa anda pilih.

3. Tempat Makan

Setelah lelah bermain air di Pemandian Cikoromoy, anda bisa melepas lelah sambil makan siang bersama keluarga. Banyak warung atau tempat makan yang bisa anda temukan disekitar lokasi wisata. Banyak sajian makanan khas daerah setempat bisa anda nikmati dan mempunyai citarasa yang lezat khas Pandeglang.

Beberapa hidangan yang wajib anda coba adalah seperti ikan bakar khas Pandeglang. Ikan segar yang dibakar dengan berbagai bumbu lezat ini akan disajikan dengan nasi hangat dan juga lalapan sayur segar. Tak hanya itu, sambal khas Pandeglang yang nikmat juga tak lupa disajikan bersama ikan bakar yang dijamin membuat anda ketagihan.

4. Lahan Parkir dan Mushola

Fasilitas lain yang akan membuat pengunjung terasa nyaman adalah lahan parkir yang luas. Lahan parkir ini akan membuat anda tak kesulitan memasukkan dan mengeluarkan kendaraan. Selain itu, Mushola atau tempat ibadah juga tersedia dekat lokasi wisata. Sehingga yang beragama Muslim bisa beribadah dengan nyaman disana selama liburan.

Berwisata alam memang menjadi pilihan yang masih digemari banyak orang. Dengan pemandangan alam yang asri akan membuat anda merasa healing sesaat dari rutinitas kesibukan sehari hari. Namun bila berkunjung ke objek wisata, utamanya di Pemandian Cikoromoy Pandeglang, harap selalu diingat untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan ya, selamat berlibur.