Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-16.00 WIB, Alamat: Kedungsriti, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Sleman adalah salah satu daerah yang saat ini banyak di perbincangkan. Tidak hanya berkaitan dengan jajaran gunungnya yang megah, namun disana juga banyak ditemukan kawasan wisata yang memanjakan pengunjung. Salah satu destinasi wisata yang banyak di perbincangkan adalah tentang Plunyon Kalikuning.

Plunyung ini kian menarik perhatian tatakala di gadang-gadang menjadi lokasi syuting difilm KKN Desa Penari yang tengah viral. Namun di samping itu, di kawasan wisata ini juga menyimpan banyak daya tarik yang layak untuk di sempatkan untuk di kunjungi. Penasaran lebih detailnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Plunyon Kalikuning

Daya Tarik Plunyon Kalikuning
Image Credit: Google Maps Satriyo Baskara

1. Memiliki Jembatan Paten

Jika berbicara tentang daya tarik, maka rasanya kurang afdol jika belum membahas masalah daya tarik yang ditawarkan pada lokasi wisata yang satu ini. Dimana salah satu ikon yang paling banyak menyita perhatian adalah berkaitan dengan bangunan jembatan yang memanjang di area lokasi.

Salah satu jembatan yang menarik perhatian adalah jembatan paten. Jembatan yang satu ini banyak menyita perhatian karena masih terbuat dari bahan bata. Tidak hanya untuk tujuan wisata saja, nyatanya untuk jembatan peten di Plunyon Kalikuning ini juga sebagai penghubung masyarakat setempat yang pada waktu itu tengah tertimbun material akibat letusan gunung merapi sekitar tahun 2006.

2. Mempunyai Jembatan Gantung

Selain jembatan paten, Plunyon Kalikuning juga mempunyai yang namanya jembatan gantung. Pada jembatan gantung ini memiliki ukuran yang bisa dikatakan sangat panjang dan menjalar di sekitar pepohonan yang hijau. Berbeda dengan sebelumnya, untuk jembatan yang stau ini memang di bangun untuk kebuhan rekreasi.

Rekreasi di kawasan jembatan gantung kian asyik tatkala melihat material yang digunakan. Sebab jembatan ini didesain dengan warna yang transparan menggunakan tali serta papan kecil supaya pelancong bisa melihat keindahan yang ada di area jembatan. Maka rasanya tak heran selain untuk menguji adrenalis juga banyak yang berfoto selfie.

Daya Tarik di Plunyon Kalikuning
Image Credit: Google Maps zulistya adi

3. Pemandangan yang Indah

Berganti dari berbagai jembatan yang ada di lokasi tersebut, maka kini saatnya untuk mengeksplorasi daya tarik lainnya di Plunyon Kalikuning. Dimana untuk daya tarik yang dimaksudkan itu adalah berkaitan dengan pemandangan yang indah. Untuk mendangan yang ada di area sana sudah jangan diragukan lagi, sebab ia memiliki banyak keindahan yang bisa memanjakan mata.

Mulai dari pepohonan yang rindang, gunung, dan juga bangunan lain yang ada di sekitarnya juga nampak memukau. Terlebih jika anda datang ke lokasi saat pagi atau sore hari. Disana anda bisa menyaksikan berbagai pemandangan yang indah dan sambil mengabadikan momen menarik dengan orang tersayang.

4. Lingkungan Alam yang Masih Asri

Jangan salah, lokasi wisata ini juga memiliki lingkungan yang masih bisa dikatakan asri. Hal ini lantaran di lokasi ini masuk masuk dalam lingkungan cagar alam yang cocok untuk melepas penat selesai kerja dari kantor. Pada tempat wisata itu juga masih terjaga berbagai satwanya. Mulai dari kicauan burung dan masih banyak lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Plunyon Kalikuning
Image Credit: Google Maps Eko Susilo

Setelah anda paham dengan penjelasan daya tarik Plunyon Kalikuning yang ada di atas, maka kini saatnya menggali informasi tentang alamat dan juga rute lokasi. Dimana untuk alamat objek wisata ini berada di area Yogyakarta. Lebih detailnya ada di Jalan Bebeng, Pangukrejo, Palem Sari, kecamatan Cangkringan, area Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, maka dapat memanfaatkan kendaraan roda dua dan juga mobil. Lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 25,6 km dari area pusat Yogyakarta. Kemudian untuk estimasi waktu sekitar 50 menitan. Jangan khawatir, di pinggir jalan nanti bakal ada papan rute ke lokasi, namun untuk lebih detailnya bisa memanfaatkan google maps.

Harga Tiket Masuk Plunyon Kalikuning

Harga Tiket Masuk Plunyon Kalikuning
Image Credit: Google Maps Travelingbae

Terkait harga tiket dan juga jam operasionalnya bagaimana? Jadi untuk harga tiket masuk di kawasan wisata keren di Plunyon Kalikuning ini bisa dikatakan tergolong terjangkau. Dikatakan demikian karena anda hanya cukup mengeluarkan uang kurang lebih sekitar 10 ribuan saja. Kemudian untuk tarif parkir biasanya moor 2 ribu dan mobil 5 ribu saja.

Bagaimana dengan jam operasionalnya? Jangan khawatir, jadi untuk jam operasional wisata alam yang keren ini yaitu setiap hari dari senin hingga minggu. Lalu untuk spesifik jamnya adalah sekitar jam 07.00 WIB hingga 16.00 WIB sore. Namun biasanya pengunjung memadati lokasi sekitar jam 08.00 WIB untuk mulai menikmati kesegaran lingkungan sekitarnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Plunyon Kalikuning

Kegiatan Menarik Plunyon Kalikuning
Image Credit: Google Maps zulistya adi

1. Melatih Adrenalin

Setelah anda paham dengan informasi di atas, maka kini saatnya untuk menggali lebih dalam terkait berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan jika datang ke lokasi wisata yang satu ini. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah yaitu melatih adrenalin.

Biasanya untuk individu yang suka melatih adrenalin bakal tertantang untuk ikut pada track satu ini. Umumnya banyak wisatawan yang datang ke lokasi Plunyon Kalikuning ini untuk melatih adrenalin dengan cara melewati jembatan gantung tersebut. Dalam proses melatih adrenalin ini juga bakal diikuti dengan berbagai macam syarat dan juga alat pengaman yang lengkap.

2. Mengabadikan Momen Menarik

Jangan salah, selain seru-seruan dengan mengasah adrenalin anda juga dapat mengabadikan momen berharga anda bersama dengan pasangan atau orang tersayang. Hal ini bisa terjadi lantaran lokasi wisata ini memiliki banyak spot foto menarik. Berbagai macam spot foto yang menarik ini antara lain adalah lingkungan alamnya yang masih asri, area pepohonan yang rindang dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, disana juga terdapat singkat gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat dan pastinya juga menjadi tempat instagramable. Dengan perpaduan antara warna oren dan juga lingkungan yang hijau, amka membuat kesan segar pada foto yang anda jepret. Maka dari itu, rasanya tidak khayal jika banyak orang yang suka mengabadikan foto di lokasi Plunyon Kalikuning tersebut.

3. Mengikuti Edukasi Tentang Menjaga Lingkungan

Aktivitas lain yang bisa anda temukan jika datang ke lokasi wisata ini adalah mampu mengikuti berbagai macam program edukasi terkait menjaga lingkungan. Sudah menjadi rahasia umum jika tempat yang satu ini banyak dikunjungi karena masih memiliki lingkungan yang asri.

Agar pengunjung yang datang di lokasi ini juga memperoleh informasi terkait cara menjaga lingkungan agar tetap asri, maka disana anda bisa beglajara dengan masyarakat di sekitarnya. Bahkan tidak jarang juga, anda bakal menjumpai masyarakat atau petugas cagar alam ini membersihkan lingkungan yang ada di sekitar lokasi. Selain agar bersih juga bisa mengedukasi wisatawan yang hadir.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Plunyon Kalikuning
Image Credit: Google Maps chintya arlenta

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang disediakan? Jangan khawatir, jadi untuk fasilitas yang disediakan ini bisa dikatakan lengkap. Selain mampu menikmati pemandangannya, anda juga bakal bisa leluasa menikmati spot foto menarik. Berbagai macam spot foto menarik ini juga tidak dipungut biaya sepeserpun.

Jangan salah, lokasi wisata Plunyon Kalikuning ini juga di fasilitasi dengan gazebo untuk istirahat sambil menikmati lingkungan sekitar. Jika anda datang dari jauh, maka juga bisa menginap di sekitar lokasi. Sebab tidak jauh dari lokasi banyak perumahan atau lingkungan hotel dengan penawaran harga yang bisa dikatakan terjangkau sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Keismpulan yang bisa diambil dari penjelasan di atas adakah bawa kini ada banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Plunyon Kalikuning. Berbagai macam daya tarik tersebut antara lain adalah memiliki jembatan paten, mempunyai jembatan gantung, pemandangan yang indah, dan pastinya juga lingkungan alam yang masih asri. Maka tidak heran rasanya jika lokasi ini cocok untuk tujuan liburan anda.

REKOMENDASI DESTINASI