Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-20.00 WIB, Alamat: Jl. Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Setiap orang pasti membutuhkan liburan untuk menenangkan pikiran setelah capek beraktivitas seharian, salah satu lokasi wisata yang cocok untuk anda melakukan liburan adalah Pondok Pinus Palutungan. Perlu diketahui bahwa sebelum sepopuler sekarang ini tempat wisata kekinian tersebut merupakan sebuah warung makan di atas bukit.

Sang pemilik warung makan ini kemudian memiliki ide untuk membangun beberapa spot foto agar bisa menarik lebih banyak pengunjung. Berkat adanya spot foto tersebut jumlah pengunjung berhasil meningkat secara drastis apalagi saat weekend atau hari libur nasional dan libur besar seperti libur tahun baru, libur lebaran, dan libur natal.

Tidak hanya mengandalkan spot foto saja namun destinasi wisata asal Kuningan ini juga memiliki pemandangan yang sangat cantik karena berada di atas dataran tinggi. Pada kesempatan kali ini kita akan melihat beberapa hal seputar lokasi wisata unik tersebut mulai dari daya tarik, alamat, harga tiket, kegiatan menarik, sampai pada fasilitas yang tersedia.

Daya Tarik yang Dimiliki Pondok Pinus Palutungan

Daya Tarik Pondok Pinus Palutungan
Image Credit: Google Maps Rian Mulyana

1. Spot Foto

Ketika berbicara soal daya tarik yang dimiliki oleh Pondok Pinus Palutungan maka spot foto jelas akan menjadi yang utama. Pasalnya rata-rata wisatawan yang datang mengunjungi lokasi wisata di Jawa Barat ini memiliki tujuan untuk berburu foto instagramable agar bisa diposting pada akun sosial media mereka.

Ada beberapa spot foto unik yang bisa digunakan seperti rumah balon (mirip film UP), rumah Hobbit, rumah warna-warni, sangkar burung, sky bike, dan masih ada beberapa spot foto unik lainnya. Hal ini juga mempengaruhi rata-rata usia pengunjung yang datang ke lokasi wisata cantik tersebut, dimana kebanyakan dari mereka merupakan remaja.

2. Pesona Alam

Daya tarik lainnya adalah alam yang sangat indah dan kaya akan tumbuhan hijau. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya bahwa tempat wisata asal Kuningan ini berada diatas bukit sehingga pengunjungnya dapat melihat pemandangan alam yang menakjubkan mulai dari bukit, hutan, dan pemukiman warga.

3. Kuliner

Pondok Pinus Palutungan awalnya merupakan sebuah warung makan yang berada di atas bukit, maka dari itu tidak heran jika masakan atau kuliner di lokasi wisata cantik ini sangat nikmat. Beberapa menu populer yang dimiliki adalah nasi goreng, sop kambing, garang asem, ikan mujair, dan masih ada beberapa menu makanan lainnya.

Harga makanan tersebut juga relatif murah yaitu berkisar antara Rp 5.000 sampai Rp 60.000 untuk satu porsinya. Menikmati makanan sambil menyaksikan indahnya alam sekitar bisa menjadi sebuah kegiatan yang patut untuk anda coba, apalagi lokasi warung makan tersebut cukup tinggi sehingga pemandangan dibawahnya akan terlihat dengan jelas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pondok Pinus Palutungan
Image Credit: Google Maps Irsyad Sofrodin

Lokasi dari Pondok Pinus Palutungan sendiri berada di Kabupaten Kuningan, Cisantana, Provinsi Jawa Barat, Kecamatan Cigugur, Jl. Pejambon – Sagara Hiang. Anda bisa memulai perjalanan dari Alun-Alun Kuningan menuju Jl. Veteran kemudian belok kiri ke arah perempatan Jl. Nanggeleng lalu belok kanan.

Tidak jauh dari perempatan tersebut anda akan menemukan perempatan lainnya, disini silahkan belok kiri untuk memasuki Jl. Raya Cigugur dan terus lurus melewati Jl. Raya Cigugur – Palutungan lalu memasuki Jl. Pejambon – Sagara Hiang. Dari jalan tersebut anda akan menemukan destinasi wisata tujuan yang berada tepat di sebelah kanan.

Dari Alun-Alun Kuningan ke lokasi tersebut dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi selama 21 menit dan melewati jalan sepanjang 8,4 km. Kondisi jalan sudah baik jadi jangan khawatirkan masalah tersebut, namun anda perlu mengkhawatirkan kemacetan terlebih saat weekend atau hari libur karena Pondok Pinus Palutungan sangat populer.

Harga Tiket Masuk Pondok Pinus Palutungan

Harga Tiket Masuk Pondok Pinus Palutungan
Image Credit: Google Maps Kurniawan Kurniawan

Untuk bisa memasuki destinasi wisata cantik ini setiap pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Jika dilihat dari nilainya maka harga tersebut bisa dikatakan cukup mahal, namun mengingat anda dapat menggunakan semua fasilitas spot foto secara gratis maka harga ini dapat dikatakan murah.

Perlu anda ketahui juga bahwa Pondok Pinus Palutungan buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 20.00 WIB untuk weekday (hari Senin sampai Jumat) dan 08.00 sampai 20.30 WIB untuk weekend (hari Sabtu dan Minggu). Disarankan untuk menyiapkan uang lebih karena pastinya anda akan membeli beberapa snack atau minuman selama berlibur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pondok Pinus

Kegiatan Menarik Pondok Pinus
Image Credit: Google Maps Dwi Ngimada

1. Berfoto

Sama halnya dengan daya tarik, ketika kita berbicara soal kegiatan menarik yang bisa dilakukan maka berfoto atau bergaya di depan kamera merupakan yang paling utama. Hal ini dikarenakan anda dapat menemukan banyak sekali spot foto unik seperti rumah balon, rumah Hobbit, rumah warna-warni, sangkar burung, sky bike, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, sangat wajar jika pengunjung lebih mengutamakan berfoto ketika sudah sampai di Pondok Pinus Palutungan. Apalagi untuk dapat menggunakan semua fasilitas tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan (selain tiket masuk).

2. Menyaksikan Indahnya Pemandangan

Destinasi wisata asal Jawa Barat ini juga memiliki banyak pemandangan yang luar biasa menakjubkan mulai dari bukit-bukit dari kejauhan, hutan di lereng bukit, dan ada pemukiman warga di sekitarnya. Tidak hanya itu ketika sore hari anda akan dibuat terpana dengan momen sunset atau Matahari terbenam.

Karena tempat wisata cantik ini buka sampai pukul 20.00 WIB membuat pengunjung juga bisa melihat indahnya langit malam yang dipenuhi oleh bintang-bintang dan gemerlapnya cahaya lampu di area pemukiman warga. Semua keindahan tersebut akan lebih spesial jika anda menyaksikannya bersama pasangan.

3. Wisata Kuliner

Pondok Pinus Palutungan juga memiliki sebuah warung makan yang menyediakan beberapa jenis masakan. Berkat adanya warung makan ini anda bisa melakukan kegiatan wisata kuliner sambil menikmati pemandangan sekitar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pondok Pinus Palutungan
Image Credit: Google Maps Diary Mila

Karena sudah sangat populer membuat destinasi wisata menawan ini memiliki sejumlah fasilitas umum yang dapat dikatakan cukup lengkap jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Fasilitas-fasilitas tersebut juga dijaga dan dirawat dengan baik sehingga kondisinya tetap bagus meskipun sudah berdiri cukup lama.

Fasilitas pertama adalah lahan parkir kendaraan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, selanjutnya ada toilet umum yang dibagi menjadi pria dan wanita. Untuk membantu wisatawan beragama Islam, Pondok Pinus Palutungan juga memiliki sebuah mushola yang dapat digunakan untuk menunaikan ibadah sholat.

Selain itu ada beberapa fasilitas yang sudah sedikit disebutkan sebelumnya seperti warung makan, spot foto, dan wahana permainan. Di sekitar spot foto dan wahana permainan ini terdapat beberapa taman kecil dengan bunga-bunga yang bermekaran.

Akhir kata ada sebuah tips diberikan bagi anda yang hendak berwisata ke Pondok Pinus Palutungan yaitu jangan sampai lupa membawa kamera. Pasalnya begitu tiba di lokasi wisata unik asal Kabupaten Kuningan ini anda akan langsung terpancing untuk segera berpose di depan kamera atau melakukan kegiatan berfoto.

REKOMENDASI DESTINASI