Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Gunung Bunder, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pondok Rasamala merupakan salah satu objek wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda bersama dengan keluarga. Tempat tersebut berada di Kota Bogor dan merupakan area yang sangat menyenangkan untuk digunakan sebagai tempat menghabiskan waktu libur bersama sanak famili maupun teman-teman Anda.

Atau bagi Anda yang ingin menikmati bulan madu, maka pondok ini juga sangat recommended. Anda perlu menikmati sensasi menginap di villa yang begitu elok selama berada di pondok ini. Selain itu, suasana alam dan pemandangan yang ditawarkan memang tampak sangatlah menyenangkan serta membuat pikiran Anda makin rileks.

Rasa jenuh selama berada di area perkotaan dan beban kerja yang begitu membuat diri penat, akan hilang seketika. Pondok Rasamala memang menjadi primadona, khususnya bagi masyarakat Jawa Barat dan ibukota. Karena itu, jangan sia-siakan waktu liburan Anda, dan segera kunjungi villa yang terdapat di Kota Bogor tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pondok Rasamala

Daya Tarik Pondok Rasamala
Image Credit: Google Maps ardi eliaputra

1. Banyak Ragam Hewan

Ada banyak sekali daya tarik yang disuguhkan oleh Pondok Rasamala, salah satu daya tarik tersebut yaitu Anda akan menemukan banyak sekali ragam hewan liar yang ada di sana. Perlu diketahui, pondok ini berada di sebuah Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasi dari Pondok ini yaitu berada di area setinggi 1.200 meter dari atas permukaan laut.

Selain bisa menjadi area penginapan, pondok ini juga berada di dalam area taman nasional yang memiliki luasan mencapai 4.000 hektar. Karena itu, tak heran jika Anda bisa menemukan banyak sekali macam hewan liar yang unik dan eksotik. Berbagai macam jenis burung serta mamalia dan reptil bisa Anda saksikan.

2. Konsep Resort yang Menarik

Pondok Rasamala mengusung sebuah konsep dengan perpaduan suasana alam pedesaan. Arsitektur yang dimiliki oleh tempat ini memang begitu artistik dengan dasar hunian yang dibuat dari bahan berupa bambu dan juga kayu. Hal tersebutlah yang akhirnya menciptakan kesan etnik semakin tampak kuat.

Pondok ini berada di atas ketinggian, sehingga membuat area di sana mempunyai udara yang sangat sejuk serta akan menciptakan kesan tenang dan nyaman bagi Anda yang ingin menginap. Karena itu, bagi Anda yang berasal dari area perkotaan, maka bermalam di tempat ini memang sangat disarankan.

3. Berada Dekat dengan Banyak Tempat Wisata Lain

Seperti yang telah dijelaskan, Pondok Rasamala berada di bawah kaki Gunung Salak. Tepatnya yaitu terletak di wisata Gunung salak Endah Bogor. Konsep yang dimiliki oleh pondok memang begitu menarik, karena memadukan antara wisata alam terbuka dengan pedesaan. Dengan berada di area tersebut akan membuat Anda begitu rileks.

Hal itu wajar saja, karena udara yang terdapat di sekitar terasa begitu bersih dan segar. Selain itu, di dalam kompleks tersebut mempunyai sebanyak 13 unit bungalow dan glamping sebanyak 8 unit. Glamping dan bungalow tersebut memiliki banyak tipe yang berbeda-beda untuk tiap unitnya.

Di area pondok juga telah tersedia saung dan ruang pertemuan yang dirancang dengan cara menerapkan konsep serupa. Berbagai macam fasilitas penunjang telah tersedia di tempat tersebut, seperti contohnya sungai mini yang memiliki air begitu bersih dan jernih.

Bagi Anda yang hendak melepas penat, maka Pondok Rasamala merupakan tempat yang sangat direkomendasikan. Karena berada di sana akan membuat pikiran Anda tenang dan bisa melupakan sejenak beban kerja.

Bahkan lokasi dari pondok memang berada di tempat yang begitu strategis, karena dekat dengan beberapa tempat wisata populer. Seperti contohnya air terjun seribu, wana wisata kawah Ratu, air terjun Kondang, air panas Ciparay, Curug pangeran, air terjun cigamea, Curug goa lumut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Pondok Rasamala
Image Credit: Google Maps Pondok Rasamala

Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi tempat wisata ini, maka Anda harus segera meluncur ke Provinsi Jawa Barat, tepatnya yaitu di Kota Bogor. Pondok Rasamala memang menjadi salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri.

Akses jalan di tempat ini sangat baik, sehingga akan memudahkan perjalanan Anda selama berlibur menuju ke sana. Tepatnya yaitu berada di Kecamatan Pamijahan, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jika Anda memutuskan untuk berangkat ke tempat wisata dari pusat Kota Bogor, maka setidaknya waktu yang dibutuhkan yaitu sekitar 60 menit.

Sedangkan jarak yang harus ditempuh yaitu kurang lebih 27 km. Untuk yang masih bingung dengan rutenya, maka Anda bisa memanfaatkan bantuan navigasi dari perangkat smartphone. Anda tinggal membuka Google Maps dan ketikkan nama tempat wisata, maka nantinya secara otomatis Anda akan diarahkan menuju ke tempat tersebut.

Harga Sewa Penginapan

Harga Sewa Penginapan
Image Credit: Google Maps Pondok Rasamala

Pondok Rasamala merupakan sebuah penginapan yang memiliki banyak sekali tipe-tipe villa yang bisa Anda sewa. Harga yang dibanderol pun relatif terjangkau dengan berbagai macam fasilitas lengkap dan memadai di dalamnya. Berikut ini adalah daftar biaya sewa untuk masing-masing pondok yang tersedia di sana.

  • Pondok Cendana, Terdiri atas 7 kamar tidur, dua lantai, 2 ruang keluarga serta kamar mandi sebanyak 3. Maksimal dapat menampung sebanyak 36 orang. Biaya sewanya yaitu sebesar Rp 4.250.000.
  • Pondok Bambu, terdiri atas dua kamar mandi, 2 kamar tidur serta maksimal bisa ditempati oleh 6 oran. Untuk harga sewanya yaitu sebesar Rp 900.000.
  • Pondok Harendong, 2 kamar mandi, ruang keluarga, 2 kamar tidur, dapur, masih malam mampu menampung sebanyak 21 orang. Biaya sewa yaitu sebesar Rp 2.100.000.
  • Pondok Ilegole, dapur, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang keluarga, maksimal mampu menampung 12 orang dengan harga sewa Rp 1.600.000.
  • Pondok Kisampang, ruang keluarga, dapur, 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, maksimal menampung 18 orang dan harga sewa Rp 2.250.000.
  • Pondok Dayak, 1 kamar mandi, ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur, maksimal menampung 9 orang dengan besar harga sewa Rp 1.100.000.
  • Pondok Kihyang, dapur, 2 ruang keluarga, 5 kamar tidur, 2 kamar mandi, maksimal menampung 27 orang dengan harga sewa Rp 2.650.000.
  • Pondok Puspa, 2 kamar mandi, 2 kamar tidur, teras, maksimal menampung sebanyak 6 orang dan harga sewa Rp 1.650.000.
  • Pondok Pinus, ruang keluarga, 3 kamar tidur, dapur, 2 kamar mandi, maksimal menampung 15 orang dan harga sewa Rp 2.000.000.

Itulah tadi ulasan mengenai harga sewa dari Pondok Rasamala yang ada di Bogor ini. Agar nantinya kegiatan berlibur Anda makin terasa menyenangkan, maka perlu melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk berkunjung atau mengadakan sebuah acara di pondok tersebut.

Selain itu, pastikan Anda membawa uang lebih ketika ingin berlibur ke sana. Sangat disarankan untuk datang bersama dengan pasangan Anda, keluarga ataupun teman kerja, supaya liburan nantinya jadi terasa lebih menyenangkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pondok Rasamala

Kegiatan Menarik Pondok Rasamala
Image Credit: Google Maps Pondok Rasamala

1. Jalan-Jalan ke Curug Ngumpet

Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di Pondok Rasamala. Setelah Anda puas menikmati udara segar serta keindahan alam yang ada di sana, maka Anda bisa memutuskan untuk berkunjung ke Curug Ngumpet. Tempat wisata ini memang berada tidak jauh dari pondok.

Anda hanya perlu berjalan sejauh 500 meter saja atau jika jalan kaki akan membutuhkan waktu selama 5 menit. Medan yang bisa ditempuh di tempat ini pun juga tergolong cukup mudah, baik itu bagi para lansia maupun anak-anak. Selama berada di Curug Ngumpet, Anda bisa menikmati keindahan alamnya yang begitu elok dan memukau.

Selain itu, Anda bisa melakukan kegiatan camping bersama dengan teman-teman ataupun keluarga di Pondok Rasamala. Suasana tempat wisata relatif aman, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir selama berada di sana. Anda akan melihat gemericik air terjun yang terdengar begitu menenangkan dengan airnya yang tampak bening dan segar.

Bagi Anda yang sangat gemar dengan aktivitas air, maka mengunjungi Curug Ngumpet merupakan sesuatu yang sangat disarankan. Karena dijamin Anda tidak akan merasa kecewa ketika sudah mendatangi tempat tersebut.

2. Team Building

Aktivitas selanjutnya ini merupakan sebuah program outbound yang memang ditujukan untuk membangun kekompakan dari sebuah tim. Umumnya aktivitas tersebut banyak di ikuti oleh perusahaan maupun organisasi.

Meliputi kegiatan untuk membangun kepercayaan, membangun karakter, menciptakan sikap kepemimpinan, memperdalam kemampuan komunikasi, mempelajari pemecahan masalah dan juga memperkuat kerja tim.

3. The Jungle War and Survival

Adalah salah satu aktivitas yang bisa ditemukan di Pondok Rasamala tersebut. Aktivitas ini berguna dalam melatih ketahanan mental yang mana untuk tiap peserta nantinya akan dibagi dalam beberapa grup yang dapat bertahan hidup di dalam fasilitas terbatas. Permainan tersebut akan dilaksanakan di area hutan sekitar pondok.

Kegiatan Menarik di Pondok Rasamala
Image Credit: Google Maps John Stefanus Chandra

4. Paint Ball

Adalah sebuah simulasi permainan pertempuran yang memakai peluru cat. Permainan tersebut memang sangatlah seru dan menarik untuk diikuti. Aktivitas ini mampu untuk melatih kemampuan Anda dalam mengatur strategi, meminimalisir resiko serta mengumpulkan keberanian dalam mengambil keputusan.

5. War Bow Archery

Yaitu sebuah permainan dengan tujuan untuk membentuk kerjasama untuk tim dengan cara memakai busur anak panah. Aktivitas tersebut akan memberikan pengalaman bagaimana memberdayakan masing-masing busur dalam sebuah tim serta untuk membentuk individu yang memiliki sikap saling bekerja sama.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Penginapan

Fasilitas Pondok Rasamala
Image Credit: Google Maps Su Yotto

Pondok Rasamala merupakan salah satu penginapan yang populer dan banyak dikunjungi di Kota Bogor. Hal itu wajar saja, karena memang pondok tersebut memiliki banyak sekali fasilitas yang memudahkan bagi para pengunjung untuk melakukan kegiatan liburan selama berada di sana.

Fasilitas yang nantinya bisa Anda temukan di kompleks tersebut seperti contohnya kamar mandi, area parkir kendaraan, cafe, musala, spot foto yang begitu instagramable, camping area yang luas dan nyaman, penginapan dengan berbagai macam jenis dan tipe, outbound ground yang sangat seru.

Selain itu, di tempat ini juga telah tersedia restoran, sehingga bagi Anda yang sangat gemar dengan wisata kuliner, maka juga bisa menikmati hidangan khas kota Bogor selama berada di sana. Tentunya hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan, terlebih ketika sudah menjelang hari libur tiba.

Pondok Rasamala memang sangat direkomendasikan bagi Anda yang kebetulan mencari tempat wisata yang memiliki area penginapan dengan berbagai macam fasilitas lengkap. Harga penginapan di tempat tersebut terbilang sangat terjangkau, sehingga Anda tidak akan terbebani nantinya. Anda bisa datang bersama dengan keluarga, pasangan ataupun teman.

REKOMENDASI DESTINASI