Menikmati Keindahan Alam Eksotis Pulau Biawak di Indramayu

Pulau Biawak Indramayu

Lokasi: Lemah Abang, Kec. Eretan, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Keindahan alam Indonesia menjadi kelebihan tersendiri yang membuat warganya seakan tak kehabisan ide untuk berlibur. Selalu saja ada tempat menarik untuk dikunjungi dan menghabiskan waktu liburan. Indramayu menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki beragam tempat menarik yang belakangan mulai tersohor yakni Pulau Biawak. Seperti halnya pulau lain, Pulau yang eksotis di Indramayu ini juga memiliki keunikan tersendiri. Simak ulasannya.

Mengenal Pulau Eksotis di Indramayu

Mengenal Pulau Eksotis di Indramayu

Image Credit: Topikin.blogspot.com

Pulau Biawak merupakan salah satu pulau yang letaknya tidak jauh dari pantai utara Indramayu. Luas pulau ini sekitar 120 ha dimana untuk 80 ha merupakan hutan bakau dengan sisa lainnya merupakan pantai. Belum banyak dilakukan pembangunan membuat pulau ini tampak begitu alami dan asri. Namun keindahannya tidak bisa dibantah dan bisa dijadikan sebagai alternatif destinasi liburan untuk anda, terutama pecinta wisata bahari.

Setiap lokasi di Indonesia rasanya tidak afdol jika tidak berkaitan erat dengan sejarah yang melatar belakanginya. Begitu juga yang Pulau Biawak yang memiliki sejarah yang membuatnya semakin unik dan menariknya. Banyak cerita mistis atau mitos yang berkembang di daerah ini dan memang erat kaitannya dengan adanya biawak di pulau ini. Seperti namanya, pulau ini memang terdapat biawak yang masih hidup hingga kini.

Cerita yang berkembang ini dimulai dari adanya makam milik seorang alim yang bernama Syekh Syarif Hasan, cerita nelayan dan juga biawak. Cerita berawal dari seorang nelayan yang diketahui berasal dari Karangsong sedang melaut dan memutuskan untuk istirahat di Pulau ini. Tiba di pulau, sang nelayan menemukan banyak sekali biawak yang berkeliaran. Hingga ia pun membawa satu ekor biawak untuk di bawa pulang, dengan dinaikkan di perahu.

Mengenal Pulau Eksotis

Image Credit: Topikin.blogspot.com

Namun anehnya dalam perjalanan pulang ini terasa begitu lama, bahkan terkesan ia hanya berputar putar saja. Sampai ada seorang nelayan yang menyadari bahwa kapal ini hanya berputar putar yang akhirnya menanyakan hal tersebut. Barulah si nelayan mengaku jika ia memang sedang membawa biawak. Akhirnya keduanya sepakat untuk mengembalikan biawak tersebut. setelah dikembalikan perjalanan pulang mereka tidak ada hambatan dan terbilang lancar.

BACA JUGA:  Menelusuri Jejak Petilasan Prabu Siliwangi di Kaki Gunung Ciremai

Cerita ini hingga kini masih sering diceritakan di media online hingga sang pemandu juga masih menceritakan. Dari cerita ini juga bisa disimpulkan jika mengunjungi suatu tempat hendaknya tidak perlu membawa apapun yang berasal dari tempat tersebut. lebih baik membawa kenangan dan juga foto foto saja. Terlepas dari cerita dari Pulau Biawak ini, keindahan yang dimiliki memang tidak bisa ditolak oleh siapapun.

Daya Tarik Pulau Biawak, Indramayu

Daya Tarik Pulau Biawak, Indramayu

Image Credit: Indramayu.top

Objek wisata di Indramayu ini memang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda akan melihat keindahan yang tidak ada duanya. Anda akan disajikan dengan laut biru luas lengkap dengan mercusuar dan dermaganya. Mercusuar ini dibangun di masa penjajahan tahun 1872. Sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh dan masih berfungsi dengan baik. Tinggi mercusuar ini mencapai 65 meter dan sampai saat ini sudah beberapa kali dilakukan perbaikan.

Pengunjung yang ingin menjajal menaiki mercusuar ini akan melewati tangga berputar yang cukup panjang. Sehingga Anda harus bersiap untuk menyiapkan tenaga agar bisa sampai di atas nantinya. Namun lelah menaiki anak tangga akan terbayar dengan pemandangan yang ditawarkan. Dari atas mercusuar Anda bisa melihat keindahan dari pulau Biawak ini lebih luas lagi. Tak heran jika banyak yang mengabadikan dengan berpose ketika tiba di atas.

Bukan hanya karena memiliki mercusuar yang terlihat begitu menarik, pengunjung juga akan disajikan dengan alam yang masih asri. Di Pulau ini pepohonannya terbilang masih rimbun sehingga udaranya segar. Tanamannya pun terbilang beragam bukan hanya pohon bakau saja, namun juga tersedia pohon pinus. Di Pulau ini Anda juga bisa menemukan spesies burung yang memang tinggal di pulau ini seperti cekaka, trinil pantai hingga cangak bulus.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Bekasi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Sementara di pinggir pantai Anda bisa melihat penangkaran biota laut dan juga pembudidayaan dalam bentuk keramba apung. Yang ditangkar juga terbilang beragam mulai dari ikan hias laut, ikan kerapu dan juga rumput laut. Memang selain dijadikan sebagai tempat wisata pulau ini juga dijadikan sebagai konservasi fauna. Terutama untuk biawak yang jumlahnya mencapai ratusan lebih tinggal di pulau ini.

Anda tidak perlu khawatir mengunjunginya karena biawak ini tidak akan menyerang manusia jika keberadaannya tidak terganggu. Belum lagi mereka tinggal di semak semak serta di hutan bakau dan menjadi hewan liar. Jika Anda memang ingin melihat biawak dari dekat, Anda bisa memancingnya dengan meletakkan potongan daging ikan. Dimana nantinya biawak akan menghampirinya, namun harus tetap waspada karena gigitan biawak terbilang fatal.

Menariknya lagi, Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling maupun diving di pulau ini. Karena terumbu karang yang dimiliki Pulau Biawak terbilang masih terjaga dibandingkan pulau terdekat lainnya. Sehingga banyak pengunjung yang sengaja datang untuk melakukan kegiatan ini. Biota lautnya masih beragam sehingga Anda akan disambut ikan hias yang cantik ketika menyelam di perairan ini. Mengingat pulau lainnya sudah mengalami kerusakan.

Bagi Anda yang menyukai kegiatan memancing, Anda bisa menyewa kapal dari nelayan. Memancing di tengah lautan menjadi aktivitas yang menarik dan pengalaman yang menakjubkan. Untuk harga sewa kapalnya bervariasi, Anda juga bisa menawarnya untuk mendapatkan harga terbaik. Berburu landscape yang cantik atau hunting foto juga sangat bisa dilakukan di Pulau eksotis di Indramayu ini.

Fasilitas di Pulau ini juga terbilang lengkap meskipun masih terkesan sederhana. Anda sudah bisa menemukan kamar mandi, tempat ibadah dan lainnya. Mengingat kini Pulau Biawak memang banyak menarik perhatian wisatawan karena keindahannya. Anda juga bisa berziarah dengan mengunjungi beberapa makam di pulau ini. Seperti makam Syekh Imam yang merupakan tokoh penyebar Islam. Ada juga makam Z.M Willem pendiri mercusuar.

BACA JUGA:  11 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Anda Bawa Pulang

Cara Menuju Lokasi Pulau Biawak

Cara Menuju Lokasi Pulau Biawak

Image Credit: Pinterest.com @Aditkircon

Jika Anda tertarik untuk melihat sendiri kemolekkan yang dimiliki oleh Pulau Biawak, Anda bisa menggunakan agen wisata. Mengingat sudah banyak paket liburan serta beragam fasilitas yang ditawarkan untuk Anda yang enggan ribet. Sementara untuk Anda yang ingin berpetualang, perjalanan bisa dimulai dari Muara Karangsong dengan menggunakan perahu. Perjalanan air ini membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 4 jam untuk sampai tujuan.

Untuk Anda yang berasal dari luar kota, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum sebelum menyebrang. Angkutan umum dan juga bisa membawa Anda untuk sampai di lokasi sebelum penyebrangan. Hanya saja kendaraan umum akan membuat Anda sering oper atau berganti kendaraan. Biasanya untuk menuju objek lokasi Pulau Biawak bisa menggunakan ojek atau menyewa kendaraan pribadi.

Keindahan yang dimiliki oleh Pulau Biawak memang layak untuk dijadikan agenda liburan anda. Namun perlu diingat jika pulau ini masih terbilang belum tersentuh pembangunan. Anda harus benar benar memastikan apakah ingin menginap atau hanya singgah saja. Di sekitar pulau Biawak juga ada pulau pulau lain seperti Pulau Gosong yang juga bisa disinggahi. Dan penting untuk menjadi wisatawan yang bijak dengan tidak meninggalkan sampah.