10 Pulau Cantik di Jakarta Menarik untuk Dijelajahi

Pulau Cantik Jakarta

Indonesia memiliki banyak pulau eksotis yang bisa dijadikan destinasi liburan. Utamanya di Jakarta yang ternyata memiliki segudang wisata pulau indah yang menarik untuk dijelajahi.

Jakarta tidak hanya memiliki deretan gedung pencakar langit saja. Jakarta juga memiliki gugusan pulau dengan pantai pantai cantiknya. Kepulauan Seribu menjadi salah satu kawasan wisata yang tawarkan banyak bahari menawan. Untuk Anda yang ingin liburan di Jakarta, berikut beberapa rekomendasi pulau paling cantik di Jakarta yang bisa Anda pilih.

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung

Image Credit: Twitter.com @tripntourid

Untuk memulai perjalanan bahari Anda di Jakarta, Anda bisa menjadikan pulau Tidung sebagai tujuan. Hingga saat Pulau Tidung masih menjadi favorit kunjungan wisatawan, terutama di akhir pekan. Pulau satu ini memang memiliki keindahan yang tak bisa ditawar begitu saja. Apalagi pulau ini juga terbagi menjadi dua yakni Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil.

Dan untuk menghubungkan kedua pulau tersebut, terdapat Jembatan yang dinamakan dengan Jembatan Cinta. Jembatan Cinta ini menjadi salah spot yang paling favorit di Pulau ini. Memiliki panjang sekitar 800 meter, jembatan ini membelah lautan dan ternyata memiliki legenda serta mitos di dalamnya.

Dinamakan dengan jembatan Cinta karena memang menyimbolkan harapan cinta yang abadi seperti mitos setempatnya. Inilah yang menjadi alasan mengapa sepasang kekasih disarankan untuk menyeberang jembatan ini. Tidak hanya mitosnya yang menarik, pengunjung juga bisa menjadikan jembatan ini sebagai spot foto yang instagenik.

Untuk Tidung Besar sudah memiliki fasilitas penginapan dan juga rumah makan. Sementara Pulau Tidung Kecil hanya dijadikan sebagai kawasan konservasi sehingga tidak berpenghuni. Selain jembatan Cinta, pengunjung akan dihadirkan bawah laut dan pasir putih yang lembut. Aktivitas seperti diving maupun snorkeling, dan juga melompat dari Jembatan Cinta yang ikonik.

Lokasi: Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

2. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Image Credit: Twitter.com @phototriwahyu

Keindahan Pulau Seribu juga bisa Anda tilik dengan mengunjungi Pulau Bidadari. Pulau satu ini menjadi salah satu pulau yang indah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, Pulau Bidadari juga menjadi pulau yang begitu mudah dijangkau karena dekat dengan pelabuhan feri di Ancol. Jika dari Ancol membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Pulau Bidadari tidak hanya menyajikan pesona lautan yang begitu menawan. Melainkan Anda bisa mengunjungi salah satu situs sejarah yang begitu kondang yaitu Benteng Martello. Benteng yang dibangun saat masa kolonial ini sudah ada sejak abad ke 16. Hingga kini situs ini masih berdiri kokoh dan juga terawat.

Menjadikan situs ini sebagai salah satu ikon dari Pulau Bidadari dan menjadi jujugan wisatawan. Karena memang situs ini sangat cocok untuk mengambil foto foto yang menawan. Di pulau ini Anda juga bisa menemukan peninggalan VOC lainnya yakni reruntuhan menara juga meriam. Dipadukan dengan pesona alamnya membuat siapapun terpesona.

BACA JUGA:  20 Mall di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Berbagai kegiatan menarik juga bisa Anda lakukan di Pulau Bidadari. Salah satunya adalah panorama matahari terbit yang menjadi favorit. Wahana permainan air juga sudah tersedia, mulai dari fly boat hingga banana boat bisa menambah keseruan liburan Anda. Mengelilingi pulau dengan bersepeda juga bukanlah ide yang buruk.

Lokasi: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

3. Pulau Onrust

Pulau Onrust

Image Credit: Instagram.com @jakarta_tourism

Masih belum puas menjelajah, pulau Onrust bisa Anda jadikan tujuan selanjutnya. Pulau satu ini lokasinya tidak jauh dari Pulau Bidadari, sehingga bisa sekalian singgah. Pulau Onrust banyak direkomendasikan wisatawan lokal dan juga memiliki sejarah. Karena di Pulau ini juga terdapat benteng pada masa penjajahan yang saat ini sudah dialihkan menjadi museum.

Mengunjungi museum yang berada di tengah lautan tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda. Apalagi di dalam museum ini juga terdapat banyak benda peninggalan Belanda. Perpaduan antara wisata pantai dan sejarah, menjadikan pulau satu ini begitu unik dan menarik untuk dikunjungi saat sedang liburan.

Ada banyak sejarah menarik terkait pulau ini, karena memang Pulau Onrust dijadikan sebagai pulau untuk aktivitas militer dari tahun 1800-an hingga penjajahan berakhir. Dulunya dijadikan sebagai gelanggang bagi kapal kapal penting Belanda. Hingga akhirnya kini berubah menjadi salah satu destinasi wisata yang begitu banyak penggemar.

Lokasi: Kab. Kepulauan Seribu.

4. Pulau Ayer

Pulau Ayer

Image Credit: Instagram.com @seribuislandofficial

Memiliki gugusan Pulau yang cantik, Jakarta akan membawa Anda dalam perjalanan menjelajah pulau yang tak terlupakan. Anda bisa menjadikan Pulau Ayer sebagai tujuan selanjutnya adalah Pulau Ayer. Pulau ini menawarkan berbagai aktivitas menarik, salah satunya yang begitu kondang adalah bermalam di pondok terapung yang lokasinya dekat pantai.

Pondok terapung ini dibuat semirip mungkin rumah tradisional yang ada di Papua. Ada banyak resort di Pulau Ayer yang memang sudah dikembangkan sejak tahun 1950 an. Sehingga staycation di resort di Pulau ini tak akan membuat Anda kecewa, fasilitas hingga kualitasnya tidak perlu lagi Anda ragukan.

Selain bisa menikmati sensasi bermalam di pondok terapung, Anda juga bisa menjajal berbagai fasilitas yang sediakan. Untuk membuat liburan makin seru, Anda bisa menjajal wahana air yang beragam. Lokasinya yang tak jauh dari Ancol, yakni sekitar 25 menit saja menjadikan destinasi wisata ini begitu favorit bagi para wisatawan.

Lokasi: Jl. K.H. Samanhudi No.47-49, Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

5. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka

Image Credit: Facebook.com @best-travel

Pulau Pramuka menjadi pulau cantik di Jakarta yang juga sangat sayang dilewatkan. Menjadi salah satu pulau yang berpenghuni, di Pulau Pramuka ada sekitar 2000 jiwa penduduk. Pulau ini memang menjadi pulau ramai karena memang menjadi pusat pemerintahan dan juga administratif Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka sendiri awalnya dikenal sebagai Pulau Elang.

BACA JUGA:  28 Minuman & Makanan Khas Jakarta yang Populer

Hal ini dikarenakan terdapat burung elang Bondol yang merupakan ikon dari DKI Jakarta. Karena sudah menjadi pemukiman, lama kelamaan burung elang ini sudah mulai hilang. Pulau Pramuka memiliki garis pantai yang panjang, selain menjadi destinasi wisata bahari juga edukasi. Karena di Pulau ini juga terdapat penangkaran Penyu Sisik dan juga ikan hiu.

Terdapat juga konservasi mangrove yang membuat daerah ini begitu teduh. Pengunjung bisa lebih belajar tentang alam. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas bahari yang menyenangkan. Karena ada banyak wahana air yang disediakan di Pulau Pramuka. Setelahnya Anda bisa berwisata kuliner, mengingat di Pulau ini terdapat restoran terapung.

Lokasi: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

6. Pulau Macan

Pulau Macan

Image Credit: Facebook.com @kyradronegraphy

Untuk Anda yang ingin menghabiskan quality time bersama pasangan, ataupun bulan madu Pulau Macan menjadi tujuan liburan yang tepat. Pulau Macan memang tidak hanya menawarkan panorama yang menarik, melainkan ada banyak fasilitas pendukung. Mulai dari pondok yang nyaman untuk menghabiskan malam di tempat satu ini.

Pondok pondok ini dibangun dengan bangunan yang sederhana, tetapi suasananya menjadi begitu alami. Membuat Anda seolah olah sedang berada di pulau terpencil. Anda bisa mendengarkan suara deburan ombak dengan panorama matahari terbenam yang begitu cantik. Olahraga air yang ditawarkan di Pulau Macan juga beragam.

Bahkan Anda bisa mengintip keindahan bawah lautnya yang menawan. Kegiatan snorkeling hingga scuba diving yang juga tak kalah menarik. Pulau Macan kondang dengan perairan biru kehijauan yang membuatnya makin eksotis. Kecantikannya membawa Anda seolah olah sedang berada di Maldives. Fasilitas yang disediakan di Pulau Macan juga lengkap.

Lokasi: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

7. Pulau Dolphin

Pulau Dolphin

Image Credit: Facebook.com @adjie.rangseni.3

Perjalanan Anda menjelajah Pulau cantik di Jakarta masih belum berakhir. Anda bisa melanjutkan dengan mengunjungi Pulau Dolphin. Pulau satu ini jauh dari daratan, sehingga Anda bisa menikmati suasana yang tenang. Semua penat Anda selama melakukan aktivitas akan dihempas begitu Anda singgah di tempat satu ini.

Banyak pengunjung yang berkemah untuk menikmati suasana pulau ini lebih lama. Suasananya yang tenang memang membuat siapapun betah berlama lama. Pulau satu ini memang tidak berpenghuni, tetapi memiliki keindahan yang membuat siapapun terpukau. Memiliki perairan yang landai lengkap dengan pasir putih yang lembut membuat siapapun terpana.

BACA JUGA:  Pantai Anyer, Pantai Indah yang Memukau di Pesisir Banten

Tidak hanya itu, Pulau Dolphin juga dikelilingi dengan spot spot snorkeling yang menawan. Anda bisa berkenalan dengan penghuni bawah laut, salah satunya nemo ataupun penyu. Yang mengunjungi pantai satu ini kebanyakan backpacker yang ingin berlibur sekaligus berpetualang. Menikmati panorama di pulau satu ini memang menjadi liburan yang menyenangkan.

Menghabiskan waktu minimal 1 malam dengan teman teman bukanlah ide yang buruk. Anda bisa bebas snorkeling sampai puas, kemudian saat malam hari bisa bakar ikan sekaligus bercengkrama. Jangan lupakan matahari tenggelam yang dihadirkan juga begitu cantik. Pastikan untuk membawa kebutuhan Anda lengkap, karena tidak terdapat fasilitas pendukung.

Lokasi: Kab. Kepulauan Seribu.

8. Pulau Perak

Pulau Perak

Image Credit: Instagram.com @pulauseribuofficial

Salah satu pantai cantik di Jakarta yang juga tak boleh dilewatkan adalah Pulau Perak. Pulau yang dianugerahi pasir putih yang halus dan bersih ini memang begitu menawan. Perpaduan pasir putih dengan air laut yang jernih memang tidak bisa dilawat. Begitu menginjakkan kaki di destinasi ini, udaranya yang begitu segar juga menyambut Anda.

Pantai Perak terbilang jauh dari hiruk pikuk kota sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri. Tidak polusi yang juga menjadikan udaranya begitu segar. Semua yang ada di Pulau ini masih tampak alami. Selain itu, panorama sunsetnya juga jempolan dan menjadi salah satu atraksi yang diburu oleh wisatawan.

Lokasi: Pulau Kelapa, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

9. Pulau Pelangi

Pulau Pelangi

Image Credit: Traveloka.com

Masih belum berakhir, Anda juga bisa mengunjungi Pulau Pelangi untuk berburu pulau yang cantik. Jaraknya dari Pantai Marina Ancol sekitar 70 km, Anda membutuhkan jarak tempuh 1 hingga 1,5 jam. Tetapi perjalanan Anda akan dibayar lunas dengan keindahan yang ditawarkannya. Berbagai aktivitas menarik juga bisa Anda lakukan di Pulau Pelangi ini.

Lokasi: Pulau Pelangi, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

10. Pulau Putri

Pulau Putri

Image Credit: Instagram.com @morio_vagabond

Untuk membuat perjalanan menjelajah Pulau di Jakarta semakin lengkap, Anda bisa menjadikan Pulau Putri sebagai tujuan berikutnya. Letaknya yang cukup jauh, menjadikan suasananya tenang dan juga nyaman. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menjauh dari kebisingan kota. Anda bisa menikmati pantai cantik dan juga melakukan berbagai kegiatan menyenangkan.

Air laut yang bening, seakan akan Anda sedang melintas di atas kaca. Salah satu atraksi lainnya yang paling menarik dilakukan adalah menyusuri terowongan kaca. Dengan begitu Anda bisa menyaksikan bawah lautnya tanpa harus basah basahan. Fasilitas yang disediakan juga lengkap dan membuat liburan Anda begitu berkesan.

Lokasi: Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

Sebenarnya, masih ada banyak Pulau di Jakarta yang masuk dalam gugusan Pulau Seribu. Tetapi beberapa yang disebutkan merupakan Pulau yang paling banyak disarankan karena kecantikannya. Beberapa memang ada yang tidak berpenghuni, tetapi Anda tetap bisa menemukan fasilitas lengkap. Pastikan Anda merencanakan liburan Anda jauh jauh hari saat liburan ke Pulau di Jakarta.