Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Sangat disayangkan apabila waktu liburan tidak dimanfaatkan dengan baik. Agar liburan semakin berkesan, Anda harus memilih lokasi dan kegiatan wisata yang sesuai dengan minat. Berkaitan dengan destinasi wisata, tahukan Anda dimana dan seperti apa Pulau Semak Daun? Lokasi tersebut dikenal sebagai destinasi wisata terbaik di Kepulauan Seribu. Pulau ini juga populer digunakan sebagai tempat camping. Yuk simak ulasan lengkapnya di sini!

Sekilas Tentang Pulau Semak Daun nan Indah

Tentang Pulau Semak Daun
Image Credit: Instagram.com @sanjungpursie

Pulau eksotis ini berada di kawasan Kepulauan Seribu dan memiliki keindahan yang menawan. Sesuai dengan namanya, Anda dapat menemukan banyak semak dedaunan di sana. lokasinya yang asri membuatnya terlihat indah, sehingga tidak heran jika mampu membuat banyak orang terkesima dan menjadi betah berlama lama di sana.

Saking bagusnya pemandangan itu, lokasi ini dikenal sebagai salah satu spot camping yang menyenangkan. Pulau ini tidak dihuni sehingga di sekitaran pantainya kerap digunakan untuk camping. Meskipun berada di daerah Jakarta, suasana di sini benar benar tenang. Alhasil, banyak orang dari ibukota yang menyempatkan waktunya untuk bersantai di sana.

Tampaknya, saat ini turis asing sudah mulai mengetahui keberadaan pulau ini. Sehingga, Anda tidak perlu heran jika saat berkunjung ke sana ada turis yang datang. Alasan mereka datang ke sana juga sama seperti Anda, yaitu untuk menikmati pemandangan tepi pantai yang indah dan mencari ketenangan agar pikiran menjadi lebih rileks.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Semak Daun

Daya Tarik Pulau Semak Daun
Image Credit: Instagram.com @matt.rif

Anda pasti bertanya tanya, apa yang menjadi daya tarik Pulau Semak Daun bukan? Pertama, pulau ini menjadi tempat penangkaran penyu sisik. Spesies ini tergolong langka di Indonesia sehingga perlu dilindungi dengan baik. Wisatawan yang datang berkunjung dapat melihat bagaimana kehidupan penyu yang ada di sana.

Pengunjung juga bisa belajar lebih dalam bagaimana karakteristik penyu langsung di habitatnya. Hal tersebut pasti akan sangat menyenangkan. Liburan tidak hanya melepas stress namun juga bisa menambah pengetahuan. Selain itu, pulau ini terkenal akan keindahan sunsetnya yang tiada duanya. Panorama laut dan matahari yang mulai tenggelam terlihat sangat menawan.

Alasan lain mengapa tempat ini sangat populer adalah kebersihannya yang sangat terjaga. Hal tersebut tidak mengherankan karena meskipun cukup hits, tempat ini tidak seramai destinasi wisata lain. Di samping itu, pihak pengelola juga memperhatikan kebersihan pulau dengan baik sehingga wisatawan yang datang akan merasa nyaman.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata ke Pulau Semak Daun

Alamat Pulau Semak Daun
Image Credit: Instagram.com @ediputras

Untuk mencapai Pulau Semak Daun, Anda perlu melakukan perjalanan mulai dari Pelabuhan Kali Adem Muara Karang atau Marina Ancol dengan tujuan untuk mencapai pulau Pramuka. Pulau tersebut merupakan tempat transit sebelum Anda naik perahu kecil untuk sampai ke Kawasan pulau. Anda akan diantar oleh penduduk sekitar hingga sampai ke pulau itu.

Tidak ada rute lain yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke pulau ini kecuali jalur laut ini. Anda tidak bisa ke sana menggunakan akses berupa jembatan atau lain sebagainya karena tidak ada jalur penghubung darat, dan yang ada hanya laut saja. Lantas berapa yang perkiraan biaya sewa kapal? Nominalnya kurang lebih 600 hingga 800 ribu tergantung kapasitasnya.

Setiap tempat wisata pasti memiliki tiket masuk dan jam buka. Hal ini sama halnya dengan Pulau Semak Daun. Wisatawan yang datang harus membayar biaya tiker kurang lebih 35 ribu per orang. biaya itu tergolong terjangkau untuk sebuah tempat wisata di kawasan Jakarta. Panorama di sana juga sangat indah sehingga tidak akan mengecewakan.

Setelah mengetahui kisaran harga tiket masuknya, mari kita bahas tentang jam berkunjung ke pulau. Pulau tersebut buka 24 jam karena menjadi lokasi untuk berkemah. Meskipun begitu, wisatawan paling banyak datang di pagi dan sore hari. Dua waktu ini cuacanya tidak terlalu terik sehingga jalan-jalan di sekitar pulau jauh lebih nyaman.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Semak Daun

Kegiatan di Pulau Semak Daun
Image Credit: Google Maps (Aini N)

1. Camping di Kawasan Pulau

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pulau Semak Daun dikenal sebagai surganya para pecinta alam untuk melakukan kegiatan camping. Aktivitas ini sangat menyenangkan karena Anda dapat merasakan rasanya menyatu dengan alam barang satu atau dua hari. Pulau ini sangat cocok karena tidak berpenghuni dan tidak terlalu ramai.

Di sekitaran pulau juga tidak terdapat tempat penginapan, sehingga satu satunya cara jika Anda ingin menginap adalah dengan membangun tenda. Anda juga harus membawa perlengkapannya secara mandiri karena di sana tidak ada tempat penyewaan tenda. Jangan lupa juga untuk membawa makanan yang cukup agar tidak kelaparan.

2. Jalan-Jalan Keliling Pulau Semak Daun

Kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh traveler adalah jalan jalan mengitari pantainya. Pulau ini tidak berukuran besar sehingga Anda tidak perlu takut tersesat. Meskipun kecil, pemandangan di sana sangat mempesona sehingga cukup menarik untuk dieksplor lebih dalam. Meskipun sederhana, kegiatan ini bisa sangat berkesan.

Saat berjalan mengitari pulau, akan lebih baik jika Anda melepas alas kaki. Alasannya adalah karena pantai ini memiliki pasir putih yang sangat lembut. Hal tersebut akan membuat kaki terasa nyaman. meskipun begitu, Anda jangan sampai menginjak ranting ya, karena akan terasa sakit dan dapat melukai kaki.

Waktu terbaik bagi Anda yang ingin melakukan hal ini adalah di sore hari. Cuacanya tidak akan terlalu panas sehingga lebih nyaman. Anda juga dapat merasakan hembusan angin sore yang sepoi sepoi. Angin tersebut dapat menerbangkan seluruh rasa penat yang mengganjal di hati dan pikiran sehingga Anda siap beraktivitas kembali di keesokan harinya.

3. Menikmati Keindahan Sunset

Momen tenggelamnya matahari selalu menciptakan keindahan yang tidak main main. Terlebih jika Anda menyaksikannya di tepi laut. Ambang batas antara langit dan air akan berubah menjadi orange dan cahaya di sekitarnya akan terlihat redup. Bayangan matahari juga akan memantul di atas air dan membuat pantai yang indah semakin menakjubkan.

Kegiatan Pulau Semak Daun
Image Credit: Instagram.com @fhmdrs

4. Snorkeling

Kawasan pantai dan lautnya yang terawat membuat ekosistemnya masih alami dan aman dari gangguan tangan tangan jahil. Alasan inilah yang membuat kehidupan bawah laut di Pulau Semak Daun terlihat sangat indah. Anda dapat melihat ikan ikan yang berwarna warni berenang di sisi kanan dan kiri tubuh. Pengalaman ini dapat Anda rasakan dengan bersnorkeling.

Sekedar informasi tambahan, nama snorkling muncul karena orang yang melakukan kegiatan tersebut memerlukan peralatan yang disebut dengan snorkel. Peralatan ini berbentuk selang yang menyerupai huruf J dan digunakan untuk mengambil udara dari atas permukaan laut saat bagian kepala perenang berada di bawah air.

Peralatan ini biasanya satu paket dengan google atau kacamata air sehingga Anda dapat melihat keindahan panorama bawah laut di sekitar pulau dengan baik. Peralatan ini sangat penting karena tanpanya mata akan terasa perih karena terkena air laut yang asin. Snorkeling juga akan jauh lebih menyenangkan jika Anda bisa berenang dengan baik.

5. Memancing

Kegiatan selanjutnya yang juga bisa Anda coba di Pulau Semak Daun adalah memancing ikan di dermaga. Kegiatan ini akan membuat pikiran menjadi tenang. Tentu untuk melakukannya Anda harus mempersiapkan alat alatnya sendiri. Jangan lupa untuk membawa alat pancing beserta umpannya dari rumah agar Anda tidak lagi kebingungan mencari perlengkapannya di sana.

Jika beruntung Anda dapat membawa pulang ikan yang berukuran besar. Untuk mendapatkannya Anda harus bersabar. Anda dapat duduk dengan tenang sembari menikmati pemandangan laut yang sangat indah. Panorama inilah yang akan membuat rasa bosan hilang saat Anda menunggu ikan memakan kail pancing.

Fasilitas yang Tersedia Pulau Semak Daun

Fasilitas Pulau Semak Daun
Image Credit: Facebook.com @saya-cinta-indonesia

Kelengkapan fasilitas menjadi hal yang penting bagi wisatawan. Berbicara soal fasilitas di pantai, menurut Anda apa yang paling penting? Jawabannya adalah air bersih dan toilet. Meskipun Pulau Semak Daun berukuran kecil dan tidak terlalu ramai pengunjung, Anda tidak perlu khawatir karena di sana sudah ada fasilitas toilet dan air bersih.

Fasilitas tersebut sangat penting terlebih bagi para wisatawan yang datang dan berkemah di sana. Setidaknya mereka tidak perlu membawa air bersih untuk kebutuhan buang air kecil, air besar, mandi, atau memasak air. Fasilitas lain yang bias ditemukan adalah sebuah warung kecil yang menjual beberapa cemilan dan minuman.

Walaupun ada warung, namun Anda perlu membawa perbekalannya sendiri dari rumah karena toko tersebut tidaklah besar dan belum tentu buka setiap harinya. Ditaktkan Anda tidak membawa apa apa dan kebetulan toko tersebut sedang tutup. Kejadian semacam ini malah akan membuat liburan menjadi terganggu dan mengurangi euforianya.

Ulasan tentang Pulau Semak Daun yang telah diberikan tadi semoga dapat menjadi penambah informasi bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan menarik di Jakarta. Pulau ini menjadi spot terbaik untuk mendapatkan ketenangan dan kejernihan pikiran, sehingga banyak pekerja dari ibukota yang menyempatkan waktunya untuk ke sana saat weekend.