Pulau Tabuhan, Pulau Kecil Nan Eksotis di Banyuwangi

Pulau Tabuhan, Pulau Kecil Nan Eksotis di Banyuwangi

Pulau Tabuhan adalah pulau kecil menawan di Banyuwangi yang menarik untuk dieksplor pesonanya. Pulau unik tak berpenghuni di Selat Bali dengan hamparan pasir putih dan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-17.00, Alamat: Pulau Tabuhan, Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Belakangan Banyuwangi menjadi destinasi yang naik daun di kalangan wisatawan. Dan salah satu destinasinya yang banyak menarik perhatian adalah Pulau Tabuhan. Masih masuk dalam Kabupaten Banyuwangi, destinasi ini merupakan pulau tak berpenghuni yang memiliki pesona luar biasa. Untuk mengenal pulau satu ini lebih dekat, simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Tabuhan

Daya Tarik Pulau Tabuhan

Image Credit: Instagram.com @rewardyfahmi

Potensi alam yang dimiliki oleh Banyuwangi memang bisa dikembangkan untuk wisata. Inilah yang kemudian membuat ada banyak tempat tempat wisata bermunculan di kota ini. Pulau Tabuhan sendiri baru dikenalkan sebagai tempat wisata pada tahun 2014 silam. Dimana perkenalannya diadakan dengan event Festival Kitesurfing.

Dan pemrakarsa festival ini adalah pasangan suami istri yakni Jeroon Van Der Kooij dan juga Jannah. Karena Kitesurfing ini membutuhkan angin untuk mendorong layang layangnya, sehingga butuh angin yang besar. Inilah yang kemudian ditangkap oleh pasangan ini untuk mengenalkan pulau eksotis ini dalam tingkat internasional lewat Kitesurfing.

Tidak hanya pasangan yang merupakan owner Bangsring Breeze, beberapa investor juga turut bergabung untuk mengenalkan pulau ini. Hal inilah yang akhirnya membuat nama Pulau Tabuhan mulai dikenal di kalangan pelancong. Baik yang berasal dari Indonesia maupun internasional yang singgah di kota yang dihuni Suku Osing ini.

Pulau satu ini termasuk pulau yang tidak berpenghuni dan juga tidak memiliki bangunan permanen. Yang membuatnya makin menarik, Tabuhan menawarkan wisata bahari yang mengagumkan dan berhasil menarik perhatian wisatawan. Mengunjungi pulau satu ini, dijamin akan membuat liburan Anda tidak akan begitu saja terlupakan.

Dikelilingi oleh pasir putih yang lembut, di Tabuhan Anda juga bisa mengintip bawah lautnya yang mempesona. Keindahan bawah laut dari pulau ini memang menjadi salah satu hal istimewa yang tidak bisa dilewatkan. Inilah mengapa wisatawan yang datang, dianjurkan untuk menyiapkan peralatan diving maupun snorkeling.

Daya Tarik Pulau Tabuhan Banyuwangi

Image Credit: Instagram.com @rewardyfahmi

Mengingat daya tarik utama bukan hanya pada pantainya, tetapi juga pada pesona bawah lautnya. Terumbu karang yang masih utuh dan juga terjaga membuat siapapun akan dipuaskan dengan kemolekan bawah lautnya. Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, potensi angin yang besar juga sangat mendukung untuk kegiatan selancar yang memanfaatkan angin.

BACA JUGA:  24 Minuman & Makanan Khas Surabaya yang Wajib Anda Coba

Bukan hanya pada perairannya saja, bagian daratan dari Pulau Tabuhan juga sangat menarik untuk Anda jelajahi. Pasir putih yang membentang akan sangat lembut jika bersentuhan dengan kaki Anda. Pemandangan dari pasir putih dengan air yang jernih, membuatnya semakin mempesona. Semua penat yang selama ini menghalau akan terhempas begitu saja.

Pada pinggir pantainya digenangi oleh air laut yang juga ditemukan beberapa bekas reruntuhan bangunan. Sehingga banyak dimanfaatkan sebagai tempat mengambil foto foto yang instagramable. Terdapat juga ayunan yang juga sangat cocok untuk menjadi latar berpose Anda. Tidak ketinggalan adanya bangunan mercusuar yang membuat pulau ini makin menolak.

Dengan adanya mercusuar ini, maka Anda bisa menikmati pemandangan baharinya dari atas ketinggian. Sekalipun menjadi pulau yang tidak berpenghuni, tetapi Anda tetap akan menemukan satwa yang menjadi penghuninya. Jika beruntung Anda bisa bertemu dengan Burung Maleo yang merupakan burung endemik dari Sulawesi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Tabuhan

Alamat Lokasi Pulau Tabuhan

Image Credit: Instagram.com @on_zhail16

Pulau kecil ini berada di antara Pulau Bali dan juga Pulau Jawa. tepatnya berada di Selat Bali tetapi jika secara administratif masih masuk dalam Kabupaten Banyuwangi. tepatnya di Desa Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Pulau satu ini lokasinya juga dekat dengan Pulau Menjangan yang masuk dalam Provinsi Bali.

Karena lokasinya yang berada di ujung Jawa Timur, maka Anda yang berasal dari luar kota harus menuju Banyuwangi terlebih dahulu. Anda bisa mengandalkan bus jika perjalanan di mulai Surabaya. Bus ini akan membawa Anda melewati Situbondo, dan Anda bisa meminta untuk turun di Desa Bangsring.

Apabila menggunakan kereta, maka Anda bisa turun di Stasiun Banyuwangi baru. Dari stasiun Anda bisa menggunakan angkutan dan bisa menyewa untuk tiba di Pantai Basring. Selain itu juga bisa menggunakan ojek untuk bisa sampai di Desa Bangsring. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk ke arah Pelabuhan Ketapang.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bondowoso yang Wajib Anda Bawa Pulang

Dari sana Anda bisa langsung menuju Pantai Basring. Dimana dari pusat kota Banyuwangi membutuhkan waktu sekitar 1 jam an. Akses menuju pantai ini juga sudah mulus dan mudah untuk Anda jangkau. Barulah dari Pantai Basring Anda bisa menyewa kapal untuk sampai di Pulau Tabuhan. Dalam satu kapal bisa digunakan 7 sampai 10 orang.

Perjalanan dengan kapal ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Tenang saja, selama perjalanan ini Anda sudah akan disuguhkan dengan pesona yang luar biasa. Hamparan pulau dari kejauhan dengan panorama biru dari air laut akan menghibur Anda. Perjalanan dengan orang orang tersayang tentunya akan semakin seru.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau Tabuhan Banyuwangi

Estimasi Pulau Tabuhan Banyuwangi

Image Credit: Instagram.com @on_zhail16

Untuk menikmati keindahan pulau satu ini, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis jika dari sumber yang diperoleh. Kendati menggunakan biaya masuk, pasti tidak akan terlalu mahal dan masih ramah kantong. Pengunjung yang datang memang harus merogoh kocek lebih dalam untuk menyewa kapal menuju Pulau Tabuhan.

Harga sewa kapal ini berkisar Rp 500 ribu yang bisa dibagi sampai 10 orang. Harga ini belum termasuk dengan sewa peralatan snorkeling ataupun sewa jasa tour guide. Mengingat pulau ini memang tanpa penghuni, sehingga beberapa orang membutuhkan tour guide. Sementara untuk jam buka, sebenarnya pulau ini tidak memiliki aturan tertentu.

Tetapi kebanyakan wisatawan yang datang pada pukul 08.00 sampai 17.00. Agar liburan Anda semakin menyenangkan, ada baiknya untuk menghindari musim angin barat. Yang umumnya akan ada di bulan Desember sampai Maret. Karena arusnya akan membawa sampah dan tentunya mengganggu kenyamanan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Tabuhan

Image Credit: Instagram.com @pesona_trip1

1. Menjelajah Pulau

Memiliki luas sekitar 5 sampai 6 hektar, Anda bisa mengelilinginya atau mengeksplor pulau ini. Kira kira dibutuhkan waktu 45 menit atau 1 jam untuk menjelajah setiap sudutnya. Anda bisa berjalan kaki, pepohonan rindang yang ada di sekitar pulau bisa Anda jadikan tujuan untuk istirahat ketika lelah.

Tentunya petualangan ini akan memungkinkan Anda menemukan sudut baru.Namun pastikan jika Anda selalu berhati hati ketika berjalan jalan di sekitar Pulau ini. Dan tentunya dengan tidak meninggalkan sampah sembarangan. Mengingat pulau ini masih termasuk pulau yang keindahannya masih terjaga.

BACA JUGA:  55 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Paling Terkenal

2. Diving dan Snorkeling

Mengintip bawah laut dari Tabuhan menjadi aktivitas yang tak boleh Anda lewatkan. Sebenarnya, snorkeling tak hanya bisa dilakukan di area pulau ini saja. Mengingat Pantai Basring juga memiliki spot andalan berupa rumah apung. Tetapi, Pulau Tabuhan juga terkenal dengan pesona bawah lautnya yang juga luar biasa.

Dan tentunya untuk terumbu karang hingga biota laut yang bisa Anda temukan akan berbeda dengan yang ada di Pantai Basring. Karena setiap tempat selalu memiliki ciri khas yang berbeda. Air di Pulau ini juga begitu jernih, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas semua pesona bawah lautnya.

3. Surfing

Ada beberapa surfing yang bisa Anda lakukan ketika menginjakkan kaki di Pulau Tabuhan. Dimana yang paling kondang adalah Kitesurfing dan juga Windsurfing. Anda juga bisa tetap selancar biasanya, tetapi angin besar di Pulau ini sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Dan tentunya akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan ketika berlibur ke pulau ini.

4. Mengambil Foto-Foto Cantik

Di tempat seindah ini, sangat sayang jika tidak mengabadikan setiap momen Anda. Anda yang suka berpose di depan kamera bisa mengambil banyak foto yang instagramable. Mulai dari pose dengan latar belakang lautan birunya hingga foto bawah airnya. Pastikan untuk membawa kamera terbaik Anda dan siapkan ruang penyimpanan yang memadai agar semua momen bisa dijepret.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Fasilitas di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Image Credit: Instagram.com @ipulkodak

Dengan dasar kealamian Pulau Tabuhan begitu terjaga, maka wajar jika fasilitasnya masih terbilang minim. Tetapi, Anda tetap akan menemukan warung sederhana yang menyediakan makanan atau minuman. Tidak ketinggalan sebuah bilik kecil yang bisa digunakan untuk berganti pakaian. Dan Anda juga bisa menemukan penginapan tetapi lokasinya di Daerah Pantai Basring.

Di Pantai Basring juga Anda bisa menemukan penyewaan alat snorkeling atau diving. Kendati demikian, beberapa pengunjung memilih untuk mendirikan tenda jika ingin menginap di pulau ini. Hanya saja, pastikan Anda membawa keperluan Anda nantinya. Hingga kini, air bersih di pulau ini masih diusahakan oleh pemerintah setempat.

Pulau Tabuhan memang masih membutuhkan sentuhan pemerintah agar semakin menawan. Kabarnya juga akan menggandeng beberapa investor untuk pengadaan air bersih juga penginapan. Tetapi, keindahan yang dimiliki pulau ini akan membuat semua perjuangan Anda terbayar lunas. Apalagi lokasinya masih alami, sehingga cocok untuk melepas penat.