Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Situmandala, Kec. Rancah, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Ciamis merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak wisata-wisata alami cocok untuk mengisi waktu libur. Terdapat banyak wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya yaitu Puncak Bangku. Puncak yang berada di Ciamis ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Puncak ini berada di ketinggian dari dataran tinggi dengan dihiasi tebing-tebing yang menjulang. Menurut masyarakat setempat, penamaan bangku karena dahulu di atas puncak ini banyak penduduk yang membuat bangku dari kayu-kayu yang tersedia. Karena itulah awal penamaan puncak.

Selain dihiasi tebing-tebing yang menjulang, anda juga dapat menikmati pemandangan yang menghijau dengan awan putih yang menyelimuti. Suasana di puncak yang dingin juga menambah kemenarikan bagi pengunjung. Berikut beberapa ulasan kenapa puncak ini wajib untuk dikunjungi!

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Bangku

Daya Tarik Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Rizqon Muharram

1. Wisata dengan Panorama Negeri di Atas Awan

Panorama negeri di atas awan tidak hanya bisa dilihat melalui ketinggian gunung saja, tetapi juga dapat disaksikan dari ketinggian puncak. Anda dapat menikmati pemandangan awan putih yang seolah-olah sangat dekat dengan sisi pengunjung berada.

Pemandangan yang menarik ini semakin membuat bersyukur dengan ciptaan-Nya karena telah menghadirkan alam yang benar-benar indah. Waktu terbaik untuk merasakan sensasi menyaksikan keberadaan awan yang sangat dekat ini adalah di waktu pagi hari sekitar pukul 04.00 WIB sampai matahari muncul.

Di waktu tersebut, kondisi Puncak Bangku masih sangat asri dan alami. Udara dingin yang menyelimuti pagi juga menambah sensasi yang berbeda, ditambah hembusan angin sepoi-sepoi yang menawarkan keindahan. Awan putih menghiasi langit seakan ingin bersahabat dengan anda.

2. Pemandangan Asri Puncak

Saat memasuki lokasi puncak, pengunjung akan menikmati suasana asri alam yang alami. Di puncak, terdapat hamparan persawahan. Sawah ini membentang luas dengan warna kehijauan membentuk sebuah kotak-kotak dalam setiap lahannya. Selain sawah, terdapat juga deretan pepohonan-pepohonan.

Pepohonan ini tumbuh dengan subur di sekitar puncak. Pohon-pohon besar yang menjulang tinggi sangat asri dan rindang. Pengunjung dapat bersantai di bawah pohon yang rindang ini. Udara Puncak Bangku juga mendukung, udara khas dingin yang sejuk dan asri ditambah dengan angin yang berembus dengan sepoi-sepoi.

Lokasi puncak ini juga diselimuti awan. Awan putih yang menambah keindahan puncak. Selain awan, di pagi hari juga sering muncul kabut. Lokasi puncak sering diselimuti kabut tebal saat pagi hari. Kabut ini bukan berasal dari asap tetapi dari keindahan alam yang tentunya sangat sejuk khas puncak.

Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk datang di waktu pagi hari dari sekitar pukul 04.00 WIB untuk menikmati suasana pagi di puncak. Waktu pagi adalah salah satu waktu terbaik yang diberikan, karena di pagi hari, pengunjung dapat merasakan langsung keindahan alam ditambah suasana yang asri.

Sayangnya, tidak disarankan untuk berkunjung ke Puncak Bangku saat siang hari yang terik, karena cuacanya akan berubah jadi panas tidak sesejuk pagi. Selain waktu pagi, waktu senja juga menawarkan keindahan yang keren. Banyak pengunjung yang memilih waktu senja sambil menikmati keindahan langit jingga.

3. Tempat Camping Khusus

Salah satu daya tarik lainnya adalah terdapat area khusus sebagai area untuk camping atau kemah yang disediakan untuk para wisatawan. Anda dapat mendirikan tenda atau camping bersama keluarga dan teman-teman. Bermalam dengan menyatu bersama alam menjadi hal yang menyenangkan.

Wisatawan akan menikmati panorama pagi maupun malam hari yang akan menjadi suatu pengalaman berharga, terlebih jika bersama dengan orang-orang yang disayangi. Disarankan bagi pengunjung untuk tidak lupa membawa perlengkapan camping karena di lokasi tidak menyediakan perlengkapan tersebut.

Kawasan Puncak Bangku memiliki keamanan yang terjamin karena terdapat beberapa petugas yang sering memantau area puncak, oleh karena itu pengunjung tidak usah takut untuk mendirikan tenda. Anda pun akan dibantu beberapa petugas jika mengalami kesulitan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Andinita Nurul

Wisata alam puncak yang menyuguhkan pemandangan alami khas pegunungan ini hanya dapat ditemui di Jawa Barat, tepatnya berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah kabupaten Ciamis.

Jarak tempuh di perjalanan dari pusat titik Kota Ciamis menuju lokasi puncak adalah sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit di perjalanan. Rute perjalanan dari pusat titik Kota Ciamis menuju ke Alun-alun Ciamis. Setelah itu teruskan perjalanan menuju ke Baregbeg.

Selanjutnya menuju ke Kecamatan Rancah. Setelah sampai di Kecamatan tersebut anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah menuju Puncak Bangku, beberapa menit kemudian akan sampai ke lokasi puncak.

Anda dapat menggunakan kendaraan mobil ataupun sepeda motor pribadi selama perjalanan karena belum tersedia akses kendaraan umum, atau alternatif lain dapat menggunakan aplikasi ojek online namun tentu tarifnya akan memakan biaya yang cukup tinggi.

Perjalanan ke lokasi Puncak Bangku memang strategis tetapi selama perjalanan akan melewati rintangan perjalanan yang berkelok-kelok, untuk itu disarankan agar sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat. Siapkan juga beberapa perlengkapan penting agar tidak tertinggal.

Agar perjalanan lebih aman, gunakan aplikasi google maps sebagai pemandu perjalanan anda agar terhindar dari kebingungan. Selain itu, dimasa pandemic covid, disarankan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker dan handsanitizer.

Harga Tiket Masuk Puncak Bangku

Harga Tiket Masuk Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Riski Andriansyah

Wisata alam dengan khas pegunungan ini menawarkan kesempatan yang menarik. Untuk bisa menikmati keindahan puncak khas pegunungan, anda tidak perlu membayar retribusi tiket masuk ke kawasan. Menarik bukan?

Walaupun retribusi tiket gratis, tetapi ada beberapa biaya yang dibebankan kepada wisatawan seperti biaya parkir senilai Rp 3.000. Selain parkir, ada beberapa spot foto yang berbayar dengan nilai Rp 2.000 per tiap tempat. Dan bagi untuk yang ingin bermalam, kemah membayar sekitar Rp 25.000.

Adapun untuk jam operasionalnya, Puncak Bangku dibuka dari Hari Senin sampai dengan Hari Minggu pada pukul 06.00 WIB pagi sampai pukul 17.00 WIB sore. Tetapi tenang saja, bagi pengunjung yang ingin menyaksikan suasana pagi hari memandangi matahari yang beranjak keluar, anda dapat datang lebih awal yaitu pukul 04.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puncak Bangku

Kegiatan Menarik Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Andi Purnama Nugraha

1. Berjalan Berkeliling Puncak

Setelah memasuki lokasi bawah puncak, agaknya anda harus berjalan mendaki sedikit ke ujung puncak. Sambil berjalan berkeliling mendaki puncak pengunjung dapat melihat pemandangan hijau yang memanjakan mata. Terlihat hamparan persawahan yang hijau dipadu dengan pepohonan rimbun yang rindang.

Selain itu, setelah mencapai puncak, disuguhkan panorama awan yang putih mengelilingi puncak. Terdapat juga perbukitan gunung-gunung yang menghijau, berada sekitar beberapa kilometer dari Puncak Bangku.

2. Bersantai di Saung

Aktivitas lainnya adalah bersantai di saung. Di sekeliling puncak terdapat beberapa saung atau pondok khusus untuk para wisatawan. Pondok ini menghadap langsung ke tepi tebing dengan pemandangan yang menghijau. Di sekitar pondok juga tersedia beberapa warung.

Anda dapat menyantap makanan maupun minuman di saung sambil menikmati panorama yang menarik itu. Terlebih jika awan putih datang, layaknya persis seperti berada di atas awan putih

3. Piknik

Kawasan Puncak eksotis ini juga ramah bagi para wisatawan yang ingin berpiknik. Tersedia beberapa area khusus piknik bersama keluarga. Sayangnya, jika ingin berpiknik harus menyiapkan perlengkapan piknik dari rumah ya! Spot pemandangan piknik juga menawarkan keindahan puncak di atas tebing dengan panorama hijau.

4. Kemah

Kemah atau camping adalah aktivitas bermalam yang biasa dilakukan jika anda ingin menikmati suasana malam di puncak. Terdapat area khusus yang dijadikan tempat untuk mendirikan tenda. Pengunjung dapat menyiapkan tenda dari rumah atau menyewa beberapa tenda dari penduduk setempat.

5. Spot Foto Menarik

Kawasan puncak ini memiliki spot foto yang menarik untuk diabadikan. Beberapa tempat khusus sengaja dibuat pengelola, seperti tempat khusus seperti pondok yang berada condong ke tebing ataupun tempat khusus foto di tiang samping tebing dengan membayar Rp2.000 untuk bisa berfoto, terdapat juga tempat gratis foto.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Bangku
Image Credit: Google Maps Hindra Then

Walaupun tidak dibebankan biaya retribusi tiket tetapi fasilitas yang disediakan cukup memadai di Puncak Bangku. Sebelum memasuki kawasan puncak, terdapat area parkir yang cukup luas untuk kendaraan mobil ataupun motor. Selain area parkir, terdapat juga toilet yang bersih di sekitar puncak.

Selanjutnya, tersedia warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Anda dapat menyantap makanan sambil menikmati suasana puncak yang asri dan alami. Selain itu tersedia juga tempat-tempat pondok atau saung untuk melepas lelah setelah berkeliling puncak.

Puncak ini juga menyediakan tempat ibadah yang bersih seperti Musholla baik bagi pria dan wanita lengkap dengan pembatasnya. Selain itu, tersedia juga beberapa spot foto yang menarik. Di puncak juga tersedia sebuah area luas yang dijadikan sebagai tempat untuk camping.

Puncak Bangku adalah salah satu puncak yang menampikan keindahan khas pegunungan. Jika anda enggan untuk mendaki gunung, ke puncak adalah salah satu alternatifnya, menikmati keindahan alam dipadu dengan suasana yang asri khas dinginnya pegunungan yang hijau. Puncak inilah salah satu alternatif liburan anda.