Menikmati panorama alam yang tersaji di Puncak Bogor, Cisarua menjadi hal yang menyenangkan. Pemandangan yang indah mampu membuat pikiran menjadi lebih rileks. Hamparan perkebunan teh hingga mencoba wahana permainan yang menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Ciloto, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Puncak Bogor sudah sedari dulu dikenal memiliki destinasi wisata alam yang menarik untuk tujuan liburan yang menyenangkan. Tidak heran jika kemudian lalu lintas di jalan raya puncak selalu macet saat akhir pekan. Kondisinya bahkan semakin parah saat hari liburan tiba. Apabila terjebak macet, cobalah mampir ke kawasan puncak. Tempat apakah itu? Yuk simak informasinya di sini!

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Bogor

Daya Tarik Puncak Bogor
Image Credit: Facebook.com @biondi.jourdan

Kawasan Puncak merupakan tempat yang cocok bagi Anda untuk menjelajah lebih jauh alam perbukitan. Lokasi ini memiliki berbagai spot unik yang mampu meneduhkan penglihatan pengunjung. Sejauh mata memandang, Anda dan keluarga akan melihat hamparan tanaman teh yang luas. Kenangan indah di sana akan semakin lengkap ditemani oleh semilir angin yang sejuk menentramkan.

Saking seringnya macet, wisatawan kerap kali menjadikan kawasan puncak sebagai destinasi sampingan demi menunggu lalu lintas sedikit membaik. Meskipun pada akhirnya waktu perjalanan semakin molor, namun setidaknya mereka bisa menikmati keindahan Bogor dibandingkan jika harus menunggu lama di dalam mobil.

Setelah pikiran lebih tenang, pengendara bisa melanjutkan perjalanan dengan suasana hati yang baik. Dengan begitu, Anda bisa menikmati wisata kali ini dengan maksimal. Mesin kendaraan juga bisa beristirahat sejenak sehingga performanya tetap terjaga hingga Anda kembali ke rumah. Lokasinya yang ada di jalan raya puncak membuat lokasi ini cukup populer.

Puncak Cisarua juga sering dijadikan lokasi berburu foto. Mulai dari anak anak hingga orang tua gemar melakukan kegiatan tersebut. bukan tanpa alasan, kondisi ini terjadi karena panorama Puncak Bogor yang sangat memukau. Bahkan di sana ada juga rumah pohon yang bisa Anda gunakan sebagai background foto atau hanya sekedar memantau lalu lintas dari ketinggian.

Wisata ini juga dikenal murah sehingga tidak akan membuat kantong Anda menipis. Banyak orang yang berasumsi bahwa berlibur ke Puncak pasti memerlukan budget besar. Akan tetapi, tanggapan tersebut tidaklah benar. Masih banyak destinasi andalan lain yang harganya ekonomis, seperti di kawasan puncak ini. Destinasi tersebut memanglah cocok dikunjungi berbagai kalangan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Puncak

Alamat Puncak
Image Credit: Google Maps (Smart traveler)

Sesuai dengan namanya, wisata pegunungan ini berada di kawasan menuju Puncak. Lokasi destinasi tersebut berada di Sindanglaya Cianjur, termasuk dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Anda dijamin tidak akan kesulitan menemukannya. Destinasi ini cukup terkenal dan juga bisa diakses melalui bantuan Google Maps. Pada intinya, ambilah jalur menuju puncak dan Anda akan melihatnya.

Puncak Bogor adalah salah satu kawasan wisata alam yang tampaknya tidak pernah tutup. Anda bisa berkunjung saat pagi, siang, sore, dan juga malam hari. Tentu perbedaan waktu saat berkunjung ke sana akan memberikan vibe atau pemandangan yang berbeda. Di pagi dan sore hari, cuaca cukup berkabut sehingga udaranya sangatlah dingin.

Sedangkan saat siang hari, Anda dapat melihat indahnya perbukitan dengan lebih jelas karena kabut sudah mulai menghilang. Akan tetapi, keinginan itu harus sirna, jika kondisi di kawasan puncak sedang mendung dan berawan. Sedangkan di malam hari, Anda dapat melihat gemerlap cahaya kendaraan yang lalu lalang dari ketinggian, namun hamparan kebun teh tidak akan terlihat.

Banyak orang yang menyarankan, bahwa waktu terbaik untuk datang ke Puncak Bogor adalah di pagi dan sore hari. Orang orang yang berpendapat demikian tentu memiliki alasan. Mereka mengatakan bahwa udara Puncak paling segar dan teduh adalah di pagi dan sore hari. Cuaca yang teduh juga akan membuat Anda semakin semangat bereksplorasi.

Alhasil, tidak akan ada sudut kawasan puncak yang tidak Anda jelajahi. Hasil jepretan di dalam kamera atau ponsel juga akan semakin banyak. Dengan begitu, pengalaman wisata kali ini akan sangat berkesan dan sulit untuk dilupakan. Terlebih lagi harga tiketnya sangatlah murah, yaitu sekitar 10 ribu per orang sehingga tidak akan memberatkan dompet.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puncak Cisarua

Aktivitas di Puncak Cisarua
Image Credit: Google Maps (Nining Agustya)

1. Menikmati Keindahan Alam

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Puncak Bogor adalah menikmati keindahan alamnya. Dari sana, Anda bisa melihat hamparan pepohonan yang rindang, kebun the, dan juga barisan perbukitan yang megah. Pemandangan semacam itu pastinya tidak dapat Anda temukan di kawasan perkotaan.

Tidak heran jika kemudian banyak orang Jakarta yang selalu datang ke Puncak saat liburan. Mereka rela bermacet macetan untuk melihat keindahan tersebut. Memang benar jika alam adalah obat bagi manusia yang merasa bosan dan lelah. Mengunjungi Puncak Bogor adalah salah satu pilihan yang tepat dan pastinya tidak akan disesali.

Menikmati keindahan alam ini akan semakin menyenangkan jika Anda datang bersama dengan rombongan. Anda bisa bergurai ria di alam terbuka tanpa perlu takut orang merasa terganggu. Alam terbuka adalah jawaban bagi Anda yang ingin mengeratkan kembali kekeluargaan dan tali persahabatan dengan orang orang terkasih.

2. Berswafoto di Kebun Teh

Saat ini, berswafoto atau yang lebih dikenal dengan nama selfie, adalah kegiatan yang sering dilakukan. Bukan hanya anak muda, namun orang tua juga cukup mengaguminya. Semua foto yang disimpan di memori ponsel ini akan menjadi kenang kenangan yang tidak terlupakan. Foto itu bisa tersimpan dalam jangka waktu yang lama.

Bagi sebagian orang, foto yang telah didapatnya juga bisa menjadi bahan unggahan di halaman media sosial. Mulai dari facebook, instagram, twitter, hingga TikTok menjadi platform medsos yang menjadi sasarannya. Foto yang diunggah dijamin menarik perhatian warganet. Tidak menutup kemungkinan jika pada akhirnya konte yang diupload menjadi trending.

Untuk meningkatkan kesempatan untuk viral, saat ini ada banyak sekali aplikasi editing foto dan video. Anda bisa mempercantik tampilan file tersebut sehingga membuat penonton semakin terpukau dan terhibur. Tentu dalam hal ini, diperlukan skill editing yang baik disertai dengan selera seni yang tinggi. Dengan begitu, foto dari Puncak Bogor akan terlihat lebih indah lagi.

3. Berjalan Menuju Telaga Warna

Kegiatan ketiga yang juga bisa dilakukan di kawasan puncak adalah mengunjungi telaga warna. Untuk masuk ke sana, pengunjung perlu membayar biaya 25 ribu. Dengan harga segitu, destinasi ini bisa dibilang ekonomis, mengingat puncak adalah lokasi wisata yang cukup populer dan tidak pernah sepi pengunjung.

Setiap harinya, ada banyak mobil berjajar di parkiran. Mereka rela menghabiskan waktu lama untuk melihat telaga dan hamparan tanaman teh di sana. Perjalanan menuju telaga warna juga tidak akan membosankan, karena Anda akan ditemani oleh hijaunya dedaunan di setiap kaki melangkah. Hembusan angin yang lembut juga membuat tubuh terasa enteng.

Aktivitas Puncak Cisarua
Image Credit: Google Maps (Yuni Anisa Putri)

4. Mencoba Wahana Sepeda

Pilihan kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Puncak Bogor adalah mencoba wahana sepeda. Anda bisa menggunakan sepeda tersebut dan berfoto di atasnya. Biaya yang perlu Anda keluarkan juga tidaklah mahal, hanya sebesar 20 ribu rupiah. Tentunya harga ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

Sebenarnya wahana sepeda ini tidak terlalu banyak digunakan oleh pengunjung. Bukannya karena tidak nyaman dan mahal, namun mereka sudah terlalu puas dengan pemandangan yang dilihatnya saat ini. Bahkan ada banyak sekali spot foto menarik selain sepeda itu yang bisa Anda gunakan. Oleh karena itu, sesampainya di kawasan puncak, cobalah untuk mengeksplor setiap sudutnya dengan baik.

5. Berbelanja Oleh-Oleh Khas Bogor

Apabila berbicara soal lokasi wisata, pasti erat kaitannya dengan oleh oleh. Apabila adalah pemburu jajanan tersebut, maka Puncak Bogor adalah destinasi yang tepat. Ada banyak sekali warung yang menjual makanan ringan dan buah buahan. Bahkan berbagai sayur juga dapat dengan mudah Anda temukan di sana.

Seluruh hasil alam yang dijual oleh pedagang oleh oleh masih sangat fresh. Sama seperti dataran tinggi yang lain, Puncak juga menjadi lokasi yang baik bagi berbagai komoditas pertanian untuk tumbuh. Hal ini berhubungan dengan iklim, cuaca, dan kondisi tanahnya. Setiap tanaman juga pasti dirawat oleh para petani sehingga hasilnya bagus dan layak jual.

Sebelum berbelanja, pastikan Anda sudah menanyakan harga oleh oleh tersebut kepada penjualnya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, agar Anda mendapatkan harga yang wajar. Apabila dirasa terlalu mahal, Anda bisa menawarnya untuk harga yang lebih miring. Tentu skill negosiasi Anda sangat dibutuhkan kali ini.

Apabila pedagang masih tidak ingin memberikan harga diskon, maka cobalah untuk mengunjungi gerai oleh oleh yang lain. Ada belasan kios yang berdiri di sekitar Puncak Bogor. Oleh karena itu, janganlah terburu buru untuk membeli oleh oleh di sebuah tempat. Lebih baik berkeliling terlebih dahulu untuk membandingkan produk dan harga agar oleh oleh tidak mengecewakan.

6. Mengisi Perut Dengan Jajanan Lezat

Tidak lengkap rasanya jika berwisata di tempat yang dingin namun tidak menghangatkan diri dengan kudapan yang lezat. Di Puncak Bogor, ada banyak sekali pedagang kaki lima atau warung yang menyediakan jajanan ringan hingga makanan berat. Kedatangan para wisatawan untuk beristirahat adalah kesempatan emas bagi mereka untuk memperoleh rezeki.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk membeli hidangan yang mereka jual untuk melariskannya. Soal rasa, Anda tidak perlu khawatir. Kebanyakan makanan yang ditawarkan di Kawasan Puncak semuanya lezat. Harganya juga murah dan berbeda jauh dari harga restoran bintang lima. Selain harganya yang ekonomis dan rasanya yang juara, pedagang di sana juga ramah sehingga membuat wisatawan betah.

Di saat mengisi perut, Anda juga bisa bertanya tentang rute atau destinasi andalan di Puncak. Para pedagang yang biasanya orang asli sana, pasti mengetahui apa saja destinasi wisata di kawasan tersebut. Ngobrol bersama dengan mereka akan memperkaya pengetahuan Anda tentang puncak. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh ide liburan yang semakin menyenangkan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Puncak Bogor

Fasilitas di Puncak Bogor
Image Credit: Google Maps (Rosyid Putra Maharta)

Berbicara soal fasilitas, Puncak Bogor sebenarnya tidak terlalu banyak memiliki fasilitas umum. Hanya ada fasilitas dasar seperti toilet, pusat oleh-oleh dan berbagai tempat makan. Tentu fasilitas ini memiliki kemungkinan besar untuk terus berkembang mengingat besarnya antusiasme wisatawan berkunjung ke kawasan wisata pegunungan ini. Namun, Puncak tidaklah mengecewakan dan tetap menjadi destinasi wisata yang dapat memanjakan mata setiap pengunjung.

Demikianlah uraian lengkap tentang destinasi wisata andalan di Puncak yang bernama Puncak Bogor. Destinasi ini layak digunakan sebagai lokasi wisata oleh Anda yang sedang melakukan perjalanan ke Puncak. Harganya yang ekonomis serta berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan menjadi alasan dasar mengapa lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung.