Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamaju, Kertamukti, Kec. Ciawi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi warga Tasikmalaya dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata alam bernama Puncak Pelita. Tempat wisata yang berada di atas bukit tersebut akan memberikan anda pengalaman berlibur yang cukup unik, dimana anda bisa berendam di kolam sambil melihat indahnya alam sekitar dari atas ketinggian.

Lokasi tersebut juga merupakan salah satu spot paling bagus untuk menikmati sunset. Bayangkan saja bagaimana rasanya jika anda berendam di kolam dengan alam yang sangat nyaman dan tenang sambil melihat indahnya Matahari terbenam, momen ini bisa lebih romantis jika anda menikmati sunset bersama pasangan.

Tidak hanya itu, selama perjalanan anda juga akan disuguhkan pemandangan sawah yang benar-benar cantik. Berhentilah sejenak jika anda ingin mengambil gambar dengan background sawah tersebut. Berikut adalah review singkat mengenai wisata alam yang berada di Kabupaten Tasikmalaya tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Pelita

Daya Tarik Puncak Pelita
Image Credit: Google Maps Wulan Nurlaela

1. Panorama Alam

Kita mulai dari daya tarik pertama yang dimiliki oleh Puncak Pelita yaitu alamnya yang kaya akan pepohonan hijau. Tidak bisa dipungkiri jika namanya wisata alam pasti memiliki banyak sekali pohon yang tumbuh di sekitarnya, sama halnya dengan tempat wisata alam yang berada di puncak bukit ini yang memiliki beberapa pohon yang tumbuh di sekitarnya.

Pohon-pohon tersebut kemudian menciptakan udara yang sejuk dan segar bagi wisatawan yang berlibur. Tidak hanya pepohonan anda juga bisa melihat indahnya sawah dan perkebunan warga yang berada tidak jauh dari lokasi wisata nan indah tersebut.

Selain itu, anda juga bisa melihat indahnya Kota Tasikmalaya dari kejauhan saat berada di Puncak Pelita. Dimana saat siang hari kota tersebut sangat padat dengan aktivitas warga sedangkan saat malam hari sangat indah dengan ribuan lampu yang menyala di setiap sisi kota.

2. Kolam Renang

Beralih ke daya tarik berikutnya yaitu kolam renang yang berada di puncak bukit. Kolam renang yang ada di dalam lokasi wisata menawan ini terbilang unik karena siapa saja yang memasukinya tidak hanya dapat bermain air saja melainkan juga bisa melihat indahnya pemandangan sekitar dari dalam kolam tersebut.

3. Sunset di Puncak Pelita

Daya tarik selanjutnya adalah sunset atau momen saat Matahari terbenam. Lokasi wisata alam ini merupakan salah satu spot yang paling bagus di sekitaran Kota Tasikmalaya untuk menyaksikan indahnya momen sunset.

4. Makanan

Daya tarik terakhir yang dimiliki tempat wisata menakjubkan ini adalah makanannya. Karena lokasinya yang ada di pedesaan membuat anda dapat menemukan beberapa makanan khas yang bisa disantap.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Pelita
Image Credit: Google Maps Uswah Channel

Lokasi dari Puncak Pelita berada di Kecamatan Ciawi, Sukamaju, Kabupaten Tasikmalaya, Kertamukti, Provinsi Jawa Barat. Sebagai patokan anda bisa menggunakan Alun-Alun Kota Tasikmalaya di Jl. Alun-Alun Kab. menuju pertigaan Jl. RAA. Wiratanuningrat kemudian belok kiri dan lurus terus sampai memasuki Jl. Cimulu lalu menemukan pertigaan Jl. Dr. Sukardjo.

Dari pertigaan tersebut silahkan belok kanan dan terus ikuti Jl. Dr. Sukardjo atau Jl. Raya Rajapolah – Tasikmalaya melewati Jl. Raya Indihiang, Jl. Raya Cibodas, Jl Raya Rajapolah dan tiba di pertigaan Jl. Bebedahan dekat Mebel Sepakat (kiri jalan). Di pertigaan tersebut silahkan belok kiri untuk masuk ke Jl. Bebedahan.

Tetap di Jl. Bebedahan sampai menemukan pertigaan Jl. Cikuya lalu belok kiri dan menemukan pertigaan Jl. Rajapolah Sukahening yang berada tidak jauh dari pertigaan sebelumnya. Di pertigaan Jl. Rajapolah Sukahening ini silahkan belok kanan dan tetap dijalan tersebut sampai memasuki Jl. Kiarajangkung lalu tiba di pertigaan Jl. Kertamukti.

Di pertigaan Jl. Kertamukti tersebut anda harus belok kanan dan terus ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan setelah Kampung Karang Mukti dan belok kiri lalu belok kiri lagi di pertigaan dekat Buper Giri Kencana maka anda akan tiba di lokasi tujuan anda. Rute tersebut memiliki panjang sekitar 25 km dengan lama tempuh sekitar 57 menit.

Selama perjalanan, anda akan menemukan jalanan yang cukup berbelok-belok dan memiliki beberapa tanjakan sehingga harus ekstra berhati-hati. Selain itu setelah memasuki area perkampungan nama jalan sudah tidak ada, jadi bertanyalah kepada warga sekitar jika anda merasa bingung.

Harga Tiket Masuk Puncak Pelita

Harga Tiket Masuk Puncak Pelita
Image Credit: Google Maps irfan prasetyo

Untuk bisa memasuki lokasi wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang dan tiket masuk tersebut belum termasuk retribusi parkir jika membawa kendaraan.

Untuk retribusi parkir di kawasan Puncak Pelita sendiri bagi kendaraan roda 2 adalah sebesar Rp 2.000 per kendaraan sedangkan untuk kendaraan roda 4 adalah sebesar Rp 5.000 per kendaraan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puncak Pelita

Kegiatan Menarik Puncak Pelita
Image Credit: Google Maps Ade Rudi Nurdiana

1. Melihat Indahnya Pemandangan Alam dan Kota Tasikmalaya

Kita mulai dari kegiatan yang paling sering dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke tempat wisata alam cantik ini yaitu melihat indahnya alam sekitar. Pemandangan seperti gunung, bukit, sawah, kebun, hingga hutan bisa dengan mudah anda saksikan dari lokasi wisata cantik ini.

Tidak hanya itu indahnya Kota Tasikmalaya juga bisa anda nikmati dari tempat wisata yang berada di puncak bukit ini. Dengan adanya pemandangan-pemandangan tersebut membuat banyak wisatawan yang suka berlibur sini terlebih bagi remaja.

2. Bermain Air

Dengan adanya kolam di Puncak Pelita membuat kegiatan bermain air adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke lokasi wisata nan indah ini. Kolam renang tersebut juga bisa membuat anda melupakan semua capek yang dirasakan selama perjalanan.

Jadi jangan sungkan-sungkan jika sudah sampai di area kolam renang tersebut. Silahkan bermain air sepuasnya, untuk kedalaman kolam juga tidak terlalu dalam jadi bisa digunakan oleh semua usia. Namun, khusus untuk anak-anak harus selalu dalam pengawasan orang tua atau wali.

3. Berfoto

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di sekitaran Puncak Pelita adalah berfoto. Namanya liburan jelas tidak akan jauh-jauh dari kegiatan berfoto, kebetulan di lokasi wisata asal Kabupaten Tasikmalaya ini memiliki beberapa spot foto yang bagus seperti gazebo, kolam renang, hingga pemandangan yang menakjubkan.

Semua spot tersebut bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto yang instagramable. Oleh karena itu pastikan anda berfoto sepuasnya sebelum pulang agar tidak menyesal begitu sampai di rumah.

Kegiatan Menarik di Puncak Pelita
Image Credit: Google Maps Tedi El Real

4. Sunset

Seperti yang sudah sempat dijelaskan sebelumnya bahwa Puncak Pelita merupakan salah satu lokasi yang cocok untuk melihat indahnya sunset. Pemandangan Matahari terbenam sambil mengubah warna langit menjadi merah kekuning-kuningan adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti oleh wisatawan saat berlibur ke puncak di Kota Tasikmalaya tersebut.

5. Bersantai Sambil Menghilangkan Stres

Namanya manusia jelas pasti memiliki beban pikiran dimana hal itu bisa membuat seseorang menjadi stres. Untuk bisa menghilangkan stres kebanyakan dilakukan dengan cara berlibur dan salah satu lokasi yang cocok untuk melepaskan stres di sekitar Tasikmalaya adalah tempat wisata alam yang berlokasi di Kecamatan Ciawi ini.

Dengan lokasinya yang jauh dari keramaian kota dan memiliki banyak pepohonan membuat suasana tenang semakin terasa. Tidak hanya itu pemandangan dari ketinggian yang dapat melihat berbagai macam keindahan alam juga akan menjadi salah satu obat penghilang stres yang paling ampuh.

6. Wisata Kuliner

Di dalam tempat wisata alam hits ini terdapat beberapa warung makan yang dikelola oleh penduduk sekitar. Karena lokasi Puncak Pelita yang berada di pedesaan membuat makanan yang ditawarkan juga kebanyakan adalah makanan khas daerah sekitar, dimana hal tersebut bisa digunakan oleh wisatawan untuk menikmati wisata kuliner.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Pelita
Image Credit: Google Maps Toto Sudarto 1567

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa anda temui di Puncak Pelita adalah area parkir kendaraan. Pada area tersebut wisatawan bisa memarkirkan kendaraan pribadi mereka baik itu roda 2 maupun roda 4.

Semua kendaraan tersebut juga akan dijaga oleh petugas parkir, namun untuk mencegah terjadinya sesuatu yang merugikan sebaiknya kunci ganda kendaraan anda.

2. Kamar Mandi dan Toilet Umum

Bagi wisatawan yang ingin berganti pakaian atau membersihkan badan setelah puas bermain air di kolam renang bisa menggunakan kamar mandi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Selain kamar mandi wisatawan juga bisa menggunakan toilet umum untuk membuang air besar atau air kecil.

3. Gazebo

Fasilitas terakhir yang bisa anda temui adalah gazebo atau tempat duduk yang memiliki atap. Terdapat beberapa gazebo yang bisa anda gunakan baik untuk duduk bersantai atau meletakan barang bawaan anda. Fasilitas ini juga dapat menampung 6 hingga 8 orang jadi cukup untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga atau orang banyak.

Beberapa tips yang bisa anda gunakan saat berlibur ke Puncak Pelita yaitu berhati-hatilah saat berkendara karena jalan menuju lokasi wisata cantik ini cukup berbahaya terlebih saat musim hujan. Bawa pakaian renang karena begitu melihat kolam renang anda akan terhipnotis untuk segera masuk kedalam kolam renang tersebut.