Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 17.00-23.00 WIB, Alamat: Jambon, Bawuran, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda lagi suntuk dengan berbagai kegiatan yang tak ada habisnya dan datang silih berganti? Kalau begitu, inilah solusinya, terkhusus buat Anda yang ingin merasakan suasana berbeda. Biasanya, setiap bukit ataupun puncak memiliki daya tarik tersendiri, satu di antaranya adalah Puncak Sosok.

Jika Anda ingin mengunjungi bukit, terutama bagi Anda yang tinggal di wilayah DI Yogyakarta atau bahkan di sekitar Bantul, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Puncak Sosok. Meskipun baru dibuka sejak tiga tahun silam, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah memberikan sensasi tersendiri bagi Anda sebagai pengunjung tempat wisata tersebut. Nah, berikut ini informasi selengkapnya mengenai wisata alam hits di Bantul.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Sosok

Daya Tarik Puncak Sosok
Image Credit: Google Maps Sastro Gowes

1. Spot Foto Instagramable

Puncak cantik ini menawarkan pemandangan yang sangat indah bagi para pengunjungnya dari ketinggian, termasuk Anda. Kelompok Sadar Wisata, pihak pengelola dari kalangan masyarakat, juga berperan dalam menambahkan ornamen foto yang menarik perhatian pengunjung. Sehingga terdapat banyak sekali spot foto menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengambilan gambar atau selfie dengan latar belakang lanskap lembah-lembah dan perbukitan.

Satu di antara spot foto favorit yang dapat Anda gunakan terdapat di jembatan kayu yang terletak di bagian barat. Bentuknya unik dengan latar belakang panorama terbuka. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan panorama yang cukup aneh, yaitu TPA Piyungan. Memang terkesan jorok tetapi nantinya hanya akan tampak seperti bukit pasir karena jaraknya yang mencapai 1 kilometer.

Selain itu, tentu saja berbagai spot menarik dapat Anda manfaatkan di sini, seperti spot gardu rakitan bamboo yang menjulur ke bibir jurang dengan latar belakang pemandangan persawahan, hutan, perbukitan, dan gunung-gunung yang menjulang tinggi. Spot tersebut tentu saja membuat Anda merasa seolah-olah tempat Anda berdiri sejajar atau bisa jadi lebih tinggi dari gunung di depan Anda. Kemudian, ada pula spot ayunan kayu sederhana yang menghadap ke persawahan dan perkotaan, yang sangat cocok diabadikan bersama pasangan Anda, dan juga spot rumah-rumah kafe dari bahan bamboo layaknya rumah tradisional nan perdesaan.

2. Udara yang Segar dan Sejuk

Karena Puncak Sosok terletak di sekitar perbukitan atau pegunungan, wajar jika suhu udara di sekitarnya terasa cukup dingin dan dapat menyegarkan Anda. Udara sejuk khas pegunungan dijamin dapat memanjakan pernapasan dan kulit Anda. Banyak pohon rindang yang dapat mendukung sejuknya udara, sehingga tidak perlu khawatir akan teriknya matahari. Dijamin deh, penat Anda akan lepas begitu saja ketika mengunjungi lokasi tersebut.

3. Pemandangan yang Indah Ala Pedesaan

Ketika berada di tempat ini, hamparan hutan hijau dengan kota kecil berada di bagian bawah akan menyambut dan menarik perhatian Anda. Selain itu, pemandangannya pun dibuat seperti pedesaan dengan terdapat banyak sawah, bukit-bukit kecil, dan pondok beratap jerami dan berbahan bambu, alias rumah ala pedesaan yang dijamin dapat menambah rasa takjub Anda ketika memandangnya, sekaligus merelaksasikan pikiran sejenak.

Daya Tarik Dimiliki Puncak Sosok
Image Credit: Google Maps Churfatul janah

4. Lampu-Lampu Hias yang Mempesona

Biasanya, pemandangan lampu-lampu yang mempesona ini dapat Anda nikmati di malam hari, di mana Puncak Sosok akan menjadi semakin terang dan indah dengan lampu hias warna-warni. Didukung dengan pemandangan gemerlap lampu indah yang ada di bawah sana, di Kota Jogja, Anda dapat mengabadikan foto seindah itu.

5. Live Show yang Romantis

Ternyata, di kawasan puncak juga terdapat pertunjukkan menarik nih, yaitu pementasan akustik dan tari tradisional. Biasanya live show ini diadakan di panggung terbuka pada akhir pekan, tentunya ketika cuaca cerah dan tidak hujan lho. Jadi, bagi Anda yang berminat untuk mencari hiburan gratis terutama setiap akhir pekan, Anda bisa mengunjungi tempat ini dan rasakan alunan nada-nada yang tentu saja menghibur Anda.

6. Surga Pecinta Olahraga Downhill

Tahukah Anda? Puncak Sosok sering dijadikan lokasi kompetisi downhill baik berskala lokal maupun nasional. Sehingga, bagi Anda yang senang bersepeda, Anda bisa menyusuri berbagai rute downhill yang disediakan oleh pengelola yang dapat memacu adrenalin Anda. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dan jaga keselamatan Anda ketika melakukan aktivitas yang cukup ekstrim ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Sosok
Image Credit: Google Maps Ayu Windia

Puncak Sosok sebuah kawasan perbukitan penuh ilalang dengan daya tarik tersendiri, terletak di Dusun Jambon RT 04, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta 55791. Anda dapat pergi ke sana menggunakan kendaraan motor, sepeda, mobil pribadi, atau bahkan minibus. Kurang lebih Anda dapat mencapai tempat wisata tersebut dalam waktu 45 menit berkendara dengan jarak kurang lebih 16 kilometer dari pusat kota Yogyakarta atau 17 km dari Malioboro.

Untuk mencapai lokasi puncak tersebut, dimulai dari pusat Kota Yogyakarta, Anda dapat melewati rute berikut: Jl. Bausasran – Jl. Ki Mangunsarkoro – Jl. Batikan – Jl. Veteran – Jl. Menteri Supeno – Jl. Pramuka – Jl. Imogiri Timur – Jl. Mahoni – Jl. Akasia – Jl. Sugeng Riyadi – Jl. Ki Ageng Giring – Jl. Kauman – Jl. Pleret – Jl. Segoroyoso – Jl. Bawuran – Jl. Dadap Kulon hingga sampai di tempat tujuan. Untuk mengetahui rute tersebut Anda dapat menggunakan Google Maps yang biasanya terpasang di gadget Anda. Sepanjang perjalanan, Anda juga akan menemukan Puncak Gebang beberapa ratus meter sebelum menuju kawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puncak Sosok Bantul
Image Credit: Instagram gembel_motret

Sejauh ini, Anda tidak perlu merogoh kocek Anda lebih dalam, karena pengelola masih menerapkan tiket masuk dengan biaya seikhlasnya, alias belum ada ketetapan harga tiket masuk bagi Anda yang datang ke Puncak Sosok. Namun, Anda cukup membayar biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah. Selain itu, tempat wisata tersebut beroperasi setiap hari mulai pukul 5 pagi hingga pukul 12 malam. Jika Anda berminat untuk menginap atau melakukan camping, Anda dapat menghubungi pengelola untuk meminta izin.

Menariknya lagi, jika Anda ingin merasakan suasana yang lebih ramai, Anda dapat mengunjungi puncak mulai dari sore hari hingga waktu tutup yaitu jam 12 malam. Namun, jika Anda ingin merasakan serunya bersepeda mumpung udara masih segar, Anda bisa menyusuri puncak mulai dari pukul 5 pagi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Puncak Sosok

Kegiatan Menarik Puncak Sosok
Image Credit: Instagram Wonderful Jogja

1. Berfoto Ria

Meskipun berada di ketinggian, Puncak Sosok tetap menawarkan pemandangan yang sangat indah bagi para pengunjungnya, termasuk Anda. Banyak sekali spot foto menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengambilan gambar atau selfie dengan latar belakang lanskap lembah-lembah dan perbukitan. Begitu sampai di lokasi, dijamin Anda tidak akan sabar untuk segera mengeluarkan gadget atau kamera Anda lalu berfoto karena pemandangan yang sangat indah dari ketinggian.

2. Menikmati Aneka Sajian Makanan dan Minuman

Di tempat ini, terdapat berbagai warung makan yang bisa Anda kunjungi, pesan, dan nikmati. Anda bisa menikmati berbagai makanan dan minuman favorit Anda sembari menikmati indahnya panorama di puncak. Biasanya, makanan yang dijual di sekitar puncak adalah tahu walik, sempol ayam, sate gajih, bakso tusuk, siomay, jagung bakar, dan cilok krispy, sedangkan minuman yang tersedia di puncak adalah teh, kopi, dan jeruk. Biasanya pula tempat duduknya disediakan oleh pengelola, namun ketika Anda merasa bosan, Anda bisa memesan tikar sendiri dan bersantap sembari selonjoran dan menikmati pemandangan di puncak.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati kopi di waktu sore hari. Suasana yang syahdu, suhu udara yang mulai dingin, warna langit yang mulai berganti, dan nyalanya lampu-lampu kota, dapat menambah suasana syahdu Anda bersama kopi Anda dalam menyaksikan pemandangan yang sangat menyejukkan mata dan hati Anda.

3. Bersantai Sembari Menikmati Musik Akustik

Jika Anda merasa gabut, datang saja ke Puncak Sosok, maka Anda bisa melakukan apa pun meski hanya bersantai sembari menikmati musik akustik yang dipentaskan oleh banyak orang, mulai dari alunan lagu-lagu jadul hingga kekinian. Pengelola telah menyediakan panggung yang sifatnya terbuka dan sound set serta alat musik sehingga siapapun yang hadir dapat menampilkan bakat menyanyinya.

Biasanya pertunjukan tersebut diselenggarakan secara rutin setiap akhir pekan saat tidak hujan, dari sore hingga malam hari. Jadi, jika Anda tertarik untuk menghabiskan waktu untuk menampilkan bakat menyanyi Anda, Anda tinggal menghubungi pengelola, lalu tentukan jadwal dengan pengisi acara pentas lainnya. Satu hal lagi, panggung terbuka yang ada di puncak juga dapat digunakan untuk pementasan tari tradisional.

4. Nonton Bareng

Biasanya, Puncak Sosok bisa dijadikan lokasi menonton bareng pertandingan sepakbola berskala besar seperti Liga Champions ataupun piala dunia lainnya. Jika Anda merasa bingung ketika menentukan lokasi nonton bareng sepak bola, Anda bisa mendatangi lokasi tersebut. Terlebih lagi dari pihak pengelola akan menyediakan layar besar sehingga dapat dinikmati setiap pengunjung yang datang. Bagaimana, lebih seru menonton sendiri atau menonton bareng?

Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan pemutaran film layar lebar yang juga disediakan oleh pengelola ketika tidak terdapat jadwal pertandingan sepak bola. Dijamin pengalaman berlibur Anda di Yogyakarta akan lebih menyenangkan karena bisa menonton film sembari menyantap makan malam untuk mengusir kepenatan.

Kegiatan Menarik Dilakukan Puncak Sosok
Image Credit: Instagram YOGYAKARTA

5. Berburu Foto Malam

Mungkin poin aktivitas berburu foto mirip dengan poin sebelumnya, tetapi poin ini jelas lebih spesial karena ketika matahari telah terbenam dan tampaklah suatu malam, ternyata pesona malam di puncak ini sangat indah. Mengapa? Karena terjadi perpaduan yang begitu sempurna antara cahaya lampu hias dengan latar belakang gemerlap lampu kota Yogyakarta. Namun, tentu saja Anda membutuhkan teknik yang tepat untuk mengabadikan foto yang seperti itu.

6. Santai Bersama Teman

Anda juga dapat berbagi kisah bersama teman-teman sepermainan Anda atau dengan keluarga, karena suasana yang teduh di sore hari dan didukung oleh desiran semilir angin dapat mendukung Anda dan yang lain dalam berbagi kisah tentang hal-hal apapun itu, mulai dari hal yang menarik hingga hal-hal random, jadi ketagihan rasanya untuk mengobrol di puncak.

7. Melakukan Tracking

Puncak Sosok, sebuah bukit yang dikelilingi pepohonan hijau, menjadi tempat yang sangat cocok dijadikan tempat tracking terutama bagi pemula. Akses jalan menuju bukit tidak terlalu sulit, sehingga Anda bisa melakukan tracking dengan mudah, terlebih lagi bersama teman-teman atau keluarga tersayang. Namun, waktu terbaik untuk melakukan aktivitas ini adalah pada pagi dan sore hari agar tidak terganggu oleh teriknya sinar matahari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Sosok
Image Credit: Google Maps aVa & aZka

Puncak Sosok menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung, termasuk Anda sendiri, yaitu gazebo, lesehan, tempat duduk, mushola, toilet, aula, berbagai spot selfie yang instagrammable, pendopo, track sepeda downhill, warung, area parkir, camping ground, fasilitas outbound, serta ada pula live music yang dapat dipertunjukkan oleh siapapun yang hadir. Dari berbagai fasilitas yang Anda, tentu saja Anda dapat membayangkan apa saja yang bisa Anda lakukan, bukan?

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Puncak Sosok di Bantul, Yogyakarta. Bagaimana, seru bukan? Pemandangan bukit eksotis dengan daya tarik yang bersahabat dan berbagai fasilitas yang menjanjikan menjadikan kawasan puncak ini layak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di puncak eksotis nan indah ini?