Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Onggosoro, Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Menikmati keindahan alam merupakan salah satu kegiatan yang sangat diminati, terlebih menikmati alam dari puncak ketinggian. Menikmati keindahan alam dari puncak ketinggian merupakan kegiatan wisata alam yang sangat diminati di Indonesia, terlebih Indonesia memiliki banyak daratan tinggi serta pegunungan.

Jika warga daerah Jakarta memiliki puncak di Bogor, dan warga bandung memiliki Lembang, Yogyakarta pun tidak kalah. Sudah tidak terhitung berapa jumlah daratan tinggi yang ada mulai dari pegunungan, perbukitan, gunung dan lembah terhampar luas. Tidak sedikit kawasan yang telah berhasil menjadi lokasi wisata alam karena memiliki keindahan panorama yang tiada duanya.

Salah satunya adalah Pegunungan Menoreh yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, memiliki destinasi wisata alam populer bernama Puncak Suroloyo. Pemandangan yang kita dapatkan ketika mendatangi wisata alam ini tidak main-main karena panorama lembah, kemegahan candi Borobudur dan sejumlah gunung dengan pemandangan yang menakjubkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Suroloyo

Daya Tarik Puncak Suroloyo
Image Credit: Google Maps SN Tyas Nizomi Soemarni

1. Panorama Alam yang Indah

Seperti yang kita tahu bahwa wisata alam ini berada pada ketinggian sekitar 1000 mdpl dari atas permukaan laut sehingga ini membuat para wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Kulon Progo dan Kota Magelang ketika cuaca di puncak sedang dalam keadaan cerah. Selain itu, hal yang menarik adalah para wisatawan juga dapat melihat keindahan candi borobudur dari sini.

2. Patung Punokawan

Ketika Anda telah sampai diparkiran puncak suroloyo, Anda akan menemukan hal keunikan disini yaitu adanya Patung Punokawan. Patung ini terdiri dari Semar dan ketiga anaknya yang bernama Gareng, Petruk, dan Bagong. Jika Anda ingin mengambil foto dengan patung ini diperbolehkan.

3. Patung Bathara Guru

Ketika Anda berada di atas puncak, Anda juga dapat menemukan patung Bathara Guru yang menghadap ke arah daratan luas sembari menaiki lembu. Patung ini merupakan gambaran dari Dewa Siwa dalam agama Hindu.

4. Rangkaian Gunung

Puncak Suroloyo merupakan salah satu puncak tertinggi yang ada di Perbukitan Menoreh, wisata alam ini menyajikan keindahan pesona alam yang luar biasa dan tidak ada duanya. Jika cuaca sedang cerah dan tidak berawan, Anda dapat melihat pemandangan beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

Keindahan panorama alam yang tersaji dari rangkaian gunung ini akan semakin indah jika Anda melihatnya pada pagi atau sore hari, yaitu saat matahari terbit dan matahari terbenam. Pada saat itu, warna langit melengkapi panorama keindahan yang dapat membuat Anda takjub ketika melihat.

Daya Tarik Dimiliki Puncak Suroloyo
Image Credit: Google Maps joko kipli

5. 290 Anak Tangga

Untuk menuju puncak penggunungan, kegiatan ini memang akan selalu menantang siapa saja. Pada wisata alam ini, tantangan yang ada adalah berupa barisan anak tangga vertikal, tangga ini harus dilalui oleh para wisatawan yang ingin mencapai puncak. Jumlah anak tangga pun tidak tanggung tanggung karena hingga mencapai 300 buah.

Untuk mengaksesnya, Anak tangga ini bisa Anda akses mulai dari area parkir. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Anda akan menemukan banyak kios dan warung pada area ini. Jika Anda belum sarapan atau merasa lapar Anda bisa singgah terlebih dahulu dan jika merasa lelah, lebih baik beristirahat sebelum Anda melanjutkan perjalanan.

6. Tiga Buah Pendopo

Saat Anda sudah berada di area Puncak Suroloyo, Anda akan menemukan tiga buah pendopo yang berada di lokasi yang berbeda. Tiga buah pendopo ini bisa Anda manfaatkan sebagai gardu pandang. Lokasi penempatan tiga buah pendopo ini dimulai dari pendopo yang paling bawah yaitu Pendopo Suroloyo, kemudian naik ke atas ada Pendopo Sariloyo, dan Pendopo yang terakhir adalah Pendopo Pertapaan Kaendaran yang berada paling tinggi.

7. Kabut yang Memanjakan Mata

Adanya kabut juga menjadikan daya tarik tersendiri yang diberikan oleh wisata alam ini. Dengan adanya kabut Anda dapat merasakan seperti tengah berada di negeri di atas awan. Selain itu, Anda akan melihat keindahan kabut yang menyelimuti pemandangan yang terbentang disepanjang area puncak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puncak Suroloyo
Image Credit: Google Maps Yohanes Pramudyanto

Puncak Suroloyo terletak di ujung hamparan Pegunungan Menoreh yang membatasi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo dengan Magelang. Jika ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju tempat ini adalah sekitar 33 kilometer. Jarak itu bisa Anda tempuh dalam waktu 1,5 sampai dengan 2 jam, karena nanti Anda harus melewati medan pegunungan.

Lokasi Puncak Suroloyo tepatnya berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata alam ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untuk mendatangi tempat ini, para wisatawan yang berkunjung dapat memilih rute mana yang ingin dilalui, karena terdapat dua rute. Rute pertama yang bisa dilewati yaitu Jalan Godean – Sentolo – Kalibawang. Rute kedua adalah Jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang. Akses jalan di rute ini mulus akan tetapi jalan cukup menanjak dan juga cukup sempit untuk ukuran mobil.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo
Image Credit: Twitter Hay Kulon Progo!

Destinasi alam hits di Yogyakarta ini memberlakukan tiket masuk kepada para wisatawan yang berkunjung. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau. Tiket ini berlaku bagi seluruh pengunjung yang datang baik untuk wisatawan lokal maupun dari mancanegara. Tetapi, tidak ada perbedaan harga untuk wisatawan lokal dan mancanegara, harga tiket tetap sama.

Untuk Harga tiket masuk saja Anda hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 saja per orang. Jika Anda membawa kendaraan ketika datang ke tempat ini, untuk pengguna kendaraan roda dua hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 dan bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000.

Selain itu, wisata alam ini juga bisa di akses dengan menggunakan ojek. Akan tetapi, harga yang ditawarkan cukup mahal, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 50.000. Namun, Jika Anda mempunyai dana lebih, Anda bisa mencoba alternatif yang ditawarkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puncak Suroloyo

Kegiatan Menarik Puncak Suroloyo
Image Credit: Twitter #CopasDari

Tentu ketika Anda berkunjung ke wisata alam, pasti akan banyak hal dan aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan. Begitu juga ketika Anda datang ke Puncak Suroloyo. Hal menarik yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah:

1. Berfoto-Foto

Seperti yang Anda ketahui dan sudah dijelaskan diatas, wisata alam ini terkenal akan keindahan panorama alam yang tidak ada duanya. Anda bisa mengabadikan setiap momen ini dengan mengambil foto. Ada begitu banyak spot foto yang bisa Anda ambil disini.

2. Menikmati Sunset dan Sunrise

Ketika Anda datang berkunjung ke puncak bukit ini pastikan Anda tidak melewati momen untuk menikmati sunset dan sunrise. Pemandangan warna langit saat matahari terbit dan terbenam sangat indah dan eksotis. Akan sangat disayangkan kalau Anda sampai melewati momen indah ini.

3. Berkemah

Selain memiliki pemandangan warna langit yang sangat indah ketika matahari terbit dan terbenam, keindahan langit malam yang tersaji di Puncak Suroloyo juga tidak kalah indah. Bahkan, pihak pengelola wisata alam ini pun menyediakan fasilitas kemah jika Anda memutuskan untuk ingin berkemah disini.

Kegiatan Menarik di Puncak Suroloyo
Image Credit: Google Maps Fetria Laras

4. Healing

Tentunya memilih destinasi wisata alam salah satunya adalah karena ingin menjauh dari suasana kemelut hiruk pikuk kota yang bikin pusing. Wisata alam memberikan pesona keindahan pemandangan alam yang begitu eksotis serta masih memiliki udara yang sangat bersih sehingga suasana tersebut dapat membuat Anda merasakan ketenangan jiwa.

5. Kopi Suroloyo

Ketika berada di atas puncak, Anda bisa menikmati kopi yang diolah sendiri oleh petani lokal sembari bersantai menikmati panorama alam yang memanjakan mata.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Puncak

Fasilitas Puncak Suroloyo
Image Credit: Google Maps Arnold Alamsyah

Ketika Anda berkunjung ke Puncak Suroloyo, Anda bisa menemukan berbagai daya tarik dan melakukan beragam aktivitas di wisata alam yang populer di Jogja ini. Untuk menunjang itu semua, tentu saja dibutuhkan fasilitas yang memadai dan membuat para wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung.

Destinasi wisata alam populer ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang memadai dan juga cukup lengkap, para wisatawan yang berkunjung dapat memakai fasilitas yang telah disediakan. Fasilitas yang disediakan sebagai berikut:

1. Toilet/MCK

Keberadaan kamar mandi tentu saja menjadi hal yang sangat penting bagi para wisatawan yang berkunjung. Jika fasilitas ini tidak disediakan tentu saja akan sangat merepotkan. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena pihak pengelola objek wisata ini telah menyediakan toilet umum. Salah satu fasilitas penting yang wajib ada tentunya adalah keberadaan toilet.

2. Tempat Sholat

Seperti yang kita tahu bahwa mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama muslim. Tersedianya tempat ibadah seperti mushola menjadi sangat penting. Ketika Anda berlibur ke puncak ini, Anda tidak perlu khawatir di mana Anda akan menunaikan ibadah karena di Puncak Suroloyo Kulon disediakan tempat beribadah untuk para wisatawan yang beragama muslim sehingga para pengunjung bisa menikmati wisata alam ini dengan nyaman.

3. Warung Makan

Jika Anda merasa butuh mengisi kantong tengah sehabis menikmati suasana keindahan alam di puncak, jangan khawatir sudah tersedia banyak warung makan yang menjual beragam makanan dengan harga terjangkau. Anda bisa memilih makanan yang Anda inginkan sembari beristirahat.

4. Villa dan Homestay

Puncak Suroloyo merupakan salah satu destinasi wisata alam populer yang wajib untuk dikunjungi ketika Anda berlibur ke Yogyakarta. Wisata alam ini memberikan panorama yang begitu indah dan membuatnya begitu populer dikalangan masyarakat tidak hanya dikalangan wisatawan lokal tetapi wisatawan dari mancanegarapun banyak yang berkunjung kesini.

Melihat antusiasme pengunjung yang begitu tinggi, dibangunlah Villa dan Home Stay di kawasan wisata. Sehingga para wisatawan yang berkunjung tidak perlu bingung memikirkan tentang penginapan karena di sekitar destinasi alam ini sudah banyak Villa dan Home Stay yang beroperasi.

5. Lahan Parkir

Umumnya pengunjung yang datang ke puncak bukit ini pasti membawa kendaraan pribadi, baik itu kendaraan beroda dua maupun beroda empat. Anda tidak perlu khawatir memikirkan di mana Anda akan memarkirkan kendaraan karena pihak pengelola telah menyediakan tempat parkir yang luas untuk menempatkan kendaraan pengunjung di bagian bawah bukit. Penyediaan area parkir ini juga bertujuan agar kendaraan bisa tertata dengan rapi dan tetap aman saat pengunjung menikmati keindahan alam di puncak.

Itulah beberapa hal menarik seputar Puncak Suroloyo yang berada dalam kawasan perbukitan Menoreh. Ketika memilih puncak bukit ini tujuan berakhir pekan, maka Anda butuh tenaga esktra agar dapat menikmati lebih jauh panorama alam yang tersaji.