Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Tegalsari, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kulon Progo merupakan salah satu daerah yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah yang masih asri ini terdapat banyak sekali tempat wisata alam. Pemandangan tempat wisata yang ada di daerah ini kebanyakan merupakan pegunungan. Jika anda bosan dengan hiruk pikuk perkotaan, anda tentu bisa menjadikan daerah ini sebagai tujuan destinasi.

Jika anda sudah bosan dengan tempat wisata yang telah sudah ramai, seperti Goa Pindul atau Gunung Merapi, anda bisa coba berwisata ke Puncak Widosari di Kulon Progo. Tempat wisata yang sejuk ini tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata lainnya. Menawarkan panorama alam yang masih hijau dan asri, sehingga saat ini kawasan tersebut sudah mulai banyak pengunjung. Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan dari puncak yang sangat tinggi, pasalnya ketinggian puncak ini mencapai 1000 kilometer di atas permukaan laut.

Adapun sebelum anda hendak berwisata ke Puncak Widosari, pastikan anda memiliki cukup stamina karena akan mendaki dengan tangga untuk sampai ke puncaknya. Kemudian, memastikan cuaca cerah agar anda bisa melihat matahari terbit ataupun matahari terbenam. Dan jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan. Namun yang paling penting adalah pastikan kendaraan anda kuat untuk menanjak karena medannya yang cukup curam.

Daya Tarik yang Dimiliiki Puncak Widosari

Daya Tarik Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps Real Gusday

Selain tempatnya yang menyimpan banyak sejarah, Puncak Widosari juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Udaranya yang menyegarkan membuat anda akan merasa nyaman. Anda bisa berkunjung ke tempat yang eksotis ini saat hari libur atau akhir pekan. Namun, tempat wisata alam yang asri ini buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 6 sore.

1. Pemandangan Indah di Jalur Pendakian

Saat perjalanan menuju puncak, anda tidak akan merasa bosan. Pemandangan alamnya yang sangat hijau membuat anda merasa kagum. Udaranya yang masih segar juga membuat wisatawan merasa rileks. Nyatanya, banyak wisatawan yang menikmati perjalanan menuju puncak.

Siapkan energi dan stamina anda sebelumnya. Karena anda akan mendaki dengan menaiki anak tangga untuk sampai ke puncak. Sambil mendaki, anda juga bisa berfoto di anak tangga. Untungnya, anak tangga di sepanjang perjalanan sudah kokoh dan tentunya bagus untuk menjadi latar berfoto, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan diri anda.

2. Panorama yang Hijau dan Asri

Jika anda telah melewati pendakian, anda akan disuguhkan panorama yang hijau dan masih asri. Meskipun lelah mendaki, namun akan langsung terbayarkan oleh indahnya pemandangan yang bisa anda lihat di atas Puncak Widosari. Anda bisa melihat pemandangan barisan pegunungan serta garis Pantai Laut Selatan yang terlihat sangat jelas walaupun dari kejauhan. Pastinya keindahan alam di sini tidak akan membuat anda menyesal.

Dari puncak ketinggian, anda bisa menikmati pemandangan berbagai gunung. Sama seperti di Puncak Suroloyo, anda dapat melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro. Jangan lupa untuk mengabadikan foto dari berbagai gunung yang terlihat. Karena pastinya akan tampak hijau dan sangat indah.

Daya Tarik Dimiliiki Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps anom sabrang

3. Batu Raksasa yang Unik

Saat anda berada di puncaknya, anda akan disuguhkan pemandangan serta sebongkah batu raksasa yang unik. Di permukaan batu tersebut terselimuti oleh tanaman hijau sehingga membuatnya tampak makin unik. Anda tentunya bisa mengambil foto berlatar belakang batu raksasa tersebut. Nyatanya, batu raksasa ini menjadi daya tarik yang cukup menarik para wisatawan ke sini.

Batu ini juga menjadi ikon dari Puncak Widosari. Batu tersebut berada di atas satu tebing yang cukup tinggi. Maka dari itu lah keunikan yang dimiliki oleh batu tersebut. Maka, jangan lupa untuk mengabadikan momen ada dengan berfoto dengan latar belakang batu raksasa tersebut.

4. Sunrise yang Menakjubkan

Jika anda ingin menikmati matahari terbit dari puncak bukit, maka anda harus datang tepat waktu untuk dapat menyaksikan momen matahari terbit. Sebelum menuju puncak, pastikan bahwa cuaca hari itu cerah jika ingin melihat matahari terbit. Karena jika cuaca mendung, akan terlihat awan dan kabut saja. Di puncak ini tentu anda bisa menyaksikan matahari terbit dengan latar belakang pegunungan, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sindoro.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps Z Triyono

Puncak Widosari berlokasi di Wilayah Tritis, Desa Ngargosari, Tegalsari, Kabupaten Kulon Progo, Kecamatan Samigaluh, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya tidak jauh dari tempat wisata lainnya, salah satunya adalah Puncak Suroloyo. Jika anda menuju dari Kota Yogyakarta, anda akan menempuh sekitar 36 kilometer dengan 1 jam lamanya. Anda bisa menuju lokasi tersebut menggunakan mobil ataupun motor, namun anda harus memastikan bahwa kendaraan yang anda bawa kuat untuk dipakai menanjak karena jalur yang cukup curam.

Rute pertama untuk menempuh perjalanan menuju Puncak Widosari bisa anda mulai dari Tugu Pal Putih yang merupakan ikon Yogyakarta, kemudian anda bisa mengambil jalan ke arah barat sampai tiba di Ring Road Barat. Kemudian anda akan melalui pusat Kecamatan Godean dan tetap ambil jalan lurus terus ke arah barat sampai tiba di jembatan Sungai Progo, kemudian lurus sampai anda tiba di Perempatan Nanggulan dan berbelok kanan atau ke arah utara dan tetap ambil jalan lurus mengikuti jalan yang mengarah ke arah utara, kemudian anda akan sampai di perempatan dengan lampu lalu-lintas, yaitu Perempatan Dekso dan berbelok kiri atau ke arah timur dan ikuti terus jalan utama sampai anda memasuki medan perbukitan.

Saat anda sampai di Pusat Kecamatan Samigaluh, anda bisa terus melaju sampai di Perempatan Plono, kemudian tinggalkan jalan utama dan belok ke kanan dan lurus saja sampai menemukan gapura, kemudian belok kanan sampai anda menemukan pertigaan, utama aspal dan masuk ke jalan cor tersebut. Selanjutnya, ikuti jalan cor itu dan nanti di kanan jalan akan ada plang arah menuju Puncak Widosari.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps Rahmat Channel

Harga tiket tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam ini ternyata tidak mahal. Hanya dengan Rp 2.000 anda bisa masuk ke area wisata yang masih asri. Anda juga sudah bisa melihat pesona alam yang hijau dan udara yang sangat sejuk. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga anda untuk berwisata ke Puncak Widosari.

Adapun biaya parkir yang akan dikenakan saat anda memakai fasilitas area parkir. Area parkir tersedia untuk kendaraan beroda dua dan beroda empat. Untuk parkir motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Sedangkan parkir mobil akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puncak Widosari

Kegiatan Menarik Puncak Widosari
Image Credit: Google Maps anom sabrang

Tentu ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sini. Apalagi jika anda mengajak keluarga atau teman. Momen liburan di alam terbuka seperti ini tentunya akan membuat semuanya rileks. Selain menenangkan pikiran, anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti:

1. Mendaki Sambil Menikmati Pemandangan

Untuk menuju Puncak Widosari, anda harus mendaki anak tangga. Tidak akan terasa lelah karena anda bisa sambil menyaksikan hijaunya pemandangan. Selain itu, anda juga bisa merekam video atau mengambil foto saat anda mendaki. Rasa

2. Berfoto Dengan Latar Pemandangan

Rasa lelah setelah mendaki akan terbayarkan saat anda sampai di puncaknya. Bahkan anda akan merasa sedang berada di puncak dunia karena bisa melihat panorama yang asri dari ketinggian yang mencapai 1000 kilometer di atas permukaan laut. Ambillah foto berlatar belakang pemandangan yang sangat hijau. Atau ajak keluarga anda berfoto berlatar belakang batu raksasa yang unik.

3. Bersantai di Gazebo

Setelah lelah berfoto, anda bisa bersantai di Gazebo yang telah disediakan. Dengan adanya gazebo tersebut, anda bisa menikmati sejuknya udara di Puncak Widosari dengan nyaman. Gazebo ini pun dapat menampung kapasitas yang lumayan banyak. Maka tidak perlu khawatir jika anda datang bersama keluarga ataupun teman-teman.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puncak Widosari
Image Credit: Instagram Arri Ariezt

Anda tidak perlu meragukan kawasan wisata alam yang telah berkembang sejak 2017 ini. Fasilitas yang tersedia tentunya semakin lengkap. Anda tidak perlu khawatir mau parkir di mana. Karena area wisata alam yang asri ini memiliki lahan parkir yang cukup luas. Area parkir ini juga dijaga oleh petugas sehingga anda tidak perlu khawatir untuk meninggalkannya.

Kemudian terdapat fasilitas toilet umum, musholla bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah, dan tempat duduk. Adapun spot foto yang menarik untuk dijadikan latar belakang selfie. Kemudian terdapat fasilitas yang sangat membuat anda nyaman saat menikmati keindahan alam di sini, yaitu Gazebo. Gazebo tersebut bisa menampung beberapa orang.

Di Kulon Progo sendiri terdapat banyak barisan puncak yang dijadikan tempat wisata. Saat ini tempat wisata di Kulon Progo sudah mulai ramai pengunjung. Sebenarnya tempat yang masih asri ini belum diketahui banyak masyarakat. Walaupun begitu, keindahan alamnya tidak kalah menarik dengan wisata alam lainnya.

Itulah beberapa hal menarik seputar Puncak Widosari yang berada di Kulon Progo. Jika anda tertarik untuk berkunjung, jangan lupa untuk menyiapkan kamera atau ponsel pintar untuk mengambil foto atau merekam video. Tentu momen berada di puncak ini harus diabadikan. Terlebih lagi jika anda pergi bersama keluarga atau teman-teman, tentunya akan terasa lebih seru.